Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Profile
  

Universitas Islam Bandung

Universitas Islam Bandung atau yang kerap disingkat Unisba merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan prestisius di Indonesia. Perguruan tinggi swasta ini terletak di Jalan Tamansari, Bandung Wetan, Bandung. Universitas Islam Bandung bernafaskan Islam dan melahirkan intelektual muslim lahir atas gagasan tokoh umat Islam dan tuntutan masyarakat Jawa Barat. Mewujudkan mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti) dan mujaddid (pembaharu) dalam suatu masyarakat ilmiah yang Islami menjadi tujuan pendidikan Universitas Islam Bandung.

Sejarah Unisba

Sejumlah tokoh umat Islam Jawa Barat bersama beberapa ulama yang menjadi anggota Konstituate, pada tahun 1957 menggagas kaderisasi pemimpin umat yang faqih fiddin di masa yang akan datang. Gagasan tersebut diwujudkan dengan berdirinya Perguruan Islam Tinggi (PIT) di bawah Yayasan Pendidikan Islam. Hal tersebut tercantum di Akte Notaris Lie Kwie Nio, nomor 42 pada tanggal 15 November 1958. Beberapa nama pendiri yang tercantum pada Akte Notaris Lie Kwie Nio, yakni Prof. Sjafie Soemardja, dr.H. Chasan Boesoiri, Drs. Achmad Sadali, Oja Somantri, R. Kosasih, R. Sabri Gandanegara, dan Dadang Hermawan.

Kemudian Yayasan Pendidikan Islam diubah dengan Akte Notaris Dadang Abdul Haris Kosidin, SH. Pada tahun 2007 menjadi Yayasan Universitas Islam Bandung (Yayasan Unisba). Secara filosofis, yayasan tersebut didirikan dengan harapan akan pelaksanaan ajaran Islam, terutama menyiapkan manusia Indonesia yang berpendidikan tinggi, bertanggung jawab terhadap bangsa, negara, dan umat manusia berdasarkan pencapaian ridha Allah SWT.

Lahirnya Perguruan Islam Tinggi (PIT) ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Barat akan pendidikan tinggi bernafaskan Islam. DPRD-GR Provinsi Jawa Barat dan masyarakat memberikan dukungan penuh atas pembentukan Perguruan Islam Tinggi (PIT). Kegiatan perkuliahan untuk pertama kalinya dilaksanakan di Gedung Muslimin, Jalan Palasari, Bandung. Kemudian pada tahun 1960. Setelah itu, pada tahun 1961 kegiatan akademik dipindahkan ke Jalan Abdul Muis, Bandung. Enam tahun kemudian, tepatnya tahun 1967 Perguruan Islam Tinggi (PIT) berganti nama menjadi Universitas Islam Bandung dan resmi dipimpin oleh Prof. T. M. Soelaeman, M.Sc., EE. Seluruh kegiatan universitas dilangsungkan di kampus biru Jalan Tamansari, Bandung sejak tahun 1972. Berkat pemberian Pemerintah Daerah Kota Madya Bandung, Universitas Islam Bandung berdiri di atas lahan seluas 10.808 m2.

Bangunan-bangunan semi permanen, seperti ruang kuliah, kantor, perpustakaan, fasilitas akademik, Masjid Al-Asya’ari Unisba, dan aula serbaguna didirikan dengan bekal swadana dan swadaya kaum muslimin. Bertambahnya jumlah mahasiswa Unisba pada tahun 1980, membuka peluang bagi Unisba untuk membangun program akademik kampus II di Cibural, Dago yang berjarak 7 km dari kampus Tamansari. Kampus II Cibural berdiri atas sumbangan lahan dari H. Amir Machmud (Menteri Dalam Negeri saat itu).

Kemudian seluruh kegiatan akademik dan kemahasiswaan kembali dipusatkan di Kampus Jalan Tamansari pada tahun 1987. Sementara kegiatan pesantren mahasiswa, penataran, pelatihan, dan pertemuan-pertemuan ilmiah dilaksanakan di kampus II Cibural.

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Universitas Islam Bandung

Visi

Menjadi Perguruan Tinggi Islam yang Mandiri, Maju, dan Terkemuka di Asia Pada Tahun 2025.

Misi

Berdasarkan rumusan visi di atas, diturunkan menjadi misi sebagai berikut ini:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, bertakwa, dan berakhlakul karimah sebagai mujahid, mujtahid, dan mujaddid.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan pemikiran, konsep dan teori-teori baru bagi kemaslahatan umat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan.
  4. Mengelola Perguruan Tinggi yang mengedepankan good university governance berlandaskan nilai-nilai Islam.

Tujuan

Sesuai misinya, terdapat empat tujuan sebagai berikut ini:

  1. Mewujudkan sumber daya manusia unggul yang menjunjung tinggi nilai- nilai Islam.
  2. Menghasilkan lulusan yang berakhlak karimah dan kompeten di bidang iptek serta mempunyai jiwa kewirausahaan.
  3. Menghasilkan temuan-temuan ilmiah dan menerapkannya untuk memperbaiki kesejahteraan manusia.
  4. Menjadikan Unisba sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu menegakan nilai-nilai Islam dan budaya Islami di tengah-tengah masyarakat.
  5. Membangun sistem tata pamong Perguruan Tinggi yang memenuhi prinsip good university governance dan bernafaskan nilai-nilai Islam.

Sasaran

Keempat tujuan strategis memiliki sasaran sebagai berikut:

  1. Pemenuhan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia unggul Unisba.
  2. Pemenuhan kualitas lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan dengan ciri 3M.
  3. Menghasilkan penelitian unggulan bernafaskan Islam dalam merespon kebangkitan peradaban Islam.
  4. Mengimplementasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk penguatan jati diri Unisba.
  5. Mengimplementasikan good university governance yang bernapaskan nilai- nilai Islam dalam manajemen Perguruan Tinggi.

Akreditasi Universitas Islam Bandung (UNISBA) : A

Universitas Islam Bandung pada tahun 2017 telah dinyatakan Terakreditasi “A” berdasarkan SK BAN-PT No. 2732/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2017 yang berlahu sampai dengan 15 Agustus 2022.

Video Profil Universitas Islam Bandung

Profil Universitas Islam Bandung dapat disaksikan pada tautan video berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=RPusddNbPo4

Fakultas dan Jurusan di Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Biaya Kuliah di UNISBA TA 2020/2021

Informasi rincian biaya kuliah di Universitas Islam Bandung dapat disimak di sini.

Jurusan Favorit Saintek di UNISBA

Jurusan Favorit Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Fasilitas

Universitas Islam Bandung (Unisba) menghadirkan beberapa fasilitas pendukung kegiatan mahasiswa sebagai berikut.

  • Laboratorium pendukung

Fasilitas berupa laboratorium ini digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan berbagai eksperimen secara mendalam sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Hadirnya fasilitas ini diharapkan dapat menunjang aktivitas pembelajaran.

  • Perpustakaan

Universitas Islam Bandung menghadirkan fasilitas gedung perpustakaan sebagai sarana penunjang dalam mendapatkan sumber ilmu pengetahuan. Perpustakaan ini dapat digunakan sebagai tempat referensi mahasiswa. Dengan menyediakan fasilitas ruang baca yang nyaman dan tenang, mahasiswa bisa betah menghabiskan waktu di sini.

  • Gedung Aula

Gedung aula Universitas Islam Bandung digunakan untuk melaksanakan berbagai acara kegiatan mahasiswa

Selain fasilitas di atas, Unisba juga menghadirkan berbagai fasilitas penunjang lainnya, seperti Anatomage Table, Ruang Kelas dengan pendingin ruangan dan proyektor, Student Center, Komplek Pesantren Mahasiswa, ATM Ruang Keluarga Mahasiswa Psikologi, Aplikasi Unisba Go, E-Library Unisba, Sistem Informasi Akademik, Sistem Informasi Tata Usaha, dan Sistem Informasi Mahasiswa.

Beasiswa

1. Beasiswa Baitul Maal Unisba.

Beasiswa Baitul Maal membuka pendaftaran setiap bulan Mei dan diberikan satu kali dalam setahun.

2. Beasiswa Prestasi Unisba

Beasiswa ini diselenggarakan dalam rangka milad Unisba. Beasiswa ini khusus diberikan untuk mahasiswa berprestasi yang berhasil menjuarai lomba-lomba tingkat daerah, provinsi, wilayah, nasional, dan internasional.

3. Beasiswa Bantuan Walikota (Bawaku)

Beasiswa ini merupakan program bantuan Walikota yang diberikan sekali setahun. Besaran bantuan yang diberikan ialah Rp 2.000.000-Rp 2.500.000 dengan waktu yang ditentukan oleh Bawaku.

4. Beasiswa Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Di tahun 2018, beasiswa ini menyediakan 39 kursi untuk mahasiswa Universitas Islam Bandung. Waktu pendaftaran Beasiswa Pemprov Jabar pada tahun 2018 relatif singkat, yaitu dari 28-31 Mei 2018.

5. Beasiswa Dikti

Beasiswa Dikti terbagi menjadi dua kategori, yaitu BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) dan BPPA (Bantuan Peningkatan Prestasi Akademik). Kedua beasiswa ini khusus diberikan bagi mahasiswa kurang mampu tanpa harus menyertakan SKTM. Kuota yang diberikan untuk kedua beasiswa ini dibatasi hanya untuk 100 orang, yakni Beasiswa BBM 67 orang dan Beasiswa PPA 33 orang.

6. Beasiswa Unggulan

Kemdikbud menawarkan Program Beasiswa Unggulan demi mendukung peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas berupa bantuan pendidikan dan pelatihan jalur gelar dan non gelar. Program ini diprioritaskan meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan untuk berbagai bidang yang relevan dengan pengembangan pendidikan dan kebudayan di Indonesia.

7. Beasiswa BCA Finance

BCA Finance memberikan beasiswa kepada mahasiswa S1 berprestasi. Pendaftaran beasiswa periode ini biasanya dilakukan antara bulan Mei sampai dengan bulan Juni. Beasiswa ini terdiri dari 4 tahap yakni, pendaftaran, pengumuman tahap I, seleksi (tahap II), dan pengumuman pemenang. Pendaftaran beasiswa ini dibuka sekitar bulan Mei hingga Juni setiap tahunnya. Dilakukan berbagai seleksi untuk menentukan penerima yang berhak mendapatkan beasiswa ini. Besaran beasiswa yang akan didapatkan ialah Rp 3 juta per semester.

8. Djarum Beasiswa Plus

Selain mendapatkan dana bantuan selama satu tahun, beasiswa ini juga memberikan berbagai pelatihan soft skills. Kemudian penerima beasiswa ini dituntut aktif di berbagai organisasi, baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Penerima beasiswa ini diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai soft skills yang telah didapatkan dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan solusi pada suatu permasalahan sosial di lingkungan sekitar.

Persyaratan yang diberikan Djarum ialah mahasiswa jenjang S1/D4 pada semester IV dari semua jurusan dengan IPK minimum 3.00 pada semester III. Setelah itu, penerima wajib mempertahankan IPK tersebut hingga akhir semester IV. Beswan juga dituntut untuk aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar kampus.

9. Astra 1st

Beasiswa Astra 1st memberikan bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa jenjang S1. Selain dukungan dana pendidikan, Astra International turut memberi pengembangan berupa pelatihan dan bimbingan yang berkaitan dengan dunia kerja.

10. Beasiswa bagi hafiz al-qur’an

Beasiswa bagi hafiz al-qur’an juga dihadirkan oleh Universitas Islam Bandung untuk merka yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang sarjana. Beasiswa ini khusus untuk calon mahasiswa baru jalur PMDK. Seluruh mahasiswa dapat mendaftarkan diri untuk menerima beasiswa ini.

Sewa Kos

Terdapat cukup banyak tempat kos di sekitar lokasi Universitas Islam Bandung. Mayoritas tempat kos menawarkan pembayaran per bulan, dengan biaya sewa paling murah Rp 350.000. Fasilitas yang ditawarkan dengan harga tersebut adalah kasur, kamar mandi luar dengan kloset jongkok, dan parkir motor saja.

Adapun biaya kos paling mahal di sekitar Unisba adalah Rp 6.000.000 per bulan. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, yaitu kasur, bantal, kursi, lemari baju, meja rias, TV kabel, kamar mandi dengan shower, Wi-Fi, AC, dan fasilitas keamanan yang dilengkapi dengan CCTV.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Bandung

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp900.000)
Rata-rata (Rp1.500.000)
Tertinggi (Rp2.000.000)

Sewa Kos

Terendah (Rp. 250.000)
Rata-rata (Rp600.000)
Tertinggi (Rp2.500.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Dimana lokasi UNISBA?

Jl. Tamansari No.1, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116

Apakah beasiswa bagi hafiz al-qur’an hanya berlaku untuk studi di Fakultas Agama Islam?

Tidak

Apakah arkeditasi UNISBA ?

A

Spesialisasi
  • Teaching skills
Video