CPNS

Latihan Soal Tes CPNS Pengelompokan Kata

Written by Ratih W

Artikel ini akan membahas latihan soal yang umumnya muncul pada saat tes CPNS, yaitu soal pengelompokan kata. Soal pengelompokan kata ini termasuk dalam tes verbal pada Tes Intelegensia Umum. Tes pengelompokkan kata merupakan tes yang berisi beberapa kata-kata dalam satu kelompok, dimana pada kelompok tersebut terdapat satu kata yang berbeda, baik berbeda dari arti, pengertian, atau hal-hal tertentu. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan perbendaharaan kata yang dimiliki seseorang dalam hal tertentu.

Yuk tonton pembahasannya juga dalam bentuk video!

 

1. a. Catur

b. Golf

c. Basket

d. Bola voli

e. Tenis

Pembahasan:

Pada soal pengelompokan kata ini biasanya tidak ada soal. Hanya ada pilihan gandanya. Disini kita akan diuji penalaran kita tentang soal tersebut. Langsung kita jabarkan satu persatu pilihan gandanya:

Catur : olahraga, tidak menggunakan bola

Golf : olahraga, menggunakan bola

Basket : olahraga, menggunakan bola

Bola Voli : olahraga, menggunakan bola

Tenis : olahraga, menggunakan bola

Catur, golf, basket, bola voli, dan tenis merupakan kelompok olahrga. Olahrga ada yang menggunakan bola dan ada yang tidak. Nah di antara kelima pilihan ini, hanya olahraga catur tidak menggunakan bola. Maka jawabannya adalah A. Catur

Temukan berbagai soal tes CPNS pengelompokan kata lainnya pada buku All New Tes Cpns 2022/2023 yang berisian berbagai informasi, kisi-kisi, ringkasan, serta berbagai latihan soal yang dapat membantu kamu!

2. a. Sapi

b. Anoa

c. Angora

d. Unta

e. Lembu

Sapi, Anoa, Angora , Unta, dan Lembu termasuk dalam kelompok hewan.

Sapi: Mamalia, Berkaki 4, makanannya tumbuhan

Anoa: mamalia, berkaki 4, makanannya tumbuhan

Angora: merupakan ras kucing, mamalia, berkaki 4, makanannya daging

Unta: mamalia, berkaki 4, makanannya tumbuhan

Lembu: mamalia, berkaki 4, makananannya tumbuhan

Dari penjabaran di atas, hanya Angora nih yang terdapat perbedaan, yaitu pada makanannya. Maka bisa disimpulkan bahwa angora bukan termasuk dalam kelompok Sapi, Anoa, Unta, dan Lembu. Jadi, jawabannya adalah C. Angora

Dengan begitu banyaknya tes untuk menjadi PNS, mulai dari tes intelegensi umum, tes wawasan kebangsaan, tes karakteristik pribadi, hingga tes kemampuan bidang, sangat penting untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti tes. Persiapkan dirimu menggunakan buku 90 Menit Pahai Tes Cpns Sistem CAT dibawah ini.

3. a. Geologi

b. Antropologi

c. Biologi

d. Refleksi

e. Psikologi

Pembahasan:

Geologi = bidang keilmuan

Antropologi = bidang keilmuan

Biologi = bidang keilmuan juga

Refleksi = artinya gerakan atau pantulan (bukan bidang keilmuan)

Psikologi = bidang keilmuan

Di antara kelimanya yang bukan termasuk dalam kelompok kata adalah yang D. Refleksi

Agar dapat lolos tes CPNS, Grameds juga harus membaca berbagai macam soal serupa. Temukan semua itu pada buku Modul Resmi Seleksi Masuk Tes Cpns 2021/2022 dibawah ini.

4. a. Wiyogo Atmodarminto

b. Suryadi Soedirja

c. Hatta Radjasa

d. Soetiyoso

e. Ali Sadikin

Pembahasan:

Wiyogo Atmodarminto = pernah menjabat Gubernur DKI

Suryadi Soedirja = pernah menjabat Gubernur DKI

Hatta Radjasa = menteri perekonomian

Soetiyoso = pernah menjabat Gubernur DKI

Ali Sadikin = pernah menjabat Gubernur DKI

Semua adalah nama-nama yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI, kecuali Hatta Radjasa.

Untuk memperbesar peluang kamu berhasil dan lolos dalam tes CPNS, sangat penting untuk berlatih mengerjakan berbagai soal tes CPNS yang dapat kamu temukan pula pada buku Sikat Habis Semua Jenis Soal Tes CPNS Sistem Cat Superlengkap.

Oke, itulah tadi pembahasan dari soal pengelompokan kata. Karena berkaitan dengan pengetahuan maka dibutuhkan pengetahuan yang baik untuk menjawab soal. Pengetahuan dari sekelompok kata dan pengetahuan yang luas dari berbagai hal akan sangat membantu dalam menyelesaikan tes ini. Banyak hal yang mungkin bisa dilakukan untuk menambah wawasan dan perbendaharaan kata, misal dengan banyak membaca, sering mengerjakan teka-teki silang, atau yang lainnya. Nah, Grameds jika  ingin berlatih soal-soal pengelompokan kata lainnya, langsung aja ke edutore.com karena disana ada banyaaak jenis soal untuk latihan tes CPNS.

About the author

Ratih W

Dunia karier dan profesi akan selalu menarik untuk dibahas, sehingga saya sangat suka menulis akan hal-hal itu. Dari sekian banyak dunia profesi yang ada, salah satu yang selalu menarik untuk dibahas adalah CPNS.