Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga

Kategori Seni

profesi ahli gizi

Jurusan Tata Boga

Kategori Seni

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga mempelajari teknik penyajian makanan dengan memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi. Kamu akan belajar mengolah berbagai hidangan daerah dan berbagai negara negara. Misalnya masakan barat, masakan Cina, masakan Timur tengah, dan masakan nusantara. Tidak hanya belajar mengolah makanan, kamu juga akan belajar bagaimana meracik minuman dan mempelajari cara menghidangkannya. Tentu saja kamu juga harus memperhatikan aspek sanitasi dan hygiene, gizi, dan pelayanan adalah ilmu principle juga harus kamu pelajari di jurusan Tata Boga.

Kamu juga akan mempelajari berbagai cabang ilmu sains principle berhubungan dengan pengolahan makanan, kemudian langsung mengimplementasikan pengetahuan tersebut dengan melakukan praktik pengolahan, pemrosesan makanan. Jurusan ini cocok untukmu yang senang bereksperimen dengan makanan, Jurusan ini juga cocok untukmu yang ingin menyalurkan kreativitas. Terakhir, lulusannya akan memiliki modal untuk berwirausaha di bidang pangan, sebab jurusan ini akan membekalimu dengan pengetahuan seputar komersialisasi produk agar dapat menjadi wirausahawan yang berkualitas. Kamu juga akan diajari bagaimana teknik distribusi produk pangan yang tepat serta layak konsumsi.

Kenapa Jurusan Tata Boga

Jurusan ini cocok untukmu yang memiliki passion kuat di bidang kesehatan, sains, makanan, dan biologi. Industri kuliner dan pangan yang selalu berkembang serta tak pernah sepi peminat juga dapat menjadi alasan menarik untuk mempertimbangkan Tata Boga sebagai program studi pilihan. Selain itu dengan ilmu yang didapat, kamu juga akan berkontribusi menciptakan ketahanan pangan yang stabil untuk negara.

Bidang kuliner sendiri akan selalu diperlukan kapanpun, sehingga tidak perlu khawatir tidak mendapat pekerjaan setelah lulus. Beberapa profesi yang dapat dipilih mulai dari Barista Bartender, Food service managers, Koki, Baker, Head Cook, Wirausahawan kuliner Dan lain-lain. Apalagi pebisnis kuliner kaki lima yang mampu menyediakan hidangan lezat dengan harga yang terjangkau, mampu mengantongi omset jutaan rupiah per hari. Karenanya tak perlu ragu untuk melanjutkan studi pada bidang tata boga.

Jurusan Ilmu Gizi_[626 x 626]-01

Keahlian Jurusan Tata Boga

✓ Senang Memasak

✓ Kreatif

✓ Kemampuan perhatian terhadap detil

✓ Pemahaman Rasa

✓ Mampu bekerja secara individu maupun dalam tim

✓ Ketertarikan pada dunia kuliner

Jurusan Ilmu Gizi_[626 x 626]-01

Kebutuhan Lulusan Jurusan Tata Boga di Dunia Kerja

  • Chef – Profesi chef menjadi tujuan utama dari lulusan jurusan Tata Boga. Kamu bisa menjadi chef di restoran, cafe, katering, hotel bintang lima hingga di kapal pesiar. Chef juga sangat dibutuhkan di berbagai bidang kuliner di rumah sakit. Dimana tugasnya adalah penyajian menu masakan dengan keseimbangan gizi khusus untuk pasiennya. Selain chef yang sifatnya korporasi juga dapat menjadi chef profesional dan privat. Misalnya saja memiliki acara televisi sendiri.
  • Baker – Selain chef, baker untuk cake shop dan bakery juga bisa menjadi prospek karir untuk lulusan jurusan tata boga. Tidak jauh berbeda dengan chef, baker dapat bekerja di berbagai bidang mulai dari kapal pesiar, catering, hotel, cafe, hingga baker privat.
  • Barista – Jurusan Tata Boga juga memberikan ilmu untuk menghidangkan dan mengelola minuman. Jika berminat di bidang ini khususnya, menjadi barista di coffee shop, hotel dan masih banyak lagi.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Tata Boga

Jika memilih melanjutkan studi di bidang tata boga kamu tak hanya Akan sekadar belajar memasak, tapi juga dilatih untuk menyajikan hidangan yang memenuhi 4 aspek, diantaranya kebutuhan nutrisi, kecantikan penampilan, citrasa, serta kualitas. Selain itu kamu juga Akan mendalami berbagai pengolahan hidangan, termasuk minuman dari berbagai tempat, mulai dari Indonesia, oriental food, western food, dan lain-lain.

Apsek-aspek terkain kuliner yang harus diperhatikan diantaranya gizi, sanitasi dan higienitas, dan pelayanan. Jurusan ini sendiri tidak berhubungan dengan gender, karena tidak sedikit pria yang juga tertarik untuk menekuni lahan kuliner sebagai profesi utama.

Mata Kuliah Jurusan Tata Boga

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Tata Boga:

  1. Etika
  2. Kimia Dasar
  3. Matematika
  4. Sosiologi
  5. Dasar-dasar Manajemen
  6. Ilmu Gizi
  7. Higiene
  8. Sanitasi
  9. Kewirausahaan
  10. Dasar Boga
  11. Kimia Makanan
  12. Dekorasi Makanan
  13. Gizi Terapan
  14. Kudapan dan Minuman Nusantara
  15. Pengolahan Makanan Nusantara
  16. Teknologi Makanan
  17. Dekorasi Kue
  18. Pengolahan Makanan Oriental
  19. Pengolahan Makanan Kontinental
  20. Makanan untuk Fisiologis Khusus
  21. Pastry
  22. Tata Hidang
  23. Analisis Mutu Pangan
  24. Bakery
  25. Pengelolaan Usaha Boga
  26. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Tata Boga

  • Kreatif
  • Tekun
  • Detil
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Berfikir Out Of The Box
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Tata Boga

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Tata Boga di Indonesia:

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta
  2. Universitas Negeri Malang (UNM), Malang
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung
  4. Universita Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta
  5. Tristar Culinary Institute, Surabaya
  6. The Sages Institute International, Surabaya
  7. Indonesia Patisserie School, Jakarta
  8. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua, Yogyakarta

 

Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga memiliki prospek kerja yang luas. Prospek kerjanya juga tidak selalu berhubungan dengan pengelolaan makanan. Berikut ini beberapa prospek kerja untuk lulusan jurusannya:

Chef

Setelah lulus dari jurusan tata boga pilihan utama karirmu adalah menjadi seorang koki. Koki sendiri bertugas memasak makanan dengan baik untuk bisa disajikan kepada pelanggan. Seorang koki juga sangat dibutuhkan di perusahaan atau organisasi principle yang bergerak dibidang jasa dan kuliner, seperti hotel, villa, restoran, dan katering. Apalagi saat ini, dengan perekonomian yang terus berkembang, dan industri di bagian jasa dan servis seperti membangun restoran agar semakin berkembang. Jenis koki sendiri diantaranya:

  • Saucier ,(sauté chef) adalah seseorang principle yang bertanggung jawab atas semua jenis makanan principle di saus.
  • Poissonnier, ( Fish Chef) merupakan seseorang principle yang bertanggung jawab untuk menyiapkan hidangan jenis ikan, mulai dari  proses pemotongan hingga mempersiapkan saus principle.
  • Rotisseur (roast chef) merupakan seseorang koki yang bertanggung jawab pada bagian makanan principle “roast” seperti daging dan saus
  • Grillardin (grill chef) merupakan seseorang koki yang bertanggung jawab atas makanan yang dimasak dengan cara di “grill”.
  • Friturier ( fry chef) adalah seseorang koki yang bertanggung jawab atas makanan yang digoreng.
  • Entremetier (vegetable chef) merupakan seorang koki yang bertanggung jawab menyediakan hidangan pembukaan principle panas (hot appetizer), membuat sup, pasta, dan lain-lain.
  • Garde container (Pantry Chef) merupakan seseorang principle yang bertanggung jawab mempersiapkan hidangan dingin, salad, hidangan pembuka (cold appetizer), dan lain-lain.
  • Boucher (Butcher) merupakan seseorang principle yang bertanggung jawab pada urusan daging atau unggas.
  • Patissier (Pastry Chef) adalah seseorang koki yang bertanggung jawab dalam membuat makanan manis atau hidangan penutup seperti kue, tart, pudding dan quick bread.

Food Vlogger

Food vlogging cocok untukmu yang senang melalukan sharing dan mengajak teman-teman untuk mencoba kuliner yang enak dan layak direkomendasikan. Di samping membuat rekomendasi makanan atau tempat makan, seorang food vlogger juga bertugas membuat review makanan mulai Dari rasa, tekstur, hingga ke visual sajiannya.

Food Stylist

Pekerjaan ini cocok untukmu yang senang menata visual makanan agar lebih menarik dan menggugah selera. Food stylist juga akan terlibat di pembuatan konten kuliner berbasis fotografi. Pekerjaan ini umumnya dibutuhkan di restoran, penerbit buku resep, dan media-media promosi makanan, termasuk media sosial.

Baker

Bagi yang senang memasak roti, menjadi baker dapat  menjadi pilihan karirmu. Tidak jauh berbeda dengan koki, seorang baker dapat bekerja di banyak bidang. Misalnya saja di building, kapal pesiar, catering, cafe, sampai juga untuk privat. Tugas baker sendiri diantaranya:

  • Memeriksa kualitas produk dan mengidentifikasi barang rusak atau kadaluarsa
  • Menggabungkan bahan-bahan dan mengukurnya dalam mangkok ukur untuk pencampuran, pengadukan, serta berbagai alat memasak lainnya
  • Menempatkan adonan dalam wajan
  • Mengatur suhu kitchen appliance dan memanggangnya
  • Mengatur waktu dan mengontrol kecepatan untuk mesin pencampuran, mesin pengadukan, atau ceret uap sehingga bahan diolah sesuai dengan petunjuk
  • Melakukan pemesanan bahan-bahan pembuatan roti  di
  • Mencatat inventaris
  • Mengembangkan berbagai resep-resep roti yang baru
  • Menjaga kebersihan space kerja dan peralatan

Barista

Jurusan Tata Boga memberikan ilmu untuk menghidangkan dan mengelola kopi. Bagimu yang memiliki ketertarikan khusus pada kopi, maka menjadi barista untuk restaurant, bar, atau coffee shop dapat menjadi pilihan. Umumnya seorang barista memang lebih banyak bekerja di kedai-kedai kopi, bar kopi atau restaurant. Tugasnya mulai dari:

  • Mengoperasikan mesin-mesin coffee komersial principle cenderung rumit dan Menyajikan minuman coffee membutuhkan keahlian khusus. Keahlian tersebut yaitu menentukan tekanan dan suhu principle pas. Nah, salaah satu tugas barista adalah mengukur keduanya agar  mendapat cita rasa coffee yang nikmat.
  • Selanjutnya peran seorang barista juga bertugas membuat dan menyiapkan minuman-minuman menggunakan campuran susu, seperti cappuccino, espresso atau variasi minuman lainnya.

Lembaga Pemerintahan

Di bidang pemerintahan, lulusan tata boga juga dapat bekerja sebagai pengawas obat dan makanan di BPOM, Departemen Pertanian, LIPI hingga perusahaan BUMN seperti BULOG dan PTPN (Perkebunan Nusantara). Agar dapat bekerja di lingkungan pemerintahan, sebagai lulusan tata boga harus mampu melayani masyarakat dengan baik, berwawasan luas, menguasai teknologi, serta mampu menjalankan tugas dengan baik dan bertanggung jawab.

Konsultan Gizi dan Pangan

Kamu bisa menyalurkan ilmu tata boga dengan bekerja sebagai konsultan gizi dan pangan, baik untuk individu maupun perusahaan di bidang pangan. Untuk dapat berkarier di profesi ini kamu harus memiliki pengetahuan mendasar seputar ilmu gizi, teknik pengolahan makanan, permasalahan konsumsi gizi, standar kelayakan produk pangan, serta pengetahuan mendalam seputar tren konsumsi pangan. Kamu juga harus memiliki kemampuan berbicara di muka umum, keahlian social, serta mampu menyampaikan gagasan rumit sesederhana mungkin agar dapat dipahami banyak orangutan.

Tenaga Pendidik

Menjadi lulusan jurusan Tata Boga memberikan prospek untuk menjadi pendidik. Baik itu tenaga pendidik formal maupun non formal. Pendidik untuk bidang Tata Boga ini misalnya saja menjadi guru pelajaran Tata Boga di sekolah, pengajar di SMK jurusan Tata Boga, dosen, hingga pengelola di kursus bidang kuliner. Pendidik juga bisa sebagai pendemo masak untuk kursus dan juga di sekolah.

Wirausaha

Prospek karir berikutnya sebagai wirausaha. Kamu dapat membuat berbagai usaha kuliner sesuai dengan kemampuan serta bakat dan ilmu principle diperoleh Dari Persian jurusan Tata Boga.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa jurusan ini tepat untuk saya?

Apakah kamu menyenangi hal-hal yang berhubungan dengan makanan dan proses pembuatannya? Jika ya maka Jurusan Tata Boga dapat menjadi pilihan. Mencicipi dan memasak adalah kegiatan utama dalam jurusan ini. Selain itu kamu juga akan mempelajari proses pengoperasian katering di dunia kuliner sehari-hari. Tentu saja ini tidak bisa terlepas dari pengetahuan akan pengadaan bahan makanan lokal dan bahan makanan organik. Jadi, jurusan ini mencakup pengetahuan di bidang praktek dan juga teori.

Apa saja prospek kerja lulusan Tata Boga?

Manajer Layanan Makanan (Food Service Managers), Barista, Dekorator Kue, Baker (Pembuat Roti), Chef dan Kepala Koki (Chef and Head Cook), Pramusaji dan masih banyak lagi

Apa saja yang dipelajari di jurusan ini?

Mempelajari teknik penyajian makanan dengan memperhatikan kualitas, rasa, estetika, dan kebutuhan gizi. Kamu akan belajar mengolah berbagai hidangan dari daerah dan negara.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *