Desain

Inspirasi Konsep Desain Cafe Outdoor Kekinian

Seiring perkembangan zaman, konsep desain kedai kopi atau cafe terus berkembang dan berubah. Salah satu desain yang paling banyak diminati saat ini adalah konsep terbuka dan outdoor.

Kafe dengan konsep ini banyak dicari karena menawarkan atmosfer dan nuansa yang menyatu dengan alam.

Hal hal yang perlu diperhatikan untuk membuka cafe outdoor. 

Cafe serta restoran dengan bentuk konsep outdoor sekarang ini sedang menjadi banyak incaran orang. Selain akan lebih aman serta nyaman di masa pandemi yang seperti saat ini, cafe dengan konsep outdoor akan menawarkan vibe atau nuansa berbeda dari cafe yang ada pada umumnya. Ini bisa jadi peluang usaha! Kamu yang tertarik dan mau buka cafe outdoor bisa simak tips berikut ini sebelum mulai melangkah.

1. Perhatikan Tata Letak Cafe Outdoor

Salah satu yang menjadi kunci utama dari kenyamanan sebuah cafe dengan konsep outdoor yaitu jarak antar meja yang luas. Hal tersebutlah mengapa tata letak meja menjadi sebuah hal utama yang perlu untuk dipikirkan.

Selain untuk mengatur jarak antar meja, pastikan juga area lapang outdoor memiliki cukup ruang gerak untuk menjadi pelayan serta mengantarkan pesanan. Perhitungkan juga jarak serta alur dari area outdoor hingga ke dapur, agar pesanan dapat sampai ke tangan pelanggan.

[algolia_carousel]

2. Pilih Furniture Khusus Outdoor

Diantara banyak hal sekali yang dapat dieksplorasi, kenyamanan pelanggan harus tetap menjadi hal yang utama. Selain memasang kursi serta meja dengan bahan yang lebih tahan lama di luar ruangan, kita juga bisa menambahkan aksen payung maupun bentuk kanopi sebagai antisipasi ketika cuaca sedang panas atau terik.

Kita juga dapat menyesuaikan perlengkapan serta furniture dengan konsep serta tema cafe yang kita miliki. Jangan pernah takut untuk bereksperimen.

3. Perhatikan Kebersihan Cafe Outdoor

Untuk hal satu ini wajib untuk diperhatikan, untuk bisa menjaga keamanan serta kenyamanan pelanggan. Lakukan proses pembersihan ini secara rutin, serta sediakan perlengkapan seperti hand sanitizer dan wastafel cuci tangan yang mudah diakses di area outdoor.

4. Gunakan Menu Digital

Supaya alur pembelian dan transaksi lebih praktis, bisa alternatif menggunakan aplikasi kasir online yang memiliki fitur menu digital. Selain akan lebih praktis, penggunaan menu digital yang minim kontak akan bisa jadi solusi sebagai pemesanan yang aman di masa pandemi.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Panduan Blogging

karya Jefferly Helianthusonfri

Inspirasi Desain Interior Modern

Inspirasi Desain Interior Modern

beli sekarang

5 Kelebihan Furniture Outdoor untuk Cafe

Furniture menjadi salah satu aspek penting bagi berencana untuk membuat cafe maupun restoran. Furniture yang dapat digunakan tentunya disesuaikan dengan tema cafe yang kita rencanakan, serta budget atau keadaan finansial yang kita miliki. Namun tahukah, bahwa untuk mempercantik desain interior cafe tidak harus selalu memakai furniture dalam ruang saja. Kita juga dapat memanfaatkan furnitur serta luar ruangan maupun pada outdoor. Dengan bentuk pemilihan yang tepat, kelebihan dari furniture outdoor bisa membantu menghasilkan tata ruang yang unik serta cantik.

Seperti yang sudah kita ketahui, furniture outdoor memang didesain untuk diletakkan berada di luar ruangan tanpa adanya perlindungan, sehingga akan tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem seperti hujan dan panas . Untuk furniture indoor sendiri, umumnya tidak dirancang untuk tahan pada perubahan cuaca, sehingga lebih cepat rusak bila terpapar sinar matahari berlebih maupun hujan lebat.

Ini 5 kelebihan furniture outdoor untuk Cafe:

1. Lebih Awet

Seperti yang sudah dikatakan, untuk furniture outdoor sudah dirancang khusus dengan material berkualitas yang tahan akan perubahan cuaca ekstrim, sehingga pada furniture akan lebih tahan lama. Terutama pada sebuah cafe serta restoran yang mana furniturnya digunakan terus menerus oleh banyak orang, penggunaan dari furniture outdoor ini sangat tepat sekali meski untuk penggunaan di dalam ruang. Sehingga kualitas pada furniture outdoor, akan lebih meminimalisir terjadinya kerusakan serta akan bertahan lebih lama.

2. Desain Sepanjang Masa

Furniture outdoor ini mungkin bagi beberapa orang dianggap kuno, bentuk desainnya cenderung terlihat mirip seiring berjalannya tahun. Namun justru kita dapat memanfaatkan model yang sederhana ini menjadi sebuah ciri khas pada cafe maupun restoran. Bila melihatnya dari sisi lain, kita justru akan mendapatkan keuntungan dari sebuah desainnya yang sepanjang masa juga materialnya yang kokoh, tidak perlu khawatir pada furniture yang akan terlihat kuno meski telah digunakan dalam waktu yang lama.

3. Mudah dibersihkan

Karena telah digunakan oleh banyak orang, maka tak heran jika furniture pada cafe serta restoran akan lebih cepat kotor. Sedangkan kebersihan menjadi alasan pengunjung akan betah dan akan kembali berkunjung ke cafe. Sehingga, penggunaan furniture outdoor yang tahan air akan mudah dibersihkan. Cukup gunakan air bersih, sabun serta sikat saja untuk membersihkan furniture pada outdoor.

4. Warna natural

Furnitur luar ruang hadir dengan pilihan warna yang natural seperti putih, hijau, cokelat, oranye, dan bahkan warna lainnya. Karena pada kelebihan furniture outdoor yaitu furniture tersebut memang dibuat khusus untuk diletakkan di area taman, patio maupun pada teras, maka pilihan warnanya akan lebih menyatu dengan alam. Dengan pilihan warna yang natural, lebih mudah untuk dikombinasikan dengan tema cafe. Selain itu furniture outdoor bisa memberikan sentuhan alam pada cafe yang bisa membantu mengurangi bosan.

5. Lebih hemat

Harga furniture memang bermacam- macam, baik pada furniture indoor serta furniture outdoor. Namun dengan kelebihan furniture outdoor yang daya tahannya lebih lama, maka tanpa disadari kita bisa menghemat belanja furniture untuk dalam beberapa waktu ke depan. Untuk furniture outdoor sendiri, kita bisa menggunakan material yang terbuat dari plastik yang kuat serta kokoh, aluminium maupun kayu. Kayu yang akan disarankan merupakan jenis kayu jati yang kokoh serta tahan akan terhadap hujan serta panas.

Furniture pada outdoor memang akan memiliki banyak pilihan jenis. Sesuaikan dengan kebutuhan, juga pilihlah furniture yang memiliki kualitas tinggi supaya selain keindahan, kenyamanan bahkan keamanannya juga akan lebih terjaga.

Tips Mendesain Cafe Outdoor Kekinian, Cocok Disaat Pandemi

Dalam bisnis cafe saat ini kian kali menjamur di berbagai daerah karena dengan sebagian besar masyarakat Indonesia akan senang berkumpul serta bercengkrama bersama kerabat maupun orang terdekatnya, biasanya untuk kaum muda-mudi akan mendominasi pengunjung cafe dalam rangka melakukan kegiatan sosialita.

Hampir dari kebanyakan cafe yang berada di lingkungan perkotaan biasanya dibuat indoor, alasanya guna menghindari dari terik panas matahari, hujan serta polusi udara. Sebaliknya, cafe yang lokasinya berada di lingkungan dataran tinggi maupun di pinggiran kota umumnya di desain konsep outdoor, sehingga bertujuan agar para pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk dan bahkan didukung dengan pemandangan yang cantik.

Bila di antara kalian ingin memutuskan untuk membangun sebuah usaha bisnis cafe, dan memilih untuk menggunakan konsep desain cafe outdoor akan sangat direkomendasikan, karena bukan hanya sifatnya yang instagramable tetapi juga memiliki nuansa yang kekinian. Terlebih lagi di saat ini bila kita sedang mengalami pandemi covid-19, karena cafe yang mengusung konsep outdoor akan sangat mendukung akan hal ini karena akan lebih aman sebagai tempat untuk bertegur sapa.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Panduan Blogging

karya Jefferly Helianthusonfri

Buku Ajar Interior: Azas Lingkungan Dalam

Buku Ajar Interior: Azas Lingkungan Dalam

beli sekarang

 

5 Konsep Cafe Outdoor Instagramable

Kali ini, ada 5 contoh konsep desain cafe outdoor yang bisa mendukung untuk para pengunjung mengabadikan momennya bersama teman maupun keluarganya. Hal ini terjadi karena sebuah cafe lebih banyak dikunjungi oleh para milenial. Mengusung dengan tema outdoor pada sebuah cafe yang sangat direkomendasikan, terutama cafe yang terletak pada lingkungan pinggir kota atau dataran tinggi, langsung saja inilah dia bentuk desain cafe outdoor yang instagramable.

1. Desain cafe outdoor dengan sentuhan alami

Salah satu konsep satu ini terbilang cocok untuk diadakan pada cafe yang ingin konsep outdoor. Karena pada cafe outdoor biasanya berada di kawasan dataran tinggi yang udaranya sejuk, serta tampak serasi bila membuat konsep pada cafe yang alami. Elemen-elemen alam dapat digunakan, seperti batu alam, maupun tanaman hijau.

Untuk bagian area lantainya kita dapat menggunakan decking kayu untuk meminimalisir kelicinan saat berjalan di atas permukaannya, karena sudah dibekali slip resistance, atau menggunakan batu kerikil yang dapat genangan air saat hujan. Sehingga, selain untuk penutup lantai dasar, akan terasa manfaatnya serta menambahkan kesan yang alami.

Sedangkan untuk bagian meja beserta kursinya, bisa menggunakan elemen kayu agar nuansa alami serta natural akan benar – benar terasa, selain cocok sebagai desain yang alami akan tetapi juga terdapat nilai seni yang berarti.

2. Desain cafe outdoor minimalis modern

Untuk desain cafe outdoor dengan gaya yang modern dan sedikit terkesan sederhana atau minimalis ini, sangat cocok untuk kita ingin bisa menghadirkan suasana yang ceria tanpa adanya dekorasi yang ada di dalamnya. Penggunaan warna serta pola akan menjadi salah satu kunci untuk bisa menghasilkan konsep cafe pada outdoor ini.

Seluruhnya dapat kita peroleh dengan bentuk kursi panjang, meja modern, pola yang unik serta menarik di bagian eksterior, dan ditambah lagi dengan perpaduan warna yang khusus. Agar cafe outdoor benar-benar dapat terkesan modern dengan konsep yang minimalis, maka kita dapat menambahkan terminal colokan untuk mengisi daya handphone pada bagian bawah meja maupun menghadirkan tema-tema dinding yang bernuansa indah.

3. Desain cafe outdoor industrial

Selain desain cafe yang sudah banyak diminati oleh kaum kaum millennial, ada salah satu konsep desain cafe outdoor yang tidak kalah akan populernya, yakni konsep cafe dengan gaya industrial, karena bentuk serta gayanya yang terlihat sederhana serta tampil apa adanya. Elemen dari dekorasi yang dibutuhkan pun tidak akan ribet serta banyak, cukup dengan meja dan kursi yang panjang atau yang terbuat dari beton.

Untuk bagian lantai dasarnya bisa menggunakan lantai beton agar senada dengan nuansa kursi atau meja, tambahkan juga tanaman hijau pada pot serta lampu-lampu sebagai penunjang aksen dekorasi tambahan.

[algolia_carousel page=2]

Supaya cafe outdoor bergaya industrial ini tidak terkesan dingin, kita perlu menggunakan aksen kayu dari bentuk meja dan tempat duduknya. Dan juga hadirkan juga taman hijau yang menghiasi bagian dinding cafe.

4. Desain cafe semi-indoor

Konsep desain cafe yang satu ini akan terbilang cukup unik karena bisa menghadirkan konsep indoor maupun outdoor dalam satu padu dengan konsep minimalis, bagian penggunaan elemen materialnya bisa menggunakan elemen kayu, mulai dari kursi, meja, lantai, bahkan plafon kayu.

Pada desain cafe semi-indoor ini mengundang para pengunjung untuk dapat menikmati udara yang sejuk tanpa dengan merasakan suasana yang sumpek pada area cafe terus menerus. Meskipun panasnya terik matahari bahkan sedang turun hujan, mereka akan tetap dapat merasakan kenyamanan di cafe tersebut.

5. Desain cafe outdoor sederhana

Sebagai seorang pebisnis pemula yang sudah bergerak di bidang usaha cafe, tentunya akan membangun sebuah cafe minimalis dengan penggunaan lahan yang tidak terlalu luas serta tema yang cukup simple. Pastinya hal itu itu sangat diperlukan, maka kita dapat menggunakan gaya vintage serta shabby chic.

Pada Elemen-elemen dekorasi yang diperlukan pun tidak memakan banyak, asalkan simpel serta bisa menyesuaikan dengan bagian konsep maupun gaya yang kita hadirkan pada dalam sebuah cafe tersebut. Pilihlah meja yang berdimensi kotak maupun lingkaran yang berukuran kecil begitupun pada tempat duduknya.

Sebagai pemanis, bisa ditambahkan juga tanaman hias kecil pada sudut ruangan maupun meletakkannya pada tengah-tengah meja, dan tidak lupa juga untuk menghiasi bagian dindingnya dengan bentuk bagian pajangan yang unik serta menarik maupun tanaman hias, bisa juga dengan tulisan-tulisan yang gaul maupun puitis.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Variasi Kopi & Teh ala Cafe

karya Anti Apriliyanti Suganti

Variasi Kopi & Teh ala Cafe

Variasi Kopi & Teh ala Cafe

beli sekarang

7 Inspirasi Desain Cafe Outdoor di Rumah

 

1. Desain Cafe Outdoor Bata Ekspos

Jika ingin membuat cafe kecil di belakang rumah, maupun merancang bagian sisa lahan pada bagian rumah ala cafe maka, konsep desain sederhana yang satu ini bisa menjadi inspirasi.

Cara membuatnya cukup mudah dengan mengabaikan tembok bata tanpa diaci maupun dilapisi dengan semen. Kemudian bisa menambahkan meja serta kursi cafe serta sejumlah dengan tanaman hias. Selain akan hemat pengeluaran, desain ini juga akan terlihat unik.

 

2. Desain Cafe Rumahan dari Bambu

Desain cafe outdoor yang selanjutnya ini dapat terlihat natural dengan bantuan penggunaan bambu serta bilik sebagai dapur sekaligus meja bar yang bersifat minimalis serta sederhana.

Tampilannya akan terlihat simpel ini juga dapat diterapkan untuk dapur terbuka di dalam rumah. Jangan lupa juga untuk menambahkan atap kanopi supaya kegiatan memasak akan lebih nyaman dan tidak terkena terik sinar matahari.

 

3. Desain Cafe Outdoor Sederhana

Bila memiliki ruangan atau lahan yang tidak digunakan di rumah, kita dapat memanfaatkannya untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti untuk membuat cafe sederhana.

Seperti yang terlihat pada gambar, terlihat sebuah bangunan yang kecil berupa tempat untuk meracik pesanan minuman. Di bagian luarnya bisa ditambahkan kursi maupun meja untuk tamu yang berkunjung.

Agar terasa teduh serta nyaman, bisa juga untuk menambahkan tanaman maupun pepohonan di sekitar area tersebut.

 

4. Desain Cafe Outdoor di Halaman Luas

Jika memiliki halaman rumah yang luas tentunya akan memberikan banyak sekali keuntungan untuk pemiliknya. Yang mana, bisa kita manfaatkan untuk menjadi sebuah cafe outdoor yang nyaman.

Cukup menambahkan beberapa furniture seperti sejumlah kursi dan meja cafe yang disusun rapi. Dalam membuat suasana malam hari yang menjadi lebih hangat, kita juga bisa memberikan string lights berwarna kuning hangat.

 

5. Desain Cafe Industrial

Industrial menjadi sebuah konsep desain yang sangat cocok diaplikasikan pada cafe maupun kedai kopi. Bila suka akan konsep ini, jangan ragu lagi untuk menggunakannya untuk cafe rumahan.

Selain nuansa yang unik, konsep desain ini juga terbilang mudah untuk diterapkan. Salah satu yang bisa menjadi inspirasi yaitu gambar yang satu ini.

Sebagai contoh, sebuah kedai yang mungil bergaya industrial dengan pintu serta dinding kaca dan dinding bata hebel ekspos di cat putih untuk bagian atas kafe.

 

  1. Desain Cafe Skandinavia

Selain konsep desain industrial, desain Skandinavia juga akan menjadi salah satu pilihan yang unik untuk cafe outdoor.

Cara mendesainnya pun cukup akan mudah serta sederhana, cukup dengan menghadirkan dominasi warna putih di dinding serta atap.

Bila ingin mempercantik suasananya, kita dapat menambahkan elemen kayu pada lantai maupun meja.

 

  1. Cafe Semi Outdoor

Bila ingin membuat Cafe outdoor namun tetap terjaga dari panasnya sinar matahari maupun air hujan, maka dalam merancang cafe dengan konsep semi outdoor bisa jadi pilihan yang menarik .

Kita dapat memberikan kanopi dengan bentuk rangka kayu maupun kanopi alderon sehingga sinar matahari akan tetap menembus ke dalam kafe. Suasana pun akan terasa lebih nyaman serta teduh.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien