Agama Islam

Surat Al Insyirah 1-8 Beserta Keutamaan dan Cara Mengamalkannya

surat Al Insyirah
Written by Restu

Surat Al Insyirah – Al-Quran adalah kitab suci bagi semua umat Islam yang ada di dunia ini. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa bagi semua umat Islam yang ada di dunia ini, Al-quran merupakan pedoman hidup untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Di dalam Al-Quran berisi banyak sekali pedoman-pedoman hidup yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hidup yang dijalani sesuai ajaran Al-Quran membuat umat Islam terhindar larangan-Nya dan melaksanakan segala perintah-Nya.

Dalam Al-Quran ada banyak sekali cerita nabi Allah pada masa lalu. Semua cerita nabi Allah yang ada pada Al-Quran bukanlah cerita yang dusta atau kisah khayalan. Al-Quran menjelaskan banyak sekali cerita nabi Allah yang di dalam cerita atau kisah itu, kita akan mengetahui hal-hal yang diharamkan dan hal-hal yang halal. Selain itu, Al-Quran juga memberitahukan kepada umat Islam untuk memisahkan mana yang hak dengan yang batil. Dengan Al-Quran, seorang hamba muslim bisa menuju jalan yang lurus.

Melalui surat-surat Al-Quran merupakan wahyu yang turun dari Allah SWT. Ketika membaca Al-Quran dan artinya, kita sebagai umat Islam akan merasa lebih tenang sekaligus menjadi bahan renungan. Al-Quran adalah cahaya bagi semua umat Islam karena bisa menjadi obat untuk menyembuhkan penyakit jiwa yang kotor, sehingga terhindar dari dosa-dosa yang berasal dari hati.

Semua masalah kehidupan akan dijelaskan di dalam Al-Quran, mulai dari masalah yang kecil hingga masalah yang besar. Oleh karena itu, Al-Quran dijadikan sebagai pedoman sekaligus petunjuk agar bisa mencapai jalan yang diridhai oleh Allah SWT.

Salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki keistimewaan adalah surat Al-Insyirah. Dalam surat ini, umat Islam akan merasa yakin kalau setiap masalah yang sedang dihadapi pasti diberi kemudahan oleh Allah SWT, sehingga hati menjadi lebih lapang dan lebih tenang. Surat Al-Insyirah juga memiliki keutamaan dan manfaat lainnya yang berkaitan dengan kehidupan umat Islam.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan tentang surat Al-Insyirah lebih dalam, Grameds.

Membuka pintu rezeki merupakan suatu hal yang sangat diharapkan oleh umat Islam di seluruh dunia. Namun, terkadang masih ada beberapa umat Islam yang belum mengetahui cara  untuk membuka pintu rezekinya. Buku Membuka Pintu Rezeki merupakan buku yang cocok dijadikan sebagai panduan agar pintu rezeki dibukakan oleh Allah SWT. Terlebih lagi buku ini menjelaskan kunci-kunci khusus untuk membuka rezeki yang ditulis oleh para cendekiawan Indonesia.

Surat Al Insyirah 

Dalam Al Quran surat Al-Insyirah berada pada urutan surat yang ke-94 dan ada pada juz 30 atau juz terakhir dalam Al Quran. Surat ini berisi tentang petunjuk dari Allah SWT tentang kesulitan atau permasalahan yang sedang dihadapi oleh umat Islam pasti akan diikuti dengan turunnya berbagai macam kemudahan yang membuat kesulitan dan permasalah tersebut menjadi lebih mudah untuk ditemukan solusinya.

Surat Al-Insyirah termasuk surat Makiyah karena surat ini diturunkan di kota Makkah. Surat Al Insyirah diturunkan pada saat Nabi Muhammad SAW sedang melakukan hijrah dari Makkah ke Madinah. Surat ini juga sering disebut oleh banyak orang dengan sebutan surat Alam Nasyrah karena sebutan itu merupakan awalan dari surat Al Insyirah. Selain itu, surat Al-Insyirah juga disebut juga dengan surat Asy Syarh.

Dalam surat Al-Insyirah terdiri dari 8 ayat. Setiap ayat surat Al-Insyirah memiliki makna yang sangat berarti bagi kehidupan seorang hamba karena bisa membangkitkan rasa yakin dan optimis walaupun sedang menghadapi berbagai macam permasalahan atau cobaan. Setelah membaca surat Al-Insyirah, pikiran dan hati menjadi lebih tenang karena percaya bahwa Allah adalah tempat seorang hamba untuk berharap.

Selain dapat membangkitkan rasa optimis ketika sedang ada suatu masalah, surat Al-Insyirah juga memiliki kandungan manfaat berupa dapat membuat hati terasa lapang ketika membacanya setiap hari. Selain itu, dengan membaca surat Al-Insyirah, maka pintu rezeki dapat dibukakan selebar-lebarnya.

Surat Al Insyirah Ayat 1-8, Latin dan Artinya

Berikut ini surat Al-Insyirah ayat 1-8 beserta Latin dan Artinya

Ayat 1

Surat Al Insyirah a lam nasyraḥ laka ṣhadrak

Artinya:

Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Nabi Muhammad),

Ayat 2

Surat Al Insyirahwa waḍha’nā ‘anka wizrak

Artinya:

meringankan beban (tugas-tugas kenabian) darimu

Ayat 3

Surat Al Insyirahalladżī angqaḍa ẓahrak

Artinya:

yang memberatkan punggungmu,

Ayat 4

Surat Al Insyirahwa rafa’nā laka dżikrak

Artinya:

dan meninggikan (derajat)-mu (dengan selalu) menyebut-nyebut (nama)-mu?

Ayat 5

Surat Al Insyirahfa inna ma’al-‘usri yusrā

Artinya:

Maka, sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan.

Ayat 6

Surat Al Insyirahinna ma’al-‘usri yusrā

Artinya:

Sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan.

Ayat 7

Surat Al Insyirahfa idżā faraghta fanṣhab

Artinya:

Apabila engkau telah selesai (dengan suatu kebajikan), teruslah bekerja keras (untuk kebajikan yang lain)

Ayat 8

wa ilā rabbika farghab

Artinya:

dan hanya kepada Tuhanmu berharaplah!

Hidup yang kita jalani ini tidak pernah lepas dari yang namanya masalah. Setiap masalah itu harus dihadapi, tetapi terkadang permasalahan yang sedang dihadapi terasa membebani pikiran atau bahkan sulit menemukan jalan keluarnya. Buku Kumpulan Doa Dari Al Quran + As Sunnah yang Shahih Ed-Revisi Hci berisi tentang doa-doa yang dapat meringankan permasalahan yang sedang dihadapi oleh umat Islam. Setiap doa pada buku ini akan lebih baik lagi, jika diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tunggu apalagi, segera dapatkan bukunya dengan klik tombol “Beli Sekarang”.

Manfaat Keutamaan Membaca Surat Al Insyirah

Manfaat dan keutamaan membaca surat Al-Insyirah sangatlah banyak, diantaranya:

1. Dimudahkan Rezeki

Rezeki menjadi lebih mudah diperoleh ketika membaca surat Al-Insyirah secara rutin, sehingga hidup akan menjadi lebih bahagia. Dalam hal ini, rezeki yang dimaksud bukan hanya soal pendapatan saja, tetapi bisa juga kesehatan, kebahagiaan, dan sebagainya.


2. Kesulitan Akan Hilang

Hidup yang kita jalani ini pastinya ingin selalu dimudahkan atau kesulitan yang sedang dihadapi mudah ditemukan jalan keluarnya, sehingga kesulitan pun akan hilang. Membaca surat Al-Insyirah memberikan manfaat kepada seorang hamba berupa kesulitan yang sedang dijalani akan dimudahkan dan diberikan jalan keluarnya.

3. Akan Mendapatkan Kemampuan yang Istimewa

Seorang hamba muslim yang membaca surat Al-Insyirah sebanyak 200 kali pada waktu duha tiba, maka ia bisa memperoleh kemampuan yang istimewa. Tidak hanya dapat diberikan kemampuan yang istimewa saja, tetapi membaca surat Al Insyirah di waktu duha bisa membuat seorang mendapatkan rahasia-rahasia yang tidak terduga.

4. Membuat Hidup Menjadi Lebih Baik

Membaca surat Al Insyirah setelah sholat fardhu sebanyak 40 kali secara rutin dapat memberikan kehidupan yang lebih baik. Alangkah baiknya hal ini dilakukan selama 7 hari berturut-turut agar setelah itu seorang hamba menjadi terbiasa membaca surat Al Insyirah setelah sholat fardhu. Dengan kehidupan yang lebih baik, maka bisa menciptakan rasa Bahagia selama menjalani hidup di dunia ini.

5. Diberikan Kekayaan yang Melimpah

Seorang hamba dapat diberikan kekayaan yang melimpah ketika membaca surat Al Insyirah sebanyak 40 kali. Hal itu sebaiknya dilakukan setelah seorang hamba menyelesaikan shalat fardhu dan akan lebih baik lagi apabila dilakukan secara rutin. Semakin sering untuk dilakukan, maka semakin terbiasa untuk melakukannya.

6. Dimudahkan Mendapatkan Pekerjaan

Seseorang pasti sangat menginginkan untuk mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan yang ditempuhnya. Dengan membaca surat Al Insyirah setelah shalat sunak mutlak (2 rakat) dan membaca surat Al Insyirah setelah salat fardhu sebanyak huruf yang ada di dalam surat, maka keinginan seorang hamba terutama keinginan untuk mendapatkan pekerjaan bisa dimudahkan oleh Allah SWT.

Bagi umat Islam, Al Quran merupakan kitab suci, sehingga dijadikan sebagai pedoman dan petunjuk dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Alangkah baiknya Al Quran ini dibaca setiap hari dan ajarannya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Al Quran ini bisa dibaca kapan saja, bahkan lebih baik lagi kalau membaca Al Quran sudah diajarkan kepada anak sejak kecil. Buku Seri Aku Bisa Membaca Al Quran Kapan Saja berisi tentang berbagai macam kisah yang penuh makna, sehingga sangat pas untuk dijadikan panduan agar si buah hati senang membaca Al Quran.

7. Dilapangkan Hatinya

Surat Al Insyirah memiliki manfaat berupa hati seorang hamba bisa diberi kelapangan ketika sedang menghadapi suatu masalah atau kesulitan. Dengan hati yang lapang akan membuat hidup menjadi lebih tenang dan hati pun menjadi senang. Selain itu, membaca surat Al Insyirah dapat menghilangkan rasa malas yang ada di dalam diri terutama rasa malas untuk bekerja, sehingga membuat hidup yang dijalani menjadi lebih semangat.

8. Permohonan Menjadi Mudah Terkabul

Ketika seseorang melakukan permohonan kepada Allah SWT biasanya berharap agar permohonan itu terkabul. Membaca surat Al Insyirah secara rutin dapat membuat permohonan seorang hamba kepada Allah SWT menjadi mudah terkabul. Permohonan yang terkabul bisa membuat hati menjadi lebih tenang dan damai, sehingga kehidupan yang dijalani pun penuh dengan ketentraman.

9. Menghilangkan Rasa Malas

Manfaat keutamaan dari surat Al Insyirah berikutnya adalah menghilangkan rasa malas. Dalam hidup yang kita jalani ini sebisa mungkin rasa malas yang ada di dalam diri kita dihilangkan terutama rasa malas untuk beribadah dan bekerja. Jika rasa malas beribadah sudah dihilangkan, maka seorang hamba akan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT, sehingga segala sesuatu kesulitan yang sedang dihadapi akan diberikan kemudahan.

10. Dimudahkan Segala Urusannya

Ketika seorang hamba membaca surat Al Insyirah setelah sholat fardhu secara rutin, maka segala urusannya yang ada di dunia ini akan diberikan kemudahan dan kelancaran, sehingga hidup yang dijalani akan menjadi lebih damai dan tentram.

Setiap manfaat keutamaan Al Insyirah bisa membuat kehidupan yang dijalani menjadi lebih tenang, damai, dan tentram karena permasalahan hidup akan diberi kemudahannya. Oleh sebab itu, mulailah dari sekarang untuk terbiasa membaca surat Al Insyirah dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap umat Islam dianjurkan untuk selalu berpikir positif agar pikiran menjadi tenang dan hati pun terhindar dari hal-hal yang buruk. Ternyata berpikir positif itu ada seninya terutama bagi umat Islam berpikir positif juga sudah terkandung di dalam Al Quran dan Hadits. Seperti yang dijelaskan dalam buku Berpikir Positif Dengan Al Quran & Al Hadits Itu Ada Seninya, pembaca akan menemukan berbagai macam cara agar bisa berpikir positif dalam menghadapi suatu hal, sehingga bisa terbebas dari hal-hal buruk.

Setiap umat Islam yang ada di dunia ini pastinya sangat ingin untuk memiliki hidup bahagia. Ternyata, untuk hidup bahagia itu sudah ada resep atau caranya. Resep hidup bahagia bisa kamu temukan pada buku Resep Hidup Bahagia Menurut Al Quran. Dengan buku ini, pembaca akan diarahkan agar bisa mendapatkan jalan kebahagiaan yang sesuai dengan pedoman Al Quran. Selain itu, kamu juga akan diajarkan untuk mempraktikan resep meraih kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, segera dapatkan buku ini dengan klik tombol “Beli Sekarang”.

Kandungan Surat Al Insyirah

Kandungan yang ada di dalam surat Al Insyirah ada lima, diantaranya:

  1. Allah SWT melapangkan hati Nabi Muhammad SAW yang pada saat itu sedang berusaha dengan penuh perjuangan untuk menyebarkan atau mensyiarkan agama Islam yang penuh dengan kesulitan dan hambatan. Melalui surat Al Insyirah menjelaskan bahwa Allah SWT selain memberikan kelapangan dada kepada Nabi Muhammad SAW, juga memberikan sifat kenabian dan keutamaan dalam menjaga kesucian. Melalui surat Al Insyirah, umat Islam juga akan merasa lebih lapang dalam menjalani kesulitan hidup ini.
  2. Dalam surat Al Insyirah memberikan penjelasan bahwa Allah SWT akan menghilangkan kesulitan yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW ketika menjalankan perintah-Nya serta menggantikan semua kesulitan itu dengan suatu kenikmatan dan kemudahan.
  3. Melalui surat ini, dijelaskan bahwa Allah SWT setiap ada kesulitan yang sedang menimpa hambanya pasti akan selalu dibarengi dengan kemudahan. Hal ini seperti yang digambarkan pada masa itu bahwa Nabi Muhammad SAW sedang mendapatkan perlawanan dari kaum musyrikin.
  4. Surat Al Insyirah mengajarkan sekaligus mengingatkan kita sebagai hamba Allah SWT untuk selalu mengerjakan ibadah salat dan selalu meminta permohonan kepada Allah SWT dan selalu mengharapkan ridho dari Allah SWT.
  5. Dalam surat Al Insyirah, seorang hamba juga diingatkan untuk selalu berusaha yang diikuti dengan tawakal agar semua hal yang diinginkan dapat tercapai dan kesulitan yang sedang dihadapi mendapatkan kemudahan.

Cara Mengamalkan Surat Al Insyirah

Dikutip dari beberapa sumber terdapat beberapa cara mengamalkan surat Al Insyirah, antara lain:

  1. Dibaca setiap malam (1000 kali) yang dibarengi dengan membaca shalawat (11 kali).
  2. Surat Al Insyirah dibaca setelah melakukan salat hajat sebanyak 152 kali dengan dibarengi membaca salawat (11 kali).
  3. Surat Al Insyirah dibaca setelah selesai melakukan shalat fardhu sebanyak 40 kali dengan tambahan membaca shalawat Nabi dengan minimal 11 kali.
  4. Surat Al Insyirah dapat dibaca setelah selesai melakukan salat duha sebanya 200 kali.

Al Quran merupakan pedoman sekaligus petunjuk bagi seluruh umat Islam agar bisa menuju jalan yang lurus. Selain itu, Al Quran merupakan cahaya bagi kehidupan umat Islam. Dengan adanya Al Quran, maka jalan hidup yang dijalani oleh umat Islam menjadi lebih terarah dan terhindar dari hal-hal buruk duniawi. Buku Menyinari Kehidupan dengan Cahaya Al Quran ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, sehingga sangat pas untuk dijadikan bacaan sehari-hari.

Kesimpulan

Surat Al Insyirah merupakan salah satu surat yang berisi tentang kelapangan hati seseorang ketika sedang menghadapi suatu kesulitan atau permasalahan. Dengan surat Al Insyirah, seorang hamba diingatkan bahwa setiap kesulitan yang sedang dihadapi akan ketemu jalan keluarnya dengan cara selalu berusaha dan tawakal.

Oleh karena itu, surat Al Insyirah, juga menerangkan bahwa sebagai umat Islam, tidak boleh bermalas-malasan terutama dalam menjalankan ibadah salat. Selain itu, surat Al Insyirah juga menjelaskan bahwa hanya kepada Allah SWT, seorang hamba dapat berharap. Demikian pembahasan surat Al Insyirah, semoga semua pembahasan di atas dapat bermanfaat untuk kita semua.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien