Tips dan Trik

5 Strategi Tetap Produktif Meskipun Belajar dari Rumah

5 Strategi Tetap Produktif Meskipun Belajar dari Rumah 1
Written by atap

Gramedia Literasi – Merebaknya virus corona ke penjuru dunia membuat banyak negara yang terdampak memutuskan untuk lockdown, di Indonesia sendiri Peraturan ini kemudian mengharuskan masyarakatnya agar beraktivitas dari rumah, termasuk bekerja dan belajar dari rumah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan sejumlah daerah meliburkan sekolah karena khawatir penyebaran virus corona COVID-19. Oleh karenanya Mendikbud bekerja sama dengan berbagai pihak untuk pembelajaran secara daring. Berikut beberapa kiat yang dapat kamu lakukan agar tetap produktif meskipun harus school from home. Check these out!

MANAJEMEN WAKTU

Mulailah siapkan diri untuk belajar dari rumah, buat pola yang konsisten mulai dari bangun tidur hingga waktu belajar, segera ciptakan daftar aktivitas yang harus kamu lakukan setiap hari dengan langkah ini, Grameds:

  • Buat To-Do List: Biasakan untuk mulai menyusun daftar apa saja yang harus dikerjakan di esok hari. Susun daftar to-do list pada malam sebelumnya. Permudah hal ini dengan aplikasi reminder yang banyak tersedia di smartphone. Aplikasi ini kemudian akan membantu mengingatkanmu tentang apa saja yang harus kamu kerjakan setiap hari.
  • Skala Prioritas: Setelah daftar apa yang harus dikerjakan, mulai tentukan mana yang menjadi prioritas utama dan mana yang dapat dikesampingkan sementara waktu Grameds. Tandai mana yang harus dikerjakan lebih awal. Setelahnya dahulukan list tersbut, hindari menunda pengerjaan untuk hal-hal yang kurang perlu.
  • Ciptakan Deadlinemu: Buat tenggat waktu pada setiap tugas yang harus kamu kerjakan, dan selalu beri jeda sebelum mengerjakan tugas lainnya Grameds. Tenggat waktu ini akan membuatmu lebih bertanggung jawab. Patuhlah terhadap tenggat yang sudah ditentukan. Mengabaikan tenggat waktu hanya akan membuat proses belajar menjadi tidak efektif dan produktif Grameds.
  • Hindari mutitasking, karena di rumah saja, terkadang kita juga harus membantu orang tua. Namun pastikan semua aktivitas ini sudah selesai sebelum memasuki waktu belajarmu agar pikiran lebih fokus dan dapat menyelesaikan semua tugas dengan baik. Sebab tahukah kamu saat melakukan banyak hal secara bersamaan, meskipun tugas selesai namun hasilnya tidak akan optimal. Saat seseorang multitasking, otak akan bekerja jauh lebih keras dari biasanya. Kelelahan pada otak ini akan membuat tubuh cepat lelah dan mudah stres. Selain itu, kemampuan menyimpan memori khususnya short term memory juga akan menurun, karenanya  tinggalkan semua hal yang berpotensi memunculkan gangguan, jauhkan sementara smartphone, dan console game, jangan juga terpancing untuk browsing yang tidak perlu saat sedang belajar Grameds.
  • Setiap menyelesaikan satu pekerjaan, beri kesempatan tubuh dan otak untuk beristirahat. Cukup 10-15 menit. Gunakan waktu ini untuk sekadar meregangkan otot badan yang kaku atau menghirup udara segar di taman. Memaksakan langsung meneruskan kepada pelajaran berikutnya hanya akan membuat waktu belajarmu tidak maksimal.  Segarkan pikiran dan tubuh dengan cara alami seperti berjalan-jalan di sekeliling ruang

 

CIPTAKAN RUANG BELAJAR YANG NYAMAN

Ciptakan ruang belajar ternyaman untukmu, jika kamar dirasa kurang, cari sudut terbaik di rumah, dan sulap menjadi ruang belajar, dekor area tersebut sekreatif mungkin untuk menambah semangatmu. Selain itu persiapkan juga peralatan yang dibutuhkan, seperti laptop atau PC, mouse, keyboard, headset, serta webcam. Berikut ini beberapa kiatnya ciptakan ruang belajar yang kondusif di rumah:

  • Jauhkan ruang belajar dari ruang televisi, area mencuci atau area lain yang berpotensi menimbulkan bising. Tujuannya untuk menjaga fokusmu. Selain itu hindari melengkapi ruang belajar dengan tv, video game, atau mainan kesukaanmu untuk menjauhkan distraksi Grameds.
  • Pilihlah meja belajar sesuai kebutuhan, jika merasa nyaman belajar di atas tempat tidur, gunakan saja meja lipat. Bagimu yang tidak suka belajar di tempat tidur, siapkan meja belajar yang nyaman agar proses belajar menjadi lebih fokus.
  • Perhatikan juga penerangan ruang, gunakan cahaya berwarna putih dengan tingkat keterangan cukup. Cahaya putih akan lebih nyaman untuk mata saat melihat gambar, menulis, atau membaca. Cahaya putih juga membantu mata tak perlu terlalu bekerja keras saat beraktivitas.
  • Selain itu otak membutuhkan asupan oksigen, hindari suhu yang terlalu dingin atau panas. Pastikan ruangan memiliki ventilasi udara yang baik. Jika sirkulasi udara baik, tubuh dan otak dapat bekerja dengan baik. Sebaliknya, suhu dan udara yang tidak nyaman dapat membuatmu sulit berpikir dan berkonsentrasi Grameds.
  • Terakhir pastikan ruang dan alat belajar selalu dalam keadaan bersih, sebab Virus corona dapat menular lewat cairan tubuh seperti keringat. Sebaiknya semprotkan desinfektan sebelum menggunakan dan selalu mencuci tangan setiap selesai menggunakannya.

 

PERSIAPKAN SOFTWARE VIDEO CONFERENCING

Belajar dengan aplikasi akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Selain peralatan, siapkan video conferencing software seperti ZOOM, Google Hangouts, dan lain sebagainya. Pastikan software bekerja dengan baik. Pencahayaan yang cukup juga penting agar resolusi gambar video conference yang dihasilkan lebih baik. Berikut beberapa software video conferencing yang dapat kamu manfaatkan untuk school from home:

  • Zoom Cloud: Aplikasi ini menawarkan pengalaman baru video conference, yaitu bisa melibatkan hingga 100 peserta didalamnya. Sebelum melakukan atau masuk forum belajar online, kamu diharuskan Sign-in atau membuat akun di aplikasi Zoom Cloud, Setelahnya kamu harus memasukkan meeting ID untuk mengkoneksikan dirimu ke dalam akses pertemuan online.
  • Google Hangouts: Tersedia pada aplikasi komputer, website, Android, dan iOs membuat platform yang satu ini cukup efektif digunakan untuk belajar online. Hangouts yang terintegrasi dengan Google+ dan Gmail sangat memudahkan mobilitas datamu.
  • Skype: Aplikasi chat dan online meeting ini dapat terintegrasi dengan baik melalui komputer atau versi mobile. Pilih menu New Video Call dan tentukan teman yang sedang online untuk membuka sesi percakapan, pilih Add People untuk menambahkan anggota yang bisa mencapai 8 orang per sesi Grameds.

Selain software diatas, teknologi lain yang dapat kamu manfaatkan adalah milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mereka telah menyiapkan aplikasi belajar online gratis yaitu Rumah Belajar di laman kemendikbud.go.id. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh semua pelajar di Indonesia, mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) Grameds.

 

SIAPKAN CAMILAN FAVORIT

Supaya tidak lekas mengantuk, ternyata mengunyah camilan dapat menjadi solusinya, sebab akan menjagamu tetap fokus Grameds. Konsumsi camilan bergizi untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah terserang virus. Berikut ini camilan sehat yang disarankan untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kadar imunmu Grameds:

  • Yogurt: Kandungan mineral dan gizi di dalamnya juga membantu meningkatkan produksi sel T, salah satu sel darah putih di dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan penyakit, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan bakteri. Yogurt juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zink.
  • Pepaya: Buah ini memiliki banyak sekali manfaat penting bagi tubuh mulai dari vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Vitamin A, C, dan E dalam pepaya dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindarkanmu dari penyakit infeksi, seperti pilek dan flu.
  • Kiwi, salah satu buah yang sering dijadikan jus atau salad buah. Selain rasanya yang manis, kiwi sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Buah kiwi kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak antioksidan dan sumber serat. Vitamin C di dalamnya merupakan salah satu unsur penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan penyakit.
  • Dark Chocolate: Makanan yang terbuat dari tanaman kakao. Dark chocolate mengandung antioksidan yang disebut flavonoid. Dibanding coklat jenis lain, coklat hitam memiliki jumlah flavanol tertinggi. Dark chocolate dan antioksidan jenis theobromine didalamnya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat dark chocolate lainnya adalah kemampuannya dalam meningkatkan fungsi otak. Selain itu, kakao mengandung zat stimulan seperti kafein dan theobromine, yang mungkin menjadi alasan utama mengapa coklat hitam dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.
  • Ubi Rebus: Mengandung beta-karoten atau senyawa nabati yang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A penting dalam menjaga sistem kekebalan, kadar darah, dan selaput lendir di lapisan usus.
  • Kuaci: Memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, seperti protein, karbohidrat, vitamin A, C, E, magnesium, kalsium, zat besi, dan berbagai nutrisi baik lainnya. Kuaci juga dapat meningkatkan mood.
  • Kacang Almond: Journal Science of Food and Agriculture tahun 2006 mengungkapkan kacang almond merupakan jenis kacang yang kaya akan vitamin E. Selain itu, almond juga dikemas dengan lemak sehat yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Agar daya tahan tubuhmu tetap terjaga, ada baiknya konsumsi 46 butir almond kupas guna memenuhi 100 persen jumlah asupan vitamin E harian.

 

LUANGKAN WAKTU UNTUK HIBURAN

Berikan waktu untuk beristirahat sejenak disela-sela belajar online, waktu ini bisa kamu gunakan untuk  bermain game online, menonton film sejenak atau melakukan hal-hal yang kamu sukai. Namun, tetapkan waktu yang pasti, dan berdisiplinlah dengan itu. Jangan sampai kamu malas belajar karena keasyikan bermain Grameds. Selain itu manfaatkan weekend untuk berbagai kegiatan seru yang belum pernah kamu coba sebelumnya:

  • Memasak Camilan Favorit: Jangan takut mencoba sesuatu yang berbeda dari biasanya. Mungkin kamu tidak terbiasa membuat kue dan camilan sendiri di rumah, namun justru kegiatan ini akan menjadi hal yang menyenangkan saat aktivitas lain sudah terasa membosankan. Mulailah memilih dan menentukan kue atau camilan apa yang akan dibuat nanti, temukan berbagai resep dan tipsnya di internet. Siapkan bahan-bahannya dan manfaatkan weekend untuk memasaknya.
  • Kemping di Halaman Rumah: kegiatan ini akan menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga. Pasanglah tenda di halaman belakang atau area taman rumahmu, buat juga api unggun dan tempat untuk berbeque di sana, kemudian nikmati waktu bersama dengan menyiapkan makan malam ala berbeque party.
  • Menata Ulang Kamar: Suasana kamar terasa membosankan dan tidak ada perubahan selama beberapa waktu? coba cari inspirasi dekorasi kamar yang kamu inginkan di pinterest, dan ganti warna cat, tirai, juga beberapa hiasan di kamar Grameds. Untuk cat baiknya gunakan warna seperti blues, hijau dan abu-abu untuk menciptakan oasis yang sejuk, karena warna ini memiliki efek menenangkan dan memberi energi positif ke kamar tidurmu Grameds, satu lagi yang tak kalah penting untuk membuat tidurmu lebih nyenyak. Tambahkan meja, dan lampu lantai di kamar tidur juga letakan tanaman kecil di samping tempat tidur untuk membantu membersihkan udara, dan membuatmu bernafas dengan lebih baik Grameds.
  • Berkebun: Meskipun tersedia lahan hijau di rumah, namun jarang dimaksimalkan dengan berbagai alasan, dari tidak ada waktu, takut serangga, tidak punya bakat untuk berkebun, atau tidak suka tangan kotor. Padahal tahukah kamu dengan merawat taman sekecil apa pun di rumah, kamu dapat meningkatkan kualitas hidupmu lho Grameds. Berkebun bukan hanya baik untuk fisik yaitu setara dengan lari di atas treadmil berkecepatan 5 km/jam, tetapi juga untuk kesehatan otak. Penelitian yang ada dalam Journal of Alzheimer’s Disease, mengatakan bahwa berkebun dapat melindungi kesehatan kognitif, meningkatkan volume otak, dan menurunkan risiko alzheimer hingga 50 persen.
  • Membaca Buku: Bagimu yang tidak terlalu suka membaca, cobalah membaca dimulai dari genre-genre yang kamu sukai. Sebab membaca selain menjadi hobi yang positif dalam mengisi waktu luang juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kecerdasan, mulai dari mendapatkkan banyak inspirasi yang akan menjadikanmu lebih produktif, membaca juga akan membuat pikiran lebih terbuka karena menyerap informasi tidak hanya dari satu perspektif saja.
  • Menulis: Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak kamu menulis, sebab banyak inspirasi yang didapatkan dari lembar per lembar sebuah buku Grameds. Menulis selain membebaskan imajinasimu, juga sangat bermanfaat bagi kesehatan sebab dapat membantu memulihkan emosi, dan membuat pikiran dan tubuh lebih baik. Menurut sebuah jurnal Advance in Psychiatric Treatment, manfaat menulis tidak hanya dialami dalam jangka pendek, namun juga dalam jangka panjang. Menulis ekspresif telah dikaitkan dengan peningkatan suasana hati, berkurangnya tingkat stres dan gejala depresi, serta manfaat fisik seperti penurunan tekanan darah, dan peningkatan fungsi paru-paru juga hati. Mulai sekarang coba biasakan juga untuk menuliskan apa yang kamu syukuri hari ini, hal sederhana ini ternyata membuatmu memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Demikian Tips, semakin pintar kamu mengatur waktu, semakin banyak tugas yang terselesaikan dengan baik. Terapkan strategi diatas selama masa swa-karantina dan social distancing ini agar proses belajar dari rumahmu tetap berjalan dengan baik dan tidak terasa membosankan. Semangat Grameds!

 

banner-promo-gramedia

EDUTORE

Gramedia mengembangkan platform edukasi bernama Edutore. Pada platform ini kamu bisa mengakses banyak buku latihan soal seperti yang ada di gramedia dengan cara berlangganan. Edutore memiliki sloggan “Semua Bisa Pintar” dan itu pula yang menjadi cita-cita Edutore. Sehingga Edutore bisa berperan serta dalam mencerdaskan anak-anak Indonesia. Di Channel Youtube Edutore dibahas bermacam-macam mulai dari pengetahuan umum yang unik seperti “Kenapa lampu rem berwarna merah”, belajar bahasa inggris bersama captain J, sampai dengan belajar bareng edutore yang berisi pembahasan soal seperti soal CPNS sinonim, antonim, dan lainnya. Cek langsung akun youtubenya, klik disini.

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien