Komunikasi

Komunikasi Massa: Pengertian, Fungsi, dan Karakteristiknya

Komunikasi Massa
Written by Ananda

Komunikasi Massa – Komunikasi massa merupakan komunikasi yang ditujukan kepada khalayak luas atau masyarakat umum dengan sifat komunikasi yang heterogen. Komunikasi massa dapat terjadi dengan menggunakan beragam media massa sebagai saran untuk menunjang komunikasi tersebut.

Media massa yang digunakan dalam komunikasi massa pun dapat berupa audio, audio visual, media cetak maupun media luar ruang. Apa itu komunikasi massa? Berikut adalah penjelasannya dari pengertian, fungsi hingga karakteristik komunikasi massa. Simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui lebih dalam ya!

Pengertian Komunikasi Massa Menurut Para Ahli

Agar Grameds mengetahui dan memahami mengenai komunikasi massa, terlebih dahulu Grameds harus mengetahui pengertian dari komunikasi massa. Berikut adalah pengertian komunikasi massa menurut para ahli.

  1. John R Bittner
    Bittner mengungkapkan bahwa komunikasi massa merupakan pesan yang dapat dikomunikasikan atau disampaikan melalui media massa kepada sejumlah besar orang secara sekaligus.
  2. Gerbner
    Komunikasi massa menurut Gerbner adalah produksi serta distribusi yang memiliki landasan pada suatu teknologi lembaga melalui arus pesan yang memiliki kesinambungan atau berkelanjutan. Gerbner juga mengemukakan bahwa komunikasi massa dapat menghasilkan suatu produk berupa pesan komunikasi. Produk dari komunikasi massa tersebut akan disebarkan pada khalayak luas secara terus menerus melalui jarak waktu yang tetap, contohnya seperti setiap minggu atau setiap bulan.
  3. Maletzke
    Maletzke berpendapat bahwa komunikasi massa merupakan bentuk dari komunikasi yang dapat menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis, secara tidak langsung dan memiliki sifat satu arah.
  4. Freidson
    Komunikasi massa diartikan oleh Freidson sebagai komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah populasi yang berasal dari berbagai kelompok, komunikasi massa menurut Freidson tidak hanya menyasar satu individu saja melainkan beberapa individu sekaligus.
    Friedson juga mengemukakan bahwa komunikasi memeiliki anggapan tersirat akan ada alat khusus untuk dapat mengirimkan pesan agar mampu sampai di waktu yang samat kepada semua orang secara sekligus tanpa harus mewakiliki beberapa lapisan masyarakat saja.
  5. Wright
    Komunikasi massa menurut Wright adalah bentuk dari komunikasi yang diarahkan kepada khalayak luas secara heteregon serta anonim. Pesan yang disampaikan melalui media massa pun memiliki sifat yang terbuka serta pesan tersebut mampu untuk diterima secara serentak kepada khalayak umum.
  6. Pearce
    Pearce berpendapat bahwa komunikasi massa ialah suatu proses yang terjadi di antara seorang individu, sekelompok orang maupun organisasi yang dapat menciptakan pesan dengan cara melakukan transmisi melalui beberapa jenis media kepada audiens yang besar secara heterogen serta anonim.
  7. Jalaludin Rakhmat
    Menurut Jalaludin Rakhmat komunikasi massa ialah salah satu dari jenis komunikasi yang ditujukan kepada beberapa khalayak yang disebarkan melalui media cetak, majalah, surat kabar, elektronok, televisi maupun radio. Karena pesan tersebut disampaikan melalui beragam media, maka pesan dapat diterima dengan serentak serta sesaat.
  8. Josep A Devito
    Komunikasi massa merupakan komunikasi yang ditujukan kepada khalayak ramai atau massa yang banyak. Menurut Devito, komunikasi massa dapat dilakukan oleh beberapa lembaga melalui media-media seperti televisi, radio, surat kabar, film, buku serta majalah.
  9. Komunikasi Massa Menurut Bahasa
    Secara bahas, komunikasi massa atau mass communication merupakan suatu proses penyampaian pesan yang dilakukan melalui media massa atau communicating with media. Istilah dari komunikasi massa adalah singkatan yang berasal dari komunikasi media massa. Media massa pun singkatan dari media komunikasi massa.
    Apabila dilihat secara lebih terperinci, maka pengertian komunikasi massa menurut bahasa adalah, komunikasi penyampaian pesan, media yaitu saluran atau sarana menyampaikan pesan dan massa ialah orang banyak atau publik .
    Dari pengertian komunikasi massa menurut bahasa tersebut, Littlejohn berpendapat bahwa komunikasi tidak dapat dipisahkan oleh satu orang pun dari media komunikasi dan proses komunikasi massa, karena menurut Littlejohn hanya media komunikasi yang mampu menghubungkan sumber dengan para khalayak, baik sebagai seorang individu maupun sebagai lembaga dalam masyarakat.

Menurut pengertian komunikasi massa dari beberapa ahli serta menurut bahasa, maka pengertian komunikasi massa dapat disimpulkan, komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang disampaikan kepada khalayak ramai dengan menggunakan beragam media massa dan dilakukan secara heterogen, serta anonim.

Komunikasi Massa

Karakteristik Komunikasi Massa

Hafied Cangara berpendapat bahwa komunikasi massa adalah salah satu dari jenis komunikasi yang memiliki perbedaan secara signifikan dengan bentuk-bentuk komunikasi lainnya. Komunikasi massa memiliki pesan yang terbuka kepada khalayak ramai yang variatif, seperti perbedaan dari sisi usia, suku, agama, pekerjaan maupun kebutuhan.

Memiliki perbedaan yang signifikan dengan jenis komunikasi lainnya, berikut adalah karakteristik komunikasi massa untuk membedakannya dengan jenis komunikasi lain.

1. Komunikator yang terlembaga

Komunikasi massa memiliki karakteristik berupa komunikator dalam komunikasi massa dapat bergerak dalam organisasi yang kompleks tetapi memiliki sifat melembaga. Lembaga dari penyampai pesan komunikasi massa tersebut menyampaikan pesannya melalui beragam media massa, seperti surat kabar, internet, radio, televisi, buku, majalah dan lain sebagainya.

2. Pesan yang disampaikan memiliki sifat yang umum

Berbeda dengan jenis komunikasi antar individu atau pribadi, pesan yang disampaikan melalui komunikasi massa memiliki sifat yang umum. Sehingga, pesan tersebut tidak hanya ditujukan kepada satu individu atau beberapa individu saja dan tidak bersifat pribadi.

Komunikasi massa menyampaikan pesan yang umum dan ditujukan kepada khalayak umum secara luas. Oleh karena itu, proses dari komunikasi massa pun berjalan dengan terbuka. Hal tersebut dapat terjadi, karena komunikan dari komunikasi massa tersebar di berbagai tempat, selain itu pesan yang disampaikan pun mengandung berita serta memiliki unsur fakta yang bersifat penting dan menarik untuk seluruh kalangan masyarakat dari berbagai lapisan.

3. Komunikan dari komunikasi massa bersifat heterogen dan anonim

Dari pengertian komunikasi massa menurut para ahli, dapat diketahui bahwa beberapa ahli berpendapat komunikasi massa memiliki salah satu ciri yang sama yaitu komunikannya bersifat heterogen serta anonim. Komunikan atau penerima informasi dalam komunikasi massa memiliki sifat heterogen dan anonim.

Hal ini dikarenakan, komunikasi massa menyampaikan pesan dari komunikator dengan cara umum kepada seluruh masyarakat atau khalayak umum, dengan kondisi masyarakat yang varitatif dan tidak mengenal satu sama lainnya. Tanpa membedakan jenis kelamin, usia, adat, budaya, ras, strata sosial dan lainnya pesan komunikasi massa disampaikan kepada khalayak umum dan secara terbuka.

4. Memiliki sifat serempak

Komunikasi massa menurut Effendy memiliki karakteristik sifat yang serempak. Komunikasi massa disampaikan kepada banyak orang, khalayak umum dengan jumlah individu yang sangat banyak dan komunikan dalam jarak jauh. Pesan yang disampaikan menggunakan media massa secara serempak dan cepat.

5. Pesan yang disampaikan bersifat satu arah

Karakteristik kelima dari komunikasi massa adalah memiliki sifat satu arah. Artinya, komunikasi massa tersebut terjadi antara komunikan dan komunikator secara langsung akan tetapi komunikator maupun komunikan tidak saling bertemu satu sama lain dan tidak dapat merespon pesan yang disampaikan secara langsung. Bersifat satu arah, komunikator pada komunikasi massa yang memiliki kendali komunikasinya.

6. Terjadi delayed feedback atau umpan balik yang diberikan tertunda

Karakteristik dari komunikasi massa yang keenam ini berhubungan dengan karakteristik kelima. Karena komunikan dan komunikator tidak berkomunikasi secara langsung dan komunikasi bersifat satu arah, maka umpan balik atau feedbacknya pun akan tertunda.

Komunikan maupun komunikator dalam komunikasi massa tidak mengetahui reaksi dari khalayak umum, ketika pesan tersebut disampaikan. Sehingga terjadilah feedback delayed pada komunikasi massa.

Secara umum, itulah keenam karakteristik dari komunikasi massa. Namun, beberapa ahli pun turut mengemukakan pendapat mengenai karakteristik dari komunikasi massa. Berikut karakteristik komunikasi massa menurut para ahli.

Komunikasi Massa

Karakteristik Komunikasi Massa Menurut Para Ahli

Menurut para ahli seperti William R. Rivers, Mc Quail dan lainnya berikut adalah beberapa karakteristik dari komunikasi massa yang membedakan komunikasi massa dari jenis komunikasi lainnya.

1. William R Rivers, dkk

Karakteristik dari komunikasi massa menurut RIvers dkk adalah sebagai berikut:

  • Berjalan satu arah.
  • Terjadi proses antara seleksi media untuk memilih khalayak sebagai komunikan.
  • Dapat menjangkau khalayak luas dari berbagai lapisan masyarakat.
  • Membidik atau menyasar komunikan tertentu dengan segmentasi yang diinginkan oleh komunikator.
  • Dilakukan oleh suatu institusi sosial seperti lembaga pers serta media maupun masyarakat saling memberikan pengaruh dan interaksi dari komunikasi massa.

2. Mc Quail

Komunikasi massa memiliki lima karakteristik menurut Mc Quail yang membedakan komunikasi tersebut dengan jenis komunikasi lain.

  • Sumber dari komunikasi bukan hanya pada satu orang saja, melainkan ikut melibatkan organisasi formal, sender atau pengirim pesena seringkali adalah seorang komunikator profesional yang ahli dalam bidangnya.
  • Pesan yang disampaikan melalui komunikasi massa dapat beragam, mudah diperkirakan, dapat diproses, melalui standarisai, diperbanyak dan menjadi produk komoditi yang memiliki nilai tukar berharga.
  • Penerima dari pesan komunikasi massa adalah bagian dari khalayak luas.
  • Komunikasi massa mencakup kontak yang sifatnya serentak antara satu pengirim dengan banyak penerima pesan.

3. Michael W Gamble dan Teri Kwal Gamble

Pada tahun 1986, keduanya menyebutkan bahwa komunuikasi massa memiliki karakteristik sebagai berikut.

  • Dalam komunikasi massa, komunikator dapat mengandalkan peralatan-peralatan modern untuk dapat menyebarkan maupun memancarkan pesan dengan cepat kepada khalayak umum dan disebarkan melalui media massa.
  • Komunikator dalam komunikasi massa dapat menyebarkan pesan dengan maksud mencoba mendapatkan beraga, pengertian atau perhatian dari jutaan orang yang tidak saling mengenal satu sama lain.
  • Pesan yang disampaikan melalui komunikasi massa adalah milik publik. Artinya bahwa pesan tersebut mudah didapatkan dan dapat diterima oleh siapa saja.
  • Komunikator dalam komunikasi massa umumnya adalah organisasi formal contohnya seperti organisasi, jaringan kelompok tertentu, perkumpulan dan lain sebagainya. Komunikator juga tidak berasal dari seseorang atau individu, tetapi dari sesuatu yang memiliki sifat lebih besar seperti lembaga.
  • Komunikasi massa dikontrol oleh sejumlah orang atau disebut sebagai gatekeeper untuk mengontrol suatu pesan sebelum pesan tersebut akan disebarkan kepada khalayak ramai. Gatekeeper dapat berupa seseorang yang bekerja sebagai editor maupun redaksi.
  • Dalam komunikasi massa, umpan balik memiliki sifat tertunda. Umpan balik tertunda tersebut disebabkan karena komunikasi massa disampaikan melalui media massa yang berbeda dengan jenis komunikasi lainnya. Sebab, komunikasi massa dilakukan tidak secara langsung.

4. Elizabeth Noelle Neuman

Menurut Neuman pada 1983 pada salah satu bukunya, ada empat karakteristik pokok pada komunikasi massa, berikut karakteristiknya.

  • Komunikasi massa memiliki sifat tidak langsung ketika pesan disampaikan kepada komunikan.
  • Komunikasi massa memiliki karakteristik sifat satu arah.
  • Komunikasi massa memiliki karakteristik yang terbuka dan pesan yang disampaikan tidak tertutup.
  • Komunikasi massa memiliki karakteristik berupa publik yang secara geografis tersebar di mana saja.

Fungsi Komunikasi Massa

Komunikasi massa tidak hadir hanya untuk meraih satu tujuan saja, terutama dengan beragam evolusi yang terjadi, komunikasi massa menjadi memiliki peran yang meningkat dalam kehidupan bermasyarakat. Menurut Wright, ada tujuh fungsi dari komunikasi massa yang salah satunya adalah untuk menawarkan wawasan mengenai peran manusia atau masyarakat dalam kehidupan. Berikut adalah fungsi komunikasi dan penjelasannya.

  1. Pengawasan, komunikasi massa memiliki fungsi pengawasan yang menjadi mata maupun telinga untuk masyarakat yang mencari informasi tentang suatu hal. Contohnya adalah internet dan surat kabar yang kini menjadi salah satu sarana untuk setiap individu mencari informasi penting, mulai dari informasi mengenai cuaca, isu terkini dan bahkan gosip. Kini, masyarakat lebih mengandalkan komunikasi massa untuk mengakeses informasi secara mudah dan cepat.
  2. Korelasi, fungsi korelasi dalam komunikasi massa artinya bahwa media menyajikan fakta yang digunakan oleh masyarakat untuk bergerak ke seluruh dunia. Informasi yang disebarkan melalui komunikasi massa tidak bersifat obyektif dan tanpa bias.
  3. Sensasionalisasi, menurut fungsi sensasionalisasi pada komunikasi massa, artinya bahwa media lebih mengedepankan pesan yang paling sensasional untuk meraih gairah dari konsumen.
  4. Hiburan, komunikasi maasa juga memiliki fungsi sebagai hiburan, contohnya adalah komunikasi massa yang disebarkan melalui majalah, televisi, berita online dan lainnya yang menyajikan beragam informasi atau pesan menghibur untuk khalayak ramai. Fungsi dari komunikasi massa yang keempat ini, lebih terasa dibandingkan fungsi komunikasi massa yang lainnya. Terutama ketika internet mulai berkembang dan banyak komunikan menyebarkan pesan menghibur melalui beragam media massa yang mudah diakses khalayak umum.
  5. Penularan atau penyebaran, komunikasi massa yang menggunakan media massa memiliki fungsi menjadi ‘wahana’ atau sarana penularan yang membantu menyampaikan norma, aturan, nilai hingga kebiasaan budaya. Media massa memiliki peran penting dalam proses sosialisasi serta penyebaran informasi.
  6. Mobilisasi, fungsi dari komunikasi massa yang keenam adalah untuk memobilisasi masyarakat yang selama ini berada dalam masa krisis. Contohnya adalah ketika terjadi suatu peristiwa yang menimpa sebuah kota di negara. Dalam hal tersebut, media massa memiliki peran untuk memobilisasi khalayak umum agar ikut merasakan pengalaman atau peristiwa tersebut hingga memunculkan perasaan bahwa peristiwa tersebut ikut terjadi padanya karena terjadi di negara yang ia tinggali.
  7. Validasi, fungsi terakhir dari komunikasi massa adalah sebagai validasi atas status maupun norma individu, organisasi, gerakan serta produk tertentu. Validasi orang maupun kelompok tertentu memiliki fungsi untuk dapat menegakan norma sosial. Media massa dalam komunikas massa dapat melakukan validasi atas norma budaya tertentu sambil menghilangkan perbedaan, serta variasi dari norma yang ada.

Tujuh fungsi komunikasi massa membuat Mc Luhan dan Fiore berpendapat bahwa komunikasi massa perlu direfelksikan kehadirannya dalam hidup setiap masyarakat. Terutama ketika media-media komunikasi massa kini telah semakin berkembang.

Komunikasi Massa

Itulah penjelasan mengenai apa itu komunikasi massa? Mulai dari pengertian menurut bahasa dan para ahli, karakteristik serta fungsi dari komunikasi massa. Grameds bisa mengetahui lebih lanjut mengenai komunikasi massa dengan membaca buku.

Buku-buku mengenai komunikasi massa dapat Grameds beli dan dapatkan melalui Gramedia karena sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan beragam buku berkualitas dan original untuk Grameds! Tunggu apa lagi? Segera beli dan baca bukunya sekarang juga!

BACA JUGA:

  1. Unsur Komunikasi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya 
  2. Komunikasi Verbal: Pengertian, Bentuk, dan Contoh 
  3. Teori Komunikasi Menurut Para Ahli 
  4. Best Seller Buku Komunikasi (Bisnis, Politik, Visual, Organisasi) 
  5. Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien