Psikologi

Memahami Arti Progres dan Ketahui Cara Mewujudkannya

Progres
Written by Sevilla Nouval

Arti Progres – Dalam sebuah kehidupan manusia pasti menemukan pasang surut dalam hidupnya. Namun, dalam memperjuangkan kehidupan manusia dituntut untuk selalu berjuang sampai titik darah penghabisan terlebih jika ingin mewujudkan ambisi hidupnya entah itu karir, pendidikan, atau jodoh. Karena pada dasarnya tidak ada yang tidak mungkin terwujud di dunia selama manusia mau berusaha dan bekerja keras mewujudkannya.

Dalam proses mewujudkan ambisi tersebut ada istilah yang disebut dengan “progres” yakni sebuah istilah tentang kemajuan positif yang didapatkan setelah berusaha keras dalam prosesnya.

Untuk menggapai progres tersebut manusia perlu mengevaluasi apa saja hal kurang yang menjadi penyebab kegagalan dalam mewujudkan ambisinya dan mengubahnya menjadi sebuah kemajuan. Sehingga dapat didefinisikan progres adalah sebuah tahapan lanjut menuju hasil yang diharapkan.

Untuk itu bagi sobat grameds sekalian yang ingin memahami arti dari progres dan mengetahui bagaimana langkah dalam mewujudkan progres dalam kehidupan tersebut pada pembahasan kali ini kami telah merangkum berbagai informasi terkait mengenai progres dan langkah-langkah dalam mewujudkannya.

Selanjutnya pembahasan mengenai pengertian progres dapat disimak di bawah ini!

Apa Itu Progres?

Makna progres menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kemajuan. Kata tersebut digunakan sebagai istilah untuk menggambarkan perubahan arah kemajuan seseorang atau bidang tertentu.

Dalam bahasa Inggris, istilah tersebut disebut progress dan artinya sama. Menurut definisi kamus online Bahasa Oxford, kemajuan adalah gerakan menuju kemajuan untuk menggapai suatu tujuan.

Secara etimologis, progress berasal dari kata bahasa Inggris “progress” yang sudah ada sejak abad ke-14 Masehi, yang juga diambil dari bahasa latin “progressus” yang berarti selangkah lebih maju.

Kemajuan adalah bentuk perubahan sosial yang progresif yang dapat membawa manfaat atau perbaikan tertentu bagi kehidupan orang-orang di sekitarnya. Dalam Kamus Cambridge, kemajuan dijelaskan sebagai bagian dari peningkatan atau pengembangan kemampuan, pengetahuan, dll. Istilah progresif juga bisa dipahami sebagai “sesuatu yang akhirnya tercapai”.

Dari segi makna, konsep progres adalah kemajuan. Secara umum, kemajuan adalah usaha yang dibuat dengan kreativitas dan optimisme. Kemajuan dalam kehidupan diartikan sebagai kemajuan yang dapat bermanfaat.

Orang pasti menginginkan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Jadi setiap orang akan meniru kemampuannya untuk membangun kemajuan di masa depan. Kemajuan juga dapat membawa pertumbuhan dalam pengetahuan, keterampilan, dll.

Jika kehidupan seseorang tidak mengalami kemajuan, mereka akan selalu merasa pesimis dan menyerah. Alasannya adalah karena orang akan selalu berada di zona nyamannya, tidak melakukan apa pun untuk mendorong kemajuannya sendiri. Kemajuan ini dapat melibatkan kehidupan pribadi, belajar, bekerja, dll.

Bagaimana Cara Mewujudkan Progres?

Kemajuan tidak hanya terkait dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan. Kemajuan dapat dibuat dan diterapkan secara internal. Bagaimana membuat kemajuan pribadi akan sangat membantu dalam mencapai tujuan dan sasaran nyata dalam hidup.

Bagaimana cara mencapai progres diri?

1. Bertanggung jawab atas hidup Anda

Untuk maju, satu hal yang harus Anda lakukan adalah bertanggung jawab penuh atas hidup Anda sendiri. Hampir segala sesuatu dalam hidup Anda adalah hasil dari keputusan yang Anda buat.

Baik itu masalah keuangan, percintaan, kesehatan bahkan masalah lain yang sedang Anda hadapi, semuanya menjadi tanggung jawab Anda. Jangan hanya duduk dan menunggu dan melihat apa yang terjadi pada Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan apa yang Anda inginkan dalam hidup, ambillah tanggung jawab untuk mendapatkannya. Jangan biarkan orang lain mengatur hidupmu.

2. Percaya pada tujuan hidup Anda

Setiap orang memiliki tujuan hidup, termasuk Anda. Bahkan jika terkadang tujuan hidup Anda tidak begitu tinggi, percayalah pada apa yang Anda yakini. Dengan mendefinisikan siapa Anda, Anda dapat menentukan tujuan Anda. Pastikan Anda meluangkan waktu dari hari-hari sibuk Anda untuk mengerjakan tujuan hidup Anda.

Karena dengan memulai langkah awal dengan percaya pada diri Anda sendiri hal itu akan menjadikan sebuah progres semakin berjalan lancar dan terasa lebih mudah dijalani.

3. Putuskan apa yang Anda inginkan

Salah satu kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan dalam hidup adalah melakukan apa yang tidak Anda sukai. Fokus pada apa yang Anda suka dan jangan buang waktu pada apa yang tidak Anda sukai.

Buatlah keputusan yang matang dengan merencanakannya sebelum memulai langkah. Walaupun jangan terlalu lama mengambil langkah namun juga jangan sampai salah langkah dalam memulai progres dalam hidup Anda.

4. Mengevaluasi Pencapaian

Setelah Anda menentukan apa yang ingin Anda hasilkan di masa depan, berinvestasilah di dalamnya. Dengan menetapkan tujuan dan membelanjakannya untuk aktivitas fisik alih-alih berpegang teguh pada ide, Anda akan mengatur waktu secara efektif untuk melihat seberapa jauh Anda dapat mencapainya. Sangat penting untuk meninjau hasil yang telah Anda capai. Jangan biarkan hidupmu mengalir seperti air.

Karena dalam perjalanan menuju kemajuan pastinya menemukan sebuah hambatan dari segi mana saja yang tidak terduga maka dari itu penting untuk melakukan evaluasi terhadap langkah yang Anda pilih dalam mewujudkan progres dalam hidup Anda.

5. Meminta bantuan

Satu hal penting untuk diingat adalah bahwa Anda tidak harus berjuang sendiri untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Mintalah seseorang untuk membantu Anda dengan sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan sendiri. Hal ini dapat mengurangi waktu yang terbuang untuk melakukannya sendiri.

Jangan pernah sungkan untuk meminta bantuan karena walau bagaimanapun diri Anda adalah makhluk sosial yang masih punya kekurangan dan memerlukan bantuan orang lain dalam mewujudkan ambisi hidup Anda bahkan dari hal-hal paling sederhana sekalipun akan sangat berdampak pada tujuan Anda nantinya.

6. Jangan khawatir tentang apa yang orang pikirkan tentang Anda.

Satu hal yang harus kamu ingat, kamu tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang. Karena itu, jangan khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan tentang Anda.

Tidak semua orang menyukaimu. Beberapa orang dapat melakukan apa saja untuk menjatuhkan Anda. Jangan dengarkan komentar negatif dari orang yang tidak menyukai Anda. Fokus pada kelebihan yang Anda miliki.

Terkadang hambatan memang bisa datang dari orang lain yang bisa jadi kerabat atau teman dekat Anda sendiri yang tidak ingin melihat kemajuan dalam diri Anda. Maka ada baiknya abaikan semua perkataan negatif orang lain yang dapat menjadi penghalang Anda dalam mencapai kemajuan dalam hidup Anda.

7. Eksekusi dan Lakukan!

Langkah selanjutnya yang harus Anda ambil adalah melakukan apa yang telah Anda rencanakan. Jangan biarkan hal-hal membusuk dari daftar tugas Anda. Kesempatan tidak datang dua kali. Jika Anda benar-benar menginginkan sesuatu, perjuangkanlah.

Jangan terlalu lama mengatur rencana karena momen dalam kemajuan diri Anda bisa datang kapan saja. Jadi lakukanlah sesegera mungkin tentunya dengan rencana yang matang agar semua hal berjalan dengan lancar dalam mewujudkan progres diri Anda.

Progres adalah

Contoh Progres (Kemajuan) Dalam Bidang Teknologi

Teknologi berasimilasi dengan manusia, terus tumbuh dan berkembang dari “bayi” hingga “dewasa”. Kelangsungan hidup pertumbuhan yang dicapai oleh teknologi akan selalu mengarah pada kemajuan atau mengarah pada kemajuan yang baik.

Ada 5 tahapan teknologi yang direncanakan, hingga akhirnya bergabung dengan manusia dalam waktu sekitar 33 tahun. Kemajuan ini dikomunikasikan oleh Chris Stephenson, Kepala Strategi dan Perencanaan, PHD Asia-Pasifik.

Berikut ini adalah contoh kemajuan teknologi:

1. Fase I – Pelapisan (1950-1995)

Pada tahap pertama, orang paling mudah diperkenalkan melalui teknologi. Pada 1980-an, komputer pribadi muncul. Sekitar awal tahun 1990-an, penggunaan internet mulai meluas. Pengadopsi awal ini juga memanfaatkan akses Internet untuk mengakses lebih banyak informasi.

2. Fase II – Organisasi (1990-2015)

Fase ini baru saja berakhir pada tahun 2015. Fase ini adalah saat akses teknologi “menyortir” informasi dari Internet dan menjadikannya dapat diakses secara global dan bernilai universal. Maka lahirlah smartphone, perangkat yang memberikan akses lebih cepat dan mudah serta mendekatkan pengguna.

3. Fase III – Ekstraksi (2010-2025)

Seiring berjalannya fase II, fase ketiga juga terjadi pada awal 2010. Bedanya, tahapan ini berperan penting dalam proses penggabungan teknologi dengan manusia. Chris menjelaskan bahwa era ini mewakili kematangan situs tersebut. Mesin pencari semakin pintar, penetrasi smartphone meningkat, konektivitas lebih cepat dan lebih baik di banyak belahan dunia.

4. Fase IV – Antisipasi (2020-2035)

Pada tahun 2020, fase baru muncul, di mana perluasan teknologi menjadi ekspresi ide-ide berdampak tinggi. Selama periode ini, kecerdasan buatan dan pembelajaran mendalam meningkat, teknologi mulai “memahami” apa yang diinginkan manusia dengan kedua cara kontekstual.

5. Fase V – Ketinggian (2030-2050)

Fase yang diklaim Chris merupakan tahap akhir dari proses penggabungan teknologi dan manusia. Selama periode ini, kecerdasan buatan mengubah cara orang melakukan aktivitas sehari-hari. Kecerdasan buatan juga akan memiliki pikiran seperti manusia, ia dapat bekerja dengan otak manusia.

Contoh Progres Dalam Bidang Pendidikan

Sebuah progres juga dapat terjadi di bidang pendidikan. Hal ini sesuai dengan perkembangan metode pengajaran dan kurikulum saat ini. Selain itu, perkembangan teknologi juga mengubah dunia pendidikan. Contoh progres dalam pendidikan dapat disimak di bawah ini:

1. Cara mengajar

Gaya mengajar berubah dari waktu ke waktu. Banyak penelitian telah dilakukan, khususnya di bidang psikologi mahasiswa. Tentunya mereka menginginkan cara pengajaran yang lebih baik sehingga siswa dapat dengan mudah memahaminya. Selain itu, perkembangan teknologi juga semakin memajukan cara mengajar. Serta penggunaan proyektor dalam pendidikan.

2. Pengendalian Emosi

Di masa lalu, guru memperlakukan siswanya dengan sangat buruk sehingga beberapa siswa terluka. Namun, sekarang ada undang-undang untuk melindungi anak-anak. Oleh karena itu, guru saat ini tidak boleh kejam kepada siswanya.

3. Metodologi

Di beberapa sekolah, metode pembelajaran telah berubah ke arah yang lebih modern. Seperti penggunaan laptop dan tablet. Bahkan di sekolah sering disediakan Wifi untuk memudahkan siswa mengakses internet dan mencari sumber belajar.

4. Sumber Pencarian Tugas

Dulu, siswa mengerjakan pekerjaan rumahnya dengan pergi ke perpustakaan dan mempelajari semua isi buku, lalu menulis pekerjaan rumahnya di selembar kertas. Sekarang sangat berbeda: Pencarian internet, salin, cetak, buat.

5. Kurikulum

Kurikulum merupakan perubahan terbesar dalam dunia pendidikan. Program ini mencakup cara belajar, cara mengajar dan apa yang diajarkan. Ketika program berubah, guru dan siswa harus menyesuaikan berbagai hal, dan itu seringkali sulit.

Progres adalah

Contoh Progres Dalam Kehidupan Sosial

Contoh perubahan kemajuan sosial masyarakat dalam kehidupan sehari-hari meliputi:

1. Program listrik desa

Listrik merupakan salah satu kebutuhan penting bagi semua manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Menghadapi kebutuhan listrik yang mendesak, listrik tidak hanya harus diberikan kepada masyarakat perkotaan tetapi juga masyarakat yang tinggal di pelosok desa.

Karena itulah ada program listrik di desa, agar masyarakat di desa juga merasakan manfaatnya, seperti menerangi rumah, mempermudah pekerjaan rumah tangga, menghasilkan panas yang baik, serta sebagai sarana hiburan keluarga.

2. Membawa Internet ke desa

Tidak hanya listrik, saat ini internet juga menjadi kebutuhan yang tak kalah pentingnya bagi siapapun. Dengan menyebarnya internet ke desa-desa, masyarakat pedesaan, terutama kaum muda, juga dapat mengikuti berita di jejaring sosial. Ini bisa menjadi sarana pendidikan bagi mereka, asalkan bisa menyaring isu-isu penting dan misinformasi (lelucon).

Dengan hadirnya internet sampai ke desa mengartikan bahwa sudah ada pemerataan keberadaan akses teknologi karena bukan saja masyarakat kota yang membutuhkan internet untuk mengakses berita dan mencari hiburan saja namun warga di desa juga memerlukannya asal bisa diakses dengan bijak.

3. Perkembangan teknologi komunikasi

Saat ini, teknologi komunikasi berkembang seperti badai. Jika dulu untuk bertukar kabar, orang harus mengirim surat melalui pos yang memakan waktu berhari-hari untuk sampai ke penerima, kini dengan kekuatan smartphone, orang bisa bertanya tidak hanya melalui telepon tapi juga bisa melakukan panggilan video.

Berkembanganya teknologi komunikasi seperti hadirnya smartphone juga bisa menjadi jawaban atas progres dalam kehidupan sosial.

Dengan hadirnya berbagai teknologi yang semakin canggih memudahkan seseorang untuk melakukan aktivitasnya dalam satu barang saja yakni smartphone. Dengan smartphone seseorang tidak hanya bisa bertukar kabar namun juga dapat mengambil foto, bermain game, dan mengakses berita dengan mudah dalam waktu yang singkat.

4. Program pembangunan jembatan di desa-desa terpencil

Jembatan merupakan salah satu infrastruktur transportasi yang penting untuk menghubungkan dua wilayah yang sering dipisahkan oleh sungai. Kegiatan pembangunan jembatan dilakukan di desa-desa terpencil agar masyarakat di pedesaan memiliki akses yang mudah ke kota.

5. Kesetaraan gender

Adanya persamaan hak dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan, serta hilangnya stereotip gender tertentu menurut faktor budaya yang semakin meningkat juga dipandang sebagai kemajuan perubahan sosial masyarakat, karena dengan persamaan tersebut tidak ada lagi diskriminasi terhadap perempuan dalam masyarakat, termasuk dalam hal pekerjaan selama mereka mampu melakukannya dengan benar.

Progres adalah

Kesimpulan

Sekian pembahasan singkat mengenai pengertian progres. Pembahasan kali ini tidak hanya membahas definisi dari kata progres saja namun juga membahas mengenai perkembangan apa saja yang telah hadir dari pengertian progres itu sendiri serta beberapa cara untuk memulai progres terhadap diri sendiri.

Memahami progres sebagai sebuah kemajuan dalam berbagai bidang menjadikan kita untuk lebih termotivasi dalam mewujudkan ambisi dan menyadari dengan semakin majunya segala bidang membuat kita dimudahkan dalam melakukan sesuatu asal bisa melakukannya dengan bijak.

Demikian ulasan mengenai pengertian progres. Buat Grameds yang mau mempelajari semua hal tentang pengertian progres dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan ilmu sosial lainnya, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Pandu Akram

Artikel terkait:

7 Langkah Evaluasi Strategi Bisnis Perusahaan yang Efektif

Mengenal Cultural Lag: Definisi, Contoh, dan Dampaknya

Pengertian Akulturasi Budaya Untuk Kemajuan Bangsa

Memahami Tujuan Pembangunan Kelautan Untuk Kemajuan Indonesia

Definisi Strategi Operasi dan Cara Penerapannya dalam Dunia Bisnis 

 

About the author

Sevilla Nouval

Saya hampir selalu menulis, setiap hari. Saya mulai merasa bahwa “saya” adalah menulis. Ketertarikan saya dalam dunia kata beriringan dengan tentang kesehatan, khususnya kesehatan mental. Membaca dan menulis berbagai hal tentang kesehatan mental telah membantu saya menjadi pribadi yang lebih perhatian dan saya akan terus melakukannya.

Kontak media sosial Instagram saya Sevilla