Profesi Copywriter

Gaji Copywriter

Rp. 3.8Jt - Rp. 6.6Jt / Bulan

Pendidikan Profesi Copywriter

S1 Ilmu Komunikasi

Sertifikasi Profesi Copywriter

-

Daftar Isi

Deskripsi Copywriter

Profesi Copywriter bekerja sebagai perangkai kata dan konten kreatif dengan tujuan mempromosikan atau menginformasikan suatu produk atau jasa, dan berhubungan erat dengan citra perusahaan atau brand tertentu. Copywriter kerap disamakan dengan content writer. Meskipun mirip namun content writer lebih menekankan pada tulisan yang informatif, dan edukatif, sementara copywriter lebih berfokus kepada tulisan yang mampu membuat pembaca memutuskan untuk membeli, atau mampu mempersuasi konsumen.

Pekerjaan ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan mulai dari surat kabar, TV, radio dan berbagai media online lainnya. Scope kerja copywriter cukup luas, mulai dari membuat slogan sebuah brand, sampai membuat script dialog iklan televisi. Dari membuat caption online shop sampai menyusun kata-kata untuk suatu poster acara. Pekerjaan ini cocok untukmu yang menyukai suasana bebas, suka belajar hal yang baru, atau kamu yang kurang cocok dengan pekerjaan rutin yang sama setiap hari.

Peran dan Tanggung Jawab Copywriter

  • Copywriter akan bermain dengan kata-kata persuasif yang mampu mepengaruhi minat beli konsumen serta menyajikan berbagai konten yang menarik dan kreatif.
  • Memahami media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Penulisan konten iklan di setiap media memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Penulisan konten iklan di Twitter akan berbeda dengan Instagram. Seperti pada jumlah karakter Twitter dan berbagai batasannya, sehingga kamu dituntut untuk membuat konten iklan yang jelas dan langsung dapat dipahami. Sementara untuk konten Instagram memiliki bentuk yang beragam seperti IG Feed dan IG Story, sehingga konten yang akan di post juga pasti berbeda. Lain halnya lagi dengan penulisan konten blog, youtube dan lain-lain.
  • Copywriter dituntut untuk dapat membuat berbagai tagline yang menarik dan efektif, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens.
  • Bersama account executive, copywriter mendiskusikan target audiens serta pesan inti yang ingin disampaikan kepada klien.
  • Copywriter menggali ide dan konsep untuk visual dan teks bersama anggota tim kreatif lainnya, serta menyajikan ide awal untuk disampaikan kepada direktur kreatif.
  • Copywriter mengawasi tahap produksi, sambil bekerja sama dengan desainer, ilustrator, printer, fotografer, dan perusahaan produksi.

Keterampilan dan Pengetahuan Copywriter

  • Kemampuan menulis, bukan sekadar merangkai kata-kata menjadi sebuah tulisan. Namun, menulis memerlukan kemampuan yang baik seperti menguasai tata bahasa, kosa kata, ejaan atau pun tanda baca.
  • Membuat headline yang menarik, sudah banyak penelitian yang menunjukan hampir semua orang hanya membaca judul saja daripada isi konten. Selain itu, pembaca lebih tertarik melihat gambar dan inti dari konten itu sendiri.
  • Mengutamakan kenyamanan pembaca, seorang copywriter harus mengerti keinginan para pembaca yang umumnya tidak mau repot melihat semua tulisan. Buatlah susunan kalimat yang tepat, perhatikan paragraf, judul dan sub judul.
  • Kemampuan berbahasa Inggris juga perlu dimiliki oleh profesi ini, terutama dari segi penguasaan kosakata dan struktur kalimat (grammar). Sebab, teks iklan tak hanya menggunakan bahasa lokal melainkan juga Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.
  • Mengetahui target audiens, Seorang copywriter harus membuat konten yang sesuai dengan tipe produk yang akan dikonversi.
  • Mampu membuat konten yang dapat direspon pasar, tujuan utama copywriting adalah respon pasar. Oleh karena itu, copywriter yang baik harus benar-benar pandai membungkus sebuah penjualan menjadi sebuah nilai manfaat pada audiens.

Kepribadian Copywriter

  • Kreatif, dan memiliki Pola pikir yang out of the box. Kreativitas yang tinggi wajib dimiliki profesi ini agar ia mampu menciptakan konten-konten unik bagi kebutuhan klien dan dapat menarik perhatian masyarakat serta menguntungkan klien dari segi periklanan dan pemasaran.
  • Copywriter pun dituntut untuk memilki orisinalitas yang agar teks yang ia buat tidak tersandung masalah plagiarisme.
  • Up To Date, memerhatikan hal-hal yang sedang happening dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi agar dapat mengetahui tren-tren yang sedang berkembang di masyarakat dan diaplikasikan ke dalam teks iklan.
  • Menyukai dunia penulisan, dunia seni, dan desain dan Senang mempelajari hal-hal baru.
  • Tertarik pada dasar-dasar psikologis, untuk mempelajari target konsumen, serta memahami pola pikirnya agar iklan yang dibuat tepat sasaran.
  • Seorang copywriter sebaiknya juga memiliki manajemen waktu yang baik karena profesi ini seringkali dikejar deadline.
  • Personaliti lainnya yang harus dimiliki seorang copywriter adalah dapat bekerja sama dalam tim, sensitivitas masalah, kritis, dan persuasi atau kemampuan untuk mempengaruhi orang lain.
Profesi Copywriter (Gaji, Tugas, Syarat, dan Pendidikan Kuliahnya)

Cara Menjadi Copywriter

Pendidikan Strata 1

Menjadi seorang copywriter sesungguhnya tidak membutuhkan suatu pendidikan formal tertentu, meski biasanya seorang copywriter berasal dari Jurusan Ilmu Komunikasi, Advertising, Marketing Communication, dan Sastra Indonesia. Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi kamu akan mempelajari semua bentuk komunikasi, mulai dari komunikasi personal, komunikasi publik, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa. Selain itu kamu juga akan mempelajari strategi komunikasi dan melakukan berbagai praktek yang berhubungan dengan media. Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan ini antara lain Komunikasi Antar pribadi, Komunikasi Massa, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Politik, Komunikasi Lintas Budaya, Media dan Kajian Budaya, Teknik Lobi dan Negosiasi, Periklanan, Reportase Berita Penyiaran, Jurnalistik Kontemporer, dan lain-lain.

Info lengkap mengenai jurusan Advertising dapat dilihat di Jurusan Ilmu Komunikasi

Prospek Kerja Copywriter

Peluang Karir sebagai Copywriter akan selalu terbuka, karena:

Peran Penting Copywriter dalam Hal Pemasaran Produk

Menjual suatu produk tidak hanya sekadar meletakkan barang di etalase. Produk yang dijual wajib dipasarkan, dan diketahui oleh orang-orang yang membutuhkan. Oleh karenanya copywriting sangat diperlukan, baik berupa konten tulisan, gambar atau pun video yang dapat menjangkau semua audiens-nya. Apalagi kini digital marketing kian populer mengalahkan pemasaran konvensional dan peran Copywriter sangat dibutuhkan di semua media pemasaran, mulai dari Landing page, AdWords, Facebook Ads, YouTube Ads, Iklan TV dan Radio, Konten Website, Social Media, Email Marketing Dan lainnya.

Dimana Copywriter Bekerja

Copywriter dapat bekerja di Advertising agency, Media massa, Perusahaan Swasta

Kini, profesi copywriter semakin banyak diminati oleh para pelaku usaha, terutama mereka yang bergerak di ranah online. Karena mereka pun sadar jika keberadaan copywriter sangat krusial, mengingat segala aktivitas manusia kini terpusat di dunia maya atau digital (internet).

Copywriter dapat bekerja di Advertising agency, Media massa, Perusahaan Swasta (kebanyakan perusahaan menempatkan seorang copywriter di bagian tim kreatif yang terhubung langsung dengan tim marketing). Copywriter juga sering ditemui bekerja secara perseorangan dan ‘menjual’ kemampuan menulisnya secara independen, tanpa bergabung di satu perusahaan iklan.

Copywriter merupakan bagian dari tim kreatif untuk keperluan periklanan. Copywriter bersama dengan desainer grafis atau art director bertugas menyampaikan informasi tentang suatu produk atau jasa yang akan dipromosikan. Tentu bahasa iklan yang dibuat harus sesuai dengan audiens atau calon konsumen yang dituju.

Pekerjaan seorang copywriter sangat berbeda dari jasa penulis lainnya. Mereka tidak harus menulis rinci yang memuat informasi, kegunaan, dan keunggulan sebuah jasa atau jasa. Tulisan yang dibuat berisi naskah yang sifatnya persuasif. Secara efektif dapat membujuk para pembaca agar pada akhirnya membeli atau menggunakan jasa yang sedang dipromosikan.  Itulah kenapa copywriter harus punya kemampuan komunikasi yang baik, imajinasi tinggi, kreativitas, dan jiwa seni karena tugasnya menulis deskripsi yang mampu menarik calon pelanggan.

Teks yang ditulis bisa berupa naskah dalam lingkup iklan di media massa, seperti iklan di televisi, radio, koran, atau majalah. Namun bisa juga dalam bentuk katalog, papan iklan (billboard, reklame, baliho), brosur, dan media komunikasi pemasaran lainnya. Tagline produk dan dialog dalam iklan-iklan di televisi juga menjadi tanggung jawab copywriter. Berbeda lagi dengan copywriter untuk media online tentunya yang tugasnya menulis materi pemasaran untuk email, situs web, blog, katalog, marketplace, media sosial dan lain sebagianya.

Profesi Copywriter (Gaji, Tugas, Syarat, dan Pendidikan Kuliahnya)

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Jika tugas copywriter adalah menulis copy, maka apakah copy yang dimaksud?

Copy disini bermakna tulisan, baik untuk iklan cetak, dialog di iklan TV, brosur, website, buku, spanduk dan lain lain.

<>Karakter seperti apa yang cocok untuk menjadi seorang copywriter?

Gemar menulis, berjiwa kreatif, memiliki wawasan luas dan ide-ide yang out of the box, serta up to date.

Dimana seorang copywriter dapat bekerja?

Mulai dari Creative agency, advertising agency, departemen marketing suatu perusahaan, dan lain-lain.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *