Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) - Jurusan, Akreditasi, Fakultas

Profile
  

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

 

Profil

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung, Jawa Barat. UPI awalnya merupakan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang didirikan atas kesadaran mengenai pentingnya kegiatan pengajaran dalam upaya untuk mencerdaskan bangsa.

Pada tanggal 25 November 1958, PTPG menjadi bagian dari Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Selanjutnya, pada tanggal 1 Mei 1963, FKIP dan IPG menyatu dan membentuk Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung, yang saat itu menjadi satu-satunya lembaga pendidikan guru tingkat universitas. IKIP Bandung berubah menjadi UPI pada tanggal 7 Oktober 1999 berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 124 tahun 1999.

Setelah resmi menjadi universitas, UPI telah beberapa kali mengalami perubahan status. Pada tahun 2004, UPI mengalami perubahan status menjadi Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Kemudian pada tahun 2012, status UPI kembali sebagai perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah. UPI kembali mengalami perubahan status pada tanggal 28 Februari 2014, yaitu sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Universitas Pendidikan Indonesia terus berupaya untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan berbagai bidang, baik akademik maupun nonakademik. Upaya tersebut kini telah menorehkan berbagai hasil yang membanggakan. Pada tahun 2020, UPI masuk dalam TOP 300 Universitas di Bidang Pendidikan berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Ranking. UPI juga berhasil mendapat bintang lima dalam bidang Arts and Culture dan Social Responsibility serta bintang empat dalam bidang Teaching dan Facilities dari QS Star Rating System.

Universitas Pendidikan Indonesia juga terus melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Beberapa lembaga yang telah melakukan kerja sama dengan UPI, yaitu Universitas Santo Thomas, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI, Youngsan University, Institut Pendidikan Guru Malaysia, Norwegian Afghanistan Committee (NAC), Flinders University, Kyonggi University, serta Tongmyong University.

Universitas Pendidikan Indonesia saat ini memiliki 8 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana. Fakultas UPI terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Pendidikan Olahraga & Kesehatan, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Pendidikan Seni dan Desain. UPI memiliki enam kampus yang tersebar di wilayah berbeda, yaitu Bandung, Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang.

Visi, Misi, dan Tujuan

Universitas Pendidikan Indonesia memiliki visi, misi, dan tujuan yang sejalan dengan arah pengembangan, jati diri, dan tantangan di masa depan. Visi yang dimiliki UPI adalah “Pelopor dan Unggul (Leading and Outstanding).”

Misi yang dimiliki UPI antara lain:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dengan membina dan mengembangkan disiplin ilmu pendidikan dan pendidikan disiplin ilmu, serta disiplin ilmu agama, ilmu sosial, ilmu alam, ilmu formal, dan ilmu terapan secara proporsional untuk memperkuat disiplin ilmu pendidikan dan pendidikan disiplin ilmu;
  2. Mengembangkan Pendidikan Profesional Guru yang terintegrasi dalam pendidikan akademik dan profesi untuk semua jalur dan jenjang pendidikan; serta
  3. Menyebarluaskan pengalaman dan temuan-temuan inovatif dalam disiplin ilmu pendidikan, pendidikan disiplin ilmu, ilmu agama, ilmu humaniora, ilmu sosial, ilmu alam, ilmu formal, dan ilmu terapan demi kemajuan masyarakat.

UPI memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan pendidik, tenaga kependidikan, ilmuwan, dan tenaga ahli pada semua jenis dan program pendidikan tinggi, yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif global; serta
  2. Menghasilkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Akreditasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) : A

Universitas Pendidikan Indonesia mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2016 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 2990/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 20 Desember 2021.

Fakultas dan Jurusan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Biaya Kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Rincian biaya kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia dapat dilihat di sini.

Jurusan Favorit Saintek di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Jurusan Favorit Soshum di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Fasilitas Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia memiliki berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki UPI, yaitu:

  1. Asrama Mahasiswa
    UPI menyediakan fasilitas asrama yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai tempat tinggal selama masa perkuliahan. Asrama ini didukung dengan fasilitas nyaman dan lokasi strategis yang dapat diakses hanya dengan berjalan kaki dari kampus. Biaya sewa kamar asrama ini juga cukup murah, yaitu Rp1.000.000,00 per kamar, yang bisa digunakan oleh dua orang. Dengan tinggal di asrama, mahasiswa juga akan mendapat pendampingan untuk meningkatkan kompetensi akademik, kepemimpinan, dan akhlak. Asrama ini tersebar di beberapa kampus UPI, yaitu daerah PGSD Cibiru, Purwakarta, Tasikmalaya, dan Serang, serta 1 gedung asrama dan 1 Gedung dormitory di kampus UPI Bandung.
  2. Perpustakaan
    Perpustakaan UPI memiliki koleksi 69.802 judul buku atau sekitar 143.836 eksemplar. Keberadaan perpustakaan ini akan sangat berguna untuk mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa. Mahasiswa dapat membaca, mengerjakan tugas, serta mencari berbagai referensi dari buku, skripsi, jurnal, dan sumber lain yang tersedia di perpustakaan. Perpustakaan UPI beroperasi setiap hari Senin–Jumat mulai pukul 08.00–17.00 WIB serta hari Sabtu pukul 08.00–12.30 WIB.
  3. Laboratorium
    UPI memiliki berbagai laboratorium untuk mendukung kegiatan praktik dan eksperimen mahasiswa. Setiap fakultas memiliki laboratorium masing-masing yang sesuai dengan kebutuhannya. UPI memiliki sekitar 70 ruang laboratorium yang tersebar di delapan fakultas, Sekolah Pascasarjana, dan lima kampus daerahnya.
  4. Fasilitas Olahraga
    UPI menyediakan berbagai fasilitas olahraga untuk mendukung aktivitas fisik mahasiswanya. Melalui fasilitas olahraga ini, mahasiswa dapat menyalurkan serta mengembangkan hobi dan bakat yang dimilikinya. Beberapa fasilitas olahraga yang dimiliki UPI, yaitu gedung olahraga, lapangan sepak bola, lapangan bola voli, lapangan bulu tangkis, lapangan bola basket, lapangan soft ball, lapangan tenis, dan kolam renang.
  5. Fasilitas Ibadah
    Masjid Al-Furqan terbangun megah di lingkungan kampus UPI untuk memudahkan dan mendukung kegiatan ibadah masyarakat kampus. Masjid ini tidak hanya dapat digunakan sebagai tempat ibadah, tetapi juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan keagamaan lainnya. Saat ini, Masjid Al-Furqan sedang merancang pembentukan Pusat Studi Islam (Cental For Islamic Studies).
  6. Balai Bahasa dengan Laboratorium Bahasa
    Balai Bahasa UPI dilengkapi dengan perlengkapan elektronik dan berbagai hasil rekamannya. Balai bahasa ini memberikan pelayanan berupa pembelajaran bahasa Asing, khususnya bagi masyarakat UPI yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Balai bahasa juga memberikan pelayanan pembelajaran bahasa Indonesia bagi tenaga administrasi atau mahasiswa asing.
  7. Poliklinik
    Poliklinik UPI dapat memberikan berbagai pelayanan kesehatan umum dan kesehatan gigi kepada seluruh masyarakat UPI.
  8. Unit Pelaksana Teknis Bimbingan dan Konseling
    Mahasiswa yang mengalami masalah atau kesulitan dalam kegiatan pembelajaran serta ingin mengetahui minat dan bakatnya dapat mengunjungi unit pelayanan ini untuk mendapatkan arahan, saran, atau solusi yang membangun.
  9. Bank dan ATM
    Terdapat Bank BNI dan sekitar empat ATM center di UPI. ATM center ini berada di dekat gerbang kampus Gegerkalong, di dekat Masjid Al-Furqan, di gerbang kampus Ledeng, serta di dekat Fakultas Teknologi dan Kejuruan. Fasilitas ini akan memudahkan kegiatan transaksi perbankan mahasiswa, seperti pembayaran SPP.

Beasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia menyediakan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Beasiswa yang tersedia di UPI berasal dari lembaga pemerintah maupun lembaga swasta. Masing-masing beasiswa memiliki bentuk bantuan, jangka waktu, dan persyaratan yang berbeda.

Beberapa beasiswa yang terdapat di Universitas Pendidikan Indonesia, yaitu Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Unggulan, Beasiswa Yayasan Karya Salemba Empat (KSE), Beasiswa Jabar Future Leader, Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Beasiswa Yayasan Sanbe, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Djarum, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Salim, serta Beasiswa Cendekia BAZNAS. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa yang tersedia di UPI dapat dilihat di sini.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Di mana lokasi kampus utama Universitas Pendidikan Indonesia?

UPI berlokasi di Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Apa saja jurusan favorit di Universitas Pendidikan Indonesia?

Beberapa jurusan yang menjadi favorit di UPI, yaitu Ilmu Komunikasi, Manajemen, Psikologi, Teknik Sipil, Ilmu Komputer, dan Pendidikan Biologi.

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video