Universitas Jember (UNEJ) - Jurusan, Akreditasi, Fakultas

Profile
  

Universitas Jember (UNEJ)

Profil

Universitas Jember, atau disingkat Unej, merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tanggal 9 Nopember 1964 berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 151 Tahun 1964. Unej didirikan atas gagasan dan cita-cita dari tiga orang tokoh, yaitu Dr. R. Achmad, R. Th. Soengedi, dan R. M. Soerachman, yang ingin memiliki perguruan tinggi di Jember. Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka membentuk sebuah panitia, dengan nama Panitia Triumviraat, pada 1 April 1957. Pendirian perguruan tinggi ini mendapatkan dukungan dari R. Soedjarwo, selaku Bupati Jember pada masa itu.

Pada awal didirikan, Universitas Jember memiliki nama Universitas Negeri Djember (Uned). Unej pada masa itu memiliki lima fakultas, yang terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Sosial dan Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, serta Fakultas Sastra di Banyuwangi. Kini Unej telah mengalami banyak perkembangan dengan membuka beberapa fakultas dan program studi baru. Unej saat ini memiliki Program Pascasarjana dan 15 fakultas, yang terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi, Fakultas Keperawatan, serta Fakultas Ilmu Komputer.

Selain itu, Universitas Jember juga menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri, untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Beberapa lembaga yang telah melakukan kerja sama dengan Unej, yaitu Universitas Andalas, Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur, Wrocław University, Hankyong National University, College of Ecology and Environmental, Kyungpook National University, serta Universiti Putra Malaysia.

Visi, Misi, dan Tujuan

Universitas Jember memiliki visi, misi, dan tujuan yang dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan. Visi yang dimiliki Unej adalah “Menjadi Universitas unggul dalam pengembangan sains, teknologi dan seni berwawasan lingkungan, bisnis, dan pertanian industrial.

Misi yang dimiliki Unej antara lain:

  1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan akademik, vokasi, dan profesi yang berkualitas dan berwawasan ecotechnopreneurship;
  2. Mengembangkan sains, teknologi, dan, seni yang inovatif, berwawasan lingkungan, bisnis, dan, pertanian industrial untuk kesejahteraan mayarakat;
  3. Memberdayakan masyarakat agribisnis dengan menerapkan teknologi tepat guna berbasis kearifan lokal;
  4. Mengembangkan sistem pengelolaan Universitas yang akuntabel dan bertaraf internasional;
  5. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakesholders dan lembaga lain di dalam dan di luar negeri.

Unej memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas produk tridarma perguruan tinggi;
  2. Mengembangkan dan mengimplementasikan hasil-hasil penelitian;
  3. Membina dan mengembangkan kehidupan masyarakat akademik;
  4. Meningkatkan perilaku kerja dan profesionalisme;
  5. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen kelembagaan;
  6. Memperluas jaringan kerjasama berdasarkan asas kesetaraan.

Akreditasi Universitas Jember (UNEJ) : A

Universitas Naratoma mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2020 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 436/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/VII/2020. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 5 Juli 2025.

Fakultas dan Jurusan di Universitas Jember (UNEJ)

Biaya Kuliah di Universitas Jember (UNEJ)

Rincian biaya kuliah di Universitas Jember dapat dilihat di sini.

Jurusan Favorit Saintek di Universitas Jember (UNEJ)

Jurusan Favorit Soshum di Universitas Jember (UNEJ)

Fasilitas Universitas Jember (UNEJ)

Universitas Jember menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki Unej, yaitu:

  1. Asrama Mahasiswa
    Unej memiliki fasilitas asrama putra yang biasa disebut dengan Rusunawa dan asrama putri yang biasa disebut Rusunawi. Asrama ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Mahasiswa dapat tinggal di asrama ini dengan harga sewa yang murah. Namun, terdapat batasan waktu yang hanya memperbolehkan mahasiswa untuk tinggal di asrama selama satu tahun karena fasilitas asrama ini pada dasarnya memang disiapkan untuk mahasiswa baru agar lebih cepat mengenal dan beradaptasi di lingkungan kampus.
  2. UNEJ Medical Center (UMC)
    Unej Medical Center menyediakan berbagai pelayanan kesehatan yang cukup memadai. UMC berada di Jl. Kalimantan, dekat dengan Fakultas Farmasi dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Mahasiswa Unej akan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dengan membawa KTM ke UMC.
  3. UPT Bahasa
    Mahasiswa Unej yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa asingnya dapat memanfaatkan fasilitas UPT Bahasa ini. Di UPT Bahasa ini juga terdapat mahasiswa asing Unej yang mempelajari bahasa Indonesia. Selain memberikan pelayanan berupa pengajaran bahasa, UPT Bahasa juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang ingin melakukan tes TOEFL.
  4. UPT Perpustakaan
    Perpustakaan menjadi fasilitas yang sangat berguna untuk mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa. Perpustakaan Unej telah mendapatkan akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI. Perpustakaan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang nyaman dan memadai untuk dimanfaatkan mahasiswa sebagai tempat membaca, mengerjakan tugas, berdiskusi, serta mencari berbagai referensi dari buku, skripsi, jurnal, dan sumber lain yang tersedia. Selain itu, perpustakaan Unej juga dilengkapi dengan alat scan robot yang memungkinkan mahasiswa untuk memfotokopi buku tanpa merusaknya sehingga koleksi buku klasik dapat terjaga dan terawat dengan baik.
  5. Fasilitas Olahraga
    Unej menyediakan berbagai fasilitas olahraga untuk mendukung aktivitas fisik mahasiswanya. Melalui fasilitas olahraga ini, mahasiswa dapat menyalurkan serta mengembangkan hobi dan bakat yang dimilikinya. Beberapa fasilitas olahraga yang terdapat di Unej, lapangan basket, stadion, lapangan timur perpustakaan, lapangan tenis, dan lapangan voli.
  6. Bus
    Unej memiliki fasilitas transportasi berupa empat unit bus, yaitu dua bus berkapasitas 28 orang dan dua minibus berkapasitas 14 orang. Bus ini akan memudahkan kegiatan transportasi masyarakat kampus Unej yang memiliki kegiatan di luar kampus, seperti lomba dan seminar.

Beasiswa Universitas Jember (UNEJ)

Universitas Jember menyediakan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Beasiswa yang tersedia di IPB berasal dari lembaga pemerintah maupun lembaga swasta. Masing-masing beasiswa memiliki bentuk bantuan, jangka waktu, dan persyaratan yang berbeda.

Beberapa beasiswa yang terdapat di Unej, yaitu Beasiswa Program Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Bidikmisi, KIP-Kuliah, Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik), Beasiswa Program Banyuwangi Cerdas (PBC), Beasiswa Afirmasi Bondowoso, Beasiswa Pemkab Jember, Beasiswa Kader Surau, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Salim, Beasiswa Mahasiswa Berkarya (Tracer Study & Cyber Scurity), Beasiswa Fungsionaris, Beasiswa Pascasarjana, serta Beasiswa Cendekia BAZNAS. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa yang tersedia di Unej dapat dilihat di sini.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Di mana lokasi kampus Universitas Jember?

Unej memiliki empat kampus, yaitu Kampus Jember, Kampus Bondowoso, Kampus Lumajang, dan Kampus Pasuruan. Kampus utama Unej berlokasi di Jl. Kalimantan Tegalboto No.37, Krajan Timur, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Apa akreditasi Universitas jember saat ini?

Unej mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2020 dan berlaku hingga tahun 2025.

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video