Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi

Kategori Sosial dan Humaniora

Jurusan Psikologi_[473 x 314]

Jurusan Psikologi

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi merupakan ilmu yang berfokus pada perilaku dan proses mental yang melatarbelakangi kehidupan manusia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Ahli dalam ilmu psikologi dibagi menjadi dua bagian yaitu profesi yang berkaitan dengan praktik psikologi dan ilmu psikologi yang termasuk dalam ilmu murni sains dan terapan. Untuk ahli yang mempelajari bidang ilmu psikologi dengan latar belakang pendidikan S1, S2, dan S3 dalam bidang psikologi disebut ilmuwan psikologi. Lulusan S1 belum bisa disebut sebagai psikolog dan tidak mempunyai wewenang untuk membuka praktik. Untuk bisa menjadi psikolog kamu harus menempuh pendidikan S2 pendidikan magister profesi psikologi, edufriends.

Berkuliah di Jurusan ini kamu akan mempelajari Psikologi Perkembangan tentag perkembangan manusia pada seluruh rentang kehidupannya dimulai dari bayi hingga lansia. Psikologi Klinis untuk menggali secara mendalam perilaku manusia dari sisi fisiologis dan keadaan mentalnya. Contohnya gangguan skizofrenia, gangguan bipolar, dan sebagainya.

Psikologi Pendidikan yang Berfokus pada bidang pendidikan seperti penanganan murid bermasalah, hingga merancang strategi yang tepat agar kegiatan belajar efektif.  Mempelajari Psikologi Sosial yang berfokus pada interaksi sosial pada masyarakat. Seperti melakukan intervensi sosial kepada kelompok masyarakat. Psikologi Industri dan Organisasi, Bidang ini mempelajari psikologi dibalik proses manajemen di perusahaan atau organisasi.

Kenapa Jurusan Psikologi

Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari manusia sebagai individu, oleh karena itu selain belajar ilmu pengetahuan, kita akan semakin mengenal diri kita sendiri. Ketika memilih jurusan ini, peluang untuk membantu orang lebih banyak, kenapa? Salah satunya adalah berkaitan dengan konseling dan psikoterapi. konseling tidak adanya untuk yang memiliki hambatan atau masalah namun juga untuk mengoptimalkan potensi yang ada pada individu.

Jika dihubungkan dengan karir, jurusan ini cukup menjanjikan, sebab ada banyak peluang pekerjaan untuk lulusan jurusan ini misalnya saja jika kamu ingin menjadi psikolog. Maka Sesuai namanya, seorang mahasiswa lulusan jurusan psikologi bisa menjadi psikolog yang menangani kasus berkaitan dengan kejiwaan seseorang. Terdapat beberapa jenis psikolog yang bisa kamu tempuh jika berminat seperti Psikolog Klinis, Psikolog Pendidikan, Psikolog Industri, atau Psikolog Forensik.

Jurusan Psikologi_[626 x 626]-01

Keahlian Jurusan Psikologi

✓ Kemampuan teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan interpersonal

✓ Kemampuan bekerja secara tim

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan berfikir kritis

✓ Kemampuan komunikasi

Jurusan Psikologi_[626 x 626]-01

Kebutuhan Lulusan Jurusan Psikologi di Dunia Kerja

  • Seorang lulusan Ilmu Psikologi dapat berkarir sebagai konsultan psikologi atau psikolog, juga ahli psikometri yang tugasnya membuat pengukuran psikologis, pengajar di bidang psikologi, hingga recruiter atau talent acquisition di berbagai perusahaan
  • Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintahan sebagai ahli intervensi sosial yang tugasnya membantu pemerintah menangani konflik-konflik dalam kelompok atau komunitas tertentu di masyarakat
  • Sesuai namanya, seorang mahasiswa lulusan psikologi juga bisa menjadi psikolog yang menangani kasus kejiwaan seseorang.
  • Di urutan keempat ada tenaga pengajar di tingkat perguruan tinggi, yaitu dosen. Namun, untuk kamu yang punya cita-cita tersebut harus menyelesaikan jenjang pendidikan S2 karena merupakan salah satu syarat yang dicantumkan pemerintah hari ini
  • Prospek kerja jurusan psikologi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah menjadi seorang konsultan Sumber Daya Manusia di sebuah perusahaan
  • Konsultan SDM, Tugas pokoknya adalah, memberi saran maupun solusi kepada korporasi yang baru mau membuka bisnisnya maupun yang sudah berjalan

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Psikologi

Perkuliahan di Jurusan Psikologi kamu akan mempelajari Filsafat Statistika, Psikologi kepribadian (Merupakan salah satu mata kuliah yang akan kamu pelajari di semester 1. Mata kuliah ini akan mengajarkanmu mengenai sejarah dan filosofi dasar kepribadian manusia, pengelompokan, jenis-jenis kepribadian dan masih banyak lagi, selain itu di mata kuliah ini kamu juga akan belajar tentang kepribadianmu sendiri edufriends), Psikologi klinis (Sesuai dengan namanya, di mata kuliah psikologi klinis kamu akan belajar tentang kejiwaan serta penanganan dari masalah kejiwaan itu sendiri), Biopsikologi (Mempelajari ilmu mental dan bagaimana proses tersebut berlangsung. Tidak hanya itu kamu juga akan belajar banyak ilmu mulai dari biologi, psikologi, hingga kedokteran), dan lain-lain.

Meskipun mengambil jurusan psikologi kamu tetap tidak akan terbebas dari matematika, Karena faktanya ilmu psikologi menggunakan sistem riset dan penelitian menggunakan matematika statistik sebagai dasarnya. Statistika merupakan salah satu ilmu matematika yang akan menjadi pondasi dalam menciptakan skala psikologi, yang dapat dikembangkan menjadi alat tes psikologi atau kini kita kenali sebgai tes  psikotes. Kamu juga akan belajar lagi tentang statistika Mulai dari perencanaan, pengumpulan, analisa, interpretasi hingga presentasi data edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Psikologi

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Psikologi:

  1. Rentang Perkembangan Manusia
  2. Biopsikologi
  3. Teori-Teori Kepribadian
  4. Psikologi Sosial
  5. Psikologi Pendidikan
  6. Psikologi Komunikasi
  7. Asesmen Dasar
  8. Teori dan Aplikasi Pengukuran Psikologi
  9. Kesehatan Mental
  10. Psikologi Industri
  11. Intervensi Psikologi
  12. Psikologi Pendidikan ARBK
  13. Gangguan Mental
  14. Psikologi Organisasi
  15. Integrasi Psikologi
  16. Psikologi Faal
  17. Psikologi Perkembangan
  18. Statistika
  19. Psikometri
  20. Psikodiagnostik
  21. Kode Etik Psikologi
  22. Psikologi Konseling
  23. Patologi & Rehabilitasi Sosial
  24. Psikologi Lintas Budaya
  25. Psikologi Lingkungan
  26. Masalah-masalah Psikologis Remaja
  27. Psikogeriatri
  28. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
  29. Psikogerontologi
  30. Andragogi
  31. Pengelolaan Sumber Daya Manusia
  32. Psikologi sekolah
  33. Bimbingan & Konseling
[algolia_carousel]

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Psikologi

  • Tekun
  • Kritis
  • Observan
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
[algolia_carousel]

Universitas Terbaik Jurusan Psikologi

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Psikologi (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  3. Universitas Indonesia (UI), Depok
  4. Universitas Islam Negri Sayrif Hidayatullah (UIN), Jakarta
  5. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  6. Universitas Surabaya (UBAYA), Surabaya
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Psikologi salah satu prodi yang banyak dicari di dunia kerja. Kemampuan lulusannya untuk menganalisis perilaku dan kepribadian manusia sangat bermanfaat untuk berbagai industri. Berikut ini beberapa gambaran pekerjaaan untuk lulusan psikologi edufriends:

HRD

HRD dibutuhkan di setiap perusahaan. HRD adalah bagian vital dari sebuah perusahaan. Orang-orang yang bekerja di divisi ini bertanggung jawab dengan apapun yang memiliki kaitan dengan sumber daya manusia (karyawan) yang bekerja di perusahaan tersebut.

KONSELOR

Konselor bertugas memberikan konseling kepada klien. Memberi mereka solusi atau jalan keluar terhadap permasalahan yang mereka hadapi terkait dengan kondisi kesehatan mental dan emosi mereka. Biasanya Konselor bisa bekerja secara freelance atau tidak dinaungi oleh perusahaan tertentu atau bisa dibilang sebagai profesi yang bisa berdiri sendiri atau bekerja sendiri.

TERAPIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Tugas utama dari seorang Terapis anak berkebutuhan khusus adalah membantu dan mengawasi perkembangan anak tersebut. Terapis diharapkan sebisa mungkin memaksimalkan fungsi anak seperti sebagaimana mestinya untuk bisa tumbuh dan berfungsi sebagai manusia dan dimasyarakat.

RESEARCH AND DEVELOPMENT

RND merupakan profesi dimana kamu akan berkecimpung banyak di bidang penelitian dan pengembangan produk. Penelitian disini maksudnya adalah memperhatikan beberapa aspek di dalamnya termasuk perilaku penggunaan pada konsumen, efek yang ditimbulkan dan tingkat kepuasan terhadap penggunaan produk tersebut baik berdasarkan umur atau jenis kelamin. Kesuksesan sebuah produk tergantung dari hasil data yang dilakukan oleh RND tersebut. Data RND digunakan untuk mengukur dan mengatur segmentasi konsumen mana yang paling potensial menjadi pengguna produk.

GURU DI SEKOLAH KEPRIBADIAN

Menjadi seorang Guru di sekolah kepribadian mungkin bisa menjadi langkah awal sebelum kamu menjadi seorang Psikolog sesungguhnya atau menjadi seorang Dosen Psikolog sambil menunggu proses untuk lulus S2 selesai.

TRAINER

Menjadi seorang Trainer umumnya bertanggung jawab dalam memberikan pelatihan untuk memberikan motivasi dan pengembangan diri baik untuk sebuah kelompok atau organisasi. Sistem bekerja sebagai seorang Trainer sangat berbeda dengan orang yang bekerja di sebuah instansi dengan gaji yang disesuaikan jam kerja. Seorang Trainer layaknya seperti seorang Dosen, dibayar sesuai dengan jumlah jam mengajar dan kelas yang diambil.

LEARNING AND DEVELOPMENT

Selanjutnya, ada learning and development yang tugasnya memfasilitasi dalam peningkatan mutu karyawan dalam sebuah perusahaan. Jadi kamu akan lebih banyak berkreasi gimana caranya menemukan metode yang tepat agar produktivitas karyawan meningkat dari sisi internal. Beberapa contoh di antaranya, mengadakan Team Building yang dilakukan sebulan sekali atau setahun sekali demi mempererat kekeluargaan antara pegawai.

HEAD HUNTER

Headhunter dan perekrut sama-sama membantu perusahaan buat mendapatkan kandidat yang layak dipekerjakan. Bedanya, headhunter bekerja di organisasi yang emang menawarkan jasa pencarian kandidat. Sementara perekrut umumnya bekerja di perusahaan bidang apa pun dengan tanggung jawab sebagai mencari kandidat sesuai kebutuhan perusahaan dan permintaan atasan.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Dalam hal profesi, apa perbedaanya antara psikolog dan psikiater?

Seorang Psikolog menangani terapi saja, sedangkan Psikiater menangani terapi dan obat. Untuk menjadi Psikolog harus dari jurusan Psikologi, sedangkan untuk menjadi Psikiater, harus berkuliah dari jurusan Kedokteraan. Psikolog merupakan orang yang mendapatkan lisensi (ijazah) dari Universitas untuk memberikan bantuan Psikologi.

Apakah lulusan S2 psikologi di luar negeri bisa membuka praktik di dalam negeri (Indonesia)?

Jawabannya tidak bisa. Hal ini dikarenakan kompetensi yang diajarkan berbeda. Jadi, kamu harus mengambil S2 lagi di dalam negeri jika ingin menjadi psikolog dan membuka praktik di tanah air

Apa bidang pekerjaan yang bisa dimasuki seorang lulusan jurusan psikologi?

HRD, LSM, administrator alat tes psikologi, psikolog, asesor, enumerator, peneliti, konsultan, recruiter, dosen, konselor, dan masih banyak lagi, edufriends.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *