Jurusan Branding

Jurusan Branding

Kategori Sosial dan Humaniora

Jurusan Branding_[626 x 626]-01

Jurusan Branding

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Branding

Jurusan Branding mempelajari proses penciptaan produk atau elemen kasat mata dari sebuah brand yang menyampaikan karakter, komitmen dan nilai-nilai produk sebuah perusahaan agar dipahami oleh konsumen melalui aspek warna, simbol, tipologi, pemberian nama, istilah, rancangan, atau kombinasi  kesemuanya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dan pembeda yang unggul dari pesaingnya, membentuk persepsi masyarakat, membangun rasa percaya masyarakat kepada brand dan membangun rasa cinta masyarakat kepada brand. Setidaknya terdapat 4 fungsi dari Branding, diantaranya:

  • Sebagai Pembeda – Produk yang sudah memiliki brand kuat akan mudah dibedakan dengan brand merk lain
  • Promosi dan Daya Tarik – Produk dengan brand kuat menjadi daya tarik konsumen dan akan lebih mudah dipromosikan kepada masyarakat luas.
  • Membangun Citra, Keyakinan, Jaminan Kualitas, dan Prestise – Fungsi branding adalah Untuk membentuk citra sebuarh merek sehingga membuat sebuah produk mudah diingat oleh orang lain.
  • Pengendali Pasar – Brand yang kuat akan lebih mudah mengendalikan pasar karena masyarakat telah mengenal, percaya, dan mengingat brand

Kenapa Jurusan Branding

Lulusan Branding selalu dibutuhkan. Apalagi indusri kreatif dan advertising sedang berkembang dengan pesatnya akhir-akhir ini. Branding sendiri sangatlah vital untuk perusahaan. Mengingat job descnya bisa sangat mempengaruhi income suatu perusahaan. Jika kamu tertarik dengan dunia yang dinamis, memiliki karakter kreatif, dinamis, networking yang luas, aktif di social media, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, mandiri, serta vokal dan aktif dalam suatu organisasi, maka jurusan ini adalah pilihan yang tepat untukmu.

Selain itu berkuliah di jurusan ini tentu tidak akan membosankan, sebab kamu akan mengeksplorasi dunia kreatif, mulai dari mempelajari berbagai strategi kreatif periklanan dan pemasaran, merancang ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan, desain komunikasi visual, grafis dan animasi periklanan, memahami teknik kamera, melakukan recording, editing, membuat fotografi periklanan, memproduksi iklan cetak dan elektronik, copywriting, visualisasi, story board, dan mengolah semuanya menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dan lain-lain.

Jurusan Branding_[626 x 626]-01

Keahlian Jurusan Branding

✓ Kemampuan analitis konseptual dan teoritis

✓ Kemampuan menulis

✓ Kemampuan presentasi

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan negosiasi

✓ Kemampuan berpikir rasional

✓ Kemampuan melakukan observasi

Jurusan Branding_[626 x 626]-01

Kebutuhan Lulusan Jurusan Branding di Dunia Kerja

  • Marketing Analysis, Tugas seorang marketing analysis adalah mengolah, menganalisis, dan menyajikan data mengenai target pemasaran untuk keperluan klien atau perusahaan dan biasanya bekerja di perusahaan konsultan
  • Social Media Marketing, Perkembangan teknologi digital juga membuat banyaknya peluang kerja baru untuk lulusan manajemen pemasaran, salah satunya social media marketing. Seorang social media marketing bertugas memasarkan produk atau jasa menggunakan pendekatan social media
  • Digital Marketing Staff, Pekerjaan ini mirip dengan social media marketing, yaitu memasarkan produk atau jasa secara digital. Hanya saja digital marketing staff menggunakan platform digital lebih banyak lagi sebagai media pemasarannya
  • Staff Advertising , eluang atau prospek kerja manajemen pemasaran selanjutnya adalah staff advertising. Perusahaan advertising bertugas untuk merancang dan mengelola kampanye iklan suatu produk atau perusahaan agar produk perusahaan tersebut bisa dikenal banyak orang.
  • Supervisor Pemasaran, Seorang supervisor pemasaran bertugas membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, mengembangkan, serta menerapkan strategi-strategi baru yang bisa membuat pemasaran produk atau jasa lebih meningkat lagi

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Branding

Perkuliahan di Jurusan Branding akan banyak mempelajari caranya untuk mengkomunikasikan suatu brand atau merk agar dikenal oleh masyarakat, dan membentuk impresi yang membuat suatu produk lebih unggul dari produk lainnya. Di program studi Branding, kamu akan mempelajari seluruh elemen branding, mulai dari mendesain logo, membuat tagline, mendesain kemasan, jingle, pengiklanan, hingga riset ke masyarakat untuk mengetahui sejauh mana proses branding ini berhasil yang diukur dari bagaimana tanggapan masyarakat terhadap brand tersebut.

Unsur-unsur branding diantaranya adalah: Nama merek atau brand Logo (logo type, monogram, bendera), Tampilan visual (desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain sebagainya), Juru bicara (co-founder, mascot, tokoh perusahaan, orang terkenal), Suara (lagu tematik, icon bunyi/ nada) dan Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim).

Mata Kuliah Jurusan Branding

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Branding, edufriends:

  1. Marketing Management
  2. Marketing Strategy
  3. Digital Marketing
  4. Data Analysis
  5. Brand Antropology
  6. Brand Management
  7. Consumer Behaviour
  8. Research & Insight
  9. Consumer Insights
  10. Event Marketing
  11. Social Media & Word of Mouth
  12. Business Mathematics
  13. Business Communication
  14. Micro Economics
  15. Macro Economics
  16. Design Thinking
  17. Community Development
  18. Leadership
  19. Marketing Research
  20. Service Management
  21. Human Resource Management
  22. Operation Management
  23. Financial Management
  24. Lifestyle Industry
  25. Service Marketing
  26. Product Development and Service Innovation
  27. Integrated Marketing Communication
  28. Leisure Industry
  29. Sales Management
  30. Brand Activation
  31. Relationship Marketing
  32. Business Law and Ethics
  33. Strategic Management
  34. Digital Acquisition Strategy
  35. Personal Branding
  36. Branding Design
  37. Public Relation & CSR
  38. Advertising

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Branding

  • Tekun
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Branding

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Branding di Indonesia:

  1. Universitas Bina Nusantara (BINUS), Jakarta
  2. Universitas Prasetiya Mulya (PRASMUL), Jakarta
  3. London School of Public Relations (LSPR), Jakarta
  4. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  5. LaSalle College, Jakarta
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Branding

Prospek kerja jurusan Branding sangat luas dan banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan lokal dan multinasional. Tidak hanya di perusahaan, instansi pemerintahan, instansi pendidikan, bahkan tokoh individual atau kelompok pun membutuhkan branding yang baik. Selain itu, dengan kompetensi yang dimiliki, kemungkinan lulusan jurusan ini untuk menjadi entrepreneur juga sangat terbuka lebar. Kamu dapat membentuk merk dagang sendiri dan menjalankan usaha baru, edufriends. Berikut prospek kerja lainnya untuk lulusan Branding:

SALES EXECUTIVE

Mempelajari bidang pemasaran, kamu dapat menjadi seorang sales executive. Pekerjaan ini selalu dibutuhkan di setiap perusahaan karena setiap bisnis atau perusahaan pasti membutuhkan sales executive untuk memasarkan produknya. Kisaran gaji sales executive bervariasi tergantung perusahaan, namun biasanya mereka juga akan mendapat komisi atau bonus sekitar 5-10% dari setiap nilai penjualan yang berhasil didapatkan.

SOCIAL MEDIA OFFICER

Profesi Social Media Officer bertanggung jawab dalam pemasaran dan interaksi yang terjadi di media sosial, merancang dan melakukan interaksi dengan pelanggan serta calon pelanggan dengan memberikan konten-konten yang interaktif, menganalisa, melakukan pengujian, mengoptimalkan strategi, dan memantau dengan tujuan membangun kesadaran merek (Brand Awareness). Sosial media yang di maintain seorang Social Media Officer diantaranya Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, YouTube dan Vine.

DIGITAL MARKETING

Profesi Digital Marketing bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produknya secara digital (online). Seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing. Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing:

  • Search Engine Optimization: Teknik digital marketing dengan memanfaatkan hasil pencarian search engine untuk pemasaran
  • Email Marketing: Teknik pemasaran dengan memanfaatkan media email untuk melakukan pemasaran.
  • Periklanan online: Teknik pemasaran dengan memanfaatkan periklanan online seperti Facebook ads, Google ads, Instagram ads, dan lain-lain
  • Video Tron, Teknik pemasaran digital dengan memanfaatkan Billboard elektronik. Iklan televisi & radio
  • Teknik digital marketing dengan cara beriklan di televisi & radio.

EVENT PLANNER

Profesi Event organizer (EO) atau yang sering juga disebut dengan event planner bertugas sebagai penyelenggara acara, menyusun suatu acara, mengkoordinasikan semua bagian yang berperan serta dan memastikan semua orang menikmati acara yang diselenggarakan. Disebut juga sebagai event planner untuk acara konvensi dan rapat perusahaan, EO melakukan segala yang diperlukan untuk memastikan sebuah acara berjalan dengan lancar, termasuk memilih lokasi, menyediakan katering, hiburan dan vendor lainnya. Event planner juga dapat mengatur akomodasi dan transportasi untuk peserta acara.

SUPERVISOR PEMASARAN

Seorang marketing supervisor bertugas membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, mengembangkan, dan menerapkan strategi terbaru untuk menjual produk. Dengan cara menganalisis banyak faktor, seorang supervisor marketing mampu mencari tahu bagaimana cara yang paling hemat untuk pembiayaan produksi, iklan, dan pada akhirnya akan menjual suatu barang. Tujuan utama dari pengawasan tersebut adalah untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan sambil untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan produk terbaik dari perusahaan.

PUBLIC RELATION

Profesi Public Realtions menjalankan fungsi-fungsi organisasi, seperti menjalin relasi dengan media, komunitas, konsumen, industri, pemerintahan. Public relations juga berperan dalam perwakilan kelompok kepentingan, mediasi konflik, serta hubungan antara karyawan dan investor. Para public relations mengatur dan melaksanakan program-program serta menjadi perwakilan organisasi dengan masyarakat. Ia mempersiapkan slide, dan presetasi-presentasi visual lainnya untuk meeting mewakili perusahaan yang bersangkutan. Seorang Public relations merancang siaran pers dan menghubungi orang-orang di media yang mungkin dapat menyiarkan materi tersebut, mulai dari radio, televisi, media online, hingga media cetak edufriends.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja Universitas yang menyediakan Jurusan Branding?

Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Prasetiya Mulya (PRASMUL), London School of Public Relations (LSPR), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan LaSalle College.

Adakah Jurusan lain yang mirip dengan Jurusan ini?

Jurusan Bisnis, dan Ilmu Managemen.

Apa saja prospek karis untuk para lulusannya?

Lulusan program studi ini dapat bekerja sebagai Brand Consultant, Advertising Promotion Specialist, Brand atau Product Manager, Customer Relation Manager, Creative Marketing Professionals, Marketing Research Specialist, Consumer Insight Specialist, Media Specialist, Marketing Consultant, Sales Management, Corporate Communication Specialist.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *