Lifestyle

Memahami Pengertian Glamping Beserta Lokasi Glamping yang Cocok Untuk Berlibur

glamping adalah
Written by M. Hardi

Glamping adalah – Ingin mencoba pengalaman berlibur yang tidak biasa kamu coba? Kamu bisa melakukan aktivitas berlibur yang seru, salah satunya adalah aktivitas menarik “glamping”. Lalu, apa itu glamping? Lokasi glamping terbaik di Indonesia ada di mana? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak artikel ini, Grameds.

Pengertian Glamping

Aktivitas glamping adalah aktivitas yang bisa kamu nikmati di alam terbuka, seperti menginap di tenda dan ditemani dengan fasilitas lengkap. Glamping terdiri dari gabungan dari dua kata, yakni “glamour” serta “camping”. Dengan kata lain, glamping dapat diartikan sebagai kegiatan berkemah (camping) dengan cara yang mewah (glamour).

Jika umumnya, kita berkemah dengan menggunakan tenda yang ukurannya pas-pasan serta fasilitas yang terbatas, maka kegiatan glamping sebagai salah satu alternatif dari kegiatan dengan pengalaman yang wajib dicoba. Sebab, kamu bisa merasakan menginap di alam terbuka yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, seperti televisi, kasur empuk, kamar mandi, dan sebagainya.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa ketika melakukan glamping kamu akan berkemah dengan ditemani fasilitas sekelas hotel berbintang. Namun, perlu diketahui juga bahwa glamping tak hanya tidur di dalam tenda, saja. Ada banyak pilihan glamping unik dengan tema seperti rumah pohon, kabin, hingga campervan yang dapat kamu coba juga.

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berangkat Glamping

glamping adalah

Sumber: travel.kompas.com

Setelah memahami arti dari glamping, sekarang mari kita bahas mengenai apa saja yang perlu kamu persiapkan sebelum berangkat ke lokasi glamping. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin ke lokasi glamping.

1. Persiapkan Peralatan yang Tepat

Glamping berbeda dari menginap di hotel pada umumnya. Meskipun dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap, tetapi ada beberapa peralatan yang sebaiknya kamu bawa sendiri ketika ingin ke lokasi glamping.

Adapun beberapa hal yang bisa kamu bawa diantaranya adalah peralatan piknik, pemanggang BBQ, dan lain-lain. Supaya kamu tidak membawa peralatan dobel, sebaiknya tanya pihak penginapan terlebih dahulu.

2. Perhatikan Cuaca Saat Menginap

Hal perlu diperhatikan berikutnya adalah selalu memperhatikan cuaca saat menginap. Hal ini perlu dilakukan karena umumnya lokasi glamping berada di tempat terbuka, atau dekat dengan alam. Dengan memperhatikan cuaca, maka kamu bisa menikmati sensasi menginap di alam terbuka dengan nyaman dan pastinya menyenangkan. Selain itu, kamu bisa menghirup udara segar lebih baik lagi.

3. Kemasi Pakaian dengan Cukup

Masih berkaitan juga dengan kegiatan outdoor, sebaiknya kemasi juga pakaian dengan lebih banyak. Apalagi jika kamu mau glamping bersama si kecil, karena berlarian serta bermain di tempat terbuka pasti akan membuat baju menjadi cepat kotor. Selain itu, persiapkan juga baju yang sejuk untuk kamu bermain di siang hari dan jangan lupa membawa pakaian hangat agar kamu dapat tidur dengan lebih nyenyak.

4. Perhatikan Spesifikasi Kamar

Beragam jenis glamping sangatlah banyak, ada yang terbuat dari tembok dan ada juga yang hanya terbuat dari kain tebal saja. Jika kamu memiliki jiwa petualang, maka bisa memilih glamping yang terbuat dari tenda. Sementara itu, ketika kamu pergi bersama anggota keluarga, maka sebaiknya pilihlah lokasi glamping yang tersusun dari tembok agar ketika malam hari tidak merasa kedinginan.

5. Cari Tahu Kemudahan Akses

Setelah spesifikasi kamar, hal berikutnya yang perlu kamu cari tahu secara lengkap ialah akses. Mengingat glamping kemudian akan menawarkan berbagai pengalaman menginap yang dekat dengan alam serta jauh dari keramaian kota, maka penting untuk kamu agar memesan glamping yang aksesnya mudah dilalui.

Terlebih lagi, ketika kamu pergi bersama dengan si kecil, dengan memilih akses glamping yang mudah, maka si kecil terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti jatuh yang membahayakan. Lain halnya jika kamu berangkat bersama teman-teman dengan jiwa muda, silakan pilih tempat yang kian menantang untuk didatangi.

6. Lepaskan Semua Gadget

Agar pengalaman glamping yang kamu dapat kian maksimal, usahakan mengurangi penggunaan ponsel, laptop, dan lain sebagainya. Bukankah, salah satu esensi terpenting saat glamping adalah mendekatkan diri dengan alam?

Tak akan sulit meletakkan sejenak gadget yang selama ini selalu menempel dengan dirimu. Hal ini karena saat glamping akan ada banyak kejutan dan juga kegiatan seru yang dapat membuatmu sibuk serta lupa dengan perangkat elektronik ini.

7. Lestarikan Alam Sekitar

Terakhir dan tak kalah penting, ketika glamping jangan sampai melakukan hal-hal yang dapat merusak keindahan alam di sekitar area menginap. Jadi, usahakan tetap mematuhi berbagai peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola glamping. Beberapa di antaranya misalnya jangan membuat api unggun dengan terlalu besar hingga berisiko membakar hutan. Selain itu jangan lupa membuang sampah pada tempatnya agar kemudian alam sekitarnya tetap dalam keadaan terjaga

Rekomendasi Lokasi Glamping Terbaik

glamping adalah

Sumber: travel.kompas.com

Glamorous camping atau lebih dikenal glamping merupakan salah satu inovasi baru dibidang akomodasi serta pariwisata yang sedang populer dalam beberapa tahun belakangan. Tidak hanya itu, glamping juga memberikan pengalaman menginap di tenda dengan fasilitas yang tak kalah mewah dari hotel bintang lima.

Namun, terkadang masih ada beberapa orang yang belum mengetahui lokasi glamping yang nyaman. Bagi kamu yang ingin pergi glamping, berikut dibawah ini ide lokasi glamping terbaik di Indonesia.

Legok Kondang Lodge, Ciwidey

glamping adalah

Sumber: travelspromo.com

Berlokasi di Jl. Raya Ciwidey-Patenggang KM. 39. Glamping Legok Kondang memiliki jarak sekitar 11 kilometer saja dari Kawah Putih. Harganya sendiri permalam mulai dari Rp1.100.000. Tempat glamorous camping ini menawarkan 9 pilihan tipe tenda dengan total tenda berjumlah 27 unit.

Kemudian, tamu bisa memilih tenda mana pun sesuai budget serta fasilitas yang diinginkan. Setiap tenda telah dilengkapi dengan amenities, seperti water heater, alat mandi, TV kabel, Wi-Fi, telepon, sarapan, serta shuttle service dari area parkir ke tenda.

Di sini, tamu bisa menikmati berbagai macam keindahan aneka lampion romantis. Selain itu, terdapat juga big screen yang bisa digunakan ketika live music pada malam hari. Siang hari, di Legok Kondang Lodge Ciwidey bisa diisi dengan berbagai macam aktivitas luar ruangan yang ramah keluarga, diantaranya wisata petik stroberi, petik sayuran di kebun untuk kemudian diberikan pangan rusa, bermain dengan kelinci, bersepeda, serta tur ke Kawah Putih yang dekat dengan lokasi glamping.

Nira Camper Village, Yogyakarta

glamping adalah

Sumber: travel.kompas.com

Bubble Tent Pertama di Yogyakarta Sleman, Yogyakarta ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp750.000 per malam. Jika glamping pada umumnya akan menawarkan sensasi menginap di sebuah tenda dengan berbagai fasilitas, tetapi lain halnya dengan Nira Camper Village Yogyakarta yang menawarkan suasana glamping berbeda, yaitu dengan unit berupa gelembung besar yang transparan sehingga kamu dapat menikmati keindahan langit di pagi dan malam hari.

Glamping bubble di Nira Camper Village bentuknya mirip dengan igloo yang letaknya berada di tengah persawahan. Bentuk bubble tent yang transparan ini akan membuat orang yang menginap bisa melihat bintang dengan jelas pada malam hari. Meski terlihat ringan, tetapi bubble tent ini kemudian tersusun dari bahan plastik khusus yang kuat seperti tenda.

Pilihan glamping bubble di Nira Camper Village ini sangat cocok bagi mereka orang yang mencari pengalaman menginap super unik. Nira Camper Village Yogyakarta ini menawarkan berbagai fasilitas untuk tamu, di antaranya bubble tent, kamar mandi terpisah, ruang tengah, pantry, hingga kolam renang.

Oak Tree Glamping Batu, Malang

glamping adalah

Sumber: pegipegi.com

Berlokasi di Jalan Raya Tawangargo Nomor 1, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Jawa Timur. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.000.000 per malamnya Pengalaman menginap bernuansa alam ini juga dapat kamu coba di Oak Tree Glamping Resort, Batu, Malang.

Selain menginap di tenda dengan nuansa kayu yang mewah, kamu juga dapat berkeliling tempat wisata Kota Batu dengan petik sayur dan buah, naik jeep, singgah ke kebun bunga, bersantai di taman, serta berenang sambil melihat keindahan panorama Gunung Panderman.

De Loano Glamping, Purworejo

glamping adalah

Sumber: dekatour.com

Berlokasi di Desa Sedayu, Loano, Purworejo, Jawa Tengah. Harga per malam menginap di sini mulai dari Rp400.000 per malam. De Loano Purworejo akan menawarkan sensasi bermalam di tengah alam terbuka Purworejo yang jauh dari keramaian. Spot ini letaknya ada di kawasan hutan pinus yang asri serta sejuk.

Menariknya, De Loano merupakan salah satu titik nomadic tourism yang mendukung salah satu destinasi prioritas Indonesia, diantaranya adalah Borobudur. Nomadic tourism sendiri merupakan konsep “mengungsikan” fasilitas bagi tamu ke alam. Konsep ini juga menyasar wisatawan millennial yang kemudian selalu mencari pengalaman baru serta kenyamanan dalam perjalanan.

Ciremai Land Glamping, Puncak

glamping adalah

Sumber: suwatu.com

Berada di Kawasan Puncak, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Harga per malamnya dibanderol mulai dari Rp700.000 per malam. Saat glamping di Ciremai Land, kamu kemudian akan disuguhkan panorama pegunungan Puncak yang menjadi favorit sepanjang masa. Kamu bisa menikmati udara yang sejuk serta pemandangan dari atas bukit. Penginapan yang ditawarkan sendiri mempunyai desain unik, ada yang dibentuk seperti rumah, kemudian ada juga glamping yang atapnya memiliki bentuk kubah.

The Forrester Glamping Co, Bogor

glamping adalah

Sumber: travel.kompas.com

Berlokasi di Desa Paseban Megamendung, Cisarua, Bogor. Harga per malamnya dibanderol mulai dari Rp400.000 per malam. Jika kamu ingin glamping yang berada tak jauh dari Jakarta, Forrester Glamping ini kemudian dapat menjadi pilihan. Selain itu, lokasi glamping ini juga menawarkan pemandangan Gunung Salak, aktivitas trekking di hutan, wisata air terjun, serta berbagai kegiatan alam lainnya. Forrester Glamping ini juga menawarkan berbagai fasilitas antar-jemput dengan kendaraan 4WD, kiga makan malam barbekyu, dan berbagai aktivitas api unggun.

Watukaka Resort Gaura, Laboya Barat, Sumba Barat

glamping adalah

Sumber: id.trip.com

Lokasi glamping ini terletak di Nusa Tenggara Timur. Harga per malamnya menginap di lokasi ini mulai dari Rp2.694.613 per malam. Watukaka Resort ini juga merupakan sebuah resort yang terletak di barat daya Pulau Sumba. Properti ini juga menawarkan empat Luxury Suites Tent di puncak tebing yang dikelilingi hutan serta menghadap lautan.

Masing-masing tenda dilengkapi dengan berbagai fasilitas AC, Wi-Fi, serta kasur ukuran queen yang dapat membuatmu lupa jika sedang menginap di tenda. Beragam aktivitas seperti trekking, berkuda, spa, hingga berselancar dapat kamu nikmati saat menginap di Watukaka Resort.

Glamping Lakeside, Rancabali

glamping adalah

Sumber: travel.kompas.com

Berlokasi di Jalan Raya Ciwidey Situ Patengan Km. 39, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Harga per malam di Glamping ini dibanderol Mulai dari Rp2.007.000 per malamnya. Lokasi glamping ini sendiri umumnya menawarkan pemandangan laut serta gunung. Selain itu, Glamping Lakeside Rancabali ini menyuguhkan panorama danau Situ Patenggang. Tenda penginapan di sini juga dikelilingi oleh perkebunan teh yang hijau yang akan memanjakan matamu

Buku-Buku Terkait

The Naked Traveler 4

https://www.gramedia.com/products/the-naked-traveler-04-new?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Jalan-jalan bersama Trinity memang tak ada habisnya. Tiga seri buku laris The Naked Traveler, ternyata tak cukup untuk menceritakan pengalaman serunya menjelajah ke berbagai belahan bumi. Sesuai dengan ciri khasnya, Trinity mampu memberikan “kesan baru” pada setiap tempat yang ia singgahi. Selalu bikin kejutan, cekikikan, deg-degan, bahkan jadi bahan pelajaran. Kali ini, kita akan diajak berkeliling Indonesia, mulai dari Bangka, Kalimantan, Gorontalo, Raja Ampat, sampai ke pantai-pantai terpelosok yang tidak pernah kita dengan namanya sebelumnya.

Perjalanan keluar negeri pun tak kalah seru, seperti bersafari di Namibia bersama ribuan zebra, ngebut naik motor gede di Turki, rela di penjara demi melihat ikan hiu Jaws di Afrika Selatan, dan wisata kuliner makan seafood di seluruh dunia. Di buku ini, Trinity juga membeberkan kisah hidupnya yang menginspirasi kita untuk berani mewujudkan mimpi. Maka, bersiaplah dengan “virus” Trinity, dijamin bikin galau dan segera berangkat jalan-jalan!

Travelova Days In Yogya

https://www.gramedia.com/products/travelova-days-in-yogya-1?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

 

 

Kalya mendapat penugasan untuk meliput destinasi wisata di Yogyakarta. Namun, fotografer pengganti yang ikut serta dalam liputan ternyata sangat menyebalkan. Tak hanya itu, Fiko sang fotografer pengganti itu juga bertingkah seolah dia mengenal Kalya dan Renal, kekasih Kalya. Meski menjengkelkan, Kalya akhirnya bisa bekerja sama dengan baik dengan Fiko.

Kayla bimbang karena ia merasa ada yang tumbuh di hatinya kala ia bersama Fiko. Apalagi, hubungannya dengan Renal juga sedang tak baik-baik saja. Yang mengejutkan, kehadiran Fiko di kehidupan Kalya ternyata juga mengungkap satu rahasia tentang dia dan Renal.

Travelicious Medan

https://www.gramedia.com/products/conf-travelicious-medan?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Yuk menjelajah negeri sendiri! Salah satunya ke Medan. Menyaksikan Danau Toba yang anggun dan cicip pancake durian atau bika ambon dari daerah asalnya.Pintu masuk utama bagian barat Indonesia ini disebut juga “Little Asian”.

Beraneka ragam etnis yang masih kuat karakter aslinya hidup berdampingan di sana. Otomatis, tawaran wisata budaya sampe kuliner yang menggambarkan kultur-kultur mereka pun tersedia. Selain itu, Medan juga menyajikan kecantikan alam berupa bukit, gunung, danau, dan hutan rimba yang tak kalah menarik. Dilengkapi peta wisata kuliner dan belanja, membuat buku ini harus menemani kita menjelajah Medan.

Travel Easy, Travel Happy

https://www.gramedia.com/products/travel-easy-travel-happy?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Saat ini, traveling merupakan kebutuhan yang patut mendapatkan prioritas. Kenapa?

Traveling yang nyaman dan terencana dengan baik akan menyegarkan jiwa, walau hanya di tempat-tempat yang sederhana. Kuncinya tentu saja ada pada kecerdasan dan wawasan yang luas tentang seluk-beluk perjalanan Anda. Dengan perencanaan yang baik, bukan saja Anda dapat mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya hal yang buruk, Anda bisa merasakan traveling yang efisien, bahkan hemat.

Itulah inti dari budget traveling: hemat namun tetap nyaman. Buku kecil ini mudah dibawa ke mana saja, sehingga mampu menemani Anda di setiap rencana perjalanan.

Penutup

Demikian pembahasan tentang glamping dan juga rekomendasi lokasi glamping yang bisa kamu kunjungi. Setelah mengetahui rekomendasi lokasi glamping, apakah kamu akan merencanakan untuk berlibur ke lokasi glamping?

Jika kamu ingin mencari buku tentang travelling, maka bisa menemukannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien