Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan Jurusan Ilmu Perpustakaan

Kategori Pendidikan

Jurusan Biologi

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan llmu Perpustakaan menggunakan banyak keahlian di bidang Informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari bagaimana memecahkan permasalahan ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan mengolah informasi berbentuk cetak dan tak tercetak alias digital seperti arsip dan record.

Jurusan ini cocok untukmu yang menyukai penyimpanan data, berkomunikasi dengan manusia, berimprovisasi di lembaga informasi dan ingin berkarir di bidang kepustakaan dan pengarsipan. Jurusan ini akan mengajarkanmu mengenai etika kepustakaan serta melatih daya analisa untuk kemudian menjadikanmu pustakawan yang kompeten. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan pustakawan peneliti yang terampil dan memiliki daya saing dalam manajemen perpustakaan dan informasi, serta memiliki kompetensi khusus dalam pengelolaan sumber-sumber primer ilmu pengetahuan, edufriends.

Kenapa Jurusan Ilmu Perpustakaan

Di era teknologi informasi seperti sekarang ini, tidak heran jika kebutuhan informasi meningkat drastis. Kebutuhan informasi yang tinggi menjadikan lulusan Ilmu Perpustakaan sangat dicari untuk mengelola informasi guna memenuhi kebutuhan penggunanya. Jurusan ini cocok untukmu yang memiliki kesenangan terhadap penyimpanan data dan ingin berkarir di bidang kepustakaan dan pengarsipan. Mempelajari etika kepustakaan, dimana daya analisa juga akan dilatih sehingga menjadikanmu pustakawan yang kompeten dan membekalimu dengan keterampilan mengelola, mengorganisasi sumber-sumber informasi, dan melakukan pelayanan prima sesuai dengan perkembangan teknologi.

Prospek kerja lulusannya juga sangat luas, kamu dapat bekerja di berbagai institusi negeri maupun swasta, dan bertugas mengelola, merapikan, mengevaluasi data dan literatur, membuat sistem temu informasi, hingga bertugas sebagai pendamping untuk para pengguna perpustakaan. Selain sebagai pustakawan, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di museum dan gedung pengarsipan data. Di sini kamu akan mengumpulkan, mengkategorikan dan menyuguhkan data-data bagi pengunjung museum, ataupun bagi yang membutuhkan.

Selain itu pada umumnya para lulusan dari jurusan ini mempunyai kemampuan analisa dan menggunakan teknologi informasi dengan baik, sehingga kamu juga dapat bekerja bidang Informasi Teknologi, Finansial maupun Analisa Data,  perusahaan-perusahaan swasta untuk menangani dokumen-dokumen perusahaan atau di Arsip Nasional Republik Indonesia untuk mengurus arsip-arsip bersejarah, edufriends.

Keahlian Jurusan Ilmu Perpustakaan

✓ Kemampuan teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan pengelolaan data

✓ Kemampuan bekerja secara tim

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan berfikir kritis

✓ Kemampuan komunikasi

Kebutuhan Lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan di Dunia Kerja

  • Perpustakaan Instansi Pemerintah, suatu perpustakaan yang didirikan dan dibiayai oleh pemerintah. Contohnya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) dan Perpustakaan Umum
  • Tidak hanya di Instansi Pemerintah, lulusan Ilmu Perpustakaan juga dapat bekerja di Instansi Swasta, seperti perpustakaan di suatu perusahaan, pertelevisian, penerbitan, hukum, dan lain sebagainya
  • Sekretaris, Kamu juga bisa bekerja sebagai seorang sekretaris di perusahaan swasta. Kemahiran membuat surat perintah, menata dokumen dan sebagainya tentu sangat dibutuhkan banyak perusahaan
  • Administrasi dan Kearsipan, Seseorang yang bekerja di bidang ini disebut arsiparis. Seorang arsiparis harus teliti dan mampu mengelola data atau arsip dengan baik dan tepat, sehingga informasi yang dimiliki suatu lembaga atau perusahaan dapat disimpan dengan baik dan dapat ditemukan dengan mudah apabila dibutuhkan
  • Lulusan Ilmu Perpustakaan juga dapat bekerja di Lembaga manajemen record, dan lembaga dokumentasi juga membutuhkan tenaga ahli bidang kepustakaan, kearsipan, dan pengelolaan informasi
  • Sekretaris Redaksi Penerbitan, Tugas seorang Sekred antara lain mengelola surat yang masuk, mengurus surat pembayaran royalti penulis dan lain-lain

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan

Kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan kamu akan mempelajari sistem informasi, database, multimedia, ilmu komputer, dan lain-lain. Di sini keterampilan teknologi informasi dan komputer akan sangat membantu. Karena kamu akan belajar membuat metadata secara langsung dan online. Selain itu, kamu juga akan mempelajari cara suatu instansi menyusun prosedur dan tata cara pengarsipan.

Selama masa perkuliahannya kamu akan dibekali dengan keterampilan mengelola, mengorganisasi berbagai sumber informasi, juga memberikan pelayanan prima. Kamu akan mempelajari mulai dari ilmu pengetahuan dasar seperti Pengantar Ilmu Perpustakaan, Komunikasi dalam Bidang Informasi, Pengantar Kearsipan, dan Manajemen Perpustakaan, hingga ilmu yang menjurus seperti Aspek Hukum dalam Informasi, Penerbitan Gratif dan Elektronik, dan Pengelolaan Perpustakaan Digital.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Ilmu Perpustakaan:

  1. Administrasi Arsip
  2. Bibliografi
  3. Pengkatalogan
  4. Manajemen Perpustakaan
  5. Manajemen Digital Library
  6. Aplikasi Teknologi Pengelolaan Informasi

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Ilmu Perpustakaan

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Perpustakaan

Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan

Program Studi Ilmu Perpustakaan bertujuan menghasilkan pustakawan peneliti yang terampil dan memiliki kompetensi dalam pengelolaan sumber-sumber ilmu pengetahuan. Berikut adalah beberapa prospek kerja bagi lulusannya:

KONSULTAN PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI

Menjadi konsultan perpustakaan merupakan salah satu prospek utama bagi lulusan Program Studi Ilmu Perpustakaan. Konsultan perpustakaan bertugas untuk menjaga kelangsungan hidup perpustakaan serta menjaga kepuasan pengunjung dalam mencari informasi. Seorang konsultan perpustakaan juga harus mampu menjadi mitra dalam pengembangan akademik atau penelitian. Pekerjaan ini ibarat mesin pencari Google, harus mampu memberikan suatu data atau informasi yang tepat.

AKADEMISI

Program Studi Ilmu Perpustakaan ini sudah ada di 33 Universitas di Indonesia. Oleh karena itu, bagi seseorang yang tidak berminat bekerja di Instansi Perpustakaan, menjadi tenaga pengajar atau dosen adalah pilihan yang tepat bagi lulusan Ilmu Perpustakaan. Seorang lulusan Ilmu Perpustakaan juga dapat mengajar pada Program Studi sejenisnya yang berhubungan dengan administrasi, informasi dan kearsipan.

ENTERPRENEUR

Seorang lulusan Ilmu Perpustakaan juga dapat membuka lapangan usaha sebagai wiraswasta dalam bidang informasi, seperti konsultan informasi, perusahaan jasa pengelola dan penyimpanan arsip dan dokumen, serta berbagai jasa informasi lainnya.

PERPUSTAKAAN PEMERINTAHAN

Perpustakaan Instansi Pemerintah adalah suatu perpustakaan yang didirikan dan dibiayai oleh pemerintah. Contoh dari Perpustakaan Instansi Pemerintah adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) dan Perpustakaan Umum. Pada tahun 2018, PNRI membuka 331 formasi untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). Menjadi pustakawan di Instansi Pemerintah, kalian diwajibkan mengikuti ujian tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

AHLI INFORMASI

Ahli Informasi merupakan seseorang yang memiliki keahlian tertentu dan mampu mengelola Perpustakaan Ilmiah. Ruang lingkup seorang ahli informasi meliputi pengetahuan dan komunikasi pengetahuan, sumber-sumber informasi, organisasi informasi, temu kembali informasi, penyebarluasan informasi, dan manajemen informasi.

ADMINISTRASI DAN KEARSIPAN

Dalam hal ini, lulusan Ilmu Perpustakaan juga dapat bekerja di bagian Administrasi dan kearsipan, seseorang yang bekerja di bidang ini disebut arsiparis. Seorang arsiparis harus teliti dan mampu mengelola data atau arsip dengan baik dan tepat, sehingga informasi yang dimiliki suatu lembaga atau perusahaan dapat disimpan dengan baik dan dapat ditemukan dengan mudah apabila dibutuhkan.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Ilmu Perpustakaan?

Ilmu bidang interdisipliner yang menggabungkan ilmu sosial, ilmu hukum, dan ilmu terapan untuk mempelajari topik yang berkaitan dengan perpustakaan.

Apa prospek kerja untuk para lulusannya?

Bekerja di Perpustakaan Pemerintah ataupun Perusahaan, Administrasi dan Kearsipan, Instansi Pemerintahan, dan sebaga Tenaga Pengajar

Universitas apa saja yang menyediakan jurusan ini?

Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan ilmu perpustakaan yaitu, Undip, UI, Unair, USU, UT, UIN, UGM, dan masih banyak lagi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *