Sosial Budaya

Dampak Positif dan Negatif IPTEK

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Written by Ricky

Dampak positif dan negatif IPTEK – IPTEK adalah akronim dari ilmu pengetahuan dan teknologi. IPTEK akan berkembang terus-menerus mengikuti perkembangan zaman. IPTEK memiliki peranan penting dalam dunia. Dengan IPTEK seluruh dunia dapat saling berhubungan seperti tanpa jarak.

Ilmu pengetahuan artinya sebuah pengamatan, eksperimen, identifikasi, penjelasan, dan deskripsi teoretis mengenai gejala-gejala yang ada di dunia. Ilmu pengetahuan ini berkembang semakin besar dan semakin memudahkan manusia. ilmu pengetahuan ini tidak terpisah dengan teknologi.

Teknologi merupakan teknik yang digunakan dalam memproduksi barang dan jasa. Teknologi juga digunakan sebagai penyelidikan ilmiah. Jadi ilmu pengetahuan ini didukung dengan teknologi dan tidak dapat dipisahkan.

IPTEK tentunya memiliki dampak positif dan negatifnya di beberapa bidang. Setiap hal baru yang datang pasti memiliki dampak positif dan negatif. Kita bisa mengambil hal positifnya dan mengevaluasi hal yang bersifat negatif untuk kemajuan IPTEK.

Berikut adalah beberapa dampak positif dan negatif dari IPTEK di bidang pendidikan, pemerintahan, dan ekonomi.

Buku ini bermaksud untuk memperbaiki salah kaprah tentang kebebasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dampak Positif dan Negatif IPTEK 1

beli sekarang

Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Pendidikan

Buku ini cocok dibaca oleh mahasiswa, dosen, guru, aktivis dan praktisi pendidikan, dan masyarakat umum yang ingin mengetahui dimensi keilmuan teknologi pendidikan.

Dampak Positif dan Negatif IPTEK 2

beli sekarang

Dampak Positif:

1.    Inovasi Dunia Pendidikan Semakin Berkembang

Dengan adanya IPTEK tentunya membuat pendidikan sangat mudah untuk dilaksanakan dalam kondisi apapun. Semua orang akan mudah belajar tanpa adanya halangan karena tempat yang jauh.

Seperti masa sekarang ini yang sedang terjadi pandemi, kita tidak perlu pergi ke tempat yang dituju untuk mendapatkan ilmu. Kita bisa hanya duduk di rumah dan mengikuti berbagai webinar yang disediakan di internet.

Sekolah dan kuliah pun menjadi mudah karena semua serba di rumah. Karena IPTEK juga membuat internet dapat menjangkau beberapa daerah, jadi semua yang mengikuti pembelajaran daring dapat dengan mudah untuk mengaksesnya.

banner-promo-gramedia

2.    Sistem Administrasi Pendidikan Berkembang

IPTEK juga memudahkan dalam hal administrasi di dunia pendidikan. Orang tua dan mahasiswa tidak perlu repot-repot untuk mendaftarkan pendidikan hingga datang ke tempatnya.

Dengan berkembangnya administrasi, pendaftaran sekolah dan kuliah dapat dilakukan dengan mudah dari rumah saja dengan berbekal internet. Kita juga tidak perlu mengantre untuk menyerahkan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi. Kita hanya perlu mengunggahnya di situs web yang sudah disediakan oleh sekolah atau kampus.

3.    Muncul Metode Pembelajaran Baru

IPTEK mendukung adanya perubahan metode pembelajaran bagi pelajar dan mahasiswa. Metode pembelajaran kini tidak hanya itu-itu saja seperti sebelum IPTEK berkembang.

Metode pembelajaran yang sekarang fokus pada dunia digital, di mana semua orang juga dapat mengakses dan mempelajari hal-hal baru yang sebelumnya belum diketahui.

Contohnya sekarang pembelajaran dapat menggunakan media seperti Google Classroom, Zoom, Google Meeting, bahkan pembelajaran bisa dilakukan lewat Youtube.

Guru atau dosen dapat membuat video yang menarik mengenai materi-materi yang ingin disampaikan, lalu mereka unggah ke Youtube dan mahasiswa maupun pelajar dapat dengan mudah mengaksesnya, serta tidak terpaku oleh waktu.

Tidak hanya itu, seminar pun juga dapat dilakukan siaran langsung di Youtube. Bagi kamu yang ingin mendapatkan ilmu gratis kamu bisa menelusuri akun Youtube yang selalu membagikan siaran langsung seminar.

4.    Perpustakaan Online/Daring

Semakin pesat berkembangnya IPTEK kita dapat membaca hanya melalui gawai yang kita miliki. Kita tidak perlu datang ke perpustakaan tertentu ketika kita membutuhkan buku yang ingin kita baca.

Banyak situs web sebagai penyedia peminjaman buku atau perpustakaan online. Bahkan setiap kampus memiliki situs web perpustakaan yang isinya sama persis seperti perpustakaan fisik yang ada di kampus. Untuk mengunjunginya  tentunya kamu harus memiliki akun dari kampus kamu terlebih dahulu.

Dengan perpustakaan online kita dapat membaca di mana saja dan kapan saja tanpa halangan waktu. Kita bisa membaca buku yang kita pinjam di malam hari, pagi hari, atau sore hari. Namun perlu diingat yang namanya perpustakaan online pasti juga memiliki masa pinjam. Jika batas waktu pinjam sudah habis, buku akan otomatis hilang dari daftar buku kamu.

5.    Berbagi Hasil Penelitian

IPTEK membuat kemudahan kita untuk berbagi ilmu dan mendapatkan ilmu. Dengan adanya IPTEK penelitian yang dibuat oleh para peneliti dapat diunggah di internet. Beberapa juga ada situs web dengan berbagai unggahan hasil penelitian yang bisa diakses khalayak ramai.

Kampus pun menyediakan situs web hasil penelitian dosen dan mahasiswanya. Namun jika situs web kampus pastinya kamu harus memiliki akun dari kampus kamu sendiri untuk dapat masuk lalu membaca maupun mengunggah hasil penelitian kamu di situs web tersebut.

Dampak Negatif:

1.    Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual

Semakin berkembangnya IPTEK semakin banyak juga informasi dan ilmu yang tersebar di internet. Hal ini dapat disalahgunakan oleh pelajar dan mahasiswa dalam mengerjakan sebuah tugas.

Bagi mahasiswa atau pelajar yang malas tentunya mereka akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menyalin informasi yang tersedia di Google tanpa memparafrasekan terlebih dahulu. Ini disebut dengan plagiasi.

Dalam dunia pendidikan tentunya plagiasi sangat dilarang. Ilmu dan informasi yang tersebar di internet harus dipilah dan diparafrasekan terlebih dahulu sebelum dijadikan sebagai isi dari tugas kuliah maupun sekolah.

Guru dan dosen tentunya berperan penting untung mengingatkan pelajar dan mahasiswanya untuk selalu jauh dari plagiasi. Tentunya pelajar atau mahasiswa yang melakukan plagiasi tugasnya tidak akan diterima oleh guru atau dosen.

2.    Kecanduan Teknologi

Bagi sebagian orang yang baru saja kenal dengan teknologi baru tentunya akan mengalami sedikit kecanduan untuk terus menggunakannya. Hal ini memiliki dampak buruk. Siswa tidak akan fokus dengan pembelajaran yang ada, namun mereka beralih untuk menonton film atau Youtube melalui gawai mereka masing-masing.

Kontrol orang tua di sini dibutuhkan dalam proses pembelajaran online. Tidak semua siswa dapat mengendalikan dirinya untuk terus menggunakan teknologi hanya untuk belajar. Mungkin sesekali boleh, namun jika sampai tidak fokus belajar maka ini berdampak buruk.

3.    Sarana Untuk Mencontek

Dalam pembelajaran daring tentunya guru tidak bisa mengawasi siswanya ketika sedang melaksanakan ujian. Siswa dan guru berbeda tempat dengan perantara gawai dan aplikasi pembelajaran. Dengan adanya IPTEK siswa bisa saja mencontek dari Google atau buku untuk mengetahui jawaban dari soal yang diberikan.

Lama kelamaan ini akan berdampak buruk bagi akademik siswa. Siswa tidak akan benar-benar paham mengenai materi yang disampaikan. Setiap ujian mereka hanya mencontek jawaban yang sudah tertera di internet.

Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Pemerintahan

Dampak Positif:

1.    Pelayanan Lebih Baik

IPTEK membuat informasi dari pemerintah dapat disediakan dalam 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Kita tidak perlu mencari informasi mengenai pemerintahan sampai datang ke kantor fisiknya. Cukup melalui internet semua akan terpampang jelas.

Masyarakat tidak perlu bingung lagi cara untuk mendapatkan ktp, sim, dan dokumen-dokumen lain yang berkaitan. Bahkan untuk memperpanjang sim dan stnk juga dapat dilakukan dengan online.

2.    Pelaksanaan yang Efisien

Koordinasi dari pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail atau konferensi video dengan aplikasi yang tersedia. Indonesia yang wilayahnya luas ini dapat memudahkan untuk melakukan diskusi dan koordinasi antara pimpinan pemerintahan dengan anggota yang lain.

Dengan adanya IPTEK tidak ada lagi kendala urusan jarak dan waktu. Bila ada beberapa anggota atau pimpinan yang sedang di luar kota atau bahkan di luar negeri hal ini akan cepat teratasi.

Adanya sistem onlinei ini pemerintah pusat dan daerah dapat dengan mudah mengakses data informasi yang berhubungan dengan pelayanan publik. Kemajuan teknologi di bidang pemerintahan ini mendorong aparatur pemerintah untuk mempelajari hal baru agar kinerja pelayanan pemerintah semakin membaik.

3.    Adanya CCTV

Closed Circuit Television (CCTV) mempermudah pekerjaan untuk urusan pemerintahan. Dengan adanya teknologi CCTV polisi lalu lintas tidak harus membawa surat tilang dan melihat satu-satu pengendara yang melakukan pelanggaran. Dengan CCTV semua pengendara yang melanggar akan terlihat jelas, plat nomor kendaraannya pun langsung tertangkap, lalu tilang akan dikirim via online. Hal ini dinamakan e-tilang.

Tidak hanya untuk lalu lintas. Beberapa tempat dalam pemerintahan pun dapat diberi CCTV untuk memantau dan mengawasi gedung-gedung pemerintahan yang ada. Bila terlihat ada yang mencurigakan polisi dan satpam serta pengaman lainnya dapat langsung menindak.

4.    Akses Informasi

Dengan adanya IPTEK membuat pemerintah dapat mengetahui keadaan negaranya. Pemerintah dapat melihat daerah-daerah yang memerlukan bantuan akibat kesenjangan sosial. Akses ini selain membantu pemerintah juga membantu masyarakat yang sulit dijangkau.

Memiliki akses informasi ini berarti pemerintah memiliki komitmen untuk memperbaiki kondisi negara dan masyarakatnya. Akses informasi ini berguna untuk membantu perbaikan nasib negara dan rakyat.

Dampak Negatif:

1.    Biaya yang Besar

IPTEK memang alat yang memudahkan bagi hidup kita. Pemerintahan pun akan terbantu karena adanya IPTEK. Namun, dibalik itu tentunya ada biaya yang harus dibayar untuk mendorong negara agar tidak tertinggal oleh teknologi.

Walaupun politik pemerintahan menggunakan informasi dan teknologi bisa mengeluarkan biaya yang lebih terjangkau daripada konvensional. Namun, pada pembangunan infrastruktur akan terasa sangat mahal. Untuk pembangunan jalan, jembatan, dan gedung dibutuhkan teknisi dan beberapa alat berat. Semua itu memerlukan biaya yang tidak murah.

2.    Privasi Sulit Dijaga

Privasi akan sulit untuk dijaga ketika kita telah memberikan informasi dan data diri kita. Dalam sebuah negara tentunya informasi dan data rakyat ada di tangan negara, hal ini digunakan untuk mengembangkan kegiatan negara. Namun di sisi lain negara harus menjunjung privasi warga negaranya sendiri.

Ketika semua informasi sudah menjadi digital dapat mengakibatkan penyalahgunaan dari data-data tersebut. Sudah banyak perusahaan yang membocorkan data penggunanya. Dalam hal ini biasanya pemerintah akan bergerak namun bereaksi setelah fakta tersebut terungkap, bukan sebagai proaktif bertindak sebelum terjadi.

3.    Jangkauan Akses

Tidak semua orang memiliki internet di rumahnya dan di daerahnya. Warga yang berada jauh di pedalaman akan sulit mendapatkan akses internet. Warga yang tidak dapat akses internet kemungkinan juga susah untuk melek teknologi dan tidak mengetahui informasi-informasi pemerintahan seperti, situs web atau video siaran langsung pemerintahan.

Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Ekonomi



Buku ini memaparkan secara rinci perkembangan ekonomi berbasis digital di Indonesia, mulai dari e-commerce, financial technology, sampai on-demand services.

Dampak Positif dan Negatif IPTEK 3

beli sekarang

https://www.gramedia.com/products/transformasi-ekonomi-berbasis-digital-di-indonesia-lahirnya-tren-baru-teknologi-bisnis-ekonomi-dan-kebijakan-di-indonesia

Dampak Positif:

1.    Produktivitas Industri Meningkat

Kemajuan IPTEK akan membuat produktivitas industri meningkat. Investasi dan reinvestasi akan berlangsung besar-besaran yang berguna untuk kemajuan dunia perekonomian. Banyak bisnis-bisnis online berterbaran di mana-mana.

Dengan adanya bisnis online masyarakat dengan mudah berbelanja tanpa harus keluar rumah. Mereka hanya perlu memesan barang yang diinginkan, lalu melakukan pembayaran juga dari rumah, kemudian cukup tunggu sampai barang yang dibeli datang.

Ini merupakan kemajuan IPTEK yang memengaruhi perekonomian negara. Para pedagang juga tidak perlu menyewa tempat untuk dijadikan toko dan menjaganya seharian penuh. Pedagang hanya perlu mendaftarkan dirinya di beberapa platform toko online kemudian memasukan data-data untuk barang yang akan dijual.

2.    Bisnis Teknologi Semakin Ramai

Semakin besarnya perkembangan IPTEK maka semakin ramai juga bisnis penjualan teknologi. Industri-industri teknologi kali ini diuntungkan. Untuk mengikuti perkembangan teknologi, di setiap negara tentunya harus selalu meluncurkan teknologi baru di setiap tahunnya.

Negara yang tidak memproduksi teknologi sendiri bisa saja impor dari negara lain, atau juga dapat bekerja sama dengan negara lain agar industri luar negeri dapat beroperasi di negara yang ingin bekerja sama.

Semakin banyak masyarakat menggunakan gawai yang canggih dan cepat untuk mendukung produktivitasnya atau hanya sekadar gengsi saja. Ini adalah dampak yang baik karena dengan adanya bisnis teknologi yang semakin besar maka masyarakat akan semakin melek teknologi.

3.    Pembayaran Secara Online

Karena bisnis teknologi sudah meningkat dan produktivitas industri juga meningkat maka terbukalah fitur untuk melakukan pembayaran secara online. Ini akan memudahkan kita semua dalam bertransaksi, kita tidak perlu ke ATM atau bank untuk mengambil uang kita, kita hanya perlu langsung transfer dari rekening kita ke rekening pedagang secara online.

Fitur ini dinamakan Internet Banking. Adanya aplikasi ini membuat transaksi menjadi lebih mudah. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan internet banking seperti, mengecek saldo, transfer saldo, dan membayar tagihan. Keuntungan untuk pengguna yaitu dapat bertransaksi di mana saja.

Dampak Negatif:

1.    Risiko Belanja Online

Bagi orang awam dengan teknologi dari belanja online akan membuat kesulitan bagi dia ketika ingin berbelanja. Mereka yang awam akan selalu takut ketika berbelanja online karena takut akan penipuan.

Beberapa waktu juga kejadian seperti ini bisa saja terjadi. Banyak kesalahan-kesalahan penjual ketika kita berbelanja online seperti salah pengiriman barang, barang yang dikirimkan rusak, atau bahkan barang tidak dikirim. Ini adalah salah satu dampak buruk teknologi.

2.    Pencurian Data Kartu Debit/Kredit

Karena ketika berbelanja bersifat langsung, cara belanja dengan kartu debit/kredit adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat. Beberapa penipu berusaha mengambil data dan uang yang kita punya. Dengan teknologi mereka bisa mendeteksi transaksi yang terjadi antara kita dengan orang lain.

Atau bisa saja penipu ini langsung kontak dengan kita dengan memainkan kata-katanya sampai kita mau untuk mengirimkan foto nomor kartu debit/kredit kita. Ketika mereka sudah mendapatkan nomor kartu maka hal yang mudah untuk mereka mengambil uang kita.

Nah, sudah pahamkan Grameds beberapa dampak positif dan negatif dari IPTEK. IPTEK memang sangat berguna bagi kehidupan kita sampai sekarang. Namun, kita juga perlu hati-hati terhadap penggunaan teknologi. Jangan sampai teknologi menghancurkan kita.

Bagi kalian yang ingin banyak belajar tentang IPTEK kalian bisa mendapatkan bukunya di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan buku-buku yang kamu butuhkan. Yuk beli buku di Gramedia!

Ebook ini dihadirkan sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi para anak bangsa terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

Dampak Positif dan Negatif IPTEK 4

beli sekarang

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien