IPA

Pengertian dan Jenis Angin Muson Serta Dampaknya di Indonesia

pengertian dan jenis angin muson
Written by Wida Kurniasih

Apa itu pengertian dan jenis angin muson? Angin muson adalah sesuatu yang tidak asing lagi, terutama di Indonesia. Hal itu karena angin muson ini sangat berdampak bagi Indonesia.

Banyak dampak yang timbul akibat dari angin muson. Akan tetapi, sebelum mengetahui dampak-dampaknya, mari mengetahui apa itu angin muson. Artikel ini akan membahas mengenai pengertian dan jenis angin muson serta dampak angin muson di Indonesia.

Pengertian Angin Muson

Angin muson adalah angin pembalikan musim. Angin ini datang dengan disertai sebuah perubahan pada tingkat presipitasi. Presipitasi merupakan semua hal yang dihasilkan oleh proses kondensasi uap air. Proses kondensasi uap air tersebut berada di tingkat atmosfer. Proses itu juga terjadi pada siklus hidrologi atau siklus air.

Secara lebih sederhana, pengertian angin muson adalah hal yang digunakan untuk menggambarkan perubahan pada tiap musim. Perubahan tersebut pada sirkulasi atmosfer. Serta presipitasi yang berhubungan dengan pemanasan pada tanah dan laut yang tak simetris.

Umumnya, istilah angin muson ini akan digunakan untuk menjelaskan fase hujan. Dari pola yang berubah pada setiap musimnya. Meskipun secara teknis juga dapat terjadi dalam fase kering.

Angin muson adalah sebuah gerakan massa udara. Gerakan tersebut terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara yang mencolok. Perbedaan tersebut terjadi pada daratan dan samudra atau lautan. Angin muson ini dapat berubah arah.

Perubahannya terjadi pada setiap tahun. Angin muson mengalami perubahan di daerah Samudra Hindia dan bagian selatan Asia.

Seri Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana Angin Puting Beliung

Seri Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana Angin Puting Beliung

Beli Buku di GramediaPengetahuan dan pemahaman menyeluruh tentang seluk-beluk bencana angin puting beliung di Indonesia perlu diajarkan. Disamping itu tindakan nyata untuk mengurangi risiko bencana baik sebelum terjadi, saat terjadi, maupun setelah terjadi bencana harus dilakukan. Buku Seri Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana Angin Puting Beliung ini menjawab semua permasalahan tersebut secara praktis dengan bahasa yang sederhana.

Jenis-jenis Angin Muson

Angin muson dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu angin muson barat dan angin muson timur. Berikut penjelasannya:

1. Angin Muson Barat

Pengertian angin muson barat adalah angin yang berhembus dari arah Asia. Angin tersebut kemudian bergerak menuju Australia, melalui Samudra Hindia. Angin muson barat ini terjadi dalam periode Oktober – April. Maka pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim penghujan.

Pada saat ini, matahari berada pada belahan bumi bagian selatan atau 23,5 ° lintang selatan. Kemudian matahari akan bergerak menuju arah khatulistiwa. Pada kondisi ini, dataran Australia akan mendapatkan sinar matahari secara maksimal.

Hal itu akan membuat tekanan udara di Australia menjadi rendah, dan suhunya akan relatif tinggi. Sedangkan pada dataran Asia akan terjadi musim dingin. Hal ini membuat suhunya rendah sementara tekanan udaranya menjadi tinggi.

2. Angin Muson Timur

Angin muson timur adalah angin yang berhembus dari Australia. Angin ini menuju arah Asia melalui Indonesia. Angin muson timur ini terjadi pada periode April – Oktober. Maka pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim kemarau.

Pada saat ini, posisi matahari akan berada pada belahan bumi bagian utara atau 23,5 ° lintang utara. Asia akan mendapatkan sinar matahari secara maksimal. Hal itu akan membuat tekanan udaranya menjadi relatif rendah. Sementara suhunya akan relatif tinggi.

Hal berbeda terjadi, Australia sedang dalam kondisi musim dingin. Hal itu menyebabkan suhunya relatif rendah, dan tekanan udaranya relatif tinggi. Kandungan-kandungan uap air yang dibawa oleh angin muson timur ini tergolong relatif rendah.

Hal itu karena angin tersebut hanya melewati beberapa laut yang sempit. Akibat dari angin ini membuat curah hujan menjadi sedikit di daerah Indonesia.

Dampak Angin Muson

Monsoon time. People crossing a river by boat in rain with umbrellas

Angin muson tidak hanya terjadi begitu saja. Angin muson memiliki banyak manfaat. Contohnya seperti dimanfaatkan untuk mempercepat pelayaran pada zamannya.

Hal itu membuat orang-orang yang berlayar dari benua Asia menuju Australia dapat memanfaatkan angin muson barat. Sebaliknya, orang-orang yang akan berlayar dari Australia menuju Asia akan memanfaatkan angin muson timur. Melalui banduan angin muson, proses pelayaran dapat terjadi dalam waktu yang cepat.

Tidak hanya itu, tenaga yang dikeluarkan juga dapat berkurang. Sejak perkembangan zaman, banyak orang yang tidak lagi menggunakan angin muson sebagai pembantu dalam pelayaran. Akan tetapi, masih banyak manfaat serta dampak dari angin muson. Berikut penjelasannya:

1. Dampak positif angin muson

Angin muson ini tentu memiliki dampak positif. Dampak-dampak tersebut akan membantu kehidupan manusia. Dampak positif angin muson adalah sebagai berikut:

a. Angin muson barat

Berikut ini adalah dampak positif angin muson barat:

1) Membuat tanaman lebih hijau dan subur

Angin muson barat akan memberikan efek yang baik untuk tanaman. Ketika angin muson barat, maka Indonesia mengalami musim penghujan.

Akibatnya adalah curah hujan yang  tinggi. Melalui hal tersebut, tanaman akan semakin banyak menyerap air. Hal itu yang membuat tanaman menjadi lebih hijau dan lebih subur.

2) Mengurangi polusi udara

Berkurangnya polusi udara juga termasuk dampak positif dari angin muson barat ini. Ketika hujan turun, maka polusi udara seperti debu-debu yang berterbangan di dalam udara akan ikut larut. Debu-debu tersebut akan ikut hanyut dengan air hujan.

Hal itulah yang menyatakan bahwa angin muson barat akan berdampak pada polusi udara. Berkat angin muson barat ini, maka polusi udara dan pencemaran udara dapat memudar sedikit demi sedikit.

3) Tidak perlu menggunakan perairan untuk sawah

Dampak positif angin muson barat juga membuat para petani lebih mudah dalam mengairi sawahnya. Seperti yang diketahui, angin muson barat akan membuat curah hujan menjadi tinggi. Dalam hal ini, petani dapat merasakan dampak positifnya.

Para petani tidak perlu menyediakan perairan untuk mengairi sawahnya. Ini membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Selain itu, hal ini juga akan menghemat pengeluaran petani. Selain menghemat pengeluaran biaya, pengeluaran air juga akan lebih hemat.

4) Mengurangi risiko kebakaran hutan

Saat angin muson barat, maka hujan akan turun. Ini membuat tanaman tersiram dengan air hujan dan membuatnya menjadi subur. Tanaman menjadi tidak layu dan tidak kering.

Melalui hal ini, akan mengurangi risiko dari kebakaran hutan. Salah satu penyebab kebakaran hutan adalah keringnya bagian tumbuhan. Bekat angin muson barat, maka kekeringan tersebut dapat diatasi.

BACA JUGA: 15+ Manfaat Hutan yang Esensial bagi Kehidupan Bumi

b. Angin muson timur

Berikut ini adalah dampak positif angin muson timur:

1) Petani dapat melakukan panen dengan tenang

Dampak positif dari angin muson timur dapat dirasakan oleh para petani. Pada saat angin muson timur, maka curah hujan akan rendah. Ini membuat kekhawatiran para petani akan hujan lebat menjadi lebih dapat dikendalikan.

Ketika angin muson timur terjadi, maka penjemuran tanaman-tanaman dapat dilakukan dengan tenang. Hasil dari penjemuran tanaman tersebut juga akan lebih bagus. Hal itu karena mendapatkan sinar matahari yang cukup baik.

2) Nelayan dapat melaut dengan tenang

Tidak hanya petani saja yang merasakan dampak positif dari angin muson timur. Nelayan juga dapat merasakan dampak positif dari angin muson timur. Cuaca yang hangat dan cerah akan membuat nelayan dapat melaut dengan tenang.

Para nelayan tidak akan khawatir mengenai potensi hujan yang akan mengganggu kegiatan melautnya. Hal ini tentu akan meningkatkan produktivitas dari nelayan. Sehingga membuat nelayan dapat bekerja secara maksimal dan aman.

3) Pakaian akan cepat kering

Dampak selanjutnya dari angin muson timur adalah pakaian menjadi cepat kering. Salah satu dampak positif angin muson timur ini dapat dirasakan oleh banyak orang. Masyarakat yang sering mencuci pakaian dapat lebih cepat selesai dalam proses pengeringannya. Hal itu karena adanya bantuan dari sinar matahari ketika angin muson timur.

2. Dampak negatif angin muson

Tidak hanya dampak positif saja. Angin muson juga memiliki dampak negatif. Berikut ini adalah dampak-dampak negatif dari angin muson:

a. Angin muson barat

Berikut ini adalah dampak negatif angin muson barat:

1) Menimbulkan penyakit demam berdarah

Ketika musim hujan datang, maka akan banyak genangan-genangan air. Genangan air tersebut sering ditemui di sekitar lingkungan kita. Genangan air tersebut jika biarkan akan memicu banyak nyamuk yang keluar.

Nyamuk akan keluar dari sarangnya. Kemudian mencari tempat untuk bertelur. Genangan tersebutlah yang akan dijadikan tempat nyamuk bertelur.

Jika hal ini dibiarkan, maka telur-telur nyamuk tersebut akan tumbuh menjadi nyamuk. Kemudian akan menyerang masyarakat sekitarnya. Akibatnya kasus demam berdarah akan meningkat dan membahayakan masyarakat.

Cekal (Cegah Dan Tangkal) Sampai Tuntas Demam Berdarah

Cekal (Cegah Dan Tangkal) Sampai Tuntas Demam Berdarah

Beli Buku di GramediaDi dalam buku ini dibahas pengertian demam berdarah, penyebab-penyebabnya, cara penanganannya, manajemen kesehatan pribadi sampai trik dan tips agar terbebas dari penyakit demam berdarah, karena tidak jarang penyakit ini membawa kepada kematian. Buku” CEKAL (Cegah dan Tangkal) sampai Tuntas Demam Berdarah” ini dengan jelas memberikan informasi dan pengetahuan mengenai seluk beluk demam berdarah sehingga penyakit demam berdarah dapat dicegah dan dapat dilakukan penangan dengan baik.

2) Risiko tanah longsor tinggi

Ketika angin muson barat datang, maka curah hujan menjadi tinggi. Hal itu membuat risiko tanah longsor menjadi tinggi. Hujan yang lebat dan terjadi secara terus menerus akan memicu tanah menjadi longsor.

Terutama tanah-tanah yang berada di daerah perbukitan. Hal tersebut tentu saja dapat membahayakan masyarakat sekitar perbukitan tersebut. terlebih, jika pepohonan pada area tersebut sangat sedikit. Risiko tanah longsor akan semakin lebih tinggi.

Seri Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana Tanah Longsor

Seri Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana Tanah Longsor

Beli Buku di GramediaDiperlukan pengetahuan dan pemahaman menyeluruh tentang seluk-beluk bencana tanah longsor di Indonesia. Memahami tindakan nyata yang perlu dilakukan sejak dari saat sebelum terjadi bencana. Saat terjadi bencana, hingga saat setelah terjadi bencana. Buku Seri Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana Tanah Longsor ini menjawab semua permasalahan tersebut secara praktis dengan bahasa yang sederhana.

3) Petani gagal panen

Musim hujan tidak hanya memberi dampak yang positif bagi para petani. Melainkan juga memberi dampak negatif bagi para petani. Salah satu contohnya seperti petani-petani yang gagal karena musim hujan.

Petani yang gagal panen ketika musim hujan umumnya karena curah hujan yang terlalu besar. Hal tersebut mengakibatkan area persawahan tergenang oleh banyak air. Bukannya membuat subur tanaman, justru akan membuat tanaman di dalamnya menjadi mati.

Tidak hanya itu, proses penjemuran hasil panen juga akan mengalami kendala. Sulitnya cahaya matahari ketika musim hujan menjadi penghambat para petani dalam mengeringkan hasil panen. Hal-hal seperti itulah yang membuat petani gagal panen ketika musim hujan atau angin muson barat tiba.

4) Mengganggu nelayan dalam melaut

Dampak negative selanjutnya dari angin muson barat adalah dapat membuat nelayan terganggu. Ketika ingin melaut, maka nelayan harus memastikan cuaca cerah dan bersahabat. Akan tetapi, jika musim penghujan datang maka akan mengganggu aktivitas melaut para nelayan.

Ketika musim hujan, langit akan cenderung lebih gelap. Selain itu, tak jarang hujan lebat selalu turun. Hal ini akan membahayakan nelayan jika terus melanjutkan aktivitas melautnya.

b. Angin muson timur

Berikut ini adalah dampak negatif angin muson timur:

1) Sulit mendapat air bersih

Saat angin muson timur datang atau musim kemarau datang, ada beberapa daerah yang kehabisan stok air bersih. Khususnya pada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil. Mengingat bahwa daerah terpencil memiliki risiko lebih tinggi dalam kesulitan air bersih.

Ini adalah salah satu dampak negatif dari angin muson timur. Masyarakat menjadi sulit untuk mendapatkan air bersih. Hal itu membuat pemenuhan kehidupan menjadi terhambat.

2) Banyak tanaman mati

Dampak negatif dari angin muson timur selanjutnya adalah banyak tanaman atau tumbuhan yang mati. Hal tersebut karena tanaman-tanaman tersebut kekurangan air. Mengingat bahwa musim kemarau akan menyebabkan kekeringan, terutama pada beberapa daerah.

3) Meningkatkan risiko kebakaran hutan

Di dalam penjelasan sebelumnya sudah dikatakan, salah satu penyebab dari kebakaran hutan adalah keringnya tumbuh-tumbuhan tersebut. Selain itu, karena cuaca panas yang terjadi pada saat angin muson timur datang. Risiko kebakaran hutan menjadi lebih tinggi ketika musim kemarau, hal ini sudah jelas karena tidak adanya air yang mengaliri lahan-lahan tersebut.

Itulah penjelasan mengenai pengertian dan jenis angin muson. Temukan informasi lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien