Blog Tips dan Trik

14 Strategi Belajar Paling Ampuh Menurut Para Ahli Neurosains

Written by atap

Gramedia Literasi – Belajar terkadang menjadi kegiatan yang membosankan untuk sebagian orang, terutama belajar dengan apa yang tidak dia sukai dan tidak diminati.

Hal ini diperparah dengan Tujuan dari mempelajari hal tersebut, terkadang banyak pelajaran sekolah yang sebenarnya tidak akan digunakan untuk terjun dalam kehidupan maupun dunia kerja. Itu membuat siswa dan siswi sekolah kurang bergairah dalam mempelajari sesuatu yang sangat jauh dari tujuan mereka, Lalu bagaimana caranya agar bisa semangat dalam belajar sehingga bisa mendapatkan nilai baik dalam tes dan ulangan Grameds.

Apalagi tahukah kamu Otak manusia berpotensi menghafalkan informasi sebesar 2.5 Pentabyte atau setara dengan tiga puluh juta jam memutar video Youtube? Namun, agar potensi otak bisa digunakan secara efektif, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan. Berikut ini beberapa diantaranya, cara belajar efektif yang telah dibuktikan oleh penelitian-penelitian ilmiah para ahli Neurosains. Check these out Grameds!

14 Strategi Belajar Paling Ampuh Menurut Para Ahli Neurosains

1. SPACED REPETITION

Supaya kemampuan mengingatmu semakin kuat, sering-seringlah mengulang apa yang kamu pelajari. Para ahli membuktikan bahwa sinapsis (titik temu antara terminal salah satu neuron dengan neuron lain) yang membuat kemampuan mengingat meningkat. Sehingga kita akan lebih produktif untuk belajar secara teratur.

Selain itu buatlah ringkasan dari hasil belajarmu. Kamu bisa menulis pokok-pokok penting. Bisa berupa poin-poin dari bahan belajar, seperti rumus. Hal ini akan memudahkanmu memahami inti dari pembelajaran. Sebab saat membuat rangkuman, sebenarnya kamu sedang mengulang materi yang telah didapat sebelumnya.

Pengulangan ini membantumu mengingat kembali catatan dengan lebih efektif. Selain dalam bentuk rangkuman kamu juga dapat membuat MindMap atau Peta Konsep. Menurut hasil penelitian, sebenarnya otak kita itu cenderung berpikir melingkar, holistik, dan kreatif.

Jadi, jika dipaksakan dan dimasukkan catatan-catatan dan informasi secara linier, wajar jika otak sulit menerimanya. Menggunakan mindmap disinyalir dapat meningkatkan daya ingat hingga 120% dan dapat meningkatkan kreativitas. Menggunakan mindmap juga dapat menyingkat catatan dengan lebih efektif sehingga terkesan sedikit Grameds.

2. TEMUKAN GAYA BELAJARMU SENDIRI

Kamu pasti memiliki gaya belajar tersendiri yang membuatmu nyaman. Dari segi waktu produktif belajarmu misalnya, yang berbeda-beda pada setiap orang. Ada orang-orang yang lebih produktif bila beraktivitas di pagi hari atau bahkan di waktu subuh. Sebagian orang merasa lebih produktif di malam hari atau tengah malam di saat orang-orang terlelap.

Namun ada juga yang belajar disaat waktunya sudah mendesak. Dengan cara belajar yang seperti ini kamu juga harus mengakali dengan menggunakan tips belajar saat kepepet yang ampuh dengan kemampuan. Selain itu ada yang nyaman belajar bersama teman, dan ada pula yang nyaman belajar sendiri dalam kondisi yang sepi. Temukan mana yang terbaik untukmu Grameds.

 

3. BELAJAR DI LOKASI YANG BERBEDA-BEDA

Kamu dapat menghafal dengan jauh lebih cepat dan efektif di lingkungan lebih kaya akan keragaman visual. Dua buah kelompok mahasiswa diteliti untuk mengingat kata-kata secara acak, satu kelompok belajar dengan berpindah-pindah ruangan kelas, sedangkan satu kelompok lainnya hanya belajar di sebuah ruangan tanpa berpindah-pindah. Kelompok yang belajar dengan cara berpindah tempat dapat mengingat kata-kata acak tersebut 40% lebih baik dibandingkan kelompok lainnya yang tidak berpindah. Jadi, kamu juga bisa menerapkan teknik berpindah tempat ini agar proses mengingatmu lebih baik Grameds.

 

4. BELAJAR KELOMPOK

Belajar kelompok akan membuatmu memiliki referensi untuk saling bertukar pendapat serta aktif berkomunikasi dalam belajar, cara ini sangat efektif bagimu yang sulit untuk belajar sendirian. Belajar bersama juga akan membuatmu bisa saling memberikan kuis tanya menanya dan browsing di Internet bersama teman-teman untuk mempelajari materi-materi yang kurang kalian pahami.

 

5. TEKNIK POMODORO

Terapkan teknik podomoro, caranya atur timer selama 25 menit untuk waktu belajar. Kemudian ketika timer berbunyi, gunakan waktu 5 menit untuk break atau istirahat agar pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Pemberian jeda tersebut juga dapat memberikanmu motivasi supaya tidak bosan dan jenuh. Setelah 5 menit beristirahat, set kembali timer selama 25 menit kembali dan mulai belajar kembali dan seterusnya. Berikut cara menerapkan teknik podomoro dalam sesi belajarmu, Grameds:

  • Siapkan Materi Belajar atau Tugas: Mencoba mempraktikkan teknik belajar Pomodoro, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah memilih tugas-tugas atau hal yang hendak kamu pelajari. Pilihlah tugas atau pelajaran berdasarkan skala prioritasnya. Kamu bisa memilihnya dari tugas yang akan dikumpulkan segera hingga tugas yang bisa diselesaikan beberapa minggu atau bulan ke belakang.
  • Atur Timer: Kerjakanlah tugas-tugas atau materi bacamu dengan fokus sampai timer berbunyi. Selama 25 menit itulah yang disebut “jendela kerja.” Saking harus fokusnya, kamu bahkan tidak diperkenankan untuk melirik handphone-mu walau hanya untuk melihat ada pesan atau tidak.
  • Break Sebentar: Setelah timer berbunyi, walau pekerjaanmu belum sepenuhnya selesai, kamu harus berhenti. Gunakan waktu tiga sampai lima menit untuk istirahat. Di waktu interval istirahat ini, kamu bisa melihat handphone, ke kamar kecil untuk buang air, peregangan, atau bahkan makan camilan untuk menambah tenaga.
  • Mulai Belajar atau Mengerjakan Tugas Kembali Setelah interval istirahat, mulai lagi “jendela kerja” kedua. Aturannya sama, yakni selama 25 menit hanya boleh fokus dengan pekerjaan. Lakukan langkah ini secara berulang Grameds.

 

6. SELALU SELESAIKAN HAL TERSULIT LEBIH DULU

Menyelesaikan hal yang sulit terlebih dahulu setiap harinya adalah tips berikutnya. Ketika kamu telah menyelesaikan hal lebih susah, perasaanmu otomatis akan menjadi lebih baik dan percaya diri pada hari tersebut. Selain itu, kamu akan termotivasi untuk menyelesaikan hal-hal lain yang relatif lebih mudah setelahnya.

 

7. SERIUS TAPI MENYENANGKAN

Sebuah studi sains modern mengatakan bahwa belajar dengan cara yang menyenangkan atau fun akan mempercepat kamu dalam memahami dan mengingat suatu hal.

Oleh sebab itu, Energi positif sangatlah berperan penting dalam proses belajarmu Grameds. Bisa dilakukan bersama teman terdekatmu, hindari system kebut semalam, juga ciptakan kondisi tempat belajar yang kondusif. Selain itu jangan lupa praktik, misalnya untuk materi pelajaran IPA.

Kamu bisa mempelajari materi yang berhubungan dengan tumbuhan, hewan, dan lain-lain sambil praktik secara langsung. Dengan begitu, kamu bisa lebih memahami materi yang sedang dipelajari serta tidak membuat suasana cepat terasa membosankan. Penelitian untuk membuktikan teori juga dapat menjadi alternative untuk membuat kegiatan belajarmu lebih menyenangkan Grameds.

 

8. BELAJAR DENGAN INTERVAL

Untuk dapat mengingat sesuatu dalam jangka waktu yang lama, ulangi belajarmu dengan berkala atau berinterval. Sebagai contoh ketika kamu menghafalkan sebuah kosa kata di dalam sebuah kamus, Belajar paling efektif adalah dengan mereview ulang kata-kata tersebut dalam 1 atau 2 hari atau satu minggu setelah kamu menghafalnya. Hal ini jauh lebih baik dan efektif dibandingkan mengulanginya setiap hari.

9. 30% MEMBACA, 70% MENGULANGNYA

Jika kamu memiliki waktu 1 jam untuk mempersiapkan presentasi atau pidato. Gunakan 20 menit membaca dan mempelajarinya. Kemudian gunakan 40 menit untuk mempraktekkannya.

Jadi, gunakan 2/3 waktumu untuk mengulang dan mempraktekannya. Sedangkan 1/3 dari waktu untuk memahami materinya. Beberapa orang salah dalam belajar pada hal ini. Sering kali seseorang malah menghafal materi bukan memahaminya.

Padahal, sekedar menghafalkan pelajaran hanya akan efektif untuk ujian dengan jangka waktu yang pendek. Dalam jangka panjang, ilmu yang dihafalkan hanya akan mudah untuk dilupakan dan tidak meninggalkan manfaat apapun. Selain itu jangan segan untuk bertanya jika kita tidak memahami sesuatu atau mengalami kebuntuan dalam suatu ilmu.

Kamu belajar karena memang tidak mengerti, maka jika kamu kesusahan jangan ragu untuk selalu bertanya. Bertanyalah kepada temanmu, belajar bersama atau diskusi juga mampu membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.

 

10. LAKUKAN TES DIRI

Buat suasana belajar yang nyaman agar kamu tetap fokus dalam belajar. Tepat setelah mempelajarinya usahakan lakukan tes untuk dirimu sendiri secara cepat atas materi tersebut Bukan tes yang susah dan lama, hanya instant test yang mewakili materi pelajaranmu apakah sudah lebih dari cukup atau tidak Grameds. Gunakan buku-buku soal, atau aplikas soal yang akan memudahkanmu dalam mereview ulang kemampuan.

 

11. FOKUS

Jika kamu orang yang suka menunda-nunda ketika akan belajar seperti contohnya browsing melalui smartphone, atau bermain social media. Belajarlah untuk rela mematikan ataupun men-silent semua perangkat elektronik yang dapat mengganggu waktu belajarmu. Jika perlu Pergilah ke perpustakaan karena suasananya yang kondusif dan cenderung lebih sunyi.

Untuk meningkatkan focus berolahragalah juga secara teratur. Ingat pepatah, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa dan pikirannya yang kuat, dan jangan abaikan pentingnya asupan makanan bergizi Grameds, sebab penelitian membuktikan bahwa gizi yang cukup akan membuatmu lebih cerdas dan meningkatkan fokus. Beberapa makanan yang akan meningkatkan focus:

  • Alpukat, lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan dalam alpukat membantu mengoptimalkan sirkulasi yang berkontribusi pada aliran darah lebih baik ke otak, yang kemudian menjadi bahan bakar yang dibutuhkan otakmu untuk berpikir Grameds
  • Blueberry, sebagai buah nomor 1 dalam deretan buah paling sehat. Ini karena buah ini mengandung polifenol, termasuk pigmen flavonoid yang disebut anthocyanin. Mengonsumsinya paling tidak seminggu sekali, dapat memaksimalkan fungsi kognitif juga melindungi otak dari berbagai risiko penyakit berbahaya seperti Alzheimer dan demensia.
  • Sayuran hijau, sebab akan menjaga ketajaman otak karena mengandung asam folat yang tinggi. Perbanyak konsumsinya seperti pada bayam, peterseli, dan brokoli Grameds.
  • Kuning telur, sebagai bagian paling bermanfaat untuk otak. Sebuah penelitian baru menemukan makan telur meningkatkan kefasihan lisan dan fungsi lobus frontal yang merupakan area otak yang membantu dalam pemecahan masalah, spontanitas, memori, bahasa, inisiasi, penilaian, kontrol impuls dan perilaku social. Senyawa nutrisi utama dalam telur kolin juga sangat untuk fungsi otak yang optimal yang berhubungan dengan memori.

 

12. JANGAN TERLALU MEMAKSAKAN DIRI

Memiliki tujuan yang jelas membantu kamu tetap fokus dan konsisten selama proses belajar. Namun Saat kamu sedang tidak mood, lakukanlah sesuatu yang bisa mengembalikan mood-mu.

Bersantai misalnya yang akan membuat pikiran menjadi fresh kembali, tidurlah sejenak yang akan membuat tubuh teristirahatkan, mandi Air Hangat, Belajar dengan hidangan Cemilan Biskuit dan Teh Hangat, Mendengarkan Radio dan Menonton TV sejenak untuk meningkatkan ide serta kreativitas, Membaca buku Certia Motivasi dan sejenisnnya yang akan menambah percaya diri.

Untuk mengurangi kejenuhan, cobalah tetapkan tujuan atau targetmu. Misalnya saja tujuanmu belajar adalah masuk di perguruan tinggi ternama di Indonesia, yang kemudian mengharuskanmu memiliki nilai yang tentunya mumpuni. Menentukan tujuan dapat menjadi sebuah motivasi jika kamu mulai merasa kehilangan minat untuk belajar Grameds.

 

13. OLAHRAGA, MEDITASI, BERSOSIALISASI

Terdapat beberapa aktivitas yang telah terbukti dapat mengembangkan kemampuan otakmu seperti berolahraga, meditasi rutin, juga berdiskusi dengan teman-teman kamu. Hal-hal tersebut bertujuan merangsang pembentukan neuron-neuron baru di dalam otak. Lakukan olahraga sederhana seperti, Push up, sit up, jogging, bersepeda, angkat beban atau sesederhana naik turun tangga Grameds. Utuk Meditasi, bagimu yang pemula ini yang dapat kamu lakukan:

  • Gunakan Pakaian yang nyaman untuk meditasi Jangan biarkan apa pun mengalihkan pikiranmu saat bermeditasi. Pilihlah pakaian yang biasa kamu kenakan untuk berolahraga atau gunakan saja baju bermain yang nyaman digunakan.
  • Karena masih di tahap awal, sebaiknya lakukan meditasi dalam waktu singkat saja, sekitar 2 sampai 5 menit. Kosongkan pikiran.
  • Duduklah dengan posisi nyaman sebab urusan kenyamanan jadi prioritas dalam meditasi. Itu sebabnya kamu wajib menemukan posisi terbaik. Secara tradisional, meditasi dilakukan dengan duduk di alas duduk dalam posisi bunga teratai atau setengah bunga teratai. Gunakan yoga mat yang sedikit punya bantalan sehingga lebih nyaman diduduki. Meditasi sebenarnya dapat dilakukan juga dengan duduk, berdiri, berbaring, bahkan berjalan. Untuk pemula dianjurkan melakukan posisi duduk, karena pikiran belum terlatih. Dengan posisi duduk yang benar dan nyaman, maka kamu bisa mulai terbiasa untuk kemudian merasakan manfaatnya.
  • Usahakan mencari tempat yang bebas gangguan agar perhatianmu tidak mudah teralihkan. Outdoor adalah alternatif yang baik, karena selain bebas gangguan internal (TV, suara dan aktivitas orang rumah), di luar ruang artinya kamu akan meditasi sambil menghirup udara yang lebih segar. Halaman rumah bisa dicoba sebagai permulaan Grameds.

14. ISTIRAHAT CUKUP

Tidur yang cukup merupakan hal yang vital dalam memudahkan otak kita menyimpan informasi. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard menunjukkan bahwa mahasiswa yang istirahat dengan cukup pada malam harinya dapat mengingat bahan pelajaran sebesar 35% lebih baik dibanding mahasiswa yang belajar pada pagi hari dan melakukan tes di malam hari tanpa tidur diantaranya.

Penelitian yang dilansir di London pada 1998 juga mengungkapkan bahwa tidur yang cukup akan memaksimalkan perkembangan otak. Pasalnya, aktivitas tidur merupakan salah satu stimulus bagi proses tumbuh kembang otak, tidak mengherankan jika aktivitas tidur pengaruhi kecerdasan, apalagi 75 persen hormon pertumbuhan diproduksi saat kamu sedang tertidur lho Grameds. Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda, tergantung pada usia. Gaya hidup dan kesehatan sangat memengaruhi kebutuhan tidur seseorang. Berikut ini durasi tidur yang cukup berdasarkan kategori usia:

  • Anak usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam per hari
  • Remaja (14-17): 8-10 jam per hari
  • Orang dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam per hari
  • Dewasa (26-64): 7-9 jam per hari
  • Dewasa yang lebih tua (di atas 65 tahun): 7-8 jam per hari

Nah sudah tahukan bagaimana caranya belajar yang efektif? sekarang tinggal kamu menerapkanya saja dalam keseharianmu Grameds. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Semangat!

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien