Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Seni Rupa – Mata Kuliah, Prospek Kerja, Top 5 Universitas

Jurusan Biologi

Kategori Kesehatan

Apa Itu Jurusan Seni Rupa

Jurusan Seni Rupa akan membawamu mempelajari seni rupa mulai dari proses penciptaan hingga pengkajian karyanya. Fokus di Jurusan ini sendiri diantaranya seni patung dan seni lukis. Tak hanya proses penciptaan karya seni, kamu juga akan mempelajari berbagai teori yang ada di balik seni rupa, seperti diantaranya sejarah seni rupa baik di nusantara maupun dunia. Seni rupa juga akan mempelajari manajemen seni rupa, sosiologi seni, serta kritik  dan tinjauan seni rupa. Selain teori, kamu juga akan banyak mengikuti berbagai kegiatan praktek studio, seperti diantaranya praktek memahat kayu, dan keramik. Terdapat cukup banyak mata kuliah praktek di jurusan ini, dan tugas yang akan banyak kamu dapatkan diantaranya menghasilkan masing-masing satu karya seni, serta membuat laporan tentang ulasan karya seni yang dipamerkan. Pada Seni Rupa Murni, nilai estetika dan artistik sendiri lebih diutamakan dibanding nilai guna nya.

Kenapa Jurusan Seni Rupa

Berkuliah di Jurusan Seni Rupa akan membantumu menyalurkan kreativitas, kamu juga akan diajarkan bagaimana caranya menuangkan kreativitas yang kamu miliki dalam bentuk visual dan berbagai medium mulai dari gambar hingga video. Selain itu prospek kerja jurusan Seni Rupa juga cukup luas, tak hanya prospek kerja di koorporat, prospek kerja di ranah freelance pun terbuka lebar. Apalagi dengan Industri kreatif yang kian berkembang saat ini, mulai dari dunia komik hingga periklanan.

Pada Seni Rupa Murni sendiri orisinalitas menjadi hal yang terpenting. Karenanya kamu harus bisa menemukan dan mengembangkan gaya dan ciri khas seni mu sendiri. Apalagi dewasa ini dengan pola komunikasi yang cenderung visual, perkembangan ekonomi kreatif juga turut mempengaruhi berkembangnya industri-industri lainnya. Seni sendiri kian menjadi hal yang penting dalam kehidupan masyarakat modern saat ini.

Semua bentuk usaha juga sangat membutuhkan produk desain yang dihasilkan dari proses penciptaan, mulai dari kartu nama, packaging produk, sampai logo. Selain produk di dunia nyata, hasil karya seniman juga dibutuhkan untuk pemasaran di ranah digital. Dengan bantuan jasa seorang seniman, konten-konten digital bisa dibuat jauh lebih menarik untuk menarik perhatian konsumen.

Keahlian Jurusan Seni Rupa

✓ Kemampuan teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan interpersonal

✓ Kemampuan bekerja secara tim

✓ Kemampuan imajinasi

✓ Kemampuan berfikir out of the box

✓ Kemampuan menggambar

Kebutuhan Lulusan Jurusan Seni Rupa di Dunia Kerja

  • Ilustrator – Seorang yang bekerja dengan seni digital atau pensil dan tinta, ilustrator juga bertugas mendesain atau menggambar untuk menyampaikan sebuah pesan
  • Creative Director, seorang yang tugasnya mengarahkan karyawannya agar dapat memenuhi target serta berbagai kriteria target  konsumennya
  • Art Director, tugasnya diantaranya sebagai pengarah di bidang seni pada suatu acara
  • Desainer Grafis – Merupakan seorang Ahli di bidang grafis atau gambar atau apa saja yang berkaitan dengan proses penciptaan skema, logo, grafis, gambar, tanda, simbol, desain geometric dan lainnya. Desainer grafis juga terlatih menggunakan program desain seperti Photoshop, Illustrator, Flash dan lainnya
  • Freelance Desainer, Pekerjaan ini sangat cocok untukmu yang tidak menyukai pekerjaan yang terikat oleh waktu. Selain itu dapat menyesuaikan jadwal kerja. Penghasilan yang yang akan diperoleh juga bisajadi lebih tinggi dan bervariasi tergantung dari banyaknya job yang diterima
  • Animator, menjadi seorang animator adalah salah satu pilihan karir yang tepat untuk lulusan seni rupa. Banyaknya kartun yang menjamur juga semakin membuka kesempatan bagi para animator muda untuk berkarya dibidang ini.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Seni Rupa

Perkuliahan di Jurusan Seni Rupa akan mempelajari berbagai teori mengenai seni rupa, serta berbagai ketrampilan seperti menggambar, keterampilan teori dan kritik yang berkaitan langsung dengan kegiatan belajar mengajar, kamu juga akan mempelajari Seni Rupa Dasar baik itu 2D, 3D, Gambar Konstruktif, Manusia, Bentuk dan Kebudayaan, Sejarah Kebudayaan Indonesia, Fotografi, Sejarah Seni Rupa Indonesia, Gambar Anatomi, Studio Lukis Still Life, Komunikasi Seni, Sejarah Seni Rupa Barat dan Manajemen Seni Rupa. Kamu juga dapat memilih memperdalam pengetahuanmu di Studio Seni Keramik, Studio Seni Grafis, Studio Seni Patung, atau Studio Seni Lukis.

Mata Kuliah Jurusan Seni Rupa

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Seni Rupa:

  1. Rupa Dasar 2D
  2. Rupa Dasar 3D
  3. Gambar Konstruktif
  4. Gambar Bentuk
  5. Manusia dan Kebudayaan
  6. Sejarah Kebudayaan Indonesia
  7. Gambar Anatomi
  8. Studio Lukis Still Life
  9. Pengenalan Bahan dan Teknik Seni Lukis
  10. Fotografi
  11. Ornamen
  12. Sejarah Seni Rupa Inndonesia
  13. Estetika Timur
  14. Drawing
  15. Studio Patung Standing Figure
  16. Pengenalan Bahan dan Teknik Seni Patung
  17. Estetika Barat
  18. Seni Batik
  19. Komunikasi Seni
  20. Sosiologi Seni
  21. Seni Monumental
  22. Sejarah Seni Rupa Barat
  23. Tinjauan Seni
  24. Kritik Seni Rupa
  25. Pengkasian Seni Tradisi
  26. Seni Keramik
  27. Pengkajian Seni Kontemporer
  28. Manajemen Seni Rupa

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Seni Rupa

  • Kemampuan berpikir kritis dan analitis
  • Kemampuan mengekspresikan perasaan melalui seni
  • Kemampuan mengorganisir kegiatan seni rupa
  • Kemampuan menyajikan karya seni
  • Kemampuan bekerja secara individu dan tim
  • Kreatif dan Artistik

Universitas Terbaik Jurusan Seni Rupa

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Seni Rupa (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  2. Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta
  3. Institut Seni Indonesia (ISI), Denpasar
  4. Institut Kesenian Jakarta  (IKJ), Jakarta
  5. Institut Seni Indonesia (ISI), Surakarta

Prospek Kerja Jurusan Seni Rupa

KURATOR SENI

Untuk menjadi seorang Kurator seni rupa dapat berasal dari berbagai disiplin ilmu. Tak hanya seni rupa, berikut ini Jurusan yang dapat mendalami pekerjaan ini diantaranya antropologi, sosiologi, filsafat, sejarah, sastra, arsitektur, dan arkeologi. Pekerjaan ini cocok bagimu yang memiliki ketertarikan terhadap seni dan budaya. Tugas Kurator sendiri diantaranya, secara intelektual memberikan pertanggungjwaban kepada publik mengenai karya seperti apa yang akan ditampilkan dan layak dibicarakan, seorang kurator berperan menyampaikan pesan naik yang tersurat maupun tersirat dari sebuah karya seni kepada khalayak umum, ia juga bertugas membantu pemasaran sebuah karya seni untuk target market yang sesuai serta memberikan saran-saran ahli mengenai nilai barang, cara penyimpanan dan perawatan, cara penyajian, penempatan, cara pengepakan dan pengangkutan, dan pemajangan benda-benda koleksi tersebut. Kurator juga berperan dalam proses akuisisi karya dan dapat mempertanggung- jawabkannya ke publik, ia juga harus memiliki kemampuan menelusuri dan melakukan penelitian yang mendalam atas asal-usul serta otensitas benda-benda yang akan menjadi koleksi lembaga tempatnya bekerja.

ILUSTRATOR

Ilustrator bertugas membuat gambar statis dalam bentuk ilustrasi mulai dari kartun, komik, hingga ilustrasi lainnya untuk kemudian digunakan dalam majalah, kemasan, iklan, buku, kartu ucapan ataupun surat kabar. Tugasnya sendiri mulai dari berkomunikasi dengan klien untuk memahami kebutuhan, Memikirkan dan menciptakan konsep ide, Membuat jadwal proyek dan memenuhi tenggat waktu serta Merancang dan menggambar ilustrasi sesuai dengan tema dan kebutuhan baik itu secara manual ataupun secara digital (computer based).

DESAIN GRAFIS

Desainer grafis merupakan profesi populer yang dapat ditemui di berbagai ranah industri. Desainer grafis sendiri kemudian bertanggung jawab mengemas informasi atau pesan secara menarik melalui permainan warna, teks hingga gambar. Hasil karya ini sendiri dapat dalam bentuk iklan, kemasan produk, hingga logo perusahaan. Tugasnya diantaranya menciptakan fotografi, atau grafis motion, ilustrasi, hingga tipografi, baik untuk penerbit maupun media elektronik dan media cetak. Seorang graphic designer bertanggung jawab atas tampilan pada media promosi suatu produk. Tugasnya menyampaikan informasi mengenai suatu produk secara menarik dengan mengakomodasi keinginan klien.

BRANDING CONSULTANT

Bekerja di branding consultant dapat menjadi satu diantara pilihan untuk para lulusan seni rupa. Tugasnya adalah membranding sebuah perusahaan  atau brand baru dengan lingkup pembuatan desain logo, packaging, maskot, company profile dan kebutuhan branding lainnya. Seni Rupa juga bertanggung jawab pada pada visual seperti logo, tipografi, palet warna, dan gambar yang mewakili kepribadian brand-nya. Seorang seniman yang bergerak pada bidang ini harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan konseptual dan kreatif, serta hasrat untuk meneliti industri, organisasi, tren dan para pesaing.

ADVERTISING AGENCY

Jika menyukai pekerjaan yang dinamis, aktif dan kreatif, advertising agency merupakan pilihan terbaik untukmu. Biasanya advertising agency di dominasi oleh mereka yang berjiwa muda dengan segudang ide kreatif untuk menjawab kebutuhan periklanan klien-nya. Kemampuan seni rupa juga sangat dibutuhkan pada industri ini karena tampilan visual merupakan salah satu kunci utama dari periklanan. Pemikiran segar dan kreatifmu juga dibutuhkan untuk menciptakan iklan dan kampanye yang bermakna. Di Ibukota sendiri bertebaran sejumlah advertising agency yang mampu menampung bakat dan kemampuanmu seperti Y&R Indonesia, Leo Burnett Indonesia dan Ogilvy Indonesia.

BRANDING AGENCY

Kamu juga dapat bekerja di branding agency karena dibutuhkan tampilan visual yang sesuai sebagai identitas dan representatif perusahaan. Pada industri ini biasanya banyak membuat marketing kit, mendesain logo, brand identity manual guide dan tampilan visual lainnya. Selain memiliki kemampuan mendesain, bekerja di perusahaan branding juga akan dibekali dengan pemahaman konsep dan strategi branding serta pemasaran terpadu yang sangat berguna di branding agency.

ART DIRECTOR

Art director dapat memiliki makna berbeda, tergantung organisasi tempatnya bekerja. Secara garis besar, profesi ini bertugas mengatur tim desainer yang bekerja untuk proyek kreatif. Seorang art director harus bisa berperan sebagai pemimpin yang dapat menginspirasi dan menjadi pedoman dari visi yang telah dirancang bersama dengan tim desain. Seorang art director bertanggung jawab atas keseluruhan tampilan visual agar bisa persuasif sehingga mampu dianggap menarik oleh sasaran atau target audiens. Peran seorang art director tak terbatas jika berbicara mengenai segi visual ini. Mereka harus mampu menjadi pedoman bagi audiens melalui informasi yang disampaikan, baik melalui kata-kata yang  mengandung gambar, atau menciptakan struktur dan penekanan melalui tata letak dan tipografi. Selain tugas utama tersebut, art director juga mempunyai peran manajemen, seperti menyampaikan kritik akan pekerjaan desainer, bekerja di bawah budget dan deadline ketat.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Seni Rupa?

Jurusan Seni Rupa mempelajari desain berbagai media analog maupun digital untuk kebutuhan usaha atau industri kreatif di berbagai bidang.

Apakah prospek kerja untuk para lulusannya?

Ilustrator, Perancang Grafis, Kurator, Tenaga Pengajar, Kartunis, Webtoonist dan masih banyak lagi.

Apa pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan di jurusan ini?

Kemampuan berpikir kritis dan analitis, Kemampuan mengekspresikan perasaan melalui seni, Kemampuan mengorganisir kegiatan seni rupa, Kemampuan menyajikan karya seni, Kemampuan bekerja secara individu dan tim, Kreatif dan Artistik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *