Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Profile
  

Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)

Universitas Syiah Kuala sebagai perguruan tinggi negeri tertua di Aceh didirikan pada 2 September 1961 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 11 Tahun 1961. Kemudian Unsyiah diresmikan dengan Keppres Nomor 161 tahun 1962. Universitas Syiah Kuala atau yang biasa disingkat Unsyiah berlokasi di Jalan Teuku Nyak Arief, Banda Aceh, Indonesia.

Sebagai Jantung Hati Rakyat Aceh, Universitas Syiah Kuala memiliki fungsi strategis untuk meningkatkan sumber daya manusia di Aceh. Unsyiah berupaya mengutamakan mutu, mengintegrasikan nilai-nilai universal, nasional, dan lokal demi mencetak sumber daya manusia dengan keselarasan IPTEK dan IMTAQ. Keselarasan tersebut menjadi kunci utama dalam melahirkan sumber daya manusia berkualitas, menjunjung tinggi ektik, berbudi pekerti, dan berakhlak mulia.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan jaminan bahwa perguruan tinggi Unsyiah terakreditasi “A” (Amat Baik) karena telah memenuhi kriteria mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT. Akreditasi tersebut diperoleh Unsyiah sejak tahun 2015 hingga saat ini. Universitas Syiah Kuala berhasil memenuhi 15 indikator yang meliputi kemahasiswaan, sumber daya manusia, kepemimpinan, prasarana dan sarana, pendanaan, kurikulum, tata pamong, sistem pengelolaan, sistem pembelajaran, sistem informasi, sistem jaminan mutu, suasana akademik, lulusan, dan pengabdian kepada masyarakat penelitian serta program studi.

Visi, Misi & Tujuan

Visi

Menjadi universitas yang inovatif, mandiri, dan terkemuka dalam bidang tridharma perguruan tinggi untuk mewujudkan masyarakat akademik yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkarakter menuju socio-technopreneur di tingkat global.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas unggul berbasis kompetensi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki nilai religius, mandiri, sosial, beretika, berakhlak mulia, berkarakter, bernalar kritis, kreatif, berjiwa gotong royong, dan mengedepankan nilai-nilai Universitas Syiah Kuala, serta berdaya saing tinggi pada level nasional dan global;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas tinggi, unggul, inovatif, dan berkelanjutan untuk mendukung pembangunan daerah, nasional, dan global;
  3. Memperkuat dan memperluas jaringan kerja sama institusional di tingkat nasional maupun global dalam rangka mengembangkan dan melestarikan temuan ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan, humaniora, olahraga, bahasa, seni, dan sastra;
  4. Menerapkan manajemen mutu terpadu di bidang pendidikan melalui penerapan prinsip transparansi, partisipatif, produktif, efektif, dan efisien serta menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan tata kelola yang baik danmandiri melalui pengembangan kelembagaan yang mengacu kepada mutu sehingga mampu bersaing pada level global.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki nilai-nilai religius, mandiri, sosial, beretika, berakhlak mulia, berkarakter, bernalar kritis, kreatif, berjiwa gotong royong dengan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan serta berdaya saing tinggi pada level nasional maupun global yang mampu mengaplikasikan nilai-nilai Syiah Kuala;
  2. Menjadi universitas yang inovatif, mandiri, unggul, dan terkemuka di bidang pendidikan, kebudayaan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat baik di tingkat nasional dan global;
  3. Menjadi mitra yang unggul bagi pembangunan daerah, nasional, dan global;
  4. Menjadi universitas pionir sebagai rujukan bagi mitra dan stakeholders;
  5. Menjadi universitas yang inovatif, mandiri, unggul, terkemuka, partisipatif, transparan, dan akuntabel berciri good governance sehingga memiliki daya saing dan berkualitas tinggi di tingkat nasional dan global.

Makna logo Universitas Syiah Kuala

Logo Universitas Syiah Kuala memiliki arti di setiap komponennya. Logo Unsyiah ditandai dengan bentuk Bunga Teratai (Bungong Seuleupok) yang mekar. Bunga tersebut melambangkan kemurnian, semangat, dan keinginan kuat untuk bersatu. Bunga berwarna kuning keemasan itu membentuk segi lima dengan lima lembar mahkota Bunga Seuleupok yang menggambarkan Pancasila sebagai dasar negara yang dijadikan pedoman hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Di dalam logo berbentuk bunga tersebut terdapat gambar Tugu Kopelma Darussalam berwarna putih yang memaknai kemerdekaan, perdamaian, persatuan, dan kesatuan bangsa. Kemudian di dalam logo Unsyiah terdapat kubah yang memiliki arti asas Ketuhanan Yang Maha Esa.

Kisaran Jarak ke Kampus Unsyiah

Ada berbagai pilihan moda transportasi publik menuju Kampus Universitas Syiah Kuala. Berikut kisaran jarak ke kampus Unsyiah dari beberapa titik kedatangan di Banda Aceh.

  • Unsyiah berjarak 8 km ke arah timur dari kota Banda Aceh.
  • Unsyiah memiliki jarak 22 km dari Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda.
  • Unsyiah berjarak 10 km dari Pelabuhan Malahayati di Krueng Raya.

Akreditasi UNSYIAH : A

Video Profil Universitas Syiah Kuala

Profil Universitas Syiah Kuala dapat disaksikan pada tautan video berikut ini:

https://youtu.be/q4THk-tWgss

Fakultas dan Jurusan di UNSYIAH

Biaya Kuliah di UNSYIAH

Rincian biaya kuliah di Universitas Syiah Kuala dapat dilihat di sini.

Jurusan Favorit di UNSYIAH

Fasilitas

Keberadaan sarana beribadah dan aktivitasnya

Menemui tempat beribadah di Universitas Syiah Kuala bukanlah hal yang sulit. Karena Unsyiah memiliki masjid besar dan musala yang terdapat di hampir setiap fakultas. Masjid Jami’ sebagai Islamic Center menjadi pusat kegiatan keagamaan umat Islam. Sarana beribadah yang tersebar di penjuru Unsyiah membuat mahasiswa merasa nyaman dengan segala aktivitas keagamaan, seperti melakukan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya.

Perpustakaan yang bukan sekadar tempat membaca

Fasilitas satu ini merupakan tempat memperoleh sumber ilmu pengetahuan yang memegang peranan penting sebagai sarana penunjang. Perpustakaan tak hanya menjadi tempat untuk membaca buku karena kalian akan mendapatkan manfaat lebih daripada itu. Universitas Syiah Kuala  menyimpan jumlah publikasi ilmiah internasional berindeks scopus terbanyak di Sumatera dan di Indonesia. Jadi, terdapat banyak referensi jurnal yang dapat kalian temukan untuk memenuhi asupan perkuliahan.

Gedung AAC Dayan Dawood

Unsyiah menyediakan beragam fasilitas untuk menyokong kegiatan mahasiswanya. Gedung AAC Dayan Dawood menjadi salah satu fasilitas fenomenal yang berdiri kokoh di Unsyiah. Nama Gedung Academic Activity Center (AAC) Dayan Dawood sendiri berasal dari nama salah satu Rektor Unsyiah yang meninggal dunia ditembak oleh dua orang tak dikenal dalam perjalanan pulang. Atas kejadian itu, diabadikanlah nama Rektor Dayan Dawood untuk mengenang kepergian beliau. Gedung ini difungsikan secara rutin untuk melaksanakan upacara wisuda, seminar-seminar besar, pameran pertunjukkan hingga konser artis terkenal. Gedung AAC Dayan Dawood memiliki panggung yang luas dan dirancang untuk mampu menampung ribuan orang.

Ruang Terbuka Hijau yang beragam

Ruang terbuka hijau dapat menjadi tempat bersantai untuk sekadar menenangkan pikiran. Mahasiswa Unsyiah bebas memilih untuk bersantai di Lapangan Tugu atau playground. Lapangan Tugu yang luas dapat dipakai untuk beberapa kegiatan, seperti bermain sepak bola, upacara gabungan, atau sekadar bersantai sore untuk melepas penat.

Beasiswa

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) diberikan kepada mahasiwa yang memiliki prestasi akademik yang unggul. Hal tersebut biasanya dibuktikan melalui Indeks Prestasi Komulatif atau IPK terakhir saat mendafta. Tak hanya IPK, Beasiswa PPA juga diberikan untuk mahasiswa yang berprestasi di bidang lain, seperti aktif terlibat di organisasi atau partisipasi dalam aktivitas tertentu. Berikut beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi bagi calon penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA).

  1. Calon penerima beasiswa wajib memiliki IPK minimal 3.00;
  2. Calon penerima beasiswa tidak sedang menerima beasiswa atau tunjangan pendidikan dari pihak lain;
  3. Pendaftar jenjang S1 minimal merupakan mahasiswa semester II dan maksimal semester VII. Untuk pendaftar jenjang D-III minimal merupakan mahasiswa semester II dan maksimal semester V.
  4. Calon penerima beasiswa wajib melaporkan hasil studi terakhir ke Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK).

Bersiap pendaftaran Beasiswa PPA, dokumen apa saja yang harus disiapkan? Berikut rinciannya.

  1. Foto kopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM);
  2. Foto kopi Kartu Hasil Studi (KHS) yang telah dilegalisasi;
  3. Foto kopi piagam atau bukti prestasi;
  4. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain;
  5. Surat permohonan beasiswa;
  6. Foto kopi Kartu Rencana Studi (KRS) semester selanjutnya;
  7. Transkrip nilai terbaru;
  8. Foto kopi Kartu Keluarga (KK).

Pendaftaran beasiswa PPA dibuka bulan Maret-April di setiap tahunnya. Untuk dapat mengakses pendaftaran beasiswa silakan Login untuk masuk ke dalam sistem http://www.beasiswa.unsyiah.ac.id/usul.

Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan

Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan menyediakan bantuan studi bagi mereka yang lolos di sejumah perguruan tinggi negeri, terutama dari keluarga kurang mampu. Hal ini bertujuan agar setiap mahasiswa kurang mampu bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk melanjutkan pendidikan tanpa memikirkan perkara biaya yang harus dibayarakan. Syarat beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan yang wajib dipenuhi calon pendaftar sebagai berikut.

  1. Calon pendaftar memiliki IPK minimal 2.75;
  2. Calon pendaftar tidak sedang menerima beasiswa atau tunjangan pendidikan dari pihak lain;
  3. Calon pendaftar berasal dari keluarga dengan ekonomi kurang mampu;
  4. Pendaftar jenjang S1 minimal merupakan mahasiswa semester II dan maksimal semester VII. Untuk jenjang D-III minimal merupakan mahasiswa semester II dan maksimal semester V.
  5. Calon pendaftar wajib melaporkan hasil studi terakhir ke Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK).

Berikut ini adalah beberapa dokumen yang perlu disiapkan.

  1. Foto kopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM);
  2. Foto kopi Kartu Hasil Studi (KHS) yang telah dilegalisasi;
  3. Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermaterai bagi wirausaha;
  4. Surat keterangan kurang mampu dari Kepala Desa/Lurah;
  5. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain;
  6. Surat permohonan beasiswa;
  7. Foto kopi Kartu Rencana Studi (KRS) semester selanjutnya;
  8. Transkrip nilai terbaru;
  9. Foto kopi Kartu Keluarga (KK).

Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Beasiswa ini merupakan tunjangan biaya belajar yang bersumber dari pemerintah sebagai sebuah dukungan serta upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Calon pendaftar beasiswa Unggulan Kemdikbud bisa segera mendaftarkan diri dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan. Beasiswa ini diprioritaskan untuk siswa dengan segudang prestasi, seperti pemenang lomba siswa tingkat nasional, peraih medali olimpiade sains atau teknologi tingkat  nasional maupun internasional, lulusan terbaik di sekolah, pemenang lomba tingkat nasional maupun internasional di bidang sains, teknologi, seni budaya, dan olahraga.

Syarat beasiswa Unggulan Kemdikbud yang wajib dipenuhi calon pendaftar sebagai berikut.

  1. Calon pendaftar telah diterima di salah satu universitas tujuan;
  2. Calon pendaftar menyertakan surat pernyataan sanggup mengikuti peraturan pada Program Beasiswa Unggulan;
  3. Calon pendaftar mengisi data via online melalu situs http://www.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id;
  4. Calon pendaftar melampirkan proposal rencana usulan tugas akhir atau skripsi;
  5. Memiliki nilai UN minimal 7.25;
  6. Memiliki nilai TOEFL minimal 450;
  7. Menyertakan sertifikat penghargaan atau prestasi;
  8. Calon pendaftar berusia tidak lebih dari 21 tahun.

Jadwal pendaftaran beasiswa ini dibuka sepanjang tahun. Setelah memenuhi persyaratan di atas, silakan membuat akun di http://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id dan ikuti alur yang sudah ditentukan.

Selain daftar beasiswa untuk mahasiswa S1 dan D-III yang disebutkan di atas, sebetulnya masih banyak lagi beasiswa yang ditawarkan Universitas Syiah Kuala, misalnya Beasiswa Supersemar, Beasiswa Bank Indonesia, dan lain sebagainya. Bagi mahasiwa yang berasal dari berbagai daerah dapat mengajukan beasiswa pendidikan pada pemerintah daerah masing-masing.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Aceh

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp. 500.000)
Rata-rata (Rp. 1.000.000)
Tertinggi (Rp.1.500.000)

Sewa Kos

Terendah (Rp. 700.000)
Rata-rata (Rp. 1.000.000)
Tertinggi (Rp. 3.300.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Ada UKM apa saja di UNSYIAH?

UKM seni bela diri, UKM seni dan budaya, dan UKM Olahraga.

Apa saja alasan terbaik untuk berkuliah di Unsyiah?

1. Biaya Kuliah Yang Relatif Rendah 2. Memiliki Fasilitas Yang Lengkap3. Memiliki Tenaga Pengajar Yang Profesional 4. Banyak Beasiswa Yang Bisa Kamu Dapatkan 5. Biaya Hidup Yang Rendah 6. Suasana Keagamaan Yang Kental 7. Dekat Dengan Tempat Wisata 8. Banyak UKM Dan Organisasi Yang Bisa Kamu Ikuti 9. Banyak Pilihan Program Studi 10. Salah Satu Universitas Di Aceh Yang Banyak Diminati

Ada asrama tidak?

Ada. Jl. Inong Balee Kopelma Darussalam, Banda Aceh

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video