Jurusan Ilmu Sejarah

Jurusan Ilmu Sejarah

Kategori Sastra dan Budaya

Jurusan Ilmu Sejarah _[473x314]

Jurusan Marketing Communication

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Ilmu Sejarah

Jurusan Ilmu Sejarah mempelajari segala peristiwa yang terjadi di masa lalu, mulai dari sejarah zaman kuno yang dimulai sebelum masehi, hingga zaman modern di atas abad dua puluh. Sejarah sendiri bermakna kejadian masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari masa lampu, seperti artefak, manuskrip, dan buku.

Konteks Ilmu Sejarah juga sangat luas, mencakup aspek politik, budaya, ekonomi, agama, dan sosial. Ilmu Sejarah mengajarkanmu memahami bagaimana sesuatu berubah dari waktu ke waktu, mempelajari pola dan nilai yang terkandung di dalamnya. Kamu juga akan diajak memahami bahwa sejarah mempunyai peran besar dalam membentuk kondisi saat ini.

Kenapa Jurusan Ilmu Sejarah

Jika kamu menyukai cerita-cerita di balik sejarah dan memiliki daya analisis yang kuat, Maka jurusan ini cocok untukmu. Dengan hobi membaca dan menganalisis sesuatu, kamu akan mudah mengevaluasi sumber-sumber informasi primer ataupun sekunder, sehingga kamu akan lebih terbuka terhadap keberagaman versi sejarah. Berkuliah di Jurusan Sejarah akan mendapatkan gelar S.Hum yang merupakan singkatan dari sarjana humaniora.

Setelah lulus, peluang karir di bidang sejarah terbuka lebar, seperti Peneliti sejarah, Penulis buku sejarah, Dosen mata kuliah sejarah. Selain pekerjaan yang berkaitan dengan sejarah, lulusan ilmu sejarah juga dapat bekerja di bidang lain seperti arkeologi (menjadi arkeolog) dan jurnalis. Ilmu pengetahuan yang didapat selama kuliah juga dapat membantumu berkarir sebagai pemandu wisata pada objek-objek bersejarah, juga di instansi pemerintahan, edufriends.

Jurusan Ilmu Sejarah _[473x314]

Keahlian Jurusan Ilmu Sejarah

✓ Kemampuan analitis konseptual dan teoritis

✓ Kemampuan menulis

✓ Kemampuan presentasi

✓Kemampuan menghapal

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan berpikir rasional

✓ Kemampuan melakukan observasi

Jurusan Ilmu Sejarah _[473x314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Ilmu Sejarah di Dunia Kerja

  • Sejarahwan – Informasi dari seorang Ahli Sejarah dibutuhkan untuk para peneliti, maupun pihak-pihak yang berusaha menggali sejarah suatu tempat atau bangsa. Ahli Sejarah dibutuhkan sebagai salah satu narasumber terpercaya karena mereka merupakan aset intelektual negara.
  • Penulis Buku – Hasil penelitian dan temuan penting terkait sejarah bisa kamu tuliskan ke dalam sebuah buku yang dipublikasikan secara luas.
  • Juru Arsip – Seorang Juru Arsip bertugas untuk mengarahkan pengamanan arsip dan dokumen bersejarah. Mereka juga terlibat dalam kegiatan riset yang berkaitan dengan hal pengarsipan.
  • Peneliti Sejarah – Dapat bekerja di Lembaga akademis, pemerintah, maupun swasta. Tugasnya mengkaji secara sistematis suatu peristiwa di masa lalu untuk kemudian didapatkan fakta-fakta sejarah yang mendalam dari penelitian itu.
  • Instansi Pemerintah – Penerapan Ilmu Sejarah juga bisa kamu tuangkan dengan menjadi staf di instansi pemerintahan yang ada di Indonesia. Seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata atau di Balai Konservasi Cagar Budaya yang ada di setiap provinsi.
  • Staf Museum – Museum-museum di Indonesia kini makin banyak bermunculan. Kamu bisa menjadi salah satu stafnya dan menyumbangkan pemikiran-pemikiran Ilmu Sejarah yang kamu pahami untuk mengelola museum, merawat arsip maupun koleksi penting lainnya.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Ilmu Sejarah

Perkuliahan di Jurusan ini akan mempelajari Sejarah Dunia, Sejarah Kebudayaan Indonesia, Sejarah Asia Tenggara, Sejarah Politik Luar Negeri, Sejarah Pemikiran Islam, dan pengetahuan pendukung lainnya. Jurusan sejarah akan mendidikmu hingga memiliki kemampuan tinggi dalam pemikiran teoritis dan penerapannya, menumbuhkembangkan dan menciptakan karya di bidang ilmu sejarah serta menyebarkannya demi kepentingan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan umat manusia.

Meski Banyak yang menganggap belajar sejarah itu membosankan, padahal di Jurusan Ilmu ini kamu akan belajar hal-hal seru lebih dari sekedar menghafal nama-nama tokoh terkenal dan tanggal-tanggal penting. Disini kamu juga akan belajar bagaimana membuat tulisan kreatif dan visualisasi sejarah melalui film dokumenter, edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Sejarah

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Ilmu Sejarah edufriends:

  1. Pengantar Ilmu Sejarah
  2. Geografi Sejarah
  3. Sejarah Indonesia
  4. Sejarah Dunia
  5. Sejarah Militer di Indonesia
  6. Pengantar Sejarah Pemikiran Politik Indonesia
  7. Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
  8. Bahasa Sumber Sejarah
  9. Pengantar Filsafat dan Pemikiran Modern
  10. Metode Sejarah
  11. Sejarah Kesenian Indonesia
  12. Sejarah Media Massa
  13. Sejarah Maritim Indonesia
  14. Sejarah Ekonomi Indonesia
  15. Sejarah Diplomasi Indonesia
  16. Sejarah Kesultanan di Nusantara
  17. Historiografi
  18. Retorika Sejarah
  19. Sejarah Media Masa
  20. Sejarah Birokrasi di Indonesia
  21. Dinamika Bangsa Indonesia Sejak Masa RIS hingga Akhir Orde Baru
  22. Sejarah Asia Tenggara Modern
  23. Sejarah Hubungan Antar Bangsa di Asia Tenggara
  24. Sejarah Masyarakat dan Budaya AS
  25. Sejarah Masyarakat dan Budaya Australia
  26. Sejarah Wanita di Australia

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Ilmu Sejarah

  • Tekun, Detil
  • Rasional
  • Observan
  • Berwawasan luas
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Independen
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Sejarah

Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Sejarah

SEJARAHWAN

Sebagai seorang sejarawan, tugasmu mempelajari dan memahami masa lalu dan menyajikan kesimpulan kepada publik atau kepada organisasi yang membutuhkan informasi tersebut. Meskipun sejarawan memiliki pemahaman luas tentang sejarah sebagai ilmu yang kompleks, mereka biasanya mempraktikkan spesialisasi khusus untuk bidang tertentu. Jadi, kamu bisa memilih untuk mempertajam pengetahuan sehubungan dengan periode waktu, negara, wilayah geografis, atau tokoh tertentu. Kamu juga dapat bekerja untuk kantor pemerintah, organisasi warisan dunia, dan bahkan bisnis swasta.

AHLI GEOGRAFI

Geografi adalah salah satu dari berbagai macam jurusan atau spesialisasi sejarah dan merupakan bagian dari program studi dalam lingkup humaniora. Banyak mahasiswa sejarah yang mempelajari geografi manusia (antropogeografi) dan geografi fisik. Keduanya membantu mereka untuk memahami hubungan antara budaya, pasar, masyarakat, dan lanskap lingkungan di bumi. Dengan mendapatkan pemahaman yang kuat tentang masa lalu dari sudut pandang geografis dan keseluruhan sejarah, kamu bisa membantu mengatur masa depan. Kamu juga bisa menawarkan wawasan yang sangat baik ke dalam topik seperti perubahan iklim, pengembangan kota, peningkatan energi, atau pencemaran udara dan air.

ANALIS PENELITIAN

Menjadi peneliti dengan tugas utama menyusun penelitian sebagai pekerjaan utamanya. Jika kamu memiliki keunggulan dalam memilah data, memahaminya, dan menyajikannya dengan ringkas. Sejumlah media cetak maupun online, serta produser film, radio, dan TV biasanya mencari orang sepertimu. Mereka membutuhkan bantuan dari orang-orang yang mampu menyelidiki sebuah peristiwa dan memeriksanya secara akurat. Ada juga lembaga lain yang melakukan penelitian dalam jumlah besar seperti perusahaan Nielsen. Mereka melakukan banyak riset pasar di ratusan negara di seluruh dunia.

KURATOR

Sebagai kurator, Kamu akan bertanggung jawab untuk mengawasi atau mengelola koleksi sejarah penting di tempat-tempat seperti museum dan situs warisan dunia. Kurator adalah mereka yang bekerja di belakang layar untuk membuat tampilan dan pameran yang mengesankan secara visual. Pekerjaan utamanya mencakup sejumlah kegiatan seperti mendapatkan, menyimpan, dan menampilkan koleksi-koleksi yang secara historis dianggap penting. Kamu bisa memilih dan mengatur tema pameran dan memimpin tur dan merestorasi objek bersejarah. Selain itu, kamu juga bisa terlibat dalam organisasi penggalangan dana, kegiatan promosi dan upaya penelitian.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah yang dipelajari di Jurusan Ilmu Sejarah?

Mempelajari rekonstruksi suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lampau secara kronologis dan sekaligus juga mempelajari pola-pola dan nilai-nilai perubahannya.

Apa saja jurusan yang mirip dengan jurusan ini?

Sosiologi, Arkeologi, Pendidikan Sejarah, Antropologi, Sejarah dan Kebudayaan islam.

Apa saja prospek karir untuk para lulusannya?

Lulusannya dapat berkarir Pengajar, peneliti (di lembaga penelitian dan litbang perusahaan), kearsipan, perpustakaan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *