Ekonomi

Dampak Positif Perdagangan Internasional dan Faktor Pendorong

Dampak Positif Perdagangan Internasional dan Faktor Pendorong 1
Written by Tasya Talitha

Dampak Positif Perdagangan Internasional dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional – Perdagangan internasional adalah kegiatan pertukaran barang dan jasa antar negara. Hal ini berkembang karena kerja sama antar negara dengan tujuan mempromosikan  suatu barang dan jasa secara bebas.

Perdagangan internasional dalam setiap negara adalah hal yang penting bagi kemakmuran perekonomian. Dengan adanya perdagangan internasional, secara tidak langsung negara satu dengan yang lainnya akan menunjukkan daya saing perekonomian di tingkat internasional.

Dasarnya di setiap negara juga tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, setiap negara memerlukan bantuan dan kerja sama dengan negara lain. Perdagangan nasional ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing negara. Kebutuhan yang harus dilakukan melalui perdagangan internasional adalah kebutuhan yang tidak dapat dihasilkan dari dalam negeri seperti barang atau jasa tertentu.

Perdagangan internasional ini tidak hanya dapat dilakukan oleh antar pemerintah negara saja, namun antar warga negara atau individu di setiap negara dengan negara lain juga bisa melakukan perdagangan internasional. Contohnya ketika kita membeli smartphone, kendaraan, ataupun kebutuhan mandiri lainnya yang barangnya tidak disediakan di dalam negeri.

Perdagangan Internasional: Konsep & Aplikasi

Perdagangan Internasional: Konsep & Aplikasi

Beli Buku di Gramedia
Buku ini membahas banyak hal yang terkait dengan perdagangan internasional seperti peraturan dan ketentuan perdagangan internasional, jenis dan sistem pembayaran, berbagai pihak terkait dengan perdagangan internasional, dokumen dokumen yang dibutuhkan dalam perdagangan internasional, kawasan dalam daerah pabean, pemasaran internasional organisasi perdagangan internasional dan lainnya.

Dampak Positif Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional memberikan banyak dampak positif bagi setiap negara yang bekerja sama dengan negara lain untuk melakukan ekspor-impor. Dampak ini tidak hanya untuk sektor pemerintahan, namun warga negara juga terkena dampak baiknya. Berikut adalah dampak positif perdagangan internasional.

1. Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

Adanya perdagangan internasional akan memberikan dampak kepada industri-industri dalam negeri berupa dorongan untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian di suatu negara.

Dengan adanya perdagangan internasional, permintaan dan penawaran ekspor produk untuk negara lain akan semakin meningkat, ini akan meningkatkan perekonomian negara juga. Contohnya berkembangnya industri tekstil, kerajinan, udang, kopi, karet dan lain-lain.

M. Basuki Hadimuljono Infrastruktur Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, Mengangkat Daya Saing Negeri

M. Basuki Hadimuljono Infrastruktur Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, Mengangkat Daya Saing Negeri

Beli Buku di Gramedia
Buku yang diterbitkan oleh Kompas Penerbit Buku ini, akan mengulas secara lengkap mengenai infrastruktur yang mendorong pertumbuhan ekonomi guna mengangkat daya saing negeri.

2. Sumber Devisa Negara

Devisa adalah sumber valuta asing sebagai alat pembayaran dari perdagangan internasional antar negara. Tidak semua mata uang negara lain dinyatakan devisa, tetapi hanya jika mata uang tersebut dijadikan sebagai alat tukar barang atau jasa antar negara.

Karena dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi karena perdagangan internasional, devisa negara pun akan bertambah dengan adanya perdagangan internasional.

Devisa negara diperoleh dari berbagai negara yang membeli produk dari suatu negara. Devisa itu berbentuk mata uang asing seperti dollar, euro, yen dan macam-macam mata uang dari negara lain.

banner-promo-gramedia

3. Kemakmuran Negara Meningkat

Perdagangan internasional membuat aktivitas ekonomi meningkat, hal tersebut dapat menjadi indikator bahwa kemakmuran di sebuah negara juga meningkat. Adanya perdagangan internasional ini membuat kemakmuran bagi setiap pelaku ekonomi di suatu negara.

Pelaku ekonomi terbagi menjadi produsen dan konsumen. Bagi para produsen akan makmur dengan jika profitnya meningkat dengan cara menjual barang dan jasanya ke berbagai negara dengan sedikit hambatan tarif maupun non tarif.

Sedangkan untuk konsumen, akan makmur jika telah mampu mendapatkan barang yang dibutuhkan tidak diproduksi di dalam negaranya sendiri.

Pemerintah ikut makmur dalam hal ini karena devisa negara pun bertambah karena aktivitas ekonomi internasional ini. Sumber negara akan semakin meningkat jika nilai ekspor tinggi.

4. Menambah Lapangan Kerja

Dengan bertambahnya aktivitas ekonomi dan jumlah produk yang diekspor dalam kegiatan perdagangan internasional, terlihat bahwa pertumbuhan ekonomi di suatu negara telah meningkat. Hal tersebut berarti industri-industri semakin padat kerjanya, oleh karena itu diperlukannya  tenaga kerja tambahan untuk membantu aktivitas industri agar lebih cepat bergerak.

Untuk menambah tenaga kerja maka dibukalah lapangan pekerjaan untuk masyarakat di negara tersebut. Lapangan kerja membuat masyarakat menjadi makmur. Dengan dibukanya lapangan pekerjaan berarti mengurangi adanya pengangguran.

Industri akan sangat terbantu dan diharapkan dapat memproduksi produk yang lebih bagus dan berkualitas agar dapat bersaing dengan produk luar negeri. Produk yang berkualitas akan memancing negara lain untuk melakukan transaksi dalam perdagangan internasional.

5.    Hubungan Antarnegara

Perdagangan internasional memiliki dampak positif membuat erat hubungan antarnegara, hal ini dapat menambah relasi dari satu negara dengan negara lain. Dengan adanya hubungan yang baik ini tidak hanya sektor perdagangan yang diuntungkan, ini akan merambah ke sektor lain juga untuk menumbuhkan perekonomian negara.

Hubungan ini akan menimbulkan kerja sama antarnegara di bidang seperti, politik, budaya, militer, budaya, pendidikan, maupun teknologi. Negara tentunya akan bertukar nilai, ilmu, dan barang untuk membuat negara tumbuh lebih baik lagi.

Dasar-Dasar Hubungan Internasional

Dasar-Dasar Hubungan Internasional

Beli Buku di Gramedia
Buku ini berisi dasar-dasar studi Hubungan Internasional yang diharapkan berguna bagi siapa saja, baik mereka yang baru menginjak tahap awal untuk memahami hubungan internasional maupun mereka yang telah berada pada tingkat lanjut. Buku ini selain penting bagi mahasiswa Hubungan Internasional, juga perlu untuk para praktisi dan pembuat keputusan tentang hubungan internasional.

6. Menarik Investor Asing

Perdagangan internasional juga memiliki dampak positif untuk menarik investor dari luar negeri untuk menambah modal usaha agar industri dapat tumbuh lebih besar lagi. Investor biasanya tertarik karena sebelumnya pernah dilakukan perdagangan internasional dan bersinggungan dengan investor tersebut.

Dengan adanya tambahan modal dari investor asing ini maka pertumbuhan ekonomi di suatu negara akan semakin meningkat. Keuntungan lainnya juga akan lebih banyak membuka lapangan pekerjaan. Ini akan memberi dampak besar pada perekonomian.

7. Kualitas Produksi Semakin Baik

Banyaknya persaingan dalam dunia perekonomian ini dalam dunia internasional tentunya mendorong para industri untuk memberikan hasil yang terbaik untuk produknya. Dengan kualitas produk yang baik maka kuantitas ekspor barang akan semakin meningkat karena produk laku di pasar internasional.

Investor asing berperan juga di sini karena sudah menanam modal untuk perusahaan. Dengan adanya tambahan modal tentunya kualitas akan semakin baik juga.

Dengan demikian suatu negara akan dapat bersaing dengan negara lainnya. Untuk bersaing tentunya mutu kualitas produk harus baik juga agar dapat dilirik oleh konsumen dari luar negeri. Ini harus didukung dengan penggunaan alat-alat yang baru dan lebih canggih dari sebelumnya agar hasilnya juga akan baik.

8. Transfer Teknologi

Perdagangan internasional ini juga memiliki peran dalam transfer teknologi, terutama dari negara maju ke negara berkembang. Negara yang telah membuat teknologi baru seperti mesin untuk industri, ataupun teknologi pribadi seperti gawai akan diekspor kepada negara yang butuh teknologi baru tersebut.

Dengan demikian semua negara akan merasakan perkembangan teknologi terbaru dari aktivitas perdagangan internasional ini. Negara berkembang dapat mengimpor teknologi dari negara maju agar negaranya juga semakin bertumbuh dengan adanya teknologi canggih.

9. Menstabilkan Harga

Perdagangan internasional secara tidak langsung mengendalikan harga barang di pasar domestik.  Adanya perdagangan internasional tidak akan terjadi kelangkaan barang karena dapat diatasi dengan impor untuk menambah stok barang di pasar domestik.

Begitu juga sebaliknya, jika suatu negara memiliki barang yang lebih agar harga tidak turun bisa dilakukan kegiatan ekspor untuk mengurangi barang di pasar domestik. Dengan hal ini harga akan tetap stabil, dan masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkannya.

10. Memajukan Lembaga Keuangan

Perdagangan internasional memberi dampak positif pada lembaga keuangan baik bank maupun non bank. Perdagangan internasional akan terus melibatkan lembaga keuangan untuk mempermudah transaksi. Semakin seringnya perdagangan internasional ini berjalan, semakin maju juga lembaga keuangan dalam negara.

11. Tercipta Spesialisasi Negara

Spesialisasi negara artinya suatu negara memiliki produk yang jadi andalan untuk diekspor ke luar negeri. Negara lain yang melakukan impor juga sudah percaya bahwa produk yang dibeli memiliki kualitas yang baik.

Misalnya Indonesia memiliki produk andalan karet untuk diekspor ke berbagai negara, dan sebagian besar karet di dunia merupakan hasil dari Indonesia. Hal ini akan membuat negara lain memiliki pelanggan setia dari produk yang dijual oleh suatu negara. Keuntungan lain juga dapat menaikkan pendapatan suatu negara.

12. Memenuhi Kebutuhan Negara

Di bagian awal sudah dijelaskan bahwa sebuah negara tentunya tidak bisa hidup sendiri, butuh negara lain untuk bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan negara masing-masing.

Tidak semua negara memiliki produk atau teknologi yang sama dengan negara lain. Dengan adanya perdagangan internasional berbagai negara yang melakukan transaksi dengan negara yang bersangkutan akan memiliki produk yang sama.

Terlebih lagi jika negara itu tidak bisa memproduksinya maka jalan terbaik adalah dengan melakukan impor dari negara yang membuat produk tersebut. Hasil impor tersebut tentunya untuk memenuhi kebutuhan negara.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Selain dampak positif dari perdagangan internasional, tentunya ada faktor pendorong yang menyebabkan terjadinya perdagangan internasional. Berikut adalah faktor-faktornya.

1. Perbedaan Teknologi

Setiap negara memiliki perbedaan dalam teknologi, terutama negara maju dan berkembang. Terdapat perbedaan jauh antara negara maju dan berkembang dalam bidang teknologi. Negara maju setiap tahunnya mengeluarkan varian baru dari sebuah teknologi. Sedangkan negara maju umumnya selalu melakukan impor dari negara maju tersebut. Faktor tersebut  yang mendorong perdagangan internasional ini.

Teknologi di Nusantara: 40 Abad Hambatan Inovasi

Teknologi di Nusantara: 40 Abad Hambatan Inovasi

Beli Buku di Gramedia
Buku yang mengupas perkembangan teknologi umat manusia relatif jarang ditemui, apalagi yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Lebih jarang lagi buku yang mengupas perkembangan teknologi yang dikaitkan dengan dimensi perkembangan budaya dari masa ke masa.

2. Meningkatkan Pendapatan Negara

Faktor pendorong perdagangan internasional yang satu ini juga diperlukan agar negara selalu ada pemasukan. Dengan adanya perdagangan internasional negara akan bertambah pendapatannya. Pendapatan negara dapat bertambah saat ada kegiatan ekspor-impor, negara akan menerima pendapatan dari pajak barang. Selain itu, negara juga dapat melakukan ekspor dari barang BUMN.

3. Memperluas Pasar

Faktor pendorong perdagangan internasional yang satu ini adalah melakukan perluasan pada pasar. Hal ini digunakan untuk mendapat keuntungan yang besar.

Dengan memperluas pasar dalam skala besar dan diekspor ke seluruh dunia tentunya pembelinya akan semakin banyak juga. Beberapa negara melakukan hal ini dengan memperkenalkan produknya ke seluruh dunia untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

4. Perbedaan Sumber Daya Alam

Setiap negara memiliki perbedaan sumber daya alam. Dengan adanya perdagangan internasional ini negara satu dengan yang lainnya dapat bertukar sumber daya alamnya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan negaranya.



Misalnya, Indonesia memiliki produk sumber daya alam hasil bumi yang melimpah seperti kopi, karet, kelapa sawit, dan lain-lain. Lalu Australia memiliki ternak sapi dengan kualitas daging yang lebih baik. Maka bisa dilakukan ekspor-impor antarnegara. Itulah yang menjadi faktor pendorong dari perdagangan internasional.

5. Penghematan Biaya Produksi

Tidak semua negara dapat menghasilkan produk sendiri. Bagi negara yang belum memiliki ilmu untuk membuat produknya sendiri akan terasa jauh lebih mahal untuk biaya produksinya jika negara tersebut merencanakan untuk memproduksinya.

Dengan adanya perdagangan internasional negara yang belum memiliki kemampuan memproduksi suatu barang tertentu akan dimudahkan dengan adanya kegiatan impor barang dari negara lain. Impor ini akan mengeluarkan biaya yang sedikit jika dibandingkan dengan biaya produksi.

6. Transportasi Antarnegara

Alat transportasi pada zaman sekarang semakin canggih dan cepat. Oleh karena itu transportasi antarnegara ini menjadi faktor pendorong adanya perdagangan internasional. Sudah tidak heran lagi jika setiap masyarakat melakukan impor barang dari luar negeri karena transportasi antarnegara yang mudah dan cepat.

Transportasi antarnegara yang dapat membantu kegiatan ekspor-impor meliputi, transportasi darat (kereta, truk, dan lain-lain), transportasi udara (pesawat terbang), dan transportasi laut (kapal).

7. Meningkatkan Produk Lokal

Langkah yang tepat jika ingin meningkatkan kualitas produk lokal dan dikenal di dunia internasional. Dengan ini produsen harus mempersiapkan UKM domestik untuk ekspor produk dan membiasakan diri untuk bersaing dengan skala internasional.

Adanya produk dalam negeri yang berhasil ekspor ke luar negeri akan mendorong industri lain untuk meningkatkan kualitas produknya agar dapat bersaing juga di pasar internasional. Ini adalah salah satu pendorong untuk melakukan perdagangan internasional.

8. Perbedaan Iklim

Perbedaan iklim di setiap negara tentunya memiliki perbedaan. Beberapa sumber daya alam juga tergantung oleh iklim dari suatu negara. Suhu, cuaca, dan musim dapat membuat sumber daya alam berbeda.

Tidak semua tumbuhan dan hewan dapat hidup di semua iklim. Setiap iklim memiliki tumbuhan dan hewan yang berbeda. Inilah yang menjadi faktor pendorong perdagangan internasional.

Dengan adanya perdagangan internasional maka setiap negara dapat memenuhi kebutuhannya yang tidak bisa dipenuhi negaranya sendiri. Hanya dengan impor mereka mendapatkan produk yang diinginkan.

9. Perbedaan Selera Masyarakat

Setiap orang memiliki selera berbeda, namun setiap negara menghasilkan produk yang kebanyakan memiliki kesamaan. Karena masyarakat menginginkan produk yang berbeda dari produk dalam negeri maka banyak dari masyarakat yang memakai produk luar negeri.

Dengan demikian negara tentunya bekerja sama dengan negara lain untuk mendatangkan produknya dan beroperasi di dalam negeri. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam. Inilah salah satu faktor pendukung adanya perdagangan internasional.

10. Kerja sama Antarnegara

Faktor pendorong lain adalah untuk menjalin kerja sama antarnegara. Dengan adanya perdagangan internasional ini, antara negara satu dengan yang lain akan semakin dekat dan bisa bekerja sama juga dalam bidang lain jika merasa cocok dengan industrinya.

Hal ini dilakukan seperti faktor sebelumnya, untuk memenuhi selera masyarakat negara bekerja sama dengan negara lain untuk memasukkan produk mereka dan beroperasi di negara yang menginginkannya.

Hal seperti ini juga terjadi di Indonesia, banyak perusahaan luar negeri yang beroperasi di Indonesia. Perusahaan tersebut mulai dari industri pakaian, makanan, dan juga elektronik.

11. Kelebihan Produk

Setiap negara pernah mengalami kelebihan produk di dalam negaranya sendiri. Ini memicu penurunan harga di dalam negeri. Karena tidak ingin pendapatan menjadi turun karena harga turun. Maka negara melakukan ekspor ke negara lain agar negara sendiri tidak turun harga jual produknya. Dengan demikian harga akan stabil di dalam negeri.

Itulah beberapa dampak positif dan faktor pendorong perdagangan internasional. Dengan adanya perdagangan internasional ini hidup kita terasa mudah, barang yang kita inginkan juga mudah untuk didapatkan. Negara pun juga akan banyak menjalin kerja sama dengan negara lain sebagai bentuk hubungan yang baik antarnegara.

Nah, Grameds jika kamu ingin tahu lebih dalam mengenai perdagangan internasional, kamu bisa beli bukunya di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan buku-buku berkualitas yang sedang kamu cari. Yuk beli bukunya sekarang juga ya!

Ekspor Impor : Teori dan Praktikum Kegiatan Ekspor Impor untuk Praktisi Logistik dan Bisnis

Ekspor Impor : Teori dan Praktikum Kegiatan Ekspor Impor untuk Praktisi Logistik dan Bisnis

Beli Buku di Gramedia
Buku Ajar ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis di dunia praktis, di mana untuk dapat melaksanakan kegiatan administrasi ekspor-impor diperlukan pemahaman secara menyeluruh dimulai dari latar belakang terjadinya perdagangan ekspor impor, prosedur, para pihak dan dokumen yang terlibat, tata cara pengisian dokumen, serta dasar hukum yang melandasinya

Penulis: Ricky Atthariq

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

1 Comment

  • Perdagangan internasional memberikan banyak dampak positif bagi setiap negara yang bekerja sama dengan negara lain untuk melakukan ekspor-impor. terimakasi dengan infomasi ini para pembaca dapat lebih memahami tentang manfaat dari adanya hubungan internasional bagi negara.