Agama Islam

Doa Selamat Dunia Akhirat: Waktu Membaca Doa dan Amalannya

Doa selamat dunia akhirat – Menurut bahasa, doa adalah sebuah permintaan atau permohonan. Sedangkan menurut istilah, doa adalah menyerahkan diri kepada Allah Swt. dalam meminta keinginan dan dihindarkan dari hal yang dibenci. Doa adalah sebuah permohonan oleh hamba kepada Tuhannya yaitu Allah Swt. Umat yang senantiasa berdoa tentunya ia senantiasa beribadah kepada Allah Swt.

Oleh karena itu, sering-seringlah berdoa kepada Allah Swt. Mintalah ampunannya, mintalah doa sebaik mungkin agar kamu selamat di dunia maupun akhirat. Dalam berdoa pun ada waktu-waktu tertentu yang bisa membuat doamu mudah dikabulkan oleh Allah Swt. Orang yang tidak pernah berdoa bisa digolongkan sebagai orang yang sombong, karena meragukan kekuatan Allah Swt.

Setiap umat Islam yang taat dalam beribadah serta berdoa kepada Allah Swt. tentunya menginginkan agar dirinya selalu selamat dalam dunia maupun akhirat. Dalam menjalankan kehidupan di dunia tentunya harus memiliki amalan-amalan yang baik agar kamu dapat selamat di dunia dan akhirat. Amalan-amalan tersebutlah yang menuntun kamu pada kebaikan semesta. Kamu akan mendapat kedamaian di dunia dan akhirat.

Melalui buku ini, akan diuraikan secara gamblang tentang bagaimana rahasia, tahapan, dan cara untuk meraih kenikmatan yang diridai oleh Allah Swt.

Grameds, di dalam artikel ini akan dibahas mengenai doa selamat dunia akhirat, waktu membaca doa agar mudah dikabulkan, dan juga amalan-amalan yang harus dikerjakan jika ingin selamat dunia akhirat. Untuk tahu lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut!

Doa Selamat Dunia Akhirat

Di bawah ini ada beberapa doa yang bisa menjaga keselamatan di dunia dan akhirat. Berikut adalah doa selamat dunia akhirat.

1. Doa Sapu Jagat

Doa sapu jagat ini adalah doa yang paling sering kita dengar dan kita bacakan. Doa ini biasanya dibacakan setelah selesai melaksanakan salat. Doa sapu jagat ini permohonan kepada Allah Swt. agar diri kita selamat dari dunia dan akhirat.

Doa sapu jagat berbunyi sebagai berikut:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār

Artinya: “ Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka.”

2. Doa Keselamatan

Doa keselamatan ini dapat digunakan untuk berdoa selamat dalam beragama, ilmu,  tubuh, rezeki, dan juga dalam sakratulmaut maupun siksa neraka. Doa ini bisa kamu hafalkan agar kamu selalu dalam lindungan Allah Swt.

Berikut adalah doa keselamatan dengan huruf arab, latin, dan artinya.

 اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan fir Rizqi, Wa Taubatan Qablal Maut, Warahmatan Indal Maut, Wa Maghfiratan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaraatil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, tobat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut . Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakratulmaut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.

3. Doa Perlindungan dari Godaan Setan

Agar kalian selalu terlindung dari godaan setan yang terkutuk maka kalian harus menghafal doa ini. Dengan doa ini Insyaallah kamu akan bisa terhindar dari godaan-godaan setan.

Berikut adalah doa sebagai perlindungan dari godaan setan.

رَّبِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزٰتِ الشَّيٰطِيْنِۙ وَاَعُوْذُ بِكَ رَبِّ اَنْ يَّحْضُرُوْنِ 

Rabbi a’uudzubika min hamazaatisyaathiini, wa a’udzubika rabbi anyahdhuruuna. 

Artinya: “Dan katakanlah. Ya Tuhan aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku dari kedatangan mereka kepadaku.”

4. Doa Selamat dari Fitnah Orang Kafir

Fitnah adalah sebuah stigma negatif yang ditujukan kepada seseorang tentang suatu peristiwa tertentu. Fitnah ini sangat kejam tentunya, karena seseorang tidak bersalah telah dituduh dengan hal yang tidak ia lakukan. Fitnah dapat merugikan orang lain. Seseorang yang terkena fitnah dirinya akan dihujat dan juga dimusuhi.

Berikut adalah doa agar kamu terhindar dari fitnah yang ada. Doa ini diambil dari penggalan Surat Al Mumtahanah ayat 5.

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَاغْفِرْ لَنَا رَبَّنَاۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْم

Rabbana laa taj’alnaa fitnatal lillaziina kafaruu waghfir lanaa rabbanaa innaka antal aziizul hakiim

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. Dan ampunilah kami ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al Mumtahanah: 5).

5. Doa Selamat dari Azab dan Fitnah

Fitnah Dajal merupakan fitnah terbesar di dunia. Ketika Dajal turun ia akan mengeluarkan fitnah-fitnahnya untuk menguji keimanan manusia. Kebanyakan manusia tentunya akan percaya dengan fitnah-fitnahnya. Dengan demikian, kamu harus membaca doa selamat dari fitnah Dajal untuk menghindari fitnahnya.

Berikut adalah doa agar selamat dari fitnah Dajal.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya hamba berlindung kepada-Mu dari azab Jahannam, aza kubur, fitnah kehidupan, dan juga dari fitnah Dajal.” (H.R. Muttafaq ‘alaih).

6. Doa Agar Taat Ibadah

Doa ini bertujuan agar kamu dan keluargamu diberikan keselamatan dan selalu menjalankan perintah-perintah dari Allah Swt. Doa ini merupakan penggalan dari surat Ibrahim ayat 10.

Berikut adalah doa keselamatan keluarga.

رَبِّ اجۡعَلۡنِىۡ مُقِيۡمَ الصَّلٰوةِ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِىۡ‌‌ ۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ‏

Rabij’alnii muqiimas shalaati wamindzuriyyatii rabbanaa wataqabbal du’aa i

Artinya: “Ya Allah ya Tuhanku, semoga Engkau menjadikan kami dan anak-anak cucu kami menjadi orang-orang yang tetap mendirikan salat. Ya Allah, semoga Engkau mengabulkan permintaan kami.” (QS. Ibrahim: 40).

7. Doa Ujian Dunia dan Siksa Akhirat

Hidup kita tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Oleh karena itu, kita harus selalu berdoa kepada Allah agar terhindar dari hal-hal negatif di dunia dan di akhirat. Kita berdoa agar selamat dari ujian dunia dan siksa di akhirat.

Berikut adalah doa ujian dunia dan siksa akhirat.

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ

اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni’mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah.

Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga.

Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Quran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

8. Doa Selamat Dalam Tidur

Ketika tidur pastinya kita ingin tidur dengan nyenyak tanpa gangguan. Bahkan kita pasti menginginkan mimpi yang indah, bukan mimpi buruk. Oleh karena itu sebelum tidur hendaknya membaca doa sebelum tidur. Tidak hanya itu, setelah membaca doa sebelum tidur kamu bisa membaca doa ini agar tidur bisa lebih baik lagi.

اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِرَسُولِكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ فَإِنْ مَاتَ مَاتَ عَلَى الْفِطْرَةِ  

Artinya: “Ya Allah ya Tuhanku, aku berserah diri kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu dengan berharap-harap cemas, karena tidak ada tempat berlindung dan tempat yang aman dari azab-Mu kecuali dengan berlindung kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan aku beriman kepada Rasul-Mu yang telah Engkau utus.” Apabila dia meninggal dunia pada malam itu, maka dia meninggal dalam kesucian diri (fitrah). (HR. Muslim)

Buku ini hadir sebagai buku harian yang bisa dibaca setiap hari dan setiap waktu. Dilengkapi dengan zikir pagi dan petang yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad saw. Semoga kita bisa menjalani hari dengan penuh keberkahan.

Waktu yang Baik dalam Berdoa

Dalam membaca doa bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Namun, ada beberapa waktu tertentu yang memungkinkan doa akan dikabulkan oleh Allah Swt. Tentunya harus ada kekhusyukan dalam berdoa agar doa benar-benar dikabulkan. Berikut adalah waktu yang baik dalam berdoa.

1. Setelah Terdengar Azan

Doa akan lebih manjur jika kamu berdoa setelah azan terdengar. Kamu bisa membaca doa setelah azan terlebih dahulu, lalu dilanjut dengan doa untuk keselamatan dunia akhirat. Berdoalah dengan khusyuk agar kamu selalu dalam lindungan Allah Swt.

2. Setelah Salat Wajib

Setelah salat wajib janganlah kamu langsung bergegas untuk pergi. Luangkan waktu sebentar untuk berdoa. Ketika berdoa jangan hanya meminta apa yang kamu inginkan. Berdoalah juga untuk keselamatan dunia akhiratmu. Berdoa setelah salat wajib ini akan memiliki potensi besar doa dikabulkan.

3. Setelah Salat Sunah Malam Hari

Pada waktu sepertiga malam adalah waktu yang tepat digunakan untuk beribadah dan berdoa kepada Allah Swt. Waktu sepertiga malam sekitar pada pukul 01.00. Kamu bisa beribadah dan berdoa untuk keselamatan dunia akhirat. Insyaallah doamu akan dikabulkan.

4. Malam Lailatulqadar

Malam lailatulqadar adalah malam yang sangat istimewa. Pada malam itu, umat Islam berlomba-lomba untuk mendapatkan malam lailatulqadar dengan beritikaf di masjid. Pada malam laiatulqadar adalah malam yang pas ketika kamu ingin berdoa untuk keselamatan dunia akhirat juga.

5. Malam ke-23 Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang lebih baik daripada seribu bulan. Semua umat Islam pada bulan ini melakukan puasa dan berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala dari kebaikan-kebaikan yang diperbuat pada bulan itu.

Pada bulan ini juga kamu bisa berdoa untuk keselamatan dunia akhirat agar mudah dikabulkan oleh Allah Swt., khususnya pada malam ke-23. Permohonanmu akan dikabulkan jika kamu beribadah pada malam itu.

Amalan Agar Selamat Dunia Akhirat

Hidup di dunia hanya sementara, tentunya kita harus memperbanyak amal dan ibadah kita agar dapat selamat di dunia maupun akhirat. Berikut adalan amalan agar kamu selamat dunia akhirat.

1. Membaca Istighfar

Istighfar adalah salah satu cara untuk memohon kepada Allah Swt. agar dosa-dosa kita dapat diampuni oleh Allah Swt. Istighfar merupakan salah satu amalan agar kita bisa selamat dunia dan akhirat.

Dalam membaca istighfar tentunya harus dengan khusyuk agar Allah dapat mengampuni dosa-dosa yang telah lalu. Allah juga dapat menjaga keselamatanmu. Oleh karena itu, dianjurkan untuk selalu beristighfar setelah selesai salat.

2. Sedekah

Sedekah juga salah satu amalan untuk menyelamatkan kamu di dunia dan akhirat. Bersedekah juga akan membuka lebar peluang rezeki kamu. Dengan bersedekah, kamu akan meringankan beban orang lain yang sedang kesusahan. Tentunya kamu harus bersedekah dengan ikhlas agar amalanmu juga diterima.

4. Membaca Al Quran

Sempatkanlah waktumu untuk membaca Al Quran. Al Quran juga merupakan amalan yang harus kamu lakukan agar selamat dunia akhirat. Setidaknya kamu membaca Al Quran satu hari satu ayat agar kamu juga mendapat ketenangan batin. Insyaallah dengan membaca Al Quran dapat menjadi penolongmu dalam keselamatan dunia akhirat.

4. Menjaga Wudu

Menjaga wudu juga bisa menjadi amalan agar selamat dunia akhirat. Menjaga wudu artinya kamu selalu dalam keadaan suci. Keadaan suci tersebut kamu juga bisa melakukan berbagai ibadah agar kamu bisa memenuhi berbagai amalan lain yang membuatmu selamat dunia akhirat. Dengan menjaga wudu, senantiasa kamu akan selalu ada pada lindungan Allah Swt.

5. Salat Berjamaah di Masjid

Salat lima waktu hukumnya wajib bagi umat Islam. Jangan pernah kalian meninggalkan salat. Salat sudah menjadi perintah Allah Swt. untuk beribadah kepada-Nya. Terutama salat berjamaah di masjid. Salat berjamaah di masjid akan mendapat pahala yang lebih banyak daripada salat di rumah sendiri. Dengan demikian kamu akan mendapat amalan yang banyak juga. Dengan banyaknya amalan maka kamu senantiasa akan selamat dunia akhirat.

6. Membaca dan Menghafal Asmaul Husna

Asmaul husna merupakan nama-nama Allah yang indah dan baik yang harus kita baca dan hafalkan. Kamu bisa membacanya setelah selesai melaksanakan salat. Nama-nama Allah ini berjumlah 99. Kamu bisa membaca dan mengamalkannya.

Ketika kamu selalu menyebut nama-nama Allah, bahkan kamu menghafal setiap nama Allah. Insyaallah kamu akan selalu dalam lindungan Allah Swt., dan kamu juga bisa selamat dunia akhirat.

Buku yang sangat menggugah, menjadi penawar bagi jiwa yang gelisah, serta gagasan yang dibangun penulis layak dijadikan pelita dalam menggapai rida Allah Swt.

Grameds, itulah penjelasan mengenai doa selamat dunia akhirat, waktu membaca doa yang baik, serta amalan-amalan agar selamat di dunia dan akhirat. Kalian yang ingin selamat di dunia dan di akhirat bisa menghafalkan doa-doa di atas dan juga mempraktikkan amalan-amalannya. Dengan mengetahuinya, semoga kalian semua dapat selamat dunia akhirat.

Jika kalian ingin banyak lagi belajar tentang ilmu agama, kalian bisa membei buku-buku di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan buku-buku yang mungkin sesuai dengan kebutuhanmu. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Share
Published by
Ricky

Recent Posts

Pengertian Etiket: Perbedaan dengan Etika, Karakteristik, dan Contohnya

Pengertian Etiket - Sebagai makhluk sosial yang bermartabat dan berbudi luhur ada baiknya kita menanamkan…

2 hari ago

19 Tata Krama Saat Makan yang Penting Untuk Diketahui!

Belajar Tata Krama Saat Makan yang Penting Untuk Diketahui!- Saat seseorang hendak menyantap makanan baik…

2 hari ago

Bagaimanakah Tata Krama Saat Berbicara yang Baik? Simak Disini!

Tata Krama Saat Berbicara - Ketika melakukan percakapan dengan seseorang itu bisa menjadi sebuah kesan…

2 hari ago

Fenomena Geosfer: Pengertian, Macam, dan Contohnya di Kehidupan

Fenomena Geosfer - Halo sobat Grameds, Tahukah Anda? Geografi merupakan ilmu dasar yang dipelajari pada…

2 hari ago

Pembagian Benua Amerika: Sejarah, Wilayah, Nama Negara dan Ibukotanya

Pembagian Benua Amerika - Halo sobat Grameds, jika kita berbicara tentang luasnya, Benua Amerika merupakan…

2 hari ago

Meneladani Kebijaksanaan dari Kisah dan Keteladanan Nabi Sulaiman AS

Keteladanan Nabi Sulaiman - Sebagai seorang umat yang beragama islam secara umum pastinya akan tahu…

2 hari ago

Ayo Gabung Gramedia Affiliate
Dapatkan Komisi Hingga 10%

Belanja Sekarang!