Jurusan Sastra Jepang

Jurusan Sastra Jepang

Kategori Sastra dan Budaya

Jurusan Sastra Jepang_[473x314]

Jurusan Biologi

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Sastra Jepang

Jurusan Sastra Jepang mengajakmu memahami isi, ciri artistik, estetika, keaslian, serta keindahan isi dalam teks atau tulisan karya sastra jepang. Kamu akan mempelajari berbagai karya tulis baik dalam bentuk novel, naskah drama, ataupun puisi. Tantangan terbesar dari jurusan ini adalah mempelajari materi linguistik, tata tulisan surat, kebudayaan Jepang, dan tentu saja menulis menggunakan huruf kanji.

Para Lulusan Sastra Jepang nantinya dituntut ahli dalam bidang sastra, bahasa, juga kebudayaan negara Jepang. Karenanya program studi yang biasanya bernaung dibawah fakultas ilmu budaya ini mewajibkan para mahasiswanya untuk pandai berbahasa Jepang. Para lulusannya juga tidak hanya dapat menjadi sastrawan dan kritik sastra, namun juga menjadi tenaga pendidik, bekerja di perusahaan Jepang, hingga pegawai pemerintahan di konsulat Jenderal Kementerian Luar Negeri, edufriends.

Kenapa Jurusan Sastra Jepang

Unsur-unsur Budaya Jepang seperti Manga, Anime, dan Harajuku sempat menjadi tren di Indonesia. Jika kamu salah satu penggemar Budaya Jepang, Jurusan Sastra Jepang tentu menyenangkan untuk dipelajari. Keinginan mengenal dan memahami budaya Jepang ternyata dapat membawa masa depan cerah untukmu, lho. Ada banyak prospek kerja Sastra Jepang yang dapat kamu pilih sesuai dengan passionmu.

Pekerjaan yang mengandalkan kemampuan Bahasa Jepang sebagai skill utama diantaranya Translator, interpreter bahasa Jepang di perusahaan nasional dan internasional, Sebagai pendidik atau pengajar bahasa Jepang di lembaga atau institusi pendidikan, Bekerja sebagai staf di Konsulat atau Kedutaan besar Jepang, Departemen Luar Negeri, Diplomat untuk negara Jepang, Peneliti Sastra & Budaya Jepang, Tour Guide bagi wisatawan asing, terutama wisatawan asal Jepang, dan masih banyak lagi.

Jurusan Sastra Jepang_[473x314]

Keahlian Jurusan Sastra Jepang

✓ Kemampuan sastra

✓ Kemampuan linguistik

✓ Menyukai budaya

✓ Kemauan belajar hal-hal baru

✓ Kemampuan berpikir kritis

✓ Kemampuan berpikir logis dan terstruktur

Jurusan Sastra Jepang_[473x314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Sastra Jepang di Dunia Kerja

  • Kantor Kedutaan Besar Jepang, Kamu berpeluang besar menjadi staf pekerja di kantor kedutaan besar Jepang yang ada di Indonesia
  • Kementerian Luar Negeri, Selain bekerja pada lembaga Jepang, Kamu juga memiliki prospek bekerja sebagai staf duta diplomatik Indonesia yang berada di Jepang. Kamu dapat berkarir sebagai pekerja non PNS atau staf KBRI yang berstatus PNS
  • Penerjemah, Menjadi seorang translator atau penerjemah merupakan pekerjaan yang menjanjikan dewasa ini. Kamu dapat menerjemahkan buku, makalah dan karya sastra Jepang ke dalam bahasa Indonesia
  • Penulis, Menjadi penulis dapat menjadi salah satu prospek kerja Sastra Jepang. Semua ilmu yang Kamu peroleh saat berada di bangku kuliah baik sastra, budaya, sejarah dan nilai sosial masyarakat Jepang bisa menjadi bahan utama risetmu sebagai penulis kekinian. Kamu bisa menulis buku atau menjadi blogger yang mengupas segala hal seputar Jepang.
  • Pemandu wisata, Kamu bisa menjadi seorang pemandu wisata khusus masyarakat Jepang yang bertandang ke Indonesia
  • Perusahaan Multinasional, Lulusan Sastra Jepang bisa menjadi salah satu staf administrasi perkantoraan lho, sebut saja ASTRA. Bahkan berkesempatan untuk bekerja di perusahaan induk yang ada di Jepang
  • Ahli Bahasa Jepang, Menjadi ahli bahasa Jepang bisa menjadi pilihan karir tersendiri. Kamu bisa menjadi seorang sastrawan atau ahli bahasa, sejarah, budaya yang ada pada masyarakat Jepang
  • Editor, Profesi menjanjikan lain yang dapat Kamu pilih adalah menjadi editor di penerbitan, radio atau televisi nasional. Kemampuan interpretermu bisa menjadi nilai lebih untuk mengedit sebuah karya atau informasi mengenai Jepang

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Sastra Jepang

Perkuliahan di Jurusan Sastra Jepang kamu akan mempelajari Bunpou (tata bahasa) hingga Kaiwa (percakapan). Tidak hanya bahasa, kamu juga akan mempelajari kebudayaan Jepang baik itu tradisional maupun modern sebut saja model pakaian, kesenian, hingga tradisi, juga sejarahnya.

