profesi sales hotel

Profesi Sales Hotel

Deskripsi Sales Hotel

Profesi Sales Hotel memberikan panduan mengenai pemanfaatan hotel beserta fasilitasnya kepada publik yang dalam hal ini adalah masyarakat maupun perusahaan. Product yang ditawarkan oleh sebuah hotel beraneka ragam, antara lain yang memiliki core benefit, yang mendasar yaitu jasa penginapan dengan menyediakan kamar. Kemudian dilengkapi dengan facilitating services hotel atau layanan pendukung, berupa front office, housekeeping, dapur, parkir, restoran, fasilitas olahraga, renang, tenis lapangan, fitnes, business center, ruang meeting dan venue yang bisa disewa untuk acara-acara besar seperti resepsi pernikahan maupun seminar. Tak ketinggalan, sales hotel juga memberikan penawaran untuk paket santapan restoran untuk kebutuhan klien. Jadi, laku atau tidaknya hotel tersebut juga bergantung pada kesuksesan kinerja sales.

Peran dan Tanggung Jawab Sales Hotel

  • Tugas utama seorang Sales Hotel adalah memasarkan paket menginap kepada target pasar yang sesuai.
  • Memberikan simulasi hitungan biaya yang harus dikeluarkan dan menjelaskan manfaat yang akan diperoleh dari paket hotel tertentu.
  • Merekap hasil penjualan yang telah dilakukan secara detail Hal ini perlu dilakukan utntuk kemudahan evaluasi oleh Sales Manager ataupun tim lain yang terkait dengan tim Sales.
  • Mencari dan Mengumpulkan Informasi yang Berkaitan dengan Produk Pesaing, Seorang sales harus mencari tahu dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan produk yang dijual pesaing. Informasi tersebut, nantinya bisa diteruskan ke bagian bidang produksi untuk bisa ditindaklanjuti atau menerapkan strategi lain dalam memproduksi paket hotel.
  • Menetapkan rencana dan strategi yang harus dilakukan kedepannya, yang tidak hanya dilakukan oleh Sales sendirian, tapi dibutuhkan juga peran dari Sales Manager dan tim sehingga bisa merencanakan hal yang akan dilakukan berdasarkan kondisi di lapangan atau target pasar.
  • Mempunyai wawasan dan relasi yang luas untuk mempermudah penjualan paket hotel serta Menjamin kepuasan pelanggan
  • Menjalin komunikasi dengan klien dan mitra bisnis secara berkala, Seorang sales pastinya akan selalu bertemu dengan orang-orang baru, entah itu relasi atau konsumen langsung. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga hubungan baik agar bisnis dengan mereka bisa bertahan lama.

Keterampilan dan Pengetahuan Sales Hotel

  • Memahami Produk, Seorang Sales yang tidak mengerti benar produk yang mereka jual akan sulit menggaet hati calon-calon pembeli. Maka dari itu, kamu harus memahami secara detail tentang paket menginap yang kamu pasarkan secara terprinci
  • Memahami penggunaan Microsoft Suite dan tools pendukung lainnya. Misalnya saja, untuk presentasi kamu akan membutuhkan Power Point, dan untuk menyusun laporan menggunakan Excel serta formula di dalamnya. Selain itu, sebagai saran, ada beberapa tools yang bisa digunakan seperti untuk mengelola kontak-kontak klien (CircleBack, Datanyze, Engagio) hingga tools analytics (Domo, Geckoboard, Clari).
  • Kemampuan presentasi, Seorang Sales Hotel harus mampu memaparkan produknya dengan baik dari sudut pandang calon pembeli. Kemampuan berbicara sangat penting di sini. Dengan presentasi yang baik, kamu akan dapat membangun hubungan baik dengan calon pembeli. Bila sudah begitu, kesepakatan pun akan semakin mungkin terjadi.
  • Time management, Bila seorang Sales dapat mengelola waktu dengan baik serta efesien, ia akan lebih mungkin bertemu dengan banyak calon pembeli. Lebih baik lagi bila ia bisa menilai mana pembeli yang menjanjikan, dan mana yang tidak sehingga waku negosiasi lebih singkat.

Kepribadian Sales Hotel

  • Berpikir Analitis menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani
  • Problem solving, Memahami masalah yang rumit dan mengetahui cara menyelesaikannya
  • Komunikasi Dalam dunia penjualan, bagaimana caramu berbicara atau berkomunikasi lebih penting daripada isi pembicaraanmu. Hal ini bisa dinilai dari nada bicara, pilihan kata, dan sebagainya
  • Negosiasi untuk mendapatkan kesepakatan terbaik dengan pelanggan tanpa merugikan perusahaan. Mendukung kemampuan ini, kamu harus tahu benar sebesar apa value yang kamu tawarkan. Tak hanya itu, untuk sukses dalam negosiasi pun, Sales Hotel harus dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan dan berpikir dari sudut pandang mereka.
  • Interpersonal adalah hubungan antar pribadi, seorang Sales sebaiknya memiliki kemampuan ini. Pasalnya, kemampuan sekadar mengobrol saja tidak cukup. Seorang Sales juga perlu dapat mendengar keluhan pelanggan dengan baik, baik yang diutarakan secara langsung maupun tidak. Kemudian, memberikan solusi sesuai dengan situasi mereka.
  • Fokus, Seorang Sales tentu harus fokus pada target yang diminta oleh perusahaan. Tak hanya itu akan menjadi indikator besar dalam KPI mereka, hal ini pun bisa jadi pemacu bagi Sales dan menjadikannya kompetitif.
profesi sales hotel

Cara Menjadi Sales Hotel

Pendidikan Strata 1

Bagimu yang tertarik dengan profesi Sales Hotel, maka harus memiliki minimal pendidikan gelar sarjana di bidang Bisnis, Pendidikan Ekonomi Pemasaran, Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi. atau jurusan relevan lainnya. Lulusan Bisnis sendiri cenderung lebih disukai karena perkuliahannya mempelajari bagaimana melakukan pemasaran produk, pembukuan dan pengelolaan keuangan serta hal-hal terkait keberlanjutan dari suatu usaha. Bidang ini membantu memahami kebutuhan pelanggan dan mengkomersialisasikannya. Jadi, bisa dibilang bidang ini merupakan kombinasi dari Manajemen dan Akuntansi. Pendidikan Bisnis ini akan ditempuh dalam waktu 4 tahun.

Info lengkap mengenai jurusan Bisnis dapat dilihat di Jurusan Bisnis

Prospek Kerja Sales Hotel

Peluang kerja sebagai Sales Hotel akan selalu terbuka, karena:

Pentingnya Peran Sales Hotel dalam Penjualan dan Pemasaran Produk 

Sales & Marketing Departement merupakan department yang bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaran seluruh produk hotel. Sales & Marketing sebagai salah satu department yang sangat penting di hotel karena tanpa adanya tim penjualan dan pemasaran suatu hotel tidak akan berjalan dengan lancar. Selain sebagai penyumbang tamu paling besar, tim pemasaran juga mempunyai peran penting dalam membuat strategi pemasaran produk. Seorang sales hotel biasanya merupakan karyawan tetap yang dipekerjakan dalam divisi marketing. Untuk bisa menjadi sales hotel, kamu harus mencintai dunia marketing dan pemahaman bagaimana membentuk brand hotel agar dikenal masyarakat serta strategi terbaik yang dapat dilakukan agar client yang menginap lebih banyak lagi.

Dimana Sales Hotel Bekerja

Sales Hotel bekerja di Divisi Sales dan Marketing Perhotelan

Jenjang karier sebagai Sales Hotel dimulai dari Junior Sales atau Sales pemula yang baru meniti karier, tugasnya mencari klien baru. Setelah memiliki pengalaman selama 4-5 tahun, ia akan menjadi Senior Sales. Setelahnya menjadi Sales Manager. Sales yang memimpin beberapa junior dan senior sales. Dengan pengalaman bekerja yang luas. Bekerja dengan cara menjaga hubungan baik dengan klien. Tertinggi adalah General Sales Manager. Pimpinan divisi dan tidak langsung turun ke lapangan namun mengorganisir klien yang sudah menjalin kerja sama, mengatasi problem yang terjadi, hingga bertanggung jawab di pemasaran online. Berikut ini Section yang ada di Sales & Marketing Department dan tugas masing – masing:

Senior Sales Manager

Role kerjanya diantaranya Menyetujui harga bottom yang ditawarkan oleh tamu, Menyetujui segala kegiatan yang akan di laksanakan oleh Public Relation maupun Sales, Memimpin seluruh Sumber Daya Manusia Sales & Marketing, Bertanggung jawab langsung kepada General Manager

Sales Executive

Masing – masing Sales Executive mempunyai tugas masing seperti bertanggung jawab atas Corporate, maupun Government, Bertanggung jawab atas event yang sedang berlangsung, Melakukan Follow Up event, Mengawasi jalannya persiapan yang dilakukan oleh masing – masing department sebelum event berlangsung, Mengawasi jalannya event dan Memastikan event berjalan dengan lancar dan memuaskan

Sales Admin

Bertugas Menyiapkan Report – report BEO, GRM, Amandement, Breakdown, Merekap semua laporan event, Menyiapkan berkas – berkas yang diperlukan guna pembayaran, Bertanggung jawab atas laporan yang dilakukan tim penjualan dan pemasaran, Bertanggung jawab terhadap laporan mingguan dan bulanan sales & marketing department yang dikirimkan kepada General Manager, Bertanggung jawab atas materi yang disiapkan untuk sales meeting

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Berapa kisaran gaji seorang Sales Hotel?

Kisaran gaji seorang Sales Hotel berkisar antara Rp 3.500.000 - Rp 4.500.000 per bulannya.

Apa saja pengetahuan yang dibutuhkan untuk menekuni profesi ini?

Pengetahuan ilmu perhotelan, Pengetahuan ilmu pariwisata, Pengetahuan ilmu pemasaran, Kemampuan komunikasi, Kemampuan persuasi, Pengetahuan ilmu bisnis dan ekonomi dan Penguasaan bahasa asing.

Apa saja tanggung jawab profesi ini?

Memberikan panduan mengenai pemanfaatan hotel kepada klien atau calon klien. Melakukan komunikasi kepada klien hotel. Melakukan penawaran kerja sama dan promosi kepada klien, dan lain-lain.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *