Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) - Jurusan, Akreditasi, Fakultas

Profile
  

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

 

Profil dan Sejarah

Universitas Muhammadiyah Surakarta, atau disingkat UMS, merupakan salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Indonesia yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1981. Sebelumnya, pada tahun 1958, Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan bagian dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) cabang Surakarta. Fakultas ini menaungi tigas program studi, yaitu Pendidikan Umum, Ekonomi Umum, dan Pendidikan Agama Islam. FKIP Muhammadiyah Cabang Surakarta kemudian berubah menjadi dua lembaga pendidikan tinggi setelah mendapatkan izin berdiri di tahun 1965. Dua lembaga pendidikan tinggi tersebut, yaitu Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Surakarta dan Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Surakarta.

Drs. H. Mohamad Djazman, Rektor IKIP Muhammadiyah Surakarta saat itu, menaggabungkan IKIP Muhammadiyah Surakarta dan IAIM Surakarta pada tahun 1979. Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1981, IKIP Muhammadiyah Surakarta berganti nama menjadi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Pada awal pendiriannya tersebut, UMS mengelola beberapa fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, dan Fakultas Agama Islam (FAI). UMS kemudian mengembangkan pendidikannya dengan menambah program studi baru di berbagai jenjang, mulai dari S1, S2, hingga S3.

Universitas Muhammadiyah Surakarta menerapkan sebuah filosofi dalam pelaksanaan pendidikannya, yaitu “Wacana Keilmuan dan Keislaman”. Melalui filosofi tersebut UMS berharap mampu menumbuhkan pribadi yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk mengabdi kepada Allah dan memberi manfaat kepada sesama umat. Oleh karena itu, UMS berusaha mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan berlandaskan pada moral dan nilai-nilai keislaman, seperti penanaman sikap kerja keras, jujur, ikhlas, sabar, berintegritas tinggi, pemikiran positif, rasional objektif, adil, dan berhati bersih.

Dengan berpedoman kepada cita-cita untuk mencerdaskan bangsa, UMS selalu berupaya meningkatkan kualitas dan sistem pendidikannya agar mampu menghasilkan lulusan yang kompeten yang dapat bersaing secara global. Salah satu cara yang dilakukan UMS untuk meningkatkan pendidikannya adalah melakukan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi asing. Beberapa perguruan tinggi asing yang pernah melakukan kerja sama dengan UMS, yaitu Derby University (UK), Kyung dong University (Korea), National Dong Hwa University (Taiwan), Kingston University (UK), Youngsan University (Korea), Nottingham University (UK), Minnesota University (USA), Waterloo University (Canada), dan Charles Darwin University (Australia).

Upaya UMS untuk meningkatkan pendidikannya telah membuahkan hasil melalui berbagi prestasi yang diraihnya. Beberapa di antaranya yaitu, peringkat ke-8 universitas terbaik di Indonesia dan PTS terbaik pertama di Indonesia versi QS pada tahun 2016 dan 2017, Penerima Beasiswa S-3 Luar Negeri terbanyak tahun 2015, 2016, dan 2017, Pustakawan Terbaik Tingkat Kopertis VI, Penghargaan Best Brand Index Solopos 2018, dan PTS Terbaik Nasional 2018 Penghargaan Radar Solo Awards 2018.

Visi, Misi, dan Tujuan

Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki visi, misi, dan tujuan yang dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan. Visi yang dimiliki UMS adalah “Pada tahun 2029, Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi Pusat Pendidikan dan Pengembangan IPTEKS yang Islami dan memberi arah perubahan.” Misi yang dimiliki UMS, yaitu:

  • Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sebagai bagian dari ibadah kepada Allah (integrated) yang memberi dampak terwujudnya masyarakat utama.
  • Mengembangkan sumber daya manusia berdasarkan nilai-nilai keislaman dan memberi arah perubahan dalam rangka mewujudkan masyarakat utama.

Tujuan UMS antara lain:

  • Menjadi universitas yang unggul di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
  • Menghasilkan lulusan berkualitas yang mengamalkan nilai-nilai Islam
  • Menjadi universitas yang berkelanjutan (sustainable) dengan tata kelola yang baik.

Akreditasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) : A

Universitas Muhammadiyah Surakarta mendapatkan akreditasi dengan peringkat “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2017 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 2263/SK/BAN-PT/Ak-SURV/PT/VII/2017. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 27 Desember 2021.

Fakultas dan Jurusan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Biaya Kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Rincian biaya kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta dapat dilihat di sini.

Jurusan Favorit Saintek di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Jurusan Favorit Soshum di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Fasilitas Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas Muhammadiyah Surakarta menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki UMS, yaitu:

  1. Area Hijau (Green Campus) Kampus UMS dikelilingi oleh penghijauan, mulai dari tanaman, pohon besar, hingga bunga-bunga. UMS memiliki area hijau luas yang berada di Jl. Adisucipto Karanganyar, bernama edupark. Edupark adalah sebuah taman rekreasi keluarga yang memiliki luas 6 hektare dengan desain taman alam. Edupark dikelilingi dengan berbagai jenis pepohonan sehingga akan membuat pengunjung merasa nyaman dan sejuk. Tempat ini dilengkapi dengan area Jogging Track, Lapangan Sepak Bola, arena labirin, dan hutan alam. Edupark juga sering digunakan sebagai tempat penelitian bagi para mahasiswa UMS.
  2. Hotspot Area UMS menyediakan jaringan internet gratis di lingkungan kampus yang dapat diakses oleh dosen dan seluruh mahasiswa pada pukul 7.00 WIB sampai 22.00 WIB. Jaringan internet ini akan memudahkan mahasiswa untuk memperoleh informasi yang diperlukan, terutama informasi untuk kegiatan pembelajaran.
  3. Sarana Transportasi UMS menyediakan sarana transportasi berupa mobil minibus atau bis, yang dapat digunakan oleh para civitas akademika UMS yang memiliki kegiatan di luar kampus, seperti kegiatan seminar atau lomba.
  4. Sarana Olahraga UMS menyediakan Gedung Olahraga (GOR) yang dapat membantu civitas akademika UMS untuk tetap bugar di tengah kesibukan pembelajaran. Olahraga yang sering dilakukan di GOR ini, yaitu olahraga basket, taekwondo, futsal, karate, pencak silat, dan bulu tangkis.
  5. Sarana Ibadah UMS menyediakan masjid dan mushola yang memudahkan kegiatan ibadah civitas akademika UMS. UMS juga menyediakan masjid induk sebagai sarana dakwah dan pusat kegiatan keislaman.
  6. Perpustakaan UMS menyediakan perpustakaan yang dilengkapi sekitar 40.000 koleksi buku akademik, buku nonakademik, kumpulan skripsi, tesis, serta arsip penelitian. Perpustakaan UMS menjadi menjadi salah satu perpustakaan terlengkap di Surakarta. Perpustakaan ini juga menyediakan koleksinya dalam bentuk e-book yang dapat diunduh secara mandiri.
  7. Pendampingan dalam Peningkatan Kapasitas Diri UMS menyediakan pendampingan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan diri agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja dan kehidupan sosial. Ada dua jenis pendampingan yang diberikan UMS, yaitu pendampingan Al-Islma dan kemuhammadiyahan (AIK) serta english tutorial program (ETP). Pendampinagan AIK dilakukan melalui kegiatan pemetaan baca Al Quran, pemberantasan buta huruf Al Quran, dan diskusi keagamaan. Tujuan dari adanya pendampingan ini adalah untuk memberikan pendidikan karakter dan keagamaan yang dapat menciptakan lulusan berkualitas dan unggul di masyarakat. Pendampingan ETP adalah pendampingan yang dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi pasar global dengan mempelajari dan memahami bahasa asing (bahasa Inggris). Kegiatan yang dilakukan dalam pendampingan ini, yaitu pembelajaran bahasa Inggris dasar, pembiasaan penggunaan bahasa Inggris verbal dan tulisan, pendampingan dengan tutor ETP setiap satu pekan sekali, social gathering, dan english tutorial cup.
  8. Laboratorium UMS menyediakan berbagai laboratorium di setiap fakultas untuk menunjang kegiatan praktik sehingga mahasiswa tidak hanya dapat menerima teori dari proses pembelajaran, tetapi juga dapat menerapkan teori tersebut secara nyata. Beberapa laboratorium yang dimiliki UMS, yaitu Lab Akuntansi, Lab Hukum, Lab Gizi, Lab Kimia, Lab Biologi, Lab Arsitektur, Lab Elektro, Lab Fisika, Lab Teknik Komputer, dan Lab Teknik Mesin.

Beasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas Muhammadiyah Surakarta menyediakan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Masing-masing beasiswa UMS memiliki bentuk bantuan, jangka waktu, dan persyaratan yang berbeda. Beberapa beasiswa yang terdapat di UMS, yaitu:

  1. Beasiswa Kyai Ahmad Dahlan (BKAD) Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa dengan prestasi di sekolah 5% terbaik dengan legalisir rapor semester 1-5 yang menyebutkan peringkat dan jumlah siswa di kelas. Beasiswa ini berlaku untuk mahasiswa baru dari semua program studi, kecuali Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi.
  2. Beasiswa Tunas Unggul Muhammadiyah dan Daerah (BTUMD) BTUMD bertujuan membantu calon mahasiswa yang mempunyai prestasi serta kemampuan akademik yang baik, tetapi memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi untuk berkuliah. Beasiswa ini berlaku untuk mahasiswa baru dari semua program studi, kecuali Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi.
  3. Beasiswa Unggulan UMS (BU-UMS) Beasiswa ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi 5% terbaik di sekolah serta aktif dalam kegiatan organisasi Muhammadiyah atau organisasi otonom di bawah Muhammadiyah. Bantuan beasiswa ini mencakup seluruh biaya kuliah di UMS, mulai dari Dana Pengembangan, biaya kuliah, hingga biaya wisuda. Beasiswa ini berlaku untuk calon mahasiswa dari semua program studi, kecuali Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi.
  4. Beasiswa International (BI-UMS) Program Beasiswa International UMS diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki nilai sekurang-kurangnya 80% dari skala nilai terbaik dengan legalisir rapor semester 1-5 yang menyebutkan peringkat dan jumlah siswa di kelas. Beasiswa ini berlaku untuk semua program studi, kecuali Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi. Beasiswa ini mencakup seluruh biaya kuliah di UMS, mulai dari Dana Pengembangan, biaya kuliah, hingga biaya wisuda. Sedangkan biaya lainya, seperti praktik kerja lapangan, praktik rumah sakit, ujian ulang skripsi atau kegiatan student exchange dengan mitra di luar negeri tidak termasuk dalam beasiswa dan menjadi tanggungan mahasiswa.
  5. Beasiswa Prestasi (BP-UMS) Beasiswa ini bertujuan untuk membantu siswa yang memiliki prestasi yang baik di bidang akademik maupun nonakademik, seperti olah raga dan seni, tetapi memiliki keterbatasan biaya perkuliahan. Beasiswa ini berlaku untuk calon mahasiswa di semua program studi, kecuali Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi.
  6. Beasiswa Hafidz Al-Quran (BHA-UMS) Beasiswa ini ditujukan kepada calon mahasiswa yang hafal Al-Quran minimal 15 Juz dan siswa sekolah umum yang memiliki prestasi 10% terbaik dengan legalisir rapor semester 1-5 yang menyebutkan peringkat dan jumlah siswa di kelas.

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa di UMS dapat dilihat di sini.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa akreditasi Universitas Muhammadiyah Surakarta?

Di mana lokasi kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta?

Di Jl. A. Yani, Mendungan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video