Tips dan Trik

Kisi-kisi Ujian Nasional SMP

Kisi-kisi Ujian Nasional SMP 1
Written by Feby

banner e perpus

Grameds yang saat ini menduduki kelas 9, bulan April nanti akan diselenggarakan ujian nasional. Diperlukan persiapan yang ekstra dalam menghadapi ujian nasional, seperti mempelajari materi, mengerjakan latihan soal, mengikuti tryout, dan menyiapkan diri secara mental. Karena waktu tersisa beberapa bulan lagi, Grameds harus pintar membuat strategi agar belajar menjadi semakin maksimal. Sebelum memmempelajari materi UN, kamu harus mengetahui materi apa saja yang akan keluar saat ujian nasional nanti. Dengan mengetahui materi apa saja yang akan diujikan, waktu belajar kamu menjadi terarah dan tepat sesuai yang dibutuhkan. Eduteam mau membagikan kisi-kisi ujian nasional SMP dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Yuk simak sampai selesai!

Bahasa Indonesia

1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, peserta didik mampu mengidentifikasi, menentukan, dan memaknai.

Lingkup materi

  • Membaca nonsastra: Peserta didik dapat menentukan makna kata/kalimat pada teks, informasi tersurat teks dan menentukan bagian teks.
  • Membaca sastra: Peserta didik dapat menentukan maka kata dan maksa tersurat dalam cerpen dan fabel, juga menentukan bagian cerpen.
  • Menulis terbatas: Peserta didik dapat melengkapi istilah/kata dalam kalimat.
  • Menyunting kata, kalimat dan paragraf: Peserta didik dapat menunjukkan kata dan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah.
  • Menyunting ejaan dan tanda baca: Peserta didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.

2. Pada level kognitif aplikasi, peserta didik mampu menunjukkan bukti, menyimpulkan, menemukan ide, menginterpretasi, menggunakan, menyusun.

Lingkup materi

  • Membaca nonsastra: Peserta didik dapat menentukan ide pokok teks, menyimpulkan isi teks, menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks, dan meringkas isi teks.
  • Membaca sastra: Peserta didik dapat menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel, menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel, menyimpulkan sebab/akibat konflik.
  • Menulis terbatas: Peserta didik dapat menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks, melengkapi paragraf dengan kalimat, melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain).
  • Menyunting kata, kalimat dan paragraf: Peserta didik dapat menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah, dan menggunakan konjungsi dalam kalimat.
  • Menyunting ejaan dan tanda baca: Peserta didik dapat menggunakan ejaan dan tanda baca.

3. Pada level kognitif penalaran, peserta didik mampu mengevaluasi, membandingkan pola (menganalisis), menanggapi, dan memvariasi.

Lingkup materi

  • Membaca nonsastra: Peserta didik dapat membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks, menilai keunggulan/kelemahan teks, dan mengomentari isi teks.
  • Membaca sastra: Peserta didik dapat membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel, membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel, menunjukkan bukti latar dan watak tokoh dalam cerpen/tabel, mengomentari unsur intrinsik karya sastra.
  • Menulis terbatas: Peserta didik dapat memvariasikan kata dan kalimat, menulis dengan ilustrasi tertentu, dan mengubah teks ke bentuk lain.
  • Menyunting kata, kalimat dan paragraf: Peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf, menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf.
  • Menyunting ejaan dan tanda baca: Peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan, memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca, menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.

Bahasa Inggris

1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, peserta didik mampu mengidentifikasi.

Lingkup materi

  • Fungsi sosial: Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial; topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan.
  • Struktur teks: Peserta didik dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks; pandangan/maksud/pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur-unsur teks, plot, alur pikiran.
  • Unsur kebahasaan: Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini; persamaan kata, word order, artikel, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tense, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, referensi makna.

2. Pada level kognitif aplikasi, peserta didik mampu membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan.

Lingkup materi

  • Fungsi sosial: Peserta didik dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan aspek-aspek fungsi sosial; topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan.
  • Struktur teks: Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks; pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, dan alur pikiran.
  • Unsur kebahasaan: Peserta didik dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini; persamaan kata, word order, artikel, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tense, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, modal, kalimat conditional, konstruksi derivative, dan referensi makna.

3. Pada level kognitif penalaran, peserta didik mampu menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan dan menganalisis.

Lingkup materi

  • Fungsi sosial: Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi sosial; topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan.
  • Struktur teks: Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks; pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, dan alur pikiran.
  • Unsur kebahasaan: Peserta didik dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini; persamaan kata, word order, artikel, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tense, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, modal, kalimat conditional, konstruksi derivative, kalimat, frasa, ungkapan simpulan, referensi makna.

Matematika

1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, peserta didik mampu mengidentifikasi, mendeskripsikan, membuat tabulasi, menentukan, dan menyebutkan.

Lingkup materi

  • Bilangan: Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang; operasi bilangan bulat, operasi bilangan pecahan, perbandingan, operasi bilangan berpangkat, bilangan bentuk akar, pola barisan bilangan, barisan dan deret.
  • Aljabar: Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang; bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, himpunan, relasi atau fungsi, persamaan garis lurus, sistem persamaan linier dua variabel.
  • Geometri dan pengukuran: Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang; garis dan sudut, segitiga dan segiempat, teorema pythagoras, lingkaran, bangun ruang sisi datar, kesebangunan dan kekongruenan, bangun ruang sisi lengkung.
  • Statistika dan peluang: Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang; menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran, ukuran pemusatan data, titik/ruang sampel dan peluang.

2. Pada level aplikasi, peserta didik mampu mengkonstruksi, menyelesaikan masalah, menghitung, menginterpretasi, menerapkan, membandingkan, memodifikasi.

Lingkup materi

  • Bilangan: Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang; operasi bilangan bulat, operasi bilangan pecahan, perbandingan, pola barisan bilangan, barisan dan deret, aritmatika sosial.
  • Aljabar: Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang; bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, himpunan, relasi atau fungsi, persamaan garis lurus, sistem persamaan linier dua variabel.
  • Geometri dan pengukuran: Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang; segitiga dan segiempat, teorema Pythagoras, lingkaran, bangun ruang sisi datar, kesebangunan dan, kekongruenan, bangun ruang sisi lengkung.
  • Statistika dan peluang: Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang; penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran, ukuran pemusatan data, titik/ruang sampel dan peluang.

3. Pada level penalaran, peserta didik mampu menganalisis, mengevaluasi, mensintesis/mengkreasi, menafsirkan, menyimpulkan, memprediksi.

Lingkup materi

  • Bilangan: Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan; bilangan bulat, bilangan pecahan, perbandingan, pola barisan bilangan, barisan dan deret, aritmatika sosial.
  • Aljabar: Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan; bentuk aljabar, persamaan linear satu variabel, himpunan, relasi atau fungsi, persamaan garis lurus, sistem persamaan linear dua variabel.
  • Geometri dan pengukuran: Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan; segitiga dan segiempat, lingkaran, bangun ruang sisi datar, kesebangunan dan kekongruenan, bangun ruang sisi lengkung, garis dan sudut.
  • Statistika dan peluang: Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan; penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran, pemusatan data, titik/ruang sampel dan peluang.

Ilmu Pengetahuan Alam

1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, peserta didik mampu mengidentifikasi, mendeskripsikan, menyebutkan, menunjukkan, membedakan, dan mengelompokkan.

iphone gramedia

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

iphone gramedia

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Lingkup materi

  • Pengukuran, zat, dan sifatnya: peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang; pengukuran, zat dan wujudnya, sifat dan perubahan zat, suhu dan kalor, sifat larutan, unsur, senyawa, dan campuran, zat aditif dan zat adiktif, dan atom, ion, molekul.
  • Mekanika dan tata surya: peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang; gerak lurus, jenis gaya, penjumlahan gaya, hukum Newton, usaha, energi dan perubahan energi, sistem tata surya, gerak matahari, bumi, dan bulan, lapisan litosfir dan atmosfir yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.
  • Gelombang, listrik, dan magnet: peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang; getaran dan gelombang, cahaya dan alat optik, listrik statis, energi listrik dan daya listrik, kemagnetan.
  • Makhluk hidup dan lingkungannya: peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang; gejala alam biotik dan abiotik, ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup, interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan, dan bioteknologi.
  • Struktur dan fungsi makhluk hidup: peserta didik mampu memahami pengetahuan konsep tentang; sistem organisasi kehidupan, sistem gerak manusia, sistem pencernaan manusia, sistem peredaran darah manusia, sistem pernapasan manusia, sistem ekskresi manusia, sistem reproduksi manusia, jaringan tumbuhan, dan pewarisan sifat.

2. Pada level kognitif aplikasi, peserta didik mampu mengklasifikasi, menginterpretasi, menghitung, mengurutkan, membandingkan, menerapkan, dan memodifikasi.

Lingkup materi

  • Pengukuran, zat, dan sifatnya: peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang; pengukuran, zat dan wujudnya, sifat dan perubahan zat, unsur, senyawa, dan campuran, pemuaian, suhu dan kalor, sifat larutan, zat aditif dan zat adiktif.
  • Mekanika dan tata surya: peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang; gerak lurus, hukum Newton, usaha, energi dan perubahan energi, pesawat sederhana, dan tekanan pada zat.
  • Gelombang, listrik, dan magnet: peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang; getaran dan gelombang, cahaya dan alat optik, bunyi, listrik statis, listrik dinamis, energi listrik dan daya listrik, kemagnetan, induksi, dan elektromagnetik.
  • Makhluk hidup dan lingkungannya: peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang; fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu, pencemaran lingkungan, prosedur pengklasifikasian, makhluk hidup, pemanfaatan bioteknologi.
  • Struktur dan fungsi makhluk hidup: peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang; mekanisme sistem gerak manusia, mekanisme sistem pencernaan manusia dan uji makanan, mekanisme peredaran darah manusia, mekanisme pernapasan manusia, menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia, percobaan fotosintesis, fungsi jaringan tumbuhan, pewarisan sifat dan kelangsungan makhluk hidup, penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia.

3. Pada level kognitif penalaran, peserta didik mampu menemukan, menyimpulkan, menggabungkan, menganalisis, merumuskan, dan memecahkan masalah.

Lingkup materi

  • Pengukuran, zat, dan sifatnya: peserta didik mampu bernalar tentang; zat dan wujudnya, suhu dan kalor, sifat dan perubahan zat, unsur, senyawa, dan campuran, sifat larutan.
  • Mekanika dan tata surya: peserta didik mampu bernalar tentang; gerak lurus, hukum Newton, usaha, energi, dan perubahan energi, pesawat sederhana, dan tekanan pada zat.
  • Gelombang, listrik, dan magnet: peserta didik mampu bernalar tentang; getaran dan gelombang, cahaya dan alat optik, listrik dinamis, dan kemagnetan.
  • Makhluk hidup dan lingkungannya: peserta didik mampu bernalar tentang; dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan, dampak interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.
  • Struktur dan fungsi makhluk hidup: peserta didik mampu bernalar tentang; keterkaitan antara sistem organ pada manusia, percobaan fotosintesis, pewarisan sifat makhluk hidup untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo e perpus
logo e perpus
banner e perpus

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
banner e perpus
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien