Tips dan Trik

Perbedaan TOEFL, TOEIC, dan IELTS

Written by Feby

Ada berbagai cara dalam mengukur kemampuan bahasa inggris, salah satunya adalah dengan mengikuti tes. Nah ada 3 jenis tes untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris yang diperuntukkan berdasarkan kepentingannya. Kamu pernah mendengar TOEFL? TOEIC? IELTS? Hm, apa ya perbedaan dari ketiga test tersebut? Coba kita bahas yuk!

TOEFL

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. TOEFL merupakan ujian kemampuan bahasa Inggris yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke universitas di Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara bagian Amerika Utara. Tes TOEFL biasanya dilakukan untuk keperluan kenaikan jabatan atau melamar pekerjaan ke perusahaan-perusahaan.

Ada beberapa jenis tes TOEFL ini, Grameds. Diantaranya adalah:

1) PBT (Paper Based Test), yaitu mengerjakan tes TOEFL di atas kertas. Materi tes biasanya meliputi listening, reading, dan structure.

2) CBT (Computer Based Test), yaitu mengerjakan tes TOEFL langsung di komputer. Materi tes biasanya meliputi listening, reading, structure dan ada tambahan writing.

3) IBT (Internet Based Test), yaitu mengerjakan tes TOEFL langsung di komputer yang terhubung ke internet. Materi tes biasanya meliputi listening, reading, structure, writing dan ada tambahan speaking.

Rentang skor TOEFL juga berbeda tergantung jenis tesnya, yaitu:

Skor TOEFL PBT: 310 – 677.

Skor TOEFL CBT: 30 – 300.

Skor TOEFL IBT: 8 – 120.

TOEIC

TOEIC merupakan singkatan dari Test of English for International Communication. TOEIC merupakan tes Bahasa Inggris untuk komunikasi internasional. TOEIC lebih khusus diperuntukan orientasi pekerjaan. Jika kamu ingin bekerja di luar negeri atau perusahaan asing di Indonesia, maka harus memiliki sertifikasi TOEIC.

Jenis tesnya yaitu mengukur kemampuan listening and reading pada level intermediate dan advance. Tipe soal-soalnya secara umum mengarah untuk keperluan bisnis. Rentang skor pada tes TOEIC cukup besar yaitu 10 untuk yg terendah dan 990 untuk yg tertinggi.

Lembaga resmi yang mengeluarkan sertifikat TOEFL dan TOEIC di Indonesia ada 2, IIEF (Indonesian International Education Foundation) dan ITC (International Test Center).

IELTS

IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System. IELTS merupakan program tes untuk menguji kemahiran dalam berbahasa Inggris. IELTS biasanya digunakan untuk keperluan akademik ke negara-negara English-British (Inggris dan Australia).

Ada dua jenis tes IELTS yang diperuntukkan, yaitu:

  1. IELTS Akademik diperuntukan untuk keperluan akadamik seperti mendaftar kuliah, sekolah, dll.
  2. IELTS Proffesional diperuntukan untuk mereka yang akan bekerja atau keperluan imigrasi (seperti pindah kewarganegaraan).

Materi tes IELTS ada 4, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Berbeda dengan TOEFL dan TOEIC yang menggunakan skor untuk hasil perolehan nilai tes, untuk hasil dari nilai IELTS diurutkan dengan sebutan band. Band 1 dinyatakan sebagai non user, dan band 9  dinyatakan sebagai expert user.

Lembaga resmi yang mengeluarkan sertifikat IELTS adalah IALF (Indonesia Australia Language Foundation), IDP (International Development Program), dan British Council.

Bagaimana Grameds, sekarang sudah makin paham kan perbedaan dari ketiga jenis tes tersebut? Jangan sampai salah ya! Nah, kamu bisa nonton penjelasan di atas dari Capt. J juga lho, cek videonya di sini:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien