Kuliah

Perbedaan Jurusan Kesehatan Masyarakat & Kesehatan Lingkungan

Perbedaan Jurusan Kesehatan Masyarakat & Kesehatan Lingkungan 1
Written by atap

Perbedaan Jurusan Kesehatan Masyarakat & Kesehatan Lingkungan – Siapa bilang, untuk bisa bekerja di bidang kesehatan, kamu hanya harus menjadi seorang dokter? Nyatanya, saat ini sudah banyak sederet pekerjaan lain di bidang kesehatan dengan prospek dan gaji yang mumpuni. Karenanya tak harus kuliah di jurusan kedokteran untuk bekerja di bidang kesehatan, ada jurusan lainnya yang dapat kamu pilih. Sebut saja Jurusan Kesehatan Masyarakat  dan Kesehatan Lingkungan. Lalu apa perbedaan diantara keduanya? Berikut penjelasannya, Grameds!

Perbedaan Jurusan Kesehatan Masyarakat & Kesehatan Lingkungan 2

Apa Itu Jurusan Kesehatan Masyarakat ?

Jurusan Kesehatan Masyarakat merupakan jurusan yang mengajarkan, sekaligus memberimu pelatihan untuk memahami kondisi kesehatan masyarakat di berbagai kondisi lingkungan. Pada awal perkuliahannya kamu akan mempelajari Ilmu Kependudukan, Kebijakan Kesehatan, Kesehatan Kerja, Biokimia, Patologi, Ilmu Gizi, Epidemiologi Penyakit, Sosiologi Kesehatan, dan materi lainnya.

Pembelajaran awalnya memang cukup banyak mengingat pada prakteknya ilmu ini digunakan di masyarakat dengan kondisi yang beragam. Contoh kegiatan yang biasanya dilakukan di jurusan ini mulai dari mengenali berbagai penyakit yang terjadi di lingkungan, mempelajari pola dan perilaku hidup sehat masyarakat itu sendiri, menghitung besaran distribusi penyakit di suatu wilayah, menghitung kondisi kesehatan secara kuantitatif, menganalisa dampak lingkungan pada kesehatan masyarakat, dan faktor kesehatan dan keselamatan kerja.

Dalam pelaksanaan perkuliahan, kamu tak hanya akan mempelajari teori sebab tugas utama lulusannya adalah upaya preventif dan promotif, karenanya kamu akan melakukan banyak praktek lapangan dan dilatih untuk berinteraksi dengan masyarakat.

Contoh praktek yang biasanya dilakukan adalah survei dan investigasi Wabah, Pengolahan Limbah, Perencanaan dan Evaluasi Program Kesehatan, Sosialisasi Kesehatan, Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penyakit, Studi kasus tentang pola hidup sehat masyarakat, dan masih banyak lagi Grameds.

Prospek kerja lulusan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat terbuka luas tak hanya di bidang kesehatan, tapi juga di pencegahan penyakit, pengendalian wabah, kebijakan kesehatan, kesehatan lingkungan, perawatan kesehatan, promosi kesehatan hingga epidemologi, dan bioterorisme. Apalagi seiring dengan perkembangan zaman, masalah kesehatan di Indonesia semakin kompleks. Mulai dari berbagai penyakit menular seperti virus Zika dan HIV/AIDS, atau penyakit tidak menular seperti kanker paru dan penyakit jantung. Ahli Kesehatan Masyarakat memiliki peran penting dalam pemecahan masalah-masalah kesehatan tersebut, dalam arti lain jurusan ini memberikanmu bekal untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama.

Statistik Kesehatan

Statistik Kesehatan

Beli Buku di Gramedia

Apakah kalian mahasiswa Kesehatan yang sedang melakukan penelitian? Buku Statistika Kesehatan hadir untuk kalian. Buku ini menjelaskan secara detail mengenai perhitungan sampel dan teknik sampel di bidang kesehatan, bahkan disertai contoh. Tak hanya itu, di dalamnya memuat berbagai penjelasan lainnya seputar sampel penelitian di bidang Kesehatan. Dengan bahasa yang komunikatif dan informatif, akan memudahkan kalian dalam memahami penjelasannya.

Apa Itu Jurusan Kesehatan Lingkungan?

Jurusan Kesehatan lingkungan merupakan suatu disiplin ilmu untuk memperoleh keseimbangan antara lingkungan hidup dan manusia, tujuannya menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, nyaman, aman serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Hal-hal yang berusaha ditanggulangi di jurusan ini misalnya pencemaran lingkungan yang saat ini semakin tak terkendali penyebarannya.

Perlu diketahui, tenaga kesehatan lingkungan umumnya memiliki dua area mainstream, yakni sebagai programmer atau officer dan kelompok auditor atau pengawas. Area garapannya terkait masalah sanitasi lingkungan, health safety and environment baik di tempat umum, industri, sektor informal maupun pertambangan, serta kelompok yang memiliki visi makro seperti pembangunan berwawasan kesehatan atau disebut juga sebagai risk management. Kini, area garapan tenaga kesehatan lingkungan semakin luas, mulai dari penyehatan industri, pertambangan, perkotaan, sanitasi dasar, restoran, perhotelan, pariwisata, dan lain sebagainya.

Perkuliahan di Jurusan Kesehatan lingkungan sendiri akan mempelajari hubungan atau interaksi suatu kelompok penduduk dan lingkungan hidup yang memiliki potensi bahaya terhadap kesehatan diri maupun masyarakat di sebuah wilayah. Gambaran mata kuliahnya antara lain kimia lingkungan, fisika lingkungan, mikrobiologi lingkungan, penyehatan air, tanah, makanan dan minuman, analisis dampak kesehatan lingkungan, dan lain sebagainya. Mata kuliah ini tentunya juga akan didukung oleh berbagai macam praktikum, sehingga kamu tidak hanya ahli dalam hal teori, tetapi juga mampu mempraktekkan teori tersebut dengan baik, sehingga dapat mewujudkan Indonesia sebagai negara yang lebih sehat.

banner-promo-gramedia

Jurusan ini sangat cocok untukmu yang memiliki kepedulian besar terhadap lingkungan sekitar dan kesehatan. Prospek kerja jurusan ini jug sangat luas, kamu bisa bekerja di sektor publik misalnya di Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Badan Lingkungan Hidup Provinsi maupun daerah, Badan Perencana Nasional dan Daerah, Rumah Sakit, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, BUMN, Dosen, Badan Narkotika Nasional, Sucofindo, WHO, dan lain sebagainya atau sektor swasta seperti di divisi HSE (Health Safety Environmental) dan berbagai perusahaan minyak, gas, pertanian, manufaktur, dan lain sebagainya.

Selain itu, pekerjaan ini juga termasuk pekerjaan yang mulia, sebab seperti yang kita ketahui Indonesia sangat membutuhkan para profesional di bidang kesehatan lingkungan, sebab pencemaran lingkungan semakin bertambah parah setiap harinya dan tentunya akan berdampak terhadap buruknya kualitas kesehatan masyarakat jika tidak segera ditangani Grameds.

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Perbedaan Jurusan Kesehatan Masyarakat & Kesehatan Lingkungan 3
Lulusan Jurusan Kesehatan Masyarakat akan memeroleh gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM) dan dapat berkarir di bagian administrasi Kebijakan Kesehatan, baik di rumah sakit, klinik, ataupun asuransi kesehatan. Lulusan Kesehatan Masyarakat juga dapat berkarir sebagai ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di berbagai perusahaan, serta sebagai penyuluh kesehatan, peneliti dan pengajar di bidang kesehatan masyarakat. Berikut dibawah ini adalah beberapa gambaran pekerjaannya:

Ahli Gizi

Profesi Ahli gizi berperan dalam memberi konsultasi dan penyuluhan tentang pola makan yang baik dalam rangka mencegah ataupun penyakit–penyakit degeneratif. Tak hanya membantu merencanakan pola dan menu makan terbaik untuk program diet atau penurunan berat badan serta tubuh yang lebih sehat, konsultasi ke ahli gizi juga dilakukan oleh sekelompok orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti Diabetes. Kanker. Malnutrisi, baik karena gizi buruk ataupun obesitas, Gangguan sistem kekebalan tubuh, Penyakit pada sistem pencernaan, Penyakit jantung, Tekanan darah tinggi, Kolesterol tinggi, Penyakit ginjal dan hati, Kehamilan dan menyusui juga masyarakat secara keseluruhan.

Selain terkait pangan, ilmu gizi juga mempelajari kebutuhan tubuh, kita akan mengetahui beragam rumus berat badan ideal, kebutuhan kalori harian, menghitung massa indeks tubuh, dan lain sebagainya. Seorang Ahli gizi bekerja untuk memberikan pengetahuan mulai dari kebiasaan  hidup sehat, menjelaskan komposisi makanan atau minuman, dan lain-lain di suatu populasi.

Kamu juga bisa menjadi ahli gizi di sebuah perusahaan produk makanan, minuman, atau obat, dimana kamu harus menganalisa hingga memastikan manajemen kualitas produk apakah sudah sesuai atau belum. Tugas Ahli Gizi di antaranya:

  • Melakukan konseling secara individu atau kelompok mengenai aturan dasar nutrisi yang baik, kebiasaan makan yang sehat, dan pemantauan gizi untuk meningkatkan kualitas hidup mereka
  • Menentukan status gizi, faktor yang berpengaruh terhadap gangguan gizi, dan status gizi
  • Mengkaji kebutuhan nutrisi, pembatasan diet (pola makan), dan rencana kesehatan saat ini untuk mengembangkan dan mengimplementasikan rencana diet dan memberikan konseling gizi
  • Memberikan diagnosis terkait masalah gizi dasil dari hasil pemeriksaan fisik dan penelusuran riwayat medis yang dilakukan sebelumnya
  • Memberi informasi mengenai prinsip gizi, rencana dan modifikasi diet yang sehat, serta persiapan dan pilihan makanan, terutama kepada pasien dan keluarga mereka
  • Merancang dan mengubah susunan diet, dan menerapkannya mulai dari perencanaan menu hingga saran penyajian makanan
  • Melakukan penelitian dan pengembangan gizi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hingga menyelenggarakan administrasi pelayanan gizi
Komunikasi Kesehatan Pendekatan Antarbudaya

Komunikasi Kesehatan Pendekatan Antarbudaya

Beli Buku di Gramedia

Buku ini sangat inspiratif dan menarik dibaca bagi kalian yang sedang ingin menambah wawasan terkait komunikasi kesehatan. Melalui buku ini, Deddy Mulyana dan Leila Mona Ganiem mampu menjembatani komunikasi antarbudaya dengan ilmu kedokteran. Selain itu, akan banyak pembahasan lainnya di dalam buku ini, tentunya terkait komunikasi kesehatan. Menarik ‘kan?

Epidemologist

Berikutnya prospek menjanjikan dari pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah menjadi ahli epidemologist. Ahli ini sangat penting di dunia kesehatan, tugas ahli epidemologist secara umum adalah bekerja untuk membahas pola kesehatan atau sebuah penyakit serta seluruh faktor yang terkait terhadap penyakit.

Namun, tidak asal seorang ahli epidemiologist menganalisa sebuah penyakit, karena ia akan menggunakan berbagai komponen untuk meringkasnya, seperti ilmu kedokteran, ilmu statistika, ilmu sosiologi dan antropologi. Tugas Epidemologist sendiri di antaranya:

  • Memantau dan melaporkan insiden penyakit menular ke lembaga kesehatan lokal dan negara
  • Merencanakan dan mengarahkan studi untuk menyelidiki penyakit manusia atau hewan, metode pencegahan, dan pengobatan untuk penyakit
  • Mengkomunikasikan temuan penelitian tentang berbagai jenis penyakit kepada praktisi kesehatan, pembuat kebijakan, dan masyarakat
  • Memberikan keahlian dalam desain, manajemen dan evaluasi protokol penelitian dan kuesioner status kesehatan, pemilihan sampel dan analisis
  • Mengawasi program kesehatan masyarakat, termasuk analisis statistik, perencanaan kesehatan, sistem pengawasan, dan peningkatan kesehatan masyarakat

Biostastisik

Lulusan Kesehatan Masyarakat juga berpeluang menjajal profesi biostastisik. Pekerjaan ini berdasarkan ilmu biostastiska yang digunakan untuk menghimpun data fenomena kesehatan dari masyarakat dan memetakannya. Seperti epidemiolog, data yang dihimpun oleh seorang biostastisi sangat berguna dalam berbagai pngembangan di bidang kesehatan. Tugas biostatistik di antaranya:

  • Menyediakan data dan informasi statistik, mulai dari tahap persiapan, pengumpulan data, pengolahan, sampai penyajian dan publikasi.
  • Melakukan analisis dan pengembangan statistik. Melakukan perhitungan statistik berdasarkan perolehan data-data di lapangan.
  • Melakukan analisis terhadap data-data statistik kemudian memberikan interpretasi atas hasil analisis.
  • Mengidentifikasi hubungan dan trend dalam data serta faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil penelitian.
  • Membuat laporan analisis statistik, termasuk menyajikan informasi dalam bentuk grafik, tabel, dan bagan.
  • Melakukan analisis dan penafsiran data statistik untuk mengidentifikasi perbedaan dalam hubungan diantara berbagai sumber informasi.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Profesi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau yang biasa disebut K3 bertugas melakukan pengelolaan bahaya dan resiko yang mungkin terjadi di lingkungan kerja atau proyek, tujuannya mencegah atau memperbaiki kondisi lingkungan pekerjaan yang tidak aman. Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja akan melakukan pengukuran terhadap faktor-faktor bahaya, melakukan pengawasan dan audit terhadap fasilitas di lingkungan kerja, Memasang perangkat keselamatan pada mesin, atau mengarahkan pemasangan perangkat, dan lainnya.

Berdasarkan Undang-Undang, Jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja diperuntukkan bagi seluruh pekerja baik itu di darat, di laut, maupun di udara yang berada di dalam wilayah kekuasaan hukum Republik Indonesia. Jadi pada dasarnya, setiap pekerja di Indonesia berhak atas jaminan keselamatan dan kesehatan kerja. Tugasnya sendiri diantaranya:

  • Memeriksa kesehatan badan, kondisi mental dan kemampuan fisik dari para pekerjanya
  • Membantu mengawasi pelaksanaan peraturan perundangan keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan bidang yang ditentukan
  • Mengedukasi pekerja tentang kondisi-kondisi dan bahaya yang mungkin timbul di tempat kerja, juga pengamanan dan alat – alat perlindungan yang diharuskan di tempat kerja
  • Mengedukasi pekerja, tentang cara-cara dan sikap yang aman dalam melaksanakan pekerjaannya
  • Bertanggung jawab dalam pencegahan kecelakaan dan pemberantasan kebakaran serta peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja, juga pemberian pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan

Administrasi Kebijakan Kesehatan

Kamu juga bisa bekerja di bidang administrasi kebijakan kesehatan. Dimana pekerjaan ini merupakan sebuah proses manajemen dan organisasi yang digunakan sebagai sarana dalam menentukan pekerjaan umum, yang memiliki tujuan utnuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kamu bisa menjadi seorang manajer sebuah rumah sakit, bekerja di kantor BPJS atau asuransi, manajer perusahaan farmasi, laboratorium dan alat kesehatan, dinas kesehatan hingga lembaga-lembaga maupun organisasi sosial.

Analisis Kebijakan Kesehatan Prinsip & Aplikasi

Analisis Kebijakan Kesehatan Prinsip & Aplikasi

Beli Buku di Gramedia
Buku ini hadir dengan berbagai penjelasan yang tentunya bermanfaat bagi semua, baik mahasiswa maupun orang yang mempelajari kebijakan kesehatan. Buku ini berisikan prinsip dan aplikasi konsep analisis kebijakan di tahap pengembangan kebijakan kesehatan. Akan banyak sekali pembahasan dalam buku ini yang pastinya mudah dipahami dan dipelajari bagi kalian para mahasiswa di bidang Kesehatan.

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

Perbedaan Jurusan Kesehatan Masyarakat & Kesehatan Lingkungan 4
Seiring dengan perkembangan IPTEK, permasalahan kesehatan lingkungan harus ditangani secara terintegrasi, baik dari sisi keilmuan dan pengembangannya, lulusan Jurusan Kesehatan Lingkungan dengan keahlian health promotor, inspector, community leader, programmer, peneliti, penyidik, auditor kemudian akan menanggulanginya. Berikut ini beberapa gambaran prospek kerja untuk paara lulusannya Grameds:

Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan

Tugas profesi ini diantaranya melakukan pembersihan area polusi, mengurangi limbah, dan memberikan saran kepada para pembuat kebijakan. Spesialis kesehatan dan keselamatan lingkungan bertujuan melindungi masyarakat dan lingkungan dengan mengidentifikasi masalah, menegakkan peraturan, menganalisis bahaya, dan mencegah kecelakaan. Mereka bekerja dengan kebijakan keselamatan, meneliti kelemahan dan efektivitasnya, serta menyarankan perubahan yang dapat mengoptimalkan keselamatan dan kesehatan.

Pengawas Pangan

Pengawas keamanan pangan bertugas melindungi konsumen dari makanan yang berbahaya. Mereka bertanggung jawab untuk menerapkan, menafsirkan, dan menjelaskan standar produk makanan, serta melakukan inspeksi harian produk sebelum dan sesudah pemrosesan. Tugas seorang pengawan sendiri di antaranya:

  • Memeriksa kematangan dan kestabilan bahan mentah untuk pengolahan dan produk jadi untuk alasan keamanan, kualitas, dan nilai gizi.
  • Memeriksa tempat pemrosesan makanan untuk memastikan kesesuaian dengan regulasi pemerintah dan standar kebersihan, standar keamanan, standar kualitas, dan standar pembuangan limbah.
  • Mengevaluasi pengolahan makanan dan operasi penyimpanan serta membantu pengembangan program jaminan kualitas.
  • Mempelajari metode untuk meningkatkan aspek pada makanan seperti komposisi kimiawinya, rasa, warna, tekstur, dan nilai gizi, serta kenyamanannya.
  • Mengikuti perkembangan regulasi, peristiwa, dan tulisan ilmiah yang berkaitan dengan pangan.

Analis Polusi Udara

Analis polusi udara bertanggung jawab untuk menganalisis, mengambil sampel, serta mengukur data yang mereka kumpulkan dari udara yang tercemar. Setelah menemukan atau membuat teori tentang sumber polutan, mereka bekerja dengan ilmuwan lain untuk mengembangkan teknik yang akan mengurangi atau memberantas polusi udara.

Toksiologi Lingkungan

Saat organisme memetabolisme bahan kimia beracun, di situlah peran seorang toksikologi lingkungan untuk mempelajari bagaimana hal itu bisa terjadi. Mereka juga meneliti bagaimana organisme bergerak melalui ekosistem dan jaringan makanan, serta efek bahan kimia yang tidak mematikan dan mematikan pada suatu spesies. Jika kamu mampu berpikir metodologis, ilmiah, dan senang melakukan eksperimen, karier di bidang toksikologi lingkungan mungkin cocok untukmu.

Spesialis Perlindungan Air Tanah

Salah satu hal penting bagi kehidupan kita adalah air, yang bersumber dari dalam tanah. Bagimu yang ingin mengejar karir sebagai spesialis perlindungan air tanah, kamu akan bekerja di lapangan serta di laboratorium. Kamu juga harus siap untuk menghadapi segala cuaca dan dapat bertahan dalam kondisi yang buruk. Kamu akan bertugas menemukan bahan kimia dari limbah industri, aliran, dan sumber lainnya Grameds.

Konsultan Lingkungan

Jika kamu termotivasi untuk melindungi lingkungan dan memiliki pemahaman tentang menjalankan bisnis, maka karir sebagai konsultan lingkungan bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebagai konsultan lingkungan, kamu akan bekerja dengan perusahaan dalam berbagai masalah lingkungan.

Kamu akan menawarkan layanan konsultasi dan penilaian ahli untuk klien dengan tujuan meminimalkan atau menghilangkan kerusakan lingkungan. Profesi ini biasanya akan dipekerjakan oleh perusahaan konsultan dan mengerjakan berbagai kontrak komersial atau pemerintah, atau menangani berbagai masalah lingkungan.

Apakah Grameds telah mengenali Perbedaan Jurusan Kesehatan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan? Jika belum, Grameds dapat menelaah lebih dengan membaca buku-buku yang ada di Gramedia.com dan Gramedia Digital

Gramedia akan selalu menjadi #SahabatTanpaBatas dengan selalu menyediakan buku berkualitas dan mudah diakses untuk Grameds sekalian.

Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan

Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan

Beli Buku di Gramedia

Buku Ajar Manajemen Mutu Pelayanan Keperawatan ditulis sangat sederhana dan mudah dipahami, khususnya bagi kalian mahasiswa keperawatan ataupun teman sepekerjaan. Buku ini menekankan pada pelaksanaan manajemen guna meningkatkan kualitas asuhan keperawatan sehingga pengguna pelayanan kesehatan akan mendapatkan kepuasan.

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.



logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien