Profesi Ilustrator

Profesi Illustrator_626 x 626 px

Gaji Ilustrator

Rp. 4Jt - Rp. 8Jt / Bulan

Pendidikan Ilustrator

D3/S1 Desain Komunikasi Visual

Sertifikasi Ilustrator

Graphic Design Certification

Deskripsi Ilustrator

Deskripsi Ilustrator

Profesi Ilustrator sebagai seniman yang berprofesi khusus dibidang seni rupa umumnya sebagai pencipta gambar ilustrasi demi memperjelas maksud tulisan tertentu. Seorang ilustrator bekerja untuk membuat gambar statis berupa ilustrasi untuk digunakan dalam iklan, buku, majalah, kemasan produk, kartu ucapan, komik, ataupun surat kabar. Ia juga dapat melakukan pekerjaan komersial untuk perusahaan, misalnya bekerja pada penerbit dan biro iklan untuk menggambar, mewarnai, dan membuat desain baru. Karyanya dapat mencakup ilustrasi buku, novel grafis dan logo perusahaan.

Setiap ilustrator memiliki gaya berbeda dari sudut pandang penggambaran yang dihasilkan, juga berbeda-beda pula dari alat yang digunakan, mulai dari pensil͵ pulpen, spidol, hingga perangkat komputer, atau bisa pula dengan mengkombinasikan berbagai alat tersebut. Seorang ilustrator harus mempunyai banyak ide dalam desain dan memahami persepi dari klien untuk dapat menyampaikan sebuah pesan atau ide melalui gambar.

Antara desain grafis dan illustrator keduanya sama-sama menghasilkan karya visual, yang membedakannya adalah desain grafis bergulat dengan sturktur desain dan illustrator lebih banyak pada menggambar. Saat mempertimbangkan kedua karier tersebut, pilihlah menurut keahlian dan minatmu. Jika kamu suka membuat situs web, coding dan pekerjaan yang berorientasi detail, desain grafis mungkin cocok untukmu. Jika kamu lebih suka menggambar, membuat konsep, membuat logo, ilustrasi lebih sesuai untukmu.

Peran dan Tanggung Jawab Ilustrator

  • Melakukan komunikasi dengan klien untuk memahami persepinya dan dapat menyampaikan sebuah pesan atau ide yang sesuai
  • Brainstorming dan mengeluarkan ide-ide
  • Menerjemahkan pesan, ide, maupun cerita dalam bentuk visual yang menarik. Seorang ilustrator harus memiliki kemampuan visualisasi yang amat baik agar mampu menuangkan permintaan klien atau imajinasinya ke dalam bentuk ilustrasi
  • Mendesain sebuah karya ilustrasi yang akan ditampilkan di buku pustaka, iklan, website, majalah, koran, komik, kemasan produk, atau lainnya
  • Melakukan koordinasi dengan tim produksi untuk memastikan kualitas karya ilustrasi yang akan ditampilkan.
  • Mengikuti jadwal untuk memenuhi tenggat waktu
  • Bekerja dengan percetakan atau lainnya untuk memastikan kualitas produk akhir
  •  

Keterampilan dan Pengetahuan Ilustrator

  • Kemampuan utama yang harus dimiliki seorang ilustrator adalah kreativitas menerjemahkan sebuah pesan, ide, atau cerita ke dalam bentuk ilustrasi yang menarik
  • Tak hanya itu, ia juga harus memiliki kemampuan visualisasi yang baik agar mampu menuangkan permintaan klien atau imajinasinya ke dalam bentuk ilustrasi yang baru
  • Untuk memiliki kemampuan visualisasi yang baik, seorang illustrator sebaiknya telah terbiasa menggambar
  • Penguasaan komputer beserta aplikasi-aplikasinya juga menjadi modal penting bagi seorang illustrator karena saat ini pekerjaannya banyak mengandalkan aplikasi dan komputer.
  • Seorang ilustrator juga dituntut untuk memiliki pengetahuan di bidang seni yang cukup baik

Kepribadian Ilustrator

  • Berpikir Kritis, dengan menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani
  • Aktif Mendengarkan, memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat
  • Komunikasi, Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif
  • Kreatif, dan memiliki pemikiran yang out of the box
  • Orisinalitas, Kemampuan mendatangkan ide-ide yang tidak biasa atau ide cemerlang terhadap topik atau situasi yang diberikan, atau untuk mengembangkan cara-cara kreatif dalam memecahkan masalah.
Profesi Illustrator_626 x 626 px

Cara Menjadi Ilustrator

1.  Pendidikan Strata 1

Pendidikan Strata 1 Desain Komunikasi Visual merupakan langkah awal untuk menjadi seorang ilustrator. Pendidikan ini ditempuh selama 4 tahun, di masa perkuliahannya kamu akan mempelajari beberapa software yang berhubungan dengan desain grafis seperti, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe Premier, CorelDraw, SketchUp, dan lain-lain. Selain Desain Komunikasi Visual kamu dapat mengambil jurusan seni rupa, juga berbagai jurusan yang masih relevan dengan jurusan kesenian.

Info lengkap mengenai jurusan Desain Komunikasi Visual dapat dilihat di Jurusan Desain Komunikasi Visual

 

2. Graphic Design Certification

Mengambil beberapa sertifikasi yang akan memudahkanmu untuk menekuni profesi ini, diantaranya Digital Media Design sertifikat akan didapat dengan mempelajari media arts. Mereka yang mengambil program ini akan mahir dalam penggunaan digital imaging dan alat media produksi seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Adobe InDesign.

Prospek Kerja Ilustrator

Peluang kerja sebagai Ilustrator akan selalu terbuka, karena:

1. Kian Berkembangnya Industri Kreatif di Indonesia

Pamor profesi ilustrator makin hari semakin membaik. Apalagi di era digital seperti sekarang, ilustrator kian memiliki posisi penting di industri kreatif. Badan Ekonomi Kreatif Indonesia sendiri mengemukakan bahwa Ekonomi Kreatif (Ekraf) adalah paradigma ekonomi baru yang mengandalkan gagasan, ide, atau kreativititas dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.

2. Kian Berkembangnya Industri Kreatif di Pasar Global

Pertumbuhan industri kreatif berkembang sangat pesat seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat pula. UNCTAD memaparkan bahwa nilai global produk dan jasa kreatif di dunia tahun 2015 mencapai $509 miliar, naik drastis dibandingkan tahun 2002 yang hanya mencapai $208 miliar. Ilustrator bisa bekerja di berbagai bidang industri namun yang paling umum adalah di industri kreatif dan industri media. Selain mahir gambar, seorang ilustrator harus bisa menerjemahkan keinginan klien dalam bentuk visual supaya pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Dimana Ilustrator Bekerja

1. Advertising Agency

Meniti karier sebagai seorang ilustrator dapat dimulai dengan membuat portofolio ilustrasi yang sudah kamu buat. Kamu bisa memulai karir dengan bergabung di perusahaan periklanan maupun media massa pada bagian grafis, creative atau bahkan marketing. Ilustrator yang ditempatkan pada divisi grafis biasanya terbagi menjadi artist, designer dan engineer, edufriends.

2. Media Masa

Seorang ilustrator bekerja untuk membuat gambar statis berupa ilustrasi untuk digunakan dalam iklan, buku, majalah, kemasan produk, kartu ucapan, komik, ataupun surat kabar harus mempunyai banyak ide dalam desain dan memahami persepi dari klien untuk dapat menyampaikan sebuah pesan atau ide melalui gambar.

 

3. Pekerja Lepas

Membuka jasa ilustrasi sendiri sangat memungkinkan di era digital ini. Dengan kemampuan dan relasi yang dibangun, bukan tidak mungkin kamu atau tim yang kamu pimpin akan menangani berbagai proyek besar seperti penerbitan buku, branding merk, iklan, dan sebagainya. Biasanya pekerja paruh waktu akan bekerjasama dengan tim desain dalam perusahaan tertentu melalui email, pertemuan hanya dilakukan untuk membahas tenggat waktu dan upaya koordinasi, dibandingkan mengikuti rapat tim dan bekerja di kantor.

4. Staff Redaksi dan Ilustrasi Buku

Satu dari pemasaran yang biasanya menjadi pokok pemikiran ketika berdiskusi tentang ilustrasi, pekerjaan staff redaksi mungkin selesai untuk koran, majalah atau blog. Ketika banyak perusahaan menggunakan persediaan seni untuk kepentingan mereka, perusahaan penerbitan seperti The New Yorker memperbaharui kepemilikan ilustrasi yang mereka punya, yang diselesaikan oleh pekerja paruh waktu. Hal yang sama berlaku untuk sampul buku dan ilustrasi dalam rumah. Desainer grafis melakukan perancangan, tetapi seorang ilustrator terkadang dipanggil untuk menggambar, mewarnai dan lainnya.

5. Industri Mainan

Hal ini biasanya digunakan untuk industri mainan, desain pakaian, seni pertunjukkan dan berbagai desain produk. Ilustrator terkadang terikat untuk menciptakan beberapa konsep dan desain karakter untuk beberapa perusahaan, diantaranya perusahaan mainan, perusahaan kartu ucapan, berbagai perusahaan pertunjukkan dan firma lainnya.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Apa pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi Ilustrator?

Kemampuan berpikir kreatif, Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan visualisasi, Kemampuan menggambar, Kemampuan menggunakan software grafis, Pemahaman nirmana.

Apa perbedaan antara desain grafis dan ilustrator?

Antara desain grafis dan illustrator keduanya sama-sama menghasilkan karya visual, tapi yang membuat mereka berbeda adalah desain grafis bergulat dalam sturktur desain dan illustrator lebih banyak menggambar.

Berapa kisaran gaji yang didapatkan oleh seorang ilustrator?

Gaji Ilustrator berkisar mulai dari Rp. 3.500.000 hingga Rp. 7.700.000 per bulan atau lebih sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kompetensi, dan pengalaman yang dimilikinya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *