Marketing

Manfaat Media Sosial Untuk Kehidupan Sehari-hari

Written by Laeli Nur Azizah

Media sosial kini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Tak hanya berguna sebagai sumber hiburan saja, namun juga sebagai bentuk pembelajaran yang cukup vital. Setiap orang akan mempunyai setidaknya satu akun media sosial. Ada pula anggapan umum yang menilai bahwa media sosial hanya akan membuang-buang waktu saja karena mengalihkan pikiran peserta didik atau sekolah. Akan tetapi, tidak selalu demikian halnya. Apabila kita lihat, banyak sekali pengguna internet berstatus siswa dan juga guru. Media sosial sepertinya sudah mempengaruhi cara siswa dalam belajar dan diajar.

Bahkan, di zaman yang sudah serba digital ini, tidak bisa ditampik bahwa media sosial sudah menjadi kebutuhan hidup bagi sebagian besar orang. Dimana media sosial ini memegang peran penting di hampir semua lini masyarakat. Mulai dari untuk mengirim pesan kepada sahabat, berbagi informasi, sampai mencari tahu suatu informasi yang sedang hangat diperbincangkan. Jadi, tak heran jika ada yang menganggap bahwa media sosial sudah menjadi kebutuhan yang penting bagi setiap orang.

Kehadiran media sosial ini sudah memberikan banyak manfaat yang cukup besar. Terlebih di era modern ini. Media sosial telah menghapus jarak antar manusia, sehingga cukup efektif untuk mempersingkat waktu dalam berkomunikasi. Di artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai manfaat media sosial untuk segala aspek kehidupan.

Apa Itu Media Sosial?

Media sosial bisa kita pahami sebagai salah satu platform yang menyediakan fasilitas untuk melakukan berbagai kegiatan sosial untuk setiap penggunanya. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di media sosial adalah melakukan komunikasi atau interaksi secara daring sampai memberikan berbagai informasi ataupun konten berupa foto, tulisan, dan juga video. Berbagai informasi dalam konten yang dibagikan tersebut bisa dibuka untuk semua pengguna selama 24 jam penuh.

Pada dasarnya, media sosial merupakan bagian dari pengembangan internet. Dimana kehadirannya sudah membuat media sosial bisa berkembang dan tumbuh secara luas dan cepat. Hal itulah yang menjadikan semua pengguna yang tersambung dengan koneksi internet bisa melakukan proses penyebaran informasi ataupun konten kapan saja dan dimana saja.

Cara Laris Jualan Kuliner Via Media Sosial

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Sebenarnya, media sosial bisa disebut sebagai salah satu fenomena yang cukup populer yang banyak menarik perhatian orang-orang. Dalam beberapa karyanya, para ahli sudah memberikan berbagai macam definisi mengenai teknologi yang selalu dibutuhkan masyarakat. Di bawah ini adalah beberapa pengertian media sosial menurut para ahli, antara lain:

1. B.K. Lewis

Menurutnya, media sosial adalah suatu label yang merujuk pada teknologi digital yang berpotensi untuk membuat semua orang saling terhubung dan melakukan interaksi, berbagi pesan, dan juga produksi pesan.

2. Chris Brogan

Berikutnya, di tahun 2010, Chris Brogan di dalam bukunya yang berjudul Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business, mengungkapkan bahwa media sosial merupakan suatu perangkat alat komunikasi yang berisi tentang berbagai kemungkinan untuk terciptanya bentuk interaksi gaya baru.

3. Dave Kerpen

Sedangkan menurut Dave Kerpen, media sosial adalah suatu tempat kumpulan video, gambar, tulisan, hingga hubungan interaksi dalam jaringan, baik itu antar individu atau antar kelompok.

Fungsi Media Sosial

Setelah memahami tentang definisi media sosial secara umum, di bagian ini kita akan membahas mengenai fungsi media sosial. Sebagai salah satu platform digital yang banyak digunakan sekarang ini, media sosial berhasil menghubungan hampir semua orang yang mempunyai akses internet. Akan tetapi, fungsi media sosial ternyata tak hanya sebatas itu saja. Terdapat banyak sekali fungsi lain yang dapat kita peroleh dari media sosial. Berikut ini adalah beberapa fungsi media sosial yang harus kamu pahami, antara lain:

1. Komunikasi

Fungsi yang pertama dari media sosial adalah sebagai alat komunikasi. Sebelum berkembang seperti sekarang, media sosial awalnya hanya fokus untuk membangun ekosistem komunikasi yang baik untuk penggunanya. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya teknologi dan internet, media sosial memiliki fungsi lebih banyak daripada sekadar sebagai alat komunikasi. Media sosial sudah menjadi dunia untuk manusia yang ada di dunia ini untuk berkumpul dan bertransaksi. Media sosial juga sudah berhasil membangun komunikasi yang tanpa batasan geografi dan waktu.

2. Branding

Fungsi yang kedua adalah branding. Setelah berhasil membangun tempat untuk berkumpul bagi semua manusia di muka bumi ini, media sosial juga selalu berkembang dan menyediakan berbagai macam kebutuhan dari manusia, salah satunya yaitu branding. Branding merupakan cara seseorang untuk membangun sebuah citra di mata orang banyak. Untuk melakukan branding, pengguna media sosial umumnya mempunyai cara yang unik dan juga khas untuk mendesain akun media sosial mereka sehingga menarik untuk dilihat oleh pengguna lain. Hal itulah yang menjadikan akun media sosial mirip dengan dunia nyata, karena setiap orang mempunyai ciri khasnya masing-masing.

3. Tempat Usaha

Fungsi yang ketiga adalah sebagai media untuk melakukan usaha ataupun bisnis. Setelah berhasil menggunakan media sosial untuk komunikasi dan branding, perlahan media sosial mulai berkembang, sehingga membuat semua penggunanya bisa membangun usaha dalam jaringan atau online. Sebagai tempat yang bisa diakses selama 24 jam, media sosial sudah terbukti sangat memudahkan penggunanya untuk membangun sebuah bisnis secara online. Hal tersebut diprediksi mempunyai banyak potensi untuk bisa menjangkau lebih banyak orang dibandingkan dengan usaha yang hanya mengandalkan toko fisik saja.

4. Marketing

Fungsi yang terakhir adalah untuk melakukan pemasaran atau marketing. Sebagai salah satu platform yang hampir selalu dipakai oleh orang-orang, saat ini media sosial sukses menciptakan layanan yang memudahkan para pemilik bisnis untuk mengenalkan dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Cara tersebut sudah terbukti efektif dalam meningkatkan keuntungan dan memudahkan pengguna untuk memperoleh kebutuhannya.

Media Sosial, Suatu Alternatif

Manfaat Media Sosial

Manfaat media sosial sekarang ini tidak bisa terpisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Sekarang ini, media sosial sudah menjadi bagian yang cukup penting bagi kehidupan, Tua, muda, perempuan, laki-laki, karyawan, pemimpin, semuanya sudah mengenal dan mengetahui keberadaan media sosial. Perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat adalah salah satu penyebab boomingnya media sosial. Tapi apa sih sebenarnya untungnya menggunakan media sosial? Yuk cari tahu berbagai manfaat media sosial untuk berbagai macam bidang.

1. Sosial Media Untuk Bersosialisasi

Manfaat media sosial yang paling sering kita peroleh adalah memudahkan orang-orang untuk melakukan sosialisasi atau berhubungan dengan orang lain secara online. Sesuai dengan namanya, media sosial adalah salah satu tempat atau wadah orang-orang untuk bersosialisasi antar individu. Mulai dari berbincang dengan teman yang ada di luar kota tanpa perlu bertemu langsung dan juga berbagi informasi dengan kerabat atau keluarga yang tidak tinggal bersama. Dengan begitu, bisa kita simpulkan bahwa media sosial sangat membantu penggunanya untuk bersosialisasi dengan orang lain secara online. Sosialisasi ini bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja tanpa adanya batasan waktu dan ruang. Namun, hanya akan terbatas pada koneksi, sinyal, dan juga kuota internet. Hal itulah yang menjadi tujuan dari adanya media sosial.

2. Memperluas Lingkaran Pertemanan

Dengan menggunakan media sosial, kita dapat bertemu dan juga berkenalan dengan orang baru, terlebih saat kita bergabung dengan sebuah komunitas. Kamu bisa mencari komunitas yang berhubungan dengan hobi, pekerjaan, atau berbagai hal yang menarik minat kamu. Memperluas pertemanan pastinya mempunyai banyak manfaat, karena itu artinya, kamu bisa banyak belajar berbagai hal dengan saling bertukar informasi dan ide. Terlebih pada saat masa pandemi, dimana bertemu teman secara langsung mungkin akan sangat sulit. Tapi dengan menggunakan media sosial, kamu bisa dengan mudah berkumpul dan berkomunikasi secara virtual.

3. Penunjang Bisnis yang Sedang Dibangun

Untuk orang-orang yang mempunyai bisnis atau sedang membangun bisnis, media sosial menjadi salah satu platform yang bisa digunakan untuk mempromosikan berbagai macam produk yang mereka jual. Tidak sedikit nama-nama badan usaha kecil yang sekarang sudah berkembang dan dikenal oleh banyak orang karena sering mempromosikan bisnisnya melalui media sosial. Persebaran ulasan yang diberikan tentang usaha tersebut juga menjadi salah satu kunci supaya bisa menarik banyak calon pembeli.

4. Memperoleh Ilmu Baru

Tidak hanya dipakai untuk berkomunikasi dengan orang lain atau menyebarkan konten-konten hiburan, media sosial juga sering digunakan untuk memberikan berbagai materi edukatif. Apabila kamu ingin belajar ilmu baru, sekarang kamu dapat dengan mudah mencari tutorial ataupun materinya melalui media sosial. Menariknya lagi, kamu juga bisa memperoleh materi tersebut tanpa perlu membayar. Hal tersebut pastinya sangat menguntungkan untuk mereka yang ingin menambah skill atau tidak sanggup mengikuti kelas khusus karena biayanya terlalu besar.

5. Bergabung dengan Grup yang Bermanfaat

Media sosial sangat memungkinkan untuk membuat grup yang bermanfaat berdasarkan minat dan juga profesi kita. Jika kamu suka memasak, maka kamu bisa bergabung dengan grup masak yang ada di Facebook atau media sosial lain. Selain itu, ada pula beberapa komunitas yang mungkin saja menarik untuk diikuti, seperti misalnya komunitas pembaca buku, komunitas penyuka hewan, dan lainnya. Disana kita bisa saling bertukar informasi menarik yang berkaitan dengan minat dan profesi yang kita geluti. Media sosial juga bisa membuat kita lebih mudah bertemu dengan orang-orang yang sepemikiran dengan kita tanpa perlu pergi keluar.

6. Sebagai Sarana Dokumentasi, Integrasi, dan Administrasi

Manfaat media sosial selanjutnya yang bisa kita peroleh adalah sebagai sarana dokumentasi, integrasi, dan juga administrasi. Berbagai aplikasi media sosial pada dasarnya merupakan sebuah tempat untuk kamu menyimpan berbagai macam konten, mulai dari informasi, profil, reportase, rekam peristiwa, dan lain sebagainya. Selain itu, manfaat lain dari media sosial yaitu membuat blog organisasi, melakukan integrasi berbagai lini pada suatu perusahaan, membagikan konten yang relevan sesuai target masyarakat, dan efektivitas operasional organisasi.

7. Sarana Perencanaan, Manajemen, dan juga Strategi

Di tangan para ahli marketing dan manajemen, media sosial dapat berubah menjadi salah satu senjata yang bisa digunakan untuk melancarkan perencanaan dan juga strateginya. Misalnya, untuk melakukan promosi, menggaet pelanggan setia, menjajaki pasar, mendidik publik, sampai mengumpulkan tanggap dari berbagai konsumen ataupun masyarakat.

8. Sarana Hiburan

Media sosial juga bisa digunakan sebagai sarana mencari hiburan. Kamu bisa meluangkan waktu untuk bermain-main di media sosial dan menemukan berbagai macam hal yang menarik dan menghibur. Mulai dari cerita lucu, gambar lucu, atau kutipan yang menarik. Jika kamu sedang merasa suntuk, kamu juga bisa mencari berbagai macam hal menarik yang bisa menghibur.

Media Sosial Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial

Demikian penjelasan mengenai manfaat media sosial untuk kehidupan sehari-hari.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien