IPA

Pengertian Batu Bara dan Pentingnya untuk Kehidupan

pengertian batu bara
Written by Wida Kurniasih

Pengertian Batu Bara – Sekilas ketika mendengar kata batu bara, mungkin hal pertama yang terbesit dalam benak adalah bahan bakar listrik tenaga uap. Tapi apakah kita sudah benar-benar tahu apa itu batu bara?

Sebagai warga negara Indonesia, kita perlu bersyukur karena tinggal di negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Salah satu sumber daya alam terbesar dari Indonesia adalah batu bara. Negara ini memiliki jutaan bahkan lebih ton batubara sejak ratusan tahun lalu dan tidak akan habis hingga tujuh turunan kamu, alias hingga puluhan tahun kedepan.

Namun apakah itu artinya tidak perlu resah lagi akan industri pertambangan ini? Sebelum menyimpulkan, simak ulasan berikut ini untuk mengenal lebih dalam apa sebenarnya batu bara itu dan sebesar apa manfaatnya bagi kehidupan kita saat ini.

Apa Itu Batu Bara? Pengertian Batu Bara

Apa Itu Batu BaraBatu bara adalah jenis batuan sedimen, dengan kandungan karbon sebagai mineral utama dan juga hidrogen, belerang serta oksigen dalam mineral sekundernya. Tingginya kandungan senyawa ini membuat batu bara mudah terbakar. Batu bara ini merupakan batuan fosil yang telah terbentuk secara alami lebih dari 340 juta tahun yang lalu.

Bagaimana Terjadinya Batubara?

Bagaimana Terjadinya Batubara?Batu bara adalah batuan yang terbentuk dari fosil-fosil tumbuhan dan juga hewan yang tertimbun dan mengalami proses pemanasan di dalam tanah untuk waktu yang sangat lama. Sehingga yang menyebabkan batu bara terbentuk adalah tekanan, suhu panas dan waktu yang lama. Indonesia sebagai negara tropis yang memiliki begitu banyak hutan dan pegunungan menyebabkan negara ini menjadi penghasil batu bara yang sangat berpotensi.

1. Tahap Biokimia

Pada ratusan tahun yang lalu pepohonan di hutan yang mati dan tertimbun tanah perlahan menjadi gambut. Ini merupakan proses pertama yang disebut dengan tahap biokimia dimana tanaman mati tersebut mulai berubah menjadi lignit. Dalam proses ini terjadi perubahan kadar air, oksidasi dan proses biologis lainnya. pada tahap ini tumbuhan mengalami pembusukan yang akhirnya membentuk gambut.

2. Tahap Geokimia

Selanjutnya tahap geokimia ini gambut perlahan menjadi fosil dan terus mengalami tekanan dan pemanasan suhu. Proses ini membuat fosil tumbuhan tenggelam yang membentuk sedimen organik dan menghasilkan bituminus. Pada waktu yang lebih lama lagi beberapa lapisan batubara juga membentuk antrasit yang memiliki tekstur dan kandungan air paling sedikit diantara jenis batu bara lain.

Proses panjang pembentukan batu bara ini menghasilkan berbagai jenis batu bara yang berbeda. Hal ini membuat batu bara memiliki beberapa kelas yang pada akhirnya membedakan harga batu bara saat ini.

Jenis-jenis Batu Bara

Jenis-jenis Batu Bara

Fraight trains full of coal.

1. Peat

Peat atau gambut ini merupakan bentuk awal pembentukan batu bara yang memiliki kandungan mineral air yang paling tinggi yakni 75% dibanding jenis lainnya. Jenis ini dapat digunakan untuk bahan bakar. Gambut atau peat ini merupakan penyerap minyak yang begitu efektif.

2. Lignite

Jenis lignite ini merupakan batu bara yang memiliki kandungan mineral air lebih rendah dari pada gambut yaitu 35% hingga 37%. Tekstur batu bara lignite ini cukup lunak, dan sering dijumpai untuk bahan bakar listrik tenaga uap.

3. Bituminous

Jenis bitumen atau bituminous ini merupakan batu bara yang sangat padat berwarna hitam atau coklat. Batu ini memiliki kandungan mineral air 8% hingga 10% saja, dengan kandungan karbon setinggi 68% hingga 86%. Jenis ini paling sering digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga uap, dan juga pembangkit daya panas di sektor industri.

4. Anthracite

Jenis antrasit ini menduduki kasta batu bara tertinggi yang memiliki tekstur jauh lebih glossy dan hitam. Antrasit memiliki kandungan air kurang dari 8% saja dan kandungan karbon 86% hingga 98%. Sehingga antrasit ini paling sering digunakan untuk pembangkit panas pada mesin alat elektronik seperti pemanas ruangan.

Proses Perubahan Gas Batu Bara

Proses Perubahan Gas Batu BaraDalam proses perubahan batu bara dari bentuk padat hingga menjadi batuan yang mudah terbakar disebut juga dengan istilah coal gasification. Terdapat gas murni yang ada di batu bara yakni karbon monoksida, metana karbon dioksida, hidrogen dan nitrogen. Gas ini sering dimanfaatkan untuk bahan bakar.

Akan tetapi batu bara ini memiliki kandungan lainnya yaitu sulfur dan nitrogen. Ketika batubara dibakar, akan ada zat kimia berupa nitrogen dan juga sulfur yang mengapung di udara dan menjadi polutan.

Ada kalanya zat kimia tersebut bergabung dengan uap-uap air dan menetes ke permukaan bumi sebagai hujan asam, karena terdapat senyawa asam sulfurik dan nitrit yang tinggi. Itulah mengapa asap hasil pembakaran batu bara dapat berdampak buruk bagi lingkungan.

Batubara di Indonesia

Sebagai batuan yang terbentuk karena proses alami yang sangat lama, batu bara ini sulit untuk diregenerasi atau bahkan tidak dapat diperbaharui. Sehingga sisa batu bara yang telah dipakai tidak dapat digunakan lagi.

Meskipun di seluruh dunia terdapat ribuan ton batubara, namun selalu ada kemungkinan jika sumber daya ini terus digunakan akan habis juga pada akhirnya. Di Indonesia sendiri daerah tambang penghasil batubara terbesar berada di Sumatera dan Kalimantan.

Kamu mungkin pernah mendengar berbagai cekungan hasil galian batubara yang besar di beberapa daerah di Kalimantan. Tambang batubara ini berada dibawah naungan dari banyak perusahaan batubara milik Indonesia.

Untuk mendapatkan batubara para penambang harus menggali tanah dengan alat-alat galian yang besar. Sebab, letak batubara yang berada di dalam tanah dan tertimbun selama jutaan tahun menyebabkan batubara terkubur dan sulit didapatkan tanpa bantuan alat.

Lantas, bukankah kita seharusnya menjadi maju karena memiliki begitu banyak tambang serta perusahaan batu bara? Jawabannya adalah tidak. Hal ini disebabkan negara indonesia belum dapat membangun pabrik yang dapat mengolah bahan bakar tersebut.

Untuk mendirikan sebuah pabrik pengolah batu bara, masih menimbulkan banyak permasalahan dan konflik seputar perizinan dan juga pencemaran lingkungan. Faktor lain yang semakin mempersempit kemungkinan adanya pabrik pengolah batubara adalah untuk memanaskan batu bara kita membutuhkan bantuan tenaga nuklir yang sangat beresiko di Indonesia.

Oleh karena itu batubara yang akan diproses dalam jumlah besar, akan di ekspor ke luar negeri untuk diolah dan menjadi tenaga pembangkit listrik.

Jika sudah menyangkut perizinan dan juga hukum, tentu bisnis besar seperti perusahaan tambang batubara ini memiliki resiko dan juga penuh pro dan kontra. Pada satu sisi bisnis batubara dapat berperan penting meningkatkan devisa negara serta menjadi penghidupan utama bagi puluhan ribu pegawainya disana.

Namun dari segi ekosistem bisnis batubara dapat membawa dampak negatif bagi lingkungan akibat limbah dan polusi. Maka dalam buku berikut akan dipaparkan seperti apa prosedur hukum dan solusi terhadap masalah ini.

Solusi Hukum Bisnis Raksasa Perusahaan Pertambangan Batubara

Solusi Hukum Bisnis Raksasa Perusahaan Pertambangan Batubara

Beli Buku di GramediaIngin tahu dimana saja letak tambang batu bara di Indonesia? seperti apa prosedur dan segala proses yang berhubungan dengan pabrik batubara? buku berikut membahas secara lengkap kondisi batubara di Indonesia.

Batubara Indonesia

Batubara Indonesia

Beli Buku di GramediaNegara Pengekspor Batubara

Negara Pengekspor Batubara1. China

sebagai negara maju yang memiliki dataran terbesar di Asia ini, negara tirai bambu China sudah menjadi pemasok batubara jauh sejak puluhan dekade lalu.China sendiri menjadi salah satu negara dengan penggunaan energi terbesar, karena banyaknya populasi manusia yang tinggal diatas dataran China. Negara ini setidaknya menghasilkan 3,55 miliar ton batubara setiap tahunnya. Kendati sudah menjadi produsen terbesar negara ini juga begitu konsumtif terhadap sumber daya yang satu ini.

2. India

Dengan produksi batubaranya yang sebanyak 771 juta ton setiap tahunnya, India menjadi urutan kedua setelah China sebagai pengekspor batubara terbesar di dunia. India termasuk negara yang juga begitu konsumtif dan tergantung pada batubara sebagai sumber daya pembangkit listriknya.

Amerika Serikat

Negeri Paman Sam ini memasuki jajaran produsen batubara terbesar ketiga di dunia. Setiap tahunnya Amerika menghasilkan produksi batubara sebanyak 685 juta ton.

3. Indonesia

pada urutan keempat diduduki oleh Indonesia, yang secara global menjadi produsen batubara terbesar. Indonesia mampu menambang 549 juta ton batubara pada tahun 2018 lalu. Namun angka ini tidak sebesar produksi batubara Indonesia pada tahun 2005 hingga 2010.

4. Australia

Negara tetangga Indonesia yaitu Australia, juga menjadi produsen batubara terbesar sejak puluhan dekade lalu. Di Australia setidaknya ada 483 juta ton batubara yang dikeruk dari daratannya setiap tahun.

Manfaat Batu Bara Bagi Kehidupan Kita

Manfaat Batu Bara Bagi Kehidupan KitaBatu bara ini memiliki harga fantastis bukan tanpa alasan, batu bara memang merupakan salah satu sumber daya alam yang begitu banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia di seluruh dunia.

1. Tenaga Pembangkit Listrik

Batu bara menjadi salah satu opsional untuk bahan bakar tenaga pembangkit listrik. Pada beberapa negara seperti India, China, Jepang, Australia dan Indonesia sendiri memanfaatkan batubara sebagai pembangkit listrik.

Baca Juga: 8 Macam-Macam Energi dan Perubahan Energi 

2. Produk Gas

Batu bara terkenal mampu menghasilkan gas alami yang tinggi. Kandungan gas ini yang nantinya akan sering diolah di pertambangan dan menjadi produk gas. Produk gas yang berasal dari batu bara adalah bahan bakar industri, hidrogen, pembangkit listrik dan juga solar.

3. Membentuk Produk Aluminium

Gas dari batu bara dan panas kokas dapat membantu memisahkan produk baja yang menghasilkan aluminium. Sehingga secara tidak langsung batubara membantu proses pembentukan alumunium yang pada saat ini sering digunakan dan menjadi bagian di industri rumahan.

4. Membantu Proses Pembentukan Baja

Sama dengan alumunium, gas dari batubara memberikan pengaruh besar terhadap proses pembentukan baja yang begitu penting dalam kehidupan kita saat ini. Di semua tempat tentu kita dapat menemukan fungsi baja diantara gedung-gedung tinggi, alat-alat transportasi dan masih banyak lagi.

5. Produksi Semen

Meskipun bukan termasuk salah satu bahan material, namun keberadaan batu bara tetap dibutuhkan oleh perusahaan semen sebagai salah satu bahan pembuat semen. Sehingga batu bara ini masih sangat memberikan banyak manfaat

6. Menghasilkan Mineral Lain

Sisa-sisa bahan bakar batubara juga dapat menghasilkan naftalen dan fenol. Naftalena merupakan senyawa mineral yang digunakan untuk menghasilkan plastik, resin dan insektisida. Sedangkan fenol merupakan bahan yang ada dalam obat atau cairan kebersihan serta obat kumur.

7. Membantu Produksi Pupuk

Proses pembuatan pupuk kimia juga tidak dapat terlepas dari batu bara. Untuk memproduksi sebuah pupuk kimia, membutuhkan gas khusus untuk proses pembakaran pupuk. Gas inilah yang nantinya akan diambil dari batu bara tersebut.

8. Membantu Industri Kertas

Dalam hal ini, industri kertas membutuhkan batu bara sebagai bahan bakar mesin pembuatan kertasnya. Sebab, batu bara terkenal memiliki suhu panas yang stabil dan efektif untuk menjadi bahan bakar mesin.

9. Membantu Keperluan Rumah Tangga

Siapa sangka bahwa peran batu bara di era ini begitu dapat kita rasakan dan dapat dilihat secara langsung. Untuk keperluan rumah tangga, batu bara dimanfaatkan sebagai pembangkit panas untuk beberapa alat elektronik seperti pemanas ruangan dan juga peralatan masak elektronik. Manfaat batu bara ini tentu membuat sebagian keperluan sehari-hari kita terpenuhi.

Dampak Negatif Batu Bara

Melihat peranannya yang besar, bukan berarti batu bara tidak dapat menimbulkan dampak negatif. Sumber daya galian ini dapat menjadi bahan bakar yang paling efektif untuk pembangkit listrik, alat-alat elektronik dan juga bahan bakar kendaraan.

Akan tetapi batubara juga memiliki dampak negatif seperti menyebabkan polusi udara yang begitu besar pada pabrik-pabrik PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap). Limbah buangan pabrik yang menggunakan bahan dari batu bara juga dapat mencemari lingkungan. Apalagi sifat batu bara yang tidak dapat diregenerasi menyebabkan semakin besarnya peluang limbah serta sampah dari batu bara.

Pada beberapa daerah yang terdapat pabrik-pabrik yang mengolah batu bara juga merasakan dampak polusi lingkungan, ekosistem serta mengalami masalah kesehatan. Sebab senyawa kimia dan panas yang terkandung dalam batubara juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika masuk ke dalam tubuh manusia. Untuk waktu yang lama dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

Baca Juga: Dampak Negatif dari Pencemaran Udara & Solusinya

Sudah Tahu Pengertian Serta Manfaat Batu Bara?

Dari ulasan diatas kita sudah lebih mengenal sebenarnya seperti apa proses serta manfaat batu bara. Menilik dari prosesnya yang panjang dan manfaatnya yang banyak, tidak heran jika banyak negara-negara maju yang membutuhkan batu bara sebagai sumber daya mereka.

Banyaknya jumlah batubara yang dimiliki Indonesia juga menjadikan negara ini masuk jajaran pengekspor batubara terbesar di dunia. Namun semakin tingginya permintaan batu bara, juga akan membuat semakin besarnya cekungan-cekungan bekas galian batu bara di dataran tanah Sumatera dan Kalimantan.

Selain itu meskipun bermanfaat batubara juga memberikan dampak kurang baik pada lingkungan kita jika digunakan dalam jumlah besar dan lama. Sehingga hal terbaik yang dapat kita lakukan sebagai masyarakat modern adalah mengurangi dan menghemat sumber daya supaya mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh proses produksi batu bara.

Salah satu cara pencegahannya adalah menggunakan sumber daya seperti listrik dan alat pemanas dengan secukupnya. Sehingga tidak ada daya terbuang sia-sia, dan tidak ada polusi berlebihan akibat proses pembakaran batu bara.

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia pertambangan batu bara, maka kamu juga bisa membaca buku referensi berikut untuk menambah ilmu kamu seputar batu bara. Simak juga buku lainnya hanya di Gramedia.

Ensiklopedia Batubara

Ensiklopedia Batu Bara

Ensiklopedia Batu Bara

Beli Buku di GramediaTertarik di dunia pertambangan? Ingin bekerja di perusahaan tambang? Maka setidaknya kamu perlu mengumpulkan informasi tentang sejarah pertambangan dan segala hal tentang batubara terlebih dahulu sebelum mulai memasuki dunia pertambangan. Buku berikut memaparkan informasi lengkap mengenai batubara, dapatkan bukunya yuk!

Baca Juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien