Bahasa Indonesia Desain Kuliah

Pengertian Montase, Fungsi, Cara Membuat, dan Perbedaannya dengan Kolase

montase
Written by M. Hardi

Montase – Hampir semua orang pastinya menyukai yang namanya kreasi seni. Hanya saja, antara individu yang satu dengan individu lainnya tak selalu menyukai kreasi seni yang sama. Memperkenalkan kreasi seni kepada anak sangatlah baik karena bisa meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi dari seorang anak.

Salah satu kreasi seni yang pas untuk diperkenalkan kepada anak adalah montase. Ketika mendengar nama montase saja, bagi sebagian orang mungkin terlihat asing. Jika kamu salah satu orang yang belum mengetahui apa itu montase, tak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas lebih jauh tentang montase. Jadi, simak ulasan ini sampai habis, Grameds.

Pengertian Montase

montase

Sumber: Pixabay

Montase adalah suatu kreasi seni aplikasi yang dibuat dari tempelan guntingan gambar atau guntingan foot di atas bidang dasaran gambar. Pengertian Montase menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) montase adalah komposisi gambar yang dihasilkan dari pencampuran unsur beberapa sumber. Pengertian lain dalam KBBI juga menjelaskan bahwa montase adalah gambar berurutan yang dihasilkan dalam film untuk melukiskan gagasan yang berkaitan.

Menurut buku “Referensi Gambar Mewarnai, Kolase, Montase, Mozaik dan Aplikasi“. Karya Montase sendiri dibuat dengan cara menempelkan berbagai gambar yang sudah jadi yang mana gambar tersebut sudah ada pada majalah, koran, kalender, media online dan lain sebagainya.

https://www.gramedia.com/products/keterampilan-montase?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/keterampilan-montase?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Lalu, gambar tersebut digunting dan bisa disusun ulang untuk menjadi bentuk gambar baru pada sebuah buku atau semacamnya. Pada perkembangannya, montase hanya sebatas karya dua dimensi, tetapi sekarang telah menambah pada karya tiga dimensi. Montase sendiri berasal dari bahasa Inggris (montage) yang berarti menempel.

Teknik-Teknik Montase

montase

Sumber: Pixabay

Dikutip dari buku “Montase dan Pembelajaran” karya Nurul Aini S.Pd. dan kawan kawan, teknik montase dibedakan menjadi dua, yakni montase teknik foto dan montase teknik tempel manual. Berikut teknik dari montase, yaitu:

1. Montase Teknik Foto

Montase foto adalah foto yang terbuat dari tempelan-tempelan atau kompilasi beberapa foto lain. Biasanya, montase terbilang sederhana, misalnya dimulai dengan menempelkan foto seorang manusia pada sebuah foto pemandangan.

2. Montase Teknik Tempel Manual

Pada teknik tempel manual ini, yaitu teknik dengan menempelkan potongan-potongan gambar dari berbagai sumber pada sebuah bidang untuk menampilkan suatu pesan atau tema tertentu.

Pada teknik ini, tidak hanya menekankan pada tema yang ingin disampaikan saja, tetapi jenis gambar yang ditempel juga harus diperhatikan agar bisa menghasilkan harmoni dan keserasian.

Fungsi Montase

montase

Sumber: Pixabay

Montase tidak hanya bisa menjadi karya seni romantis yang bisa diberikan kepada pasangan. Adapula fungsi montase adalah untuk menyalurkan kecintaanmu pada keindahan foto atau seni kreatif. Selain itu, fungsi montase lainnya adalah menjadi wadah untuk mengekspresikan atau mengungkapkan ide-ide, gagasan, imajinasi serta pengalaman estetis dalam wujud ekspresi simbolis yang sangat pribadi.

Anda tentu bisa mengekspresikan cinta lewat seni montase. Tidak hanya itu, manfaat lain montase adalah sebagai penyalur berbagai permasalahan psikologis yang dialami seseorang. Bahkan, montase bisa menjadi sarana untuk memperoleh keseimbangan emosionalnya, sehingga mencapai ketenangan, kenyamanan dan kepuasan tersendiri.

Berikut macam-macam fungsi dari montase, yaitu:

1. Fungsi Praktis

Selain bersifat individual sebagai media ekspresi, montase juga memiliki fungsi praktis untuk menyalurkan kecintaan manusia pada keindahan dalam membuat aneka benda-benda yang indah seperti produk kerajinan tangan, jenis perabot estetik, hunian yang nyaman serta media komunikasi dan hiburan.

2. Fungsi Edukatif

Montase secara tidak langsung membantu perkembangan diri dalam diri seorang anak yang meliputi fisik, daya pikir, daya serap, emosi, cita rasa keindahan dan kreativitas. Seseorang akan lebih mudah belajar tentang sesuatu dengan cara kegiatan yang menyenangkan seperti halnya bermain.

3. Fungsi Ekspresi

Unsur-unsur seni pada karya montase seperti garis, warna, bentuk dan tekstur merupakan bahasa rupa yang digunakan untuk mengekspresikan atau mengungkapkan ide-ide, gagasan, imajinasi dan pengalaman estetis yang kemudian diungkapkan berwujud ekspresi simbolis yang sangat pribadi.

4. Fungsi Psikologis

Selain sebagai media ekspresi, montase juga bermanfaat sebagai fungsi terapeutik. Fungsi ini sebagai sarana sublimasi, relaksasi yaitu penyalur berbagai permasalahan psikologis yang dialami seseorang.

Setelah menjalani terapi diri melalui seni ini, seseorang akan memperoleh keseimbangan emosionalnya, sehingga mencapai ketenangan, kenyamanan dan kepuasan batin. Terapi melalui seni seperti montase ini tidak mementingkan nilai tingkat keindahan karya yang dihasilkan, tetapi lebih mementingkan terlaksananya proses penyembuhan traumatik dalam diri seseorang.

Cara Membuat Montase

montase

Sumber: Pixabay

Sebuah scrapbook romantis yang berisi rangkaian foto dan hiasan pengingat perjalanan cinta seseorang, seperti itulah karya seni montase. Bagi Grameds yang masih bingung, montase adalah kumpulan gambar yang dipilih, diatur dan dikaitkan dari berbagai unsur untuk menghasilkan bentuk dengan gagasan baru. Kemudian agar terlihat, tambahkan juga potongan gambar peta, tulisan timbul, kertas berisi cerita, cap bertuliskan tanggal, hingga scrabble yang menjadi hiasan di dalamnya.

Kumpulan gambar dan hiasan tersebut termasuk montase yang bisa menjadi sebuah buku kenangan kreatif yang penuh dengan makna. Sebenarnya tidak hanya lewat scrapbook, kamu juga bisa membuat montase dalam satu wadah hingga menghasilkan cerita tersendiri. Bahkan, seni montase sudah menjadi bisnis kekinian dalam bentuk 2D maupun 3D. Berikut beberapa tips dalam membuat montase sendiri yang bisa Grameds coba, antara lain.

1. Siapkan Tema

Tentunya Anda harus menyiapkan tema terlebih dahulu. Bisa juga memberikan scrapbook menggunakan teknik montase untuk mengingat perjalanan cinta kalian dengan cara yang unik dan tentunya romantis atau mungkin ingin memberikan tempelan foto dan gambar yang dipadukan ke dalam sebuah bingkai sebagai hiasan dinding.

Pilih konsep montase apa yang Anda inginkan dengan menempel banyak warna, membuatnya menjadi klasik atau justru hitam dan putih saja? Tentu hal ini juga sangat penting dalam menyiapkan tema terlebih dahulu agar hasil montase yang diinginkan tidak berantakan.

2. Siapkan Bahan dan Peralatan

Setelah mengetahui tema montase adalah sesuai dengan kesukaan kekasihmu, langsung siapkan bahan dan peralatan ya! Anda tentu butuh mencetak foto yang ingin dikreasikan menjadi satu. Kemudian, cari hiasan gambar yang akan mendukung tema montase pilihanmu.

Adapun alat dan bahannya yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Gunting
    Gunting semua sesuai ukuran dan kebutuhan dari kreasi montase itu sendiri.
  • Lem perekat
    Lem berguna sebagai peralatan dasar dari membuat montase.
  • Buku gambar atau kertas HVS untuk menempelkan gambar
  • Crayon, spidol atau pensil warna
  • Semua gambar jadi dari berbagai sumber yang akan digabungkan

3. Potonglah Gambar-gambar dari Sumber Referensi yang Ada

Langkah selanjutnya setelah kalian menentukan tema (desain gambar), gunakan gunting untuk memilih dan memotong gambar yang menarik dan cocok dari berbagai sumber yang kalian miliki. Perhatikan dan konsentrasi pada saat pemotongan gambar karena mempengaruhi kualitas gambar, potong dan kumpulkan semua objek gambar yang ingin kalian masukkan.

4. Tempel Sesuai Urutan

Saat semua bahan dan peralatan sudah siap, maka Anda bisa memulai dengan menempel gambar sesuai urutan. Ada baiknya, jika Anda memberikan nomor di balik foto atau gambar yang akan ditempel saat menciptakan karya montase agar lebih mudah untuk diselesaikan.

5. Tambahkan Warna atau Arsiran

Tentu perlu untuk menciptakan nilai keindahan dengan menambahkan warna atau corak menggunakan krayon. Warna yang digunakan, disarankan saling melengkapi, jadi pastikan warnanya tidak terlalu dominan dibanding gambar-gambar yang menjadi objek karya montase kalian.

6. Lihatlah Hasil Karya

Terakhir, karya seni montase kalian akan membentuk suatu gambar baru dan menghasilkan cerita yang baru sesuai tema yang kalian ciptakan. Pada dasarnya, teknik pembuatan karya seni montase ini tidak sulit dan yang harus kita kerjakan adalah memilih, memotong dan menempel gambar untuk menghasilkan karya baru. Meskipun begitu, tetap membutuhkan kreativitas dan inovasi untuk penentuan dan pemilihan gambar sehingga hasilnya bagus dan menarik.

Pengertian Ilustrasi

Mengenali istilah ilustrasi adalah kata yang berasal dari bahasa Belanda “illustratie” yang memiliki arti hiasan dengan gambar. Secara terminologi istilah ilustrasi adalah gambar yang berfungsi sebagai sarana untuk menjelaskan kejadian tertentu.

Dua orang ahli dalam bidang ini, Putra dan Lakoro (2012:2) menjabarkan bahwa ilustrasi menjadi tiga poin penting. Menurutnya, ilustrasi adalah digunakan untuk menerangkan cerita, tulisan, puisi dan informasi lainnya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan jenis jenis gambar ilustrasi adalah berupa gambar (foto, lukisan) untuk membantu memperjelas isi buku, karangan dan sebagainya. Selain itu, juga sebagai gambar, desain atau diagram untuk penghias (halaman sampul dan sebagainya).

https://www.gramedia.com/products/keterampilan-kolase?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/keterampilan-kolase?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

montase

Sumber: Pixabay

1. Gambar Ilustrasi Naturalis

Naturalis adalah jenis jenis gambar ilustrasi yang mempunyai warna dan bentuk yang sama dengan kenyataan di alam tanpa suatu penambahan atau pengurangan.

2. Gambar Ilustrasi Dekoratif

Dekoratif adalah jenis jenis gambar ilustrasi yang memiliki fungsi untuk menghiasi sesuatu dengan sebuah bentuk yang disederhanakan ataupun dilebih-lebihkan dengan gaya-gaya tertentu.

3. Gambar Kartun

Kartun adalah jenis-jenis gambar ilustrasi yang mempunyai bentuk lucu atau memiliki ciri khas tertentu. Pada umumnya, jenis jenis gambar ilustrasi kartun banyak menghiasi komik, cerita bergambar dan majalah anak-anak.

4. Gambar Karikatur

Karikatur adalah jenis jenis gambar ilustrasi berupa sindiran atau kritikan yang dalam penggambarannya terdapat penyimpangan proporsi tubuh. Jenis-jenis gambar ilustrasi karikatur biasanya ditemukan di koran atau majalah.

5. Cerita Bergambar

Cerita bergambar adalah jenis-jenis gambar ilustrasi sejenis gambar atau komik yang diberi teks. Jenis jenis gambar ilustrasi cerita bergambar menggunakan teknik gambar yang dibuat dengan dasar cerita dengan sudut pandang yang menarik.

6. Ilustrasi Buku Pelajaran

Buku pelajaran adalah jenis jenis gambar ilustrasi dengan fungsi guna menerangkan teks atau peristiwa baik yang ilmiah ataupun yang berupa gambar bagian. Jenis jenis gambar ilustrasi di buku pelajaran memiliki bentuk berupa gambar natural, bagan, foto.

7. Ilustrasi Khayalan

Khayalan adalah jenis jenis gambar ilustrasi dari hasil pengolahan daya cipta secara imajinatif atau khayal. Jenis-jenis gambar ilustrasi khayalan pada umumnya terdapat pada ilustrasi cerita, komik, novel, dan roman.

8. Tabel

Tabel adalah jenis-jenis gambar ilustrasi yang digunakan untuk menyajikan suatu kegiatan, data serta menganalisis data tersebut ke dalam bentuk kolom dan bisnis.

9. Pie Chart

Pie chart adalah jenis jenis gambar ilustrasi yang memiliki bentuk lingkaran atau kepingan-kepingan dengan jumlah komponen 3600.

10. Organization Chart

Organization chart adalah jenis jenis gambar ilustrasi dengan metode penyajian data berbentuk struktur organisasi berdasarkan tingkatan dan hierarki.

11. Bar Chart

Bar chart adalah jenis jenis gambar ilustrasi yang dapat digunakan untuk melihat kecenderungan data dengan berdasarkan pengamatan menurut waktu.

12. Graph Chart

Graph chart adalah jenis jenis gambar ilustrasi yang digunakan untuk menyajikan data kuantitatif dengan cara menggunakan sistem’ koordinat.

13. Combination Chart

Combination chart adalah jenis-jenis gambar ilustrasi dari kombinasi antara bar chart dan graph chart.

14. Flowchart
Flowchart adalah jenis-jenis gambar ilustrasi yang menunjukkan urutan serta hubungan antar proses beserta instruksi-instruksinya.

15. Peta

Peta adalah jenis jenis gambar ilustrasi berupa gambar atau lukisan keseluruhan atau sebagian dari permukaan bumi, baik itu darat maupun laut. Mengenal istilah ilustrasi adalah kata yang berasal dari bahasa Belanda “illustratie” yang memiliki arti hiasan dengan gambar. Secara terminologi istilah ilustrasi adalah gambar yang berfungsi sebagai sarana untuk menjelaskan kejadian tertentu.

Macam-Macam Fungsi Ilustrasi

Berikut beberapa macam-macam dari fungsi ilustrasi, antara lain:

Fungsi Deskriptif

Fungsi deskriptif ilustrasi adalah digunakan untuk menjabarkan arti dari sebuah tulisan yang panjang melalui sebuah gambar.

Fungsi Analisis

Fungsi analis ilustrasi adalah mengekspresikan secara detail bagian-bagian suatu benda.

Fungsi Analitis

Fungsi analitis ilustrasi adalah mengekspresikan secara detail bagian bagian suatu benda.

Fungsi Kualitatif

Fungsi kualitatif ilustrasi adalah pada umumnya digunakan dalam pembuatan tabel, grafik, foto, simbol, gambar, dan lain lain.

Peranan Ilustrasi

montase

Sumber: Pixabay

Ilustrasi tentu memiliki peran dalam montase, berikut peran dari ilustrasi, yaitu:

  1. Peranan ilustrasi adalah memudahkan dalam memahami suatu tulisan. Adanya ilustrasi membantu kita menemukan makna dari sebuah tulisan yang kita baca secara menyeluruh.
  2. Peranan ilustrasi adalah sarana mengekspresikan ide atau pikiran melalui sebuah gambar. Banyak diantara mereka yang gemar menggambar untuk mengekspresikan ide atau pikiran melalui sebuah gambar. Banyak diantara mereka yang gemar menggambar untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan, menyalurkan hobi, mengungkapkan curahan hati dan lain lain.
  3. Peranan ilustrasi adalah menjelaskan secara singkat sebuah tulisan atau cerita.
  4. Peranan ilustrasi adalah meningkatkan nilai estetika sebuah gambar atau tulisan. Adanya ilustrasi menjadikan seseorang lebih mudah dalam memaknai sebuah pesan yang ingin disampaikan.
  5. Ilustrasi adalah dapat digunakan untuk memberi gambaran lengkap mengenai isi sebuah karya. Salah satu contohnya adalah pada majalah atau buku. Sebuah ilustrasi adalah sangatlah bagus untuk membuat para pembaca penasaran dan membuat mereka ketagihan untuk membacanya lebih lanjut.
  6. Peranan ilustrasi adalah sarana untuk berkomunikasi. Pada umumnya sebuah gambar dapat mendeskripsikan sebuah tulisan.
  7. Peranan ilustrasi adalah menjelaskan sebuah konsep melalui gambar.

Perbedaan Kolase, Montase, dan Mozaik

Perbedaan antara kolase, montase dan mozaik berasal dari bahan yang dilampirkan. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini.

Bahan

Kolase menggunakan bahan yang berbeda jenis pada satu pola. Contohnya seperti, bahan dari alam dikombinasikan dengan bahan olahan. Montase menggunakan bahan dari beberapa gambar yang sudah jadi digabungkan menjadi karya baru, sedangkan mozaik berupa susunan kepingan dengan jenis bahan yang sama membentuk sesuatu sesuai keinginan kalian.

Hasil Akhir

Montase terdiri dari satu bahan, tetapi berasal dari banyak gambar dan hasil akhirnya menjadi satu tema. Mozaik berasal dari kepingan bahan kecil disusun untuk membentuk satu tema tertentu. Berbeda dengan montase dan kolase, mozaik adalah gambar yang terdiri dari bagian-bagian kecil. Secara tradisional, mozaik merupakan ubin kecil yang terbuat dari terakota, pecahan kaca, keramik atau marmer dan biasanya ditempelkan ke lantai dan dinding.

Dari perbedaan di atas bisa dibilang bahwa mozaik ini memiliki perbedaan dari kolase dan montase. Jadi, mozaik adalah teknik artistik yang menggunakan bagian-bagian kecil untuk membuat keseluruhan gambar atau objek. Menurut Tate Gallery, mozaik telah digunakan sebagai media dekoratif selama lebih dari lima ribu tahun.

Dari jauh, seni mozaik berkilau dengan rangkaian warna dan pola yang mengesankan. Dari dekat, seluk-beluk yang membentuk karya ini bisa terungkap, dan kamu dapat melihat berapa banyak waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk menciptakan karya seni.

https://www.gramedia.com/products/keterampilan-mozaik?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/keterampilan-mozaik?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Grameds bisa memahami lebih lanjut mengenai kolase, montase, dan mozaik dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien