Marketing

Tujuan Iklan: Pengertian, Ciri, Jenis dan Syaratnya

tujuan iklan
Written by Wida Kurniasih

Tujuan iklan yang paling mendasar adalah membujuk, memberikan informasi, serta mengingatkan. Tujuannya memang tidak jauh berbeda dengan tujuan promosi supaya masyarakat menjadi lebih mudah dalam memahami informasi yang disampaikan. Mau tahu tujuan lainnya dari sebuah iklan? Berikut adalah ulasannya.

Apa Itu Iklan?

Iklan memiliki peranan yang sangat penting dalam pemasaran dan promosi. Maka dari itu, masyarakat bisa mengenal sebuah produk secara spesifik hanya dari sebuah iklan atau alat pemasaran. Dengan begitu, keuntungan dari sebuah penjualan akan lebih meningkat karena telah berhasil meraih perhatian masyarakat.

Tujuan iklan pada intinya sangat dibutuhkan oleh kegiatan promosi karena dapat disampaikan melalui beberapa media, seperti radio atau televisi. Karena memiliki peranan yang sangat penting, iklan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh perusahaan yang mempromosikan produknya.

Sebelum memahami lebih lanjut mengenai tujuan iklan, kamu harus mengetahui definisi dari iklan sendiri. Iklan adalah media promosi yang berisi kalimat-kalimat bersifat membujuk atau mengajak orang-orang. Selain menarik minat pembeli supaya mau membeli produk dan menggunakannya, iklan juga berisi pesan.

Iklan digunakan untuk promosi masalah komersial dan dibutuhkan pembaca untuk melakukan banyak hal baik. Menurut KBBI sendiri, iklan berarti berita pesanan yang bersifat mendorong, hingga membujuk khalayak ramai supaya tertarik dalam menggunakan barang atau jasa.

[algolia_carousel]

Iklan juga didefinisikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai produk atau barang yang dijual. Pemberitahuan tersebut akan dibagikan melalui media massa layaknya surat kabar atau majalah di tempat-tempat umum.

Manajemen Komunikasi Periklanan

Manajemen Komunikasi Periklanan

Beli Buku di GramediaDefinisi Iklan Menurut Para Ahli

Para ahli mengeluarkan pendapatnya terkait definisi iklan. Berikut adalah beberapa list yang dapat kamu ketahui.

1. Kotler

Iklan menjadi wujud dari presentasi promosi gagasan atau presentasi non-pribadi yang berkaitan dengan barang atau jasa dari sponsor tertentu. Dengan begitu, iklan banyak digunakan oleh perusahaan dan sponsor, sehingga harus terbilang resmi dan dapat diterima pada kalangan masyarakat.

2. Rachmat Kriyantono

Iklan menjadi suatu bentuk dalam menyampaikan pesan tentang suatu produk dan akan tersampaikan ke beberapa media. Pembiayaannya diselesaikan oleh pemrakarsa dan juga diperuntukkan pada masyarakat.

3. Rhenald Kasali

Menurut beliau, iklan merupakan sebuah pesan yang digunakan untuk menawarkan suatu produk melalui berbagai media. Karena itulah, iklan memiliki potensi besar untuk diterima oleh kalangan masyarakat.

4. Stanton

Iklan berarti kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dalam memperlihatkan sesuatu kepada audiens secara non-personal. Namun, sponsor harus lebih jelas dan memiliki biaya untuk menyampaikan pesan dari organisasi, serta produk tertentu.

5. Fandy Tjiptono

Iklan adalah suatu bentuk promosi yang paling mudah dilakukan dan digunakan oleh banyak perusahaan. Itulah yang akan membuat kerajaan, juga mengetahui bagaimana solusinya.

6. Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo

Perspektif berbeda datang dari Basu Swastha, seta Ibnu Sukotjo yang menyatakan bahwa iklan merupakan bentuk dari komunikasi non-individu dilengkapi dengan sejumlah biaya untuk melakukan promosi pada berbagai media, seperti perusahaan, individu, bahkan lembaga non laba.

Meskipun pendapat mereka mencerminkan pendapat serupa, masih ada beberapa perbedaan lainnya yang dapat Anda ketahui dari periklanan. Misalnya saja, sponsor berperan penting dalam menyebarluaskan iklan kepada masyarakat atau penduduk suatu wilayah, sehingga bentuk promosi tersebut digolongkan sebagai advertensi.

Iklan dan periklanan adalah sesuatu yang berbeda, di mana periklanan menekankan pada suatu proses, sedangkan iklan lebih mengarah pada beritanya. Dengan begitu, Anda bisa mengerti secara mendalam kedua istilah tersebut, bukan?

7. Sutisna

Sutisna mendefinisikan iklan sebagai wujud dari promosi untuk mengarahkan sekelompok orang untuk berpendapat tentang tujuan tertentu dengan menggunakan media khusus. Sementara itu, pemasangan iklan dilakukan oleh perusahaan maupun perorangan. Pemasangan iklan dilakukan sponsor dengan pengeluaran biaya pada media yang bisa memasarkan produk.

Konsep dan Tujuan Iklan

Konsep dan Tujuan IklanKamu yang tertarik untuk bekerja di dunia periklanan, wajib mengetahui tujuan iklan itu sebenarnya apa saja. Karena kamu harus mengetahui tujuan dari dilakukannya suatu kegiatan, prosesnya akan berjalan lebih teratur dan menghasilkan sesuatu yang diinginkan.

Memahami atau mengetahui prinsip periklanan dapat membuat bentuk promosi tersebut sesuai dengan sasaran yang dituju.

1. Commercial Advertising

Menekuni dunia marketing memang dianggap susah bagi sebagian orang, tetapi buat kamu yang suka tantangan, wajib untuk menekuninya lebih jauh. Menariknya lagi, kamu dituntut untuk selalu update terhadap informasi, serta peka untuk mengerti keinginan dari konsumen.

Salah satu upaya yang dapat kamu lakukan untuk mewujudkan impian tersebut adalah menguasai tujuan dari pembuatan iklan. Tujuan pertama dari pembuatan iklan wajib mendukung aturan membuat kampanye produk, jasa penyebaran iklan, serta pemasaran.

Ada beberapa macam iklan komersial, lho yang dapat kamu ketahui. Langsung lanjut baca untuk beberapa urutan nomor di bawah.

Kreatif Membuat Desain periklanan Dengan CorelDraw Dan Adobe Photoshop

Kreatif Membuat Desain periklanan Dengan CorelDraw Dan Adobe Photoshop

Beli Buku di Gramedia2. Iklan Strategi

Kamu yang memang tertarik menekuni dunia marketing, khususnya iklan untuk pemasaran harus mempelajari jenis satu ini. Seperti namanya, kamu akan menggunakan strategi atau metode tertentu untuk membranding produk maupun produk dengan cara memperkenalkan manfaat produk dengan sebaik-baiknya.

Tentu saja goal atau target dari iklan strategi adalah untuk membangun pangsa pasar sebaik-baiknya supaya bisa membangun perspektif atas target pasar. Ciri-ciri atau karakteristik dari iklan adalah menonjolkan sisi khusus untuk meyakinkan konsumen supaya menjadi lebih tertarik.

3. Iklan Taktis

Kamu mungkin baru mendengar jenis iklan yang satu ini karena tujuannya adalah mewujudkan maksud terdesak. Dari penawaran produk maupun atau materi iklan, pemasaran tersebut bertujuan untuk menggiring cepat-cepat, beserta segera. Dengan begitu, pemasaran dalam jangka waktu yang pendek dapat menghasilkan keuntungan.

Metode iklan taktis sudah sering digunakan belakangan ini karena ingin menggaet pembeli supaya membeli produk cepat-cepat agar tidak kehabisan stok. Sebutan yang lebih dikenal masyarakat adalah limited edition atau menawarkan diskon untuk membuatnya dianggap terbatas.

4. Corporate Advertising

Jenis yang satu ini merupakan jenis iklan dengan tujuan membangun branding positif untuk perusahaan. Misalnya saja, kamu menonjolkan perbuatan atau kegiatan baik yang akan dilakukan oleh perusahaan.

Bisa dibilang, iklan corporate advertising menjadi iklan strategi yang menyangkut pautkan nama perusahaan untuk keperluan branding. Itulah mengapa, katanya jika sudah punya nama, berjualan apapun menjadi lebih mudah dan dapat dikenali oleh masyarakat luas.

Ciri khas dari iklan ini adalah memperkenalkan nilai korporatnya untuk menonjolkan nilai perusahaan dalam pengawasan kualitas produk. Dengan begitu, kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar bisa semakin diperlihatkan untuk mendukung peluncuran merek, bahkan logo yang mencerminkan perusahaan.

5. Public Service Advertising

Sesuai dengan sebutannya, jenis yang satu ini merupakan layanan masyarakat yang lebih berfokus pada kampanye marketing. Jadi, public service advertising tidak hanya menjual barang, produk, ataupun jasa. Mereka juga akan menjual ide maupun gagasan untuk masyarakat dan keperluan pelayanan.

Iklan layanan masyarakat bermaksud untuk menyampaikan pesan yang unik dan sedikit berbeda dengan pesan lainnya. Adapun ciri-ciri iklan layanan masyarakat adalah membuat himbauan dan ajakan untuk masyarakat supaya mau melakukan sebuah hal demi mencapai tujuan bersama.

Misalnya saja, iklan tersebut akan memberitahukan informasi tentang membuang sampah pada tempatnya, hingga menghargai pendapat orang lain. Mereka juga dapat memperoleh permintaan akan lebih menghargai ibadah hari raya masyarakat untuk bertoleransi terhadap perbedaan agama.

Melihat dari beberapa pengertian akan tujuan iklan tersebut, sebetulnya iklan dapat berperan penting sebagai ajakan sikap atau perilaku terhadap masyarakat. Namun, tidak sekedar mengenalkan saja atau memiliki kesempatan untuk membeli produk yang diiklankan. Iklan layanan masyarakat sangatlah berperan penting untuk menyadarkan masyarakat supaya bisa lebih peduli terhadap lingkungan.

BACA JUGA:  14 Ide Bisnis Online

Ciri-Ciri Iklan

Ciri-Ciri IklanJika dilihat dari ciri-cirinya, iklan memiliki beberapa jenis yang dapat kamu catat atau pelajari. Penasaran? Berikut adalah list-nya.

1. Menggunakan Kata Singkat

Apa maksudnya menggunakan kata singkat? Kamu yang akan membuat iklan, tentunya harus benar-benar memperhatikan pemilihan kata atau penggunaan diksi. Kamu akan menjadi seorang copywriter yang wajib mengetahui bahwa iklan sangatlah selektif terhadap diksi.

Mengapa dikatakan sangat selektif? Jika kata-kata yang kamu gunakan tidak tepat atau tidak menarik saat dibaca, pembeli tentunya akan sulit tertarik dengan produk yang kamu promosikan. Nah, menulis iklan juga sama sekali tidak sama dengan membuat status curahan hati karena keefektifan kata dan panjang-pendek materi iklan harus benar-benar diperhatikan.

Iklan yang baik dan benar adalah iklan yang menggunakan kata-kata menarik, sopan, serta logis. Guna mewujudkan maksud tersebut, benar-benar dibutuhkan sebuah kreatifitas supaya iklan dapat menarik perhatian pembacanya.

2. Diksi adalah Sugesti

Pemilihan kata (diksi) memang bersifat mempengaruhi orang lain karena pemilihan kata seharusnya berwujud ajakan. Meskipun bentuk ajakannya tidak tersampaikan secara langsung, dapat dipastikan penulisan materi iklan memuat materi yang namanya hard selling dan juga soft selling.

[algolia_carousel page=2]

Kamu yang sedang mendalami dunia marketing tentunya juga sudah mengetahui banyak mengenai perihal tersebut. Dari kedua jenis tersebut, kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan atau cara yang memang sudah dikuasai.

3. Bersifat Informatif

Saat membicarakan sebuah iklan, apa yang akan terlintas di pikiran kamu? Mungkin sebuah ajakan atau promosi produk, serta jasa agar segera membeli produk. Ternyata, ada beberapa unsur penting lainnya yang digunakan dalam membuat iklan dan setiap iklan yang akan dimuat, harus memiliki beberapa hal penting.

Iklan harus tetap menonjolkan dan memperlihatkan informasi secara detail supaya bisa bermanfaat untuk pembaca. Baik itu informasi tentang produk, pentingnya penggunaan, sampai informasi terkait layanan masyarakat, serta sejumlah informasi lainnya yang masih disematkan.

Informasi terkait pesan moral juga bisa disematkan untuk pembaca, tergantung dengan tujuan dan fungsinya yang diperuntukkan bagi apa. Walaupun iklan yang dipasang memuat promosi produk, kami sebagai penulis kreatif bisa menambahkan kata-kata mutiara.

4. Tertarget

Ciri terakhir yang sangat penting untuk kamu sebelum membuat iklan adalah mengerti tentang target sasaran mereka. Misalnya, kamu ingin membuat iklan tentang produk susu yang biasanya memiliki konsumen anak-anak.

Mereka sedang berada pada masa pertumbuhan, sehingga mengkonsumsi susu merupakan solusi yang tepat untuk mendapatkan nutrisi.

Ada pula sabun cuci piring yang lebih diperuntukkan bagi ibu rumah tangga atau rokok yang dikhususkan bagi bapak-bapak. Pada intinya, semu

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien