Jurusan DKV New Media

Jurusan DKV New Media

Kategori Seni

Jurusan DKV New Media_[473 x 314]

Jurusan Biologi

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan DKV New Media

Jurusan DKV New Media sebagai bagian dari program studi Desain Komunikasi Visual yang penerapannya lebih berfokus pada penggunaan new media. New media sendiri diartikan sebagai media yang berbasis teknologi digital. Jadi, disini kamu akan belajar desain pada media cetak, design web, dan media interaktif. Pembelajaran Jurusan ini nantinya dapat diterapkan pada kegiatan branding, design publik, fotografi, typografi, dan lain sebagainya. Dalam pembelajarannya seorang DKV New Media akan menggunakan software yang memudahkannya dalam mendesain (seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Flash dan lainnya). Jurusan DKV New Media cocok untuk orang-orang kreatif yang menyukai seni dan estetika, edufriends.

Kenapa Jurusan DKV New Media

Berkuliah di Jurusan ini akan menyalurkan kreativitasmu, kamu juga akan belajar bagaimana caranya menuangkan kreativitas dalam bentuk visual, baik dalam bentuk gambar maupun video. Selain itu prospek kerja jurusannya cukup luas, tak hanya di koorporat, prospek kerja di ranah freelance pun terbuka lebar. Apalagi dengan Industri kreatif yang kian berkembang, mulai dari komik hingga periklanan.

Selain pola komunikasi yang kini cenderung visual, perkembangan ekonomi kreatif juga turut mempengaruhi berkembangnya industri-industri lainnya. DKV sendiri merupakan bidang yang penting dalam kehidupan masyarakat modern. Semua bentuk usaha yang ada saat ini sangat membutuhkan produk desain, mulai dari kartu nama, packaging produk, sampai logo.

Selain produk di dunia nyata, hasil karya DKV New Media juga dibutuhkan untuk pemasaran di ranah digital. Dengan bantuan jasa DKV New Media, konten-konten digital bisa dibuat jauh lebih menarik untuk menarik perhatian konsumen, edufriends.

Jurusan DKV New Media_[473 x 314]

Keahlian Jurusan DKV New Media

✓ Kemampuan teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan interpersonal

✓ Kemampuan bekerja secara tim

✓ Kemampuan imajinasi

✓ Kemampuan berfikir out of the box

✓ Kemampuan menggambar

Jurusan DKV New Media_[473 x 314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan DKV New Media di Dunia Kerja

  • Desainer Grafis – Ahli dalam menggunakan grafis atau gambar atau apa saja yang berkaitan dengan penciptaan tanda, skema, logo, grafis, gambar, simbol, desain geometric dan lainnya, desainer grafis terlatih menggunakan program desain seperti Photoshop, Illustrator, Flash dan lainnya
  • Ilustrator – Bekerja dengan seni digital atau pensil dan tinta, ilustrator mampu mendesain atau menggambar untuk menyampaikan sebuah pesan
  • Creative Director, seorang pengarah yang mengarahkan karyawannya agar dapat memenuhi target serta kriteria target  konsumennya
  • Art Director, tugasnya sebagai pengarah di bidang seni pada sebuah acara
  • Animator, menjadi seorang animator adalah salah satu pilihan karir yang tepat untuk lulusan DKV New Media. Banyaknya kartun yang menjamur juga semakin membuka kesempatan bagi para animator muda untuk berkarya, edufriends.
  • Marketing Analysis – Tugas seorang marketing analysis adalah mengolah, menganalisis, dan menyajikan data mengenai target pemasaran untuk keperluan klien atau perusahaan dan biasanya bekerja di perusahaan konsultan
  • Social Media Marketing – Perkembangan teknologi digital juga membuat banyaknya peluang kerja baru untuk lulusan DKV Creative Advertising, salah satunya social media marketing. Seorang social media marketing bertugas memasarkan produk atau jasa menggunakan pendekatan social media
  • Digital Marketing – Pekerjaan ini mirip dengan social media marketing, yaitu memasarkan produk atau jasa secara digital. Hanya saja digital marketing staff menggunakan platform digital lebih banyak lagi sebagai media pemasarannya

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan DKV New Media

Perkuliahan di Jurusan DKV New Media akan mempelajari desain yang diaplikasikan pada New media. New Media sendiri diartikan sebagai media yang berbasis teknologi digital.web, packaging, poster, dan lain sebagainya. Perkuliahan Jurusan ini juga akan mempelajari Fotografi, Creative Drawing (teknik, cara dan proses menggambar yang mencakup perspektif, light and shadow, mengarsir, construction of form, space and proportion, dan figure), Tipografi (meliputi keterampilan dasar dalam jenis gaya dan font yang digunakan dalam teks dan logo, pemahaman dasar tentang bagaimana detail visual dapat dirasakan oleh audiens, macam-macam tipografi, sejarah tipografi, kombinasi tipografi, klasifikasi tipografi dan lainnya), mempelajari Art & Design History, User Interface (UI) Design, Communication & Presentation, Desktop Publishing, Single Page Design, dan lain-lain.

Mata Kuliah Jurusan DKV New Media

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan DKV New Media:

  1. Western Art Review
  2. Eastern Art Review
  3. Design nad Materials
  4. Typography
  5. Drawing
  6. Computer Graphic
  7. Visual Communication Design
  8. Photography
  9. Entrepreneurship
  10. Aesthetics
  11. New Media
  12. Illustration Design
  13. Surface Packaging Design
  14. Design Methods
  15. Graphic Reproduction Method

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan DKV New Media

  • Tekun
  • Detil
  • Observan
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Keterampilan komunikasi
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan DKV New Media

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan DKV New Media (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  2. Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta
  3. Institut Seni Indonesia (ISI), Denpasar
  4. Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo
  5. Universitas Negeri Malang (UM), Malang
  6. Universitas Negeri Padang (UNP), Padang
  7. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung
  8. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
  9. Universitas Negeri Malang (UM), Malang
  10. Universitas Negeri Makassar (UNM), Makassar
  11. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  12. Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Surabaya
  13. Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), Semarang
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan DKV New Media

BRANDING CONSULTANT

Branding menjadi salah satu materi yang didapatkan seorang desainer grafis saat menempuh pendidikan. Bekerja di branding consultant tentunya menjadi hal yang lumrah untuk seorang desainer grafis. Desainer grafis akan bertanggung jawab untuk membranding sebuah perusahaan baru atau brand baru dengan lingkup pembuatan desain logo, packaging, maskot, company profile dan kebutuhan branding lainnya. Desainer grafis akan bertanggung jawab pada pada visual seperti logo, tipografi, palet warna, dan gambar yang mewakili kepribadian brand-nya. Seorang desainer grafis yang bergerak pada bidang ini harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan konseptual dan kreatif, serta hasrat untuk meneliti industri, organisasi, tren dan para pesaing.

PERUSAHAAN GAME

Selain di perusahaan branding dan advertising, profesi sebagai desainer grafis juga dibutuhkan di perusahaan game. Di dalam perusahaan game, desainer grafis bertugas sebagai penyedia kebutuhan gambar untuk kebutuhan game, mulai dari asset game, UI, gambar ilustrasi untuk marketing, logo, icon, hingga karakter, sesuai dengan kebutuhan di dalam game. Desainer grafis game juga harus memikirkan tren dan style gambar yang cocok untuk game yang akan dibuat serta harus memikirkan visual yang sesuai dengan target audience.

SOFTWARE HOUSE

Desainer grafis di software house biasanya akan menangani tampilan aplikasi ataupun website. Pekerjaaan ini membutuhkan  kemampuan untuk mendesain User Interface maupun User Experience yang menarik dan user-friendly. Jika memiliki pengetahuan tentang coding web berupa html, PHP, MyQsl, Jquerry, Javascript tentunya akan menjadi nilai tambah untuk menekuni profesi ini.

FREELANCER

Berkat luasnya bidang industri yang dapat dipilih untuk ditekuni, graphic designer bebas memilih lingkungan kerja seperti apa yang ia inginkan. Selain perkantoran konvensional, graphic designer juga dapat bekerja di coworking space atau bahkan di rumah sendiri dengan basis pekerjaan freelance. Keleluasaan ini tentu menjadi nilai lebih bagi para pekerja yang menginginkan suasana kerja informal.

ADVERTISING AGENCY

Jika kamu menyukai DKV New Media di jenis pekerjaan yang dinamis, aktif dan kreatif, advertising agency merupakan pilihan yang tepat. Biasanya advertising agency di dominasi oleh orang-orang berjiwa muda dengan segudang ide kreatif yang siap disalurkan untuk menjawab kebutuhan periklanan klien-nya. Kemampuan DKV New Media sangat dibutuhkan pada industri ini karena tampilan visual merupakan salah satu kunci utama dari periklanan. Pemikiran segar dan kreatifmu juga dibutuhkan pada industri ini untuk menciptakan iklan dan kampanye yang bermakna. Di Ibukota, bertebaran sejumlah advertising agency yang mampu menampung bakat dan kemampuanmu seperti Ogilvy Indonesia, Y&R Indonesia dan Leo Burnett Indonesia.

BRANDING AGENCY

Kemampuan DKV New Media juga dibutuhkan di branding agency karena dibutuhkan tampilan visual yang sesuai sebagai identitas dan representatif perusahaan. Pada industri ini Desainer grafisnya biasanya banyak mendesain logo, membuat marketing kit, brand identity manual guide dan tampilan visual lainnya. Selain memiliki kemampuan mendesain, bekerja di perusahaan branding juga akan dibekali dengan pemahaman konsep dan strategi branding serta pemasaran terpadu yang sangat berguna di branding agency.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Ini?

Cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku).

Apakah prospek kerja untuk para lulusannya?

Perusahaan Pertelevisian, Web Designer, Visual Designer, Illustrator, Creative Director, Freelance Designer.

Apa perbedaan antara Jurusan DKV New Media dan Desain Grafis?

DKV New Media mempelajari topik yang berorientasi pada komunikasi dan bertanggung jawab untuk menyampaikan pesan kepada klien secara visual pada new media. Sebaliknya, desain grafis berfokus pada representasi visual dari konsep-konsep penting dalam metode komunikasi visual.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *