Pkn

Contoh Negara Serikat: Lengkap dengan Pengertian dan Cirinya

Contoh Negara Serikat
Written by Ananda

Contoh Negara Serikat – Serikat atau federasi menurut bahasa latin berasal dari kata feodus yang berarti perjanjian atau persetujuan. Dalam negera serikat, ada dua atau lebih kesatuan politik yang telah atau belum memiliki status sebagai negara dan berjanji untuk bersatu dalam satu ikatan politik, di mana ada satu daerah yang mewakili seluruh negara serikat tersebut.

Serikat atau federasi merupakan negara, di mana anggota dari perserikatan tersebut adalah sesuatu federasi yang tidak memiliki kedaulatan dalam arti yang sebenarnya. Anggota dari negara serikat atau federasi tersebut, disebut sebagai negara bagian. Nah, siapa saja sih negara-negara yang memiliki bentuk keserikatan? Berikut contoh negara serikat. .

Contoh Negara Serikat

Negara serikat atau yang sering disebut pula dengan negara federal ialahan salah satu dari bentuk pemerintahan yang dianut oleh beberapa negara. Dalam bentuk negara serikat, ada beberapa negara lain di dalam negara tersebut. Contoh dari negara serikat yang banyak dikenal, adalah Amerika Serikat. Berikut adalah contoh lain dari negara serikat.

Contoh Negara Republik Serikat atau Republik Federal

Berikut adalah contoh-contoh dari negara serikat yang memiliki bentuk negara republik, atau disebut pula sebagai negara republik federal. Negara republik federal merupakan bagian dari negara serikat yang memiliki sistem atau bentuk pemerintahan republik.

Bentuk pemerintahan federal atau serikat dianut oleh pemerintah pusat dari gabungan negara-negara tersebut. Contoh mudahnya adalah Amerika serikat yang memiliki beberapa negara bagian. Negara bagian dari Amerika serikat tersebut, beberapa memiliki bentuk pemerintahan republik.

1. Argentina

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Argentina merupakan bagian dari Amerika Latin yang memiliki wilayah terbesar kedua, serta negara yang menggunakan bahasa Spanyol terbesar di dunia. Argentian berada di bagian selatan benua Amerika Selatan.

Argentina merupakan memiliki unit federasi yang berada di Provinsi Argentina dengan 23 provinsi unit federasi mayor dan satu unit federasi minor atau kota otonomi.

2. Austria

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Austria merupakan negara federasi republik kedua. Secara resmi, Austria memiliki nama Republik Austria yang memiliki beberapa negara bagian. Austria merupakan negara pertama yang menjadi negara demokrasi perwakilan dengan menerapkan sistem parlementer dengan Presiden Federal yang dipilih secara langsung sebagai kepala negara sekaligus kanselir. Sebagai negara republik federal, Austria memiliki sembilan negara bagian.

3. Bosnia dan Herzegovina

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Bosnia dan Herzegovina dibagi menjadi federasi atau serikat Bosnia, Herzegovina dan Republik Srpska. Herzegovina merupakan negara yang berada di semenanjung Balkan di selatan Eropa dengan jumlah penduduk mencapai kurang lebih, empat juta jiwa. Sebagai negara federasi republik, Bosnia dan Herzegovina memiliki dua entitas dengan satu distrik.

4. Brasil

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Republik federatif Brasil merupakan negara yang memiliki ukuran wilayah dengan populasi terbesar mencapai 204.5 juta jiwa pada tahun 2017. Brasil berada di Amerika Selatan dan menjadi negara paling timur yang ada pada benua tersebut.

Berbatasan dengan Pegunungan Andes serta Samudra Atlantik, Brasil menjadi salah satu negara sebagai tempat pertanian ekstentsit serta hutan tropis. Sebagai negara republik federasi, Brasil memiliki 26 negara bagian dengan satu distrik.

5. Komoro

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Negara Komoro merupakan negara kepulauan yang berada di Samudra Hindia dan memiliki nama resmi yaitu Republik Islam Federal Komoro. Negara ini, merupakan negara Arab terkecil kedua setelah Bahrain. Sebagai negara republik federal, Komoro memiliki tiga kepulauan serta empat munisipalitas.

6. Ethiopia

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Ethiopia atau disebut pula Habsyu merupakan negara republik demokratis federal yang berada di Afrika dan berbatasan dengan Eritrea di bagian utara Djibouti. Ethiopia merupakan negara tertua di dunia, serta negara yang memiliki sejara terlengkap di daerah tersebut.

Sebagai negara republik federal, Ethiopia memiliki sembilan negara bagian serta dua daerah yang memiliki pemerintahan administratif (self-governing administrative) tersendiri.

7. Jerman

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Secara resmi, Jerman disebut sebagai republik federasi Jerman yang berada di Eropa Barat. Jerman memiliki posisi penting dalam perekonomian sekaligus politik di Eropa serta di dunia.

Memiliki luas negara sebesar 357.021 km persegi, ada sekitar 82 juta jiwa penduduk yang menetap di Jerman. Sebagai negara republik federasi, Jerman memiliki 16 negara bagian.

8. India

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

India merupakan negara republik federasi yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia. Populasinya sendiri mencapai hingga satu miliar jiwa dan menjadi negara terbesar ketujuh apabila dilihat dari ukuran wilayah geografis.

India adalah negara republik federasi yang memiliki 28 negara bagian dengan tujuh unit teritori termasuk wilayah ibu kotanya. Setiap negara bagian yang dimiliki oleh India, memiliki pemerintahan yang dilantik sendiri.

9. Irak

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Irak merupakan sebuah negara yang berada di timur tengah atau asia barat daya. Di tengah-tengah perang saudara, Irak merupakan negara berkembang dengan jumlah populasi mencapai 36 ribu di tahun 2014.

Sebagai negara republik federasi, Irak terbagi menjadi 18 provinsi yang menggunakan bahasa Arab dan dibagi lagi menjadi beberapa distrik.

10. Meksiko

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Berada di Amerika Utara, Meksiko merupakan negara republik federal yang memiliki 31 negara bagian dengan satu distrik. Meksiko menjadi negara terbesar ketiga yang berada di Amerika Latin dan menjadi negara denngan pengguna bahasa Spanyol terbanyak.

11. Federasi Mikronesia

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Mikronesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kedaulatan di Samudra Pasifik. Sesuai dengan nama resminya, Mikronesia merupakan negara republik federasi dengan empat negara bagian yang berada di barat hingga timur dan tersebar di seluruh area Samudera Pasifik Barat.

12. Nepal

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Nepal merupakan negara berbentuk republik federasi yang berada di Asia Selatan dan terletak di antara kawan pegunungan Himalaya. Nepal merupakan satu-satunya negara yang menjadi kerajaan Hindu di dunia. Pada tahun 2008, Nepal menyatakan bahwa ia merubah bentuk negaranya dari kerajaan menjadi republik.

Sebagai negara republik federasi, Nepal terbagi menjadi 14 zona dengan 75 distrik yang dikelompokan menjadi lima zona pengembangan. Setiap distrik di Nepal, dikepalai oleh kepala distrik yang memiliki tanggung jawab dalam menjaga hukum serta ketertiban serta melakukan koordinasi kerja dinas dengan pemerintah.

13. Nigeria

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Nigeria merupakan negara yang memiliki kedaulatan di Afrika Barat yang memiliki perbatasan dengan Benin di bagian barat, Chad serta Kmerun di bagian timur serta Niger di sebelah utaranya.

Sebagai negara republik federal, Nigeria memiliki 36 negara bagian serta satu wilayah ibu kote federal yang menjadi ibu kota negara Abuja.Dari satu wilayah teritorial ibu kota federal Nigeria tersebut, kemudian dibagia lagi menjadi 774 wilayah pemerintah daerah atau local government area.

14. Pakistan

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Republik Islam Pakistan merupakan negara yang berada di wilayah Asia Selatan. Pakistan merupakan negara serikat atau federal yang memiliki sistem parlemen dan terdiri dari empat provinsi serta empat daerah federal.

Pakistan memiliki penduduk dengan jumlah lebih dari 170 juta jiwa dan menjadi salah satu negara terpadat yang ada di dunia, dengan penududuk muslim terbanyak setelah Indonesia.

15. Amerika Serikat

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Amerika Serikat merupakan salah satu negara republik federal yang paling dikenal. Dengan bentuk negara republik konstitusional federal, Amerika memiliki lima puluh negara bagian dengan satu distrik federal.

Amerika Serikat terletak di sebelah tengah Amerika Utara yang menjadi lokasi dari 48 negara bagian dan saling bersebelahan termasuk dengan ibu kota Amerika Serikat, yaitu Washington DC.

Contoh Negara Monarki Federal

Negara yang memiliki bentuk pemerintah monarki federal, ialah federasi dari beberapa negara bagian yang memiliki bentuk pemerintahan monarki dan dikepalai oleh Raja maupun Ratu. Berikut adalah contoh-contoh dari negara dengan bentuk pemerintahan monarki federal.

1. Australia

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Australia merupakan negara monarki federal yang memiliki enam negara agian serta dua territorial yang berada di daratan utama. Keenam negara bagian tersebut, ialah New South Wales, Queensland, Australia Selatan, Tasmania, Victoria, Australia Barat, Wilayah Utara, serta Wilayah Ibu Kota Australia.

Setiap negara bagian di Australia, memiliki teritorial serta parlemen di daratannya masing-masing. Negara bagian di Australia, memiliki kedaulatannya sendiri.

2. Belgia

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Belgia merupakan negara kerajaan yang berada di Eropa bagian barat dan memiliki perbatasan dengan Belanda di timur, Jerman di Selatan serta Prancis dan Lukesemburt di barat. Belgia adalah negara kerjaan federal yang terdiri dari beberapa negara bagian, yaitu Flandria, Walonia dan Brussels.

3. Kanada

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Kanada adalah negara yang berada di paling utara kawasan Amerika Utara. Kanada adalah negara dengan bentuk kerajaan monarki konstitusional yang terbagi menjadi 10 provinsi serta tiga teritori yang menganut sistem desentralisasi.

Kanada adalah negara monarki konstitusional yang memiliki bentuk pemerintaha demokrasi parlementer federal. Kanada menjadi Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara dan menjadi salah satu negara yang memiliki keragaman etnis dan kultur.

4. Malaysia

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Malaysia merupakan negara monarki federal yang memiliki tiga belas negara bagian serta tiga wilayah federal. Terletak di Asia Tenggara, Malaysia memiliki luas wilayah sebesar 330.803 km persegi. Ibu kota dari Malaysia ialah Kuala Lumpur dan kote Putrajaya menjadi pusat dari pemerintahan federal Malaysia.

5. Saint Kitts dan Nevis

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Negara ini merupakan dengan federasi yang memiliki dua pulau terletak di Kepulauan Leeward serta Kepulauan Karibia. Saint Kitts dan Nevis adalah negara monarki federasi terkecil yang berada di Amerika. Sebagai negara monarkis federasi, Saint Kitts dan Nevis memiliki 14 paroki.

6. United States Emirates

Contoh Negara Serikat

Pixabay.com

Berada di sebelah timur Jazirah Arab, United Arab Emirates merupakan negara monarki yang terpilih dan terbentuk dari tujuh emirates federasi. Ketujuh federasi tersebut adalah Abu Dhabi, Ajman, Fujairah, Dubai, Ras Al-Khaimah, Sharjah dan Umm Al Qaiwain.

Setiap negara bagian UAE, diperintah oleh seorang Sykeh yang memiliki tugas untuk menjabat sebagai presiden di Uni Arab Emirates. Pada tahun 2013, UAE tercatat memiliki jumlah populasi mencapai 9,2 juta jiwa.

Contoh Negara Serikat

Itulah beberapa contoh dari negara-negara serikat, baik negara serikat yang memiliki bentuk pemerintahan republik maupun monarki. Agar lebih jelas, berikut pengertian dari serikat atau federasi.

Pengertian dan Ciri Negara Serikat atau Negara Federal

Negara serikat merupakan negara yang memiliki susunan jamak dan terdiri dari beberapa negara bagian yang masing-masing negara tidak memiliki kedaulatan. Meskipun tidak memiliki kedaulatan, negara bagian tersebut diperbolehkan memiliki konstitusi tersendiri, kepala negara sendiri hingga parlemen dan kabinet masing-masing.

Serikat atau union juga sering disebut sebagai federal, federasi dapat diartikan sebagai gabungan dari banyak negara. Gabungan dari banyak negara tersebut, kemudian membawa persatuan di dalamnya dan menjadi negara berganda polusentris atau berpusat banyak.

Karena bagian atau gabungan dari banyak negara, maka aktivitas kenegaraan dilakukan dengan cara pembagian, aktivitas ke dalam diurus oleh masing-masing dari pemimpimin negara bagian dan setiap pemimpin negara bagian tersebutm memiliki kelengkapan badan yudikatif maupun legislatif yang cukup untuk mengatur negara bagiannya sendiri.

Menurut K.C Wheare, pemerintahan federal ialah kekuasaan dibagi, sehingga pemerintah federal serta pemerintah dari setiap negara bagian dalam bidang tertentu bebas satu sama lainnya.

Menurut C.F Strong, salah satu ciri dari negara federal adalah, negara tersebut akan mencoba untuk menyesuaikan dua konsep yang sebenarnya bertentangan, konsep yang bertentangan tersebut berupa kedaulatan dari negara federal dalam keseluruhannya serta kedaulatan dari negara bagian.

A.B Lapian menjelaskan, bahwa negara yang memiliki bentuk pemerintahan federal atau perserikatan pada hakikatnya memiliki ciri sebagai berikut.

  • Penyelenggaran kedaulatan ke luar dari negara bagian dan diserahkan secara penuh kepada pemerintah federal, sedangkan kedaulatan ke dalam dibatasi.
  • Beberapa persoalan yang menyangkut negara dalam keseluruhannya diserahkan pada kekuasaan yang dimiliki oleh pemerintah federal.
  • Bentuk dari ikatan kesatuan politik di negara federal memiliki sifat terbatas.

Selain tiga ciri dari negara serikat yang disebutkan oleh A.B Lapian, ada pula beberapa ciri lain dari negara serikat atau federal. Berikut ciri-ciri negara serikat.

  1. Negara serikat terdiri dari beberapa negara bagian di dalamnya.
  2. Setiap negara bagian, memiliki kekuasaan asli dari wilayah negara bagian yang dimiliki.
  3. Adanya undang-undang dasar di setiap negara bagian dan menjadi sumber hukum dari pelaksanaan kedaulatan rakyat.
  4. Kepala negara memiliki hak veto, yaitu hak untuk memutuskan pembatalan pembentukan parlemen sendiri yang terdiri dari senat dan kongres. Hak veto menjadi keistimewaan yang dimiliki oleh kepala negara.
  5. Pemerintah pusat memiliki kewenangan, baik ke luar negeri maupun ke dalam negeri.
  6. Adanya pembagian dari kekuasaan pemerintah pusat serta pemerintah di negara bagian, ciri keenam ini terjadi karena pelaksanaan fungsi pemerintahan di negara serikat yang dinilai rumit.
  7. Kepala negara dipilih oleh rakyat, dalam negara serikat rakyat adalah entitias terbesar dari suatu negara dan memiliki kedudukan tertinggi, oleh karena itu rakyat dapat memilih kepala negara yang dipercaya mampu mempertanggungjawabkan kekuasaan yang dibebankan.

Itulah penjelasan mengenai contoh-contoh negara serikat, baik contoh negara republik federal maupun negara monarki federal. Disertai pula dengan penjelasan pengertian maupun cirinya.

Grameds dapat memperlajari lebih lanjut mengenai negara serikat atau federal dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia senantiasa menyediakan buku-buku berkualitas yang orginal untuk Grameds.

Buku-buku mengenai materi negara serikat atau federal pun dapat Grameds beli di Gramedia.com. Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera check out dan baca bukunya sekarang juga!

Contoh Negara Serikat

BACA JUGA:

  1. 10 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayahnya 
  2. Organisasi Internasional: Definisi, Sejarah, Jenis, dan Keanggotaan Indonesia 
  3. Pengertian Negara Disertai Fungsi dan Unsur-Unsurnya 
  4. 10 Militer Terkuat di Dunia, Mana yang Paling Kuat? 
  5. 10 Ibu Kota Negara Asia Tenggara, Lengkap dengan Profilnya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien