Universitas Ahmad Dahlan (UAD) - Jurusan, Akreditasi, Fakultas

Profile
  

Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Profil dan Sejarah

Universitas Ahmad Dahlan, atau disingkat UAD, sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tanggal 18 November 1960 di Yogyakarta. UAD sebelumnya merupakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Muhammadiyah jurusan Ilmu Mendidik yang mendapatkan status ”diakui” untuk program Sarjana Muda berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan ilmu Pengetahuan Nomor: l06/A.63 tanggal 15 September 1963.

Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Deputi Menteri Perguruan Tinggi Nomor: 50 tahun 1966, lembaga ini mendapatkan status tertinggi bagi perguruan tinggi swasta, yaitu status ”disamakan” untuk jurusan Ilmu Mendidik. Kemudian pada tahun 1966 FKIP Muhammadiyah mengajukan permohonan status untuk membuka program pendidikan Doktoral. Permohonan status tersebut baru diberikan pada tahun 1979 dengan mendapat status ”terdaftar” berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 029/0/1981. Program Pendidikan Sarjana Muda Ilmu Mendidik dan Pendidikan Doktoral Ilmu Mendidik kemudian disatukan menjadi program pendidikan Strata Satu (S-1) dengan status diakui menjadi program studi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0361/0/1986 tanggal 14 Mei 1986.

Pada tahun 1972, mengikuti perkembangan pendidikan, FKIP Muhammadiyah berubah menjadi IKIP Muhammadiyah Yogyakarta. IKIP Muhammadiyah Yogyakarta membuat Rencana Induk Pengembangan (RIP) untuk tujuh tahun ke depan, terhitung mulai tahun 1976 sampai 1983. Pada tahun 1978, IKIP Muhammadiyah Yogyakarta memulai rencana pengembangan tersebut dengan membuka dan mengembangkan beberapa program studi dan fakultas yang diawali dengan pembukaan Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS) jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Setelah mengalami berbagai perkembangan, dibuat gagasan untuk mengembangkan IKIP Muhammadiyah Yogyakarta menjadi Universitas Ahmad Dahlan pada akhir tahun 1990. Ide pengembangan tersebut mendapatkan respon positif, terutama dari mahasiswa jalur nonkependidikan. Selain itu, keterbatasan daya tampung di perguruan tinggi pada masa itu juga mendukung ide pengembangan universitas ini.

Berdasarkan hal tersebut, dibentuk Panitia Persiapan Universitas Muhammadiyah K.H. Ahmad Dahlan (Ummika) oleh Yayasan Badan Pembina melalui SK Badan Pembina IKIP Muhammadiyah Yogyakarta dengan Nomor 05/SK/1992 tanggal 13 Februari 1992. Kemudian Yayasan Badan Pembina dan Rektor melakukan konsultasi ke Kopertis Wilayah V pada tanggal 22 Februari 1992. Pada tanggal 14 Mei 1992 laporan hasil studi kelayakan telah berhasil dibuat oleh tim penyusun studi kelayakan. Dalam laporan yang diajukan ke Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi tersebut, diusulkan penggantian nama Muhammadiyah karena menurut Dirjen, dalam satu kota hanya dimungkinkan memiliki satu universitas yang mempunyai nama sama. Dirjen bahkan menyarankan penyatuan universitas ini dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Setelah melakukan diskusi dan negosiasi dengan berbagai pihak, pada tanggal 19 Desember 1994 diputuskan bahwa IKIP Muhammadiyah Yogyakarta berubah menjadi Universitas Ahmad Dahlan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 102/D/0/1994.

Universitas Ahmad Dahlan mengembangkan pendidikan dalam bidang keahlian atau teknologi (technological sciences) maupun dalam bidang sosial dan humaniora (social sciences). Saat ini, UAD memiliki sebelas fakultas yang menaungi beberapa program studi yang spesifik mempelajari bidang ilmu masing-masing. Program pendidikan yang diselenggarakan meliputi, program vokasi, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi. UAD dalam menyelenggarakan setiap program pendidikannya tersebut selalu dilandaskan pada aqidah Islam dan asas Pancasila.

Kegiatan Universitas Ahmad Dahlan terbagi di lima lokasi kampus yang dimilikinya, yaitu Kampus I di Jalan Kapas No.9, Semaki, Umbul Harjo, Yogyakarta, untuk FTDI, FPsikologi, dan FE; Kampus II di Jalan Pramuka No.2, Sidikan, Umbul Harjo, Yogyakarta, untuk FKIP, FH, dan FSBK; Kampus III di Jalan. Prof. Dr. Soepomo, S.H. Janturan, Umbul Harjo, Yogyakarta, untuk FTI, FMIPA, dan Farmasi, FKM; Kampus IV di Jalan. Ringroad Selatan, untuk Rusunawa Persada; serta Kampus V di Jalan. Ki Ageng Pemanahan 19, Yogyakarta, untuk PGSD dan PGPAUD.

Visi dan Misi

Universitas Ahmad Dahlan memiliki visi, misi, dan tujuan yang dijadikan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan. Visi UAD adalah “Menjadi perguruan tinggi yang diakui secara internasional, dan dijiwai nilai-nilai Islam.”

Misi yang dimiliki UAD, yaitu:

  1. Memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat.
  2. Membangun dan mengembangkan kerja sama yang setara di tingkat lokal, nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi yang baik.
  4. Mengimplementasikan nilai-nilai Islam pada semua aspek kegiatan Universitas.

Tujuan

Tujuan UAD dijabarkan dari tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan tinggi di Indonesia yang didasarkan pada nilai-nilai yang terkandung di dalam Al Qur’an dan As Sunnah. Tujuan pendidikan UAD antara lain:

  1. Tercapaianya lulusan yang memiliki kompetensi unggul dan berakhlak mulia
  2. Tercapainya peningkatan hasil-hasil penelitian yang relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional dan internasional serta kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
  3. Terlaksananya peran sivitas akademika pada pengembangan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat yang berkemajuan.
  4. Tercapaianya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang memiliki kompetensi unggul dan berakhlak mulia.
  5. Tercapainya penguatan kerja sama strategis yang saling menguntungkan dengan mitra lokal, nasional dan internasional.
  6. Terwujudnya universitas yang memiliki kemandirian dan tata kelola yang baik (Good University Governance).

Nilai-Nilai

Untuk mencapai visi, misi, dan tujuannya, UAD mengembangkan nilai-nilai berikut:

  1. Integritas mengandung nilai-nilai: integritas, kepemimpinan yang amanah.
  2. Solidaritas mengandung nilai-nilai: basyiran (menggembirakan), kebersamaan, dan keikhlasan.
  3. Inovasi mengandung nilai-nilai: pembaruan, pencerahan, dan berkemajuan.

Akreditasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) : A

Universitas Ahmad Dahlan mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2017 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 3632/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 10 Oktober 2022.

Fakultas dan Jurusan di Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Biaya Kuliah di Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Rincian biaya kuliah di Universitas Ahmad Dahlan dapat dilihat di sini.

Jurusan Favorit Saintek di Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Jurusan Favorit Soshum di Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Fasilitas Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki UAD antara lain:

  1. Perpustakaan
    Perpustakaan merupakan fasilitas yang sangat berguna bagi mahasiswa dalam melakukan kegatan belajar secara mandiri. Perpustakaan UAD terdiri atas tiga unit, yaitu unit I di Kampus I UAD Jln. Kapas 9, Semaki Yogyakarta, berada di lantai 1, Perpustakaan; unit II di Kampus II UAD Jln. Pramuka no. 42 Sidikan; dan unit III di Kampus III UAD Jln. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Warungboto. Jumlah koleksi buku di perpustakaan ini cukup banyak. Koleksi tersebut meliputi, majalah, surat kabar, skripsi, ensiklopedia, dan laporan penelitian. Perpustakaan ini dilengkapi dengan jaringan internet yang dapat diakses oleh para pengunjung. Selain itu, perpustakaan ini menyediakan layanan peminjaman pustaka untuk pengunjung yang memiliki kartu anggota serta program penelusuran informasi secara cepat dan tepat melalui katalog online di laman digilib.uad.ac.id.
  2. Fasilitas Penunjang Akademik Perkuliahan
    UAD memiliki berbagai fasilitas penunjang kegiatan perkuliahan mahasiswa yang meliputi, sejumlah ruang pertemuan, laboratorium dan workshop, serta 5 (lima) gedung kampus. Laboratorium dan workshop digunakan untuk memperkuat ilmu mahasiswa, baik teori maupun konsep. Fasilitas ini juga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan lain, seperti percobaan penelitian, pengembangan teori, minat-bakat, rekayasa, keahlian, serta profesi. UAD memiliki laboratorium sebanyak 143 laboratorium, yang terdiri dari 42 laboratorium FKIP, 11 laboratorium Fakultas Kesehatan Masyarakat, 7 laboratorium Fakultas Farmasi, 5 laboratorium Fakultas Kedokteran, 16 laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi Terapan, 31 laboratorium Fakultas Teknologi Industri, 10 laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 8 laboratorium Fakultas Sastra, 8 laboratorium Budaya dan Komunikasi, 6 laboratorium Fakultas Psikologi, serta 7 laboratorium Fakultas Hukum.
  3. Fasilitas KO-Kurikuler
    UAD memiliki banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta organisasi intra dan ekstra kurikuler. Melalui lembaga dan organisasi tersebut mahasiswa dapat mengembangkan minat, bakat, serta kemampuan dalam berbagai bidang, seperti bidang wirausaha atau bisnis, bidang ilmiah akademik, olah raga dan seni, dan kemampuan berdakwah. Setiap Unit Kegiatan Mahasiswa memiliki kantor di komplek Student Center di Jln Kapas Semaki, Yogyakarta.
  4. Poliklinik
    UAD menyediakan poliklinik yang dapat memberikan berbagai pelayanan kesehatan setiap hari pada jam kerja. Tempat ini dimiliki oleh masing-masing kampus UAD. Selain itu, UAD menyediakan fasilitas layanan kesehatan berupa Dana Sehat Muhammadiyah yang dapat dipergunakan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Jln. K.H.A. Dahlan Yogyakarta. Kemudian juga terdapat pelayanan pemeriksaan dokter gratis yang bisa diperoleh di Apotek UAD, Jalan Cendana Yogyakarta.
  5. Koperasi Mahasiswa (KOPMA)
    Kopma UAD memiliki usaha berupa toko yang dibuka setiap hari pada jam kerja. Tujuan dari didirikannya koperasi ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota melalui aktivitas usaha dan pembinaan anggota agar memiliki sikap profesional yang tangguh. Selain itu, kopma juga memiliki tujuan untuk ikut membina dan mengembangkan gerakan koperasi dalam rangka pembangunan perekonomian nasional untuk mewujudkan demokrasi ekonomi.
  6. Masjid dan Pembinaan Spiritual
    UAD menyediakan masjid dan musala untuk memudahkan warga kampus dalam melakukan kegiatan ibadah. UAD memiliki 4 (empat) masjid yang berada di Kampus 1, 2, 3, dan 4 serta 1 (satu) buah musala yang berada di kampus 5. Selain sebagai tempat ibadah, fasilitas ini juga digunakan untuk berbagai kegiatan pembinaan mental kerohanian, yang meliputi pengajian rutin sivitas akademika (bulanan), pengiriman mubaligh, Ramadhan di Kampus (RDK), pendampingan Tahsin mahasiswa, dosen, dan karyawan, kajian mingguan keislaman untuk mahasiswa, serta kajian keputrian untuk mahasiswa
  7. Fasilitas Internet
    UAD menyediakan sarana akses internet melalui jalur LAN (anjungan komputer) yang disediakan di masing-masing kampus untuk menunjang kegiatan pembelajaran mahasiswa.
  8. Fasilitas Pembayaran Online
    Seluruh mahasiswa UAD dapat melakukan pembayaran SPP secara online melalui Bank BRI, BNI konvensional dan BNI Syariah di seluruh Indonesia, BPD DIY dan BSM, BUKOPIN, serta Mini Bank Ar Rahman.

Beasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan menyediakan berbagai program beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Beasiswa ini berasal dari UAD maupun lembaga lainnya. Beberapa beasiswa yang terdapat di UAD, yaitu:

  • Beasiswa UAD meiliputi: Beasiswa Program Misi Keluarga Persyarikatan (BPM-KP) Umum, BPM-KP Hafidz, dan Beasiswa Program Misi Sain, Seni, Olahraga (BPM-SSO) bagi calon mahasiswa baru; Beasiswa Prestasi Akademik bagi mahasiswa semester 2; serta UAD Award Pucang Banjarnegara.
  • Beasiswa Luar UAD meliputi: Bidikmisi, Beasiswa Bank Syariah Mandiri, PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), PPE (Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler), Dikpora DIY, Beasiswa Unggulan Kemendikbud, Program Beasiswa Cendekia BAZNAS, Beasiswa Sang Surya LazisMU, dan Beasiswa Pemerintah Daerah.

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa di UAD dapat dilihat di sini.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa akreditasi Universitas Ahmad Dahlan?

Apa saja jurusan favorit di Universitas Ahmad Dahlan?

Jurusan favorit di Universitas Ahmad Dahlan, yaitu Jurusan Farmasi, Jurusan Biologi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Jurusan Tafsir Hadits.

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video