Selain itu, mahasiswa di program studi ini juga wajib mempelajari sastra Jepang. Hal ini berlaku untuk karya dalam 5 periode sastra, yakni Sastra Kuno, Klasik, Pertengahan, hingga Modern dan Kontemporer. Kamu juga wajib mahir membaca dan menulis dalam huruf Jepang.

Mempelajari Fukushu yang Menurut Kamus dan berbagai referensi artinya mengulang, atau menerjemahkan teks maupun karya lainnya dari bahasa Indonesia ke bahasa Jepang dan Jepang ke bahasa Indonesia, hal ini dilakukan untuk mengasah terus kemampuanmu, edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Sastra Jepang

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Sastra Jepang:

  1. Moji Goi
  2. Sakubun
  3. Hokyu Kaiwa
  4. Chukyu Kaiwa
  5. Shochukyu Kaiwa
  6. Chokai
  7. Shokyu Nihongo
  8. Nihongo Hyogen
  9. Nihongo Hyogen Enshu
  10. Chukyu Nihongo Hyogen
  11. Chukyu Nihongo Hyogen Enshu
  12. Junjokyu Nihongo
  13. Junjokyu Nihongo Enshu
  14. Bunpo
  15. Nihon Bunka Nyumon
  16. Nihon Bunka Gairon
  17. Nihon Bungaku Nyumon
  18. Nihongaku Nyumon
  19. Honyaku Nyumon
  20. Nihon Bungaku Gairon
  21. Nihongogaku Gairon
  22. Honyaku Gairon
  23. Nihongo Gaku
  24. Nihon Bungaku
  25. Nihon Bunkagaku
  26. Honyakugaku

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Sastra Jepang

  • Tekun
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal

Universitas Terbaik Jurusan Sastra Jepang

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Sastra Jepang (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  2. Universitas Brawijaya (UB), Malang
  3. Universitas Udayana (UNUD), Bali
  4. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  5. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
  6. Universitas Jendral Soedirman (UNSOED), Purwokerto
  7. Universitas Andalas (UNAND), Padang
  8. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  9. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  10. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  11. Universitas Indonesia (UI), Depok
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Sastra Jepang

PERUSAHAAN MULTINASIONAL

Setelah lulus dari Sastra Jepang, kamu berkesempatan untuk bekerja di perusahaan multinasional Jepang. Lulusan Sastra Jepang biasanya ditempatkan di bagian operasional perusahaan. Jika bekerja dengan baik dan mampu berbahasa Inggris, kamu juga kesempatan untuk bekerja di Jepang lho, edufriends.

LEKSIKOGRAFER

Leksikografer merupakan orang-orang yang mengerti dan bekerja secara teknis untuk menyusun kamus. Nah, jika kamu lulusan Sastra Jepang dan sangat menyukai bahasa Jepang, maka profesi sebagai leksikografer dapat menjadi pilihan.

PUBLIC RELATION

Jika suka menulis, mampu berbahasa Jepang secara fasih, bertemu orang baru dan berbicara banyak hal, berkarir sebagai public relation cocok untukmu. Public Relation merupakan sebuah profesi yang tugasnya merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan yang dirancang untuk menciptakan atau menjaga citra publik yang baik atau meningkatkan awareness.

WRITER

Salah satu pekerjaan yang cocok untuk lulusan Sastra Jepang adalah menjadi penulis. Kamu bisa menjadi copywriter, penulis perjalanan, penulis artikel, atau buku cerita yang berdasarkan dari cerita-cerita tradisional Jepang. Di Jurusan Sastra Jepang, kamu juga akan diajarkan untuk mengulik berbagai macam karya sastra seperti kritik sastra.

TENAGA PENDIDIK

Bekerja menjadi guru bahasa Jepang setelah lulus dari Sastra Jepang pun dapat kamu coba. Tentunya, kamu perlu melengkapi diri dengan sertifikat mengajar melalui kursus atau kelas tambahan. Sejumlah sekolah di Indonesia biasanya menawarkan pilihan bahasa Jepang. Selain itu, kamu juga bisa mengajar bahasa Jepang di berbagai lembaga bahasa asing.

TOUR GUIDE

Suka jalan-jalan dan berinteraksi dengan banyak orang, pilihan karier sebagai pemandu wisata cocok untukmu. Kamu bisa memandu wisatawan Jepang saat berlibur di Indonesia bahkan bisa memandu masyarakat Indonesia untuk berwisata ke Jepang. Asyik bukan? Seorang pemandu wisata bertugas menjelaskan informasi obyek wisata yang dikunjungi. Selain itu, tak jarang pemandu wisata bertugas memastikan lancarnya perjalanan wisata, edufriends.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Sastra Jepang ?

Mempelajari tentang budaya, bahasa, dan sastra Jepang pada umumnya.

Apakah prospek kerja untuk para lulusannya?

Translator, interpreter bahasa Jepang, department luar negeri, staf kedubes, tour guide, dan masih banyak lagi.

Apa perbedaan antara Kuliah di Jurusan Sastra Jepang dan Kursus Bahasa Jepang?

Perbedaan antara kuliah di Jurusan Sastra Jepang dan kursus bahasa Jepang selain terletak pada gelar yang diberikan setelah lulus, juga pada materi yang dipelajari. Jika belajar di lembaga kursus bahasa Jepang, kamu hanya berfokus pada bahasa Jepang sebagai alat komunikasi. Jika kamu kuliah di Jurusan Sastra Jepang, kamu juga akan mempelajari kebudayaan dan sastra Jepang secara lebih mendalam.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *