Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) - Jurusan, Akreditasi, Fakultas

Profile
  

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Profil

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tahun 1964 di Malang, Jawa Timur. UMM didirikan atas gagasan dari para tokoh Muhammadiyah Malang. Pada awal didirikan, UMM menjadi cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dengan memiliki tiga fakultas, yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Agama. UMM memisahkan diri dari UMJ dan resmi berdiri sendiri pada tanggal 1 Juli 1968.

Universitas Muhammadiyah Malang kini telah mengalami berbagai perkembangan. UMM telah membuka beberapa fakultas baru dengan jumlah program studi yang terus mengalami penigkatan dari tahun ke tahun. Saat ini UMM memiliki 10 fakultas yang menaungi 63 program studi untuk Program Vokasi, Program Sarjana, Program Pascasarjana, Program Doktor, dan Program Profesi. UMM juga telah berhasil meraih berbagai capaian yang membanggakan, seperti meraih Anugerah Kampus Unggul (AKU) Jawa Timur, Anugerah AKU Kartika kopertis VII Jawa Timur, ASEAN Energy Award, Peringkat ke-5 Dunia konten Rich Files Webometrics, Peringkat 5 Indonesia untuk Repository webometrics, Host Peace Corps USA, Bintang 2 dari QS Stars University Ranking, serta menjadi Associate Member of ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Selain itu, Universitas Muhammadiyah Malang juga terus menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Beberapa lembaga yang telah melakukan kerja sama dengan UMM, yaitu Erasmus Mundus, Universidad de Murcia, Hanoi University of Science and Technology, Confucious Institute China, Peace Corps Amerika, University of Melbourne, Leeds University UK, AMINEF (American-Indonesian Exchange Foundation), BGP Engineering Belanda, Imam Muhammad In Said Islamic University Saudi Arabia, serta Chunh Hwa University of Medical Technology Japan.

Visi, Misi, dan Tujuan

Universitas Muhammadiyah Malang memiliki visi, misi, dan tujuan yang dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan. Visi yang dimiliki UMM adalah “Pada tahun 2030 menjadi Universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) berdasarkan nilai-nilai Islam.”

Misi yang dimiliki UMM antara lain:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran secara profesional berbasis penelitian dan perkembangan IPTEKS.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkontribusi pada perkembangan IPTEKS.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerja sama dengan pihak lain yang saling menguntungkan.
  5. Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan terhadap civitas akademika berlandaskan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan.
  6. Menyelenggarakan tata kelola kelembagaan universitas secara profesional berdasarkan nilai-nilai Islam.

UMM memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan civitas akademika yang mampu menguasai dan mengembangkan IPTEKS berbasis penelitian.
  2. Menghasilkan produk penelitian yang berkontribusi pada perkembangan IPTEKS.
  3. Menghasilkan produk pengabdian berbasis penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mewujudkan berbagai kerjasama di bidang IPTEKS bertaraf Internasional.
  5. Menghasilkan civitas akademika yang memiliki perilaku yang sesuai nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan.
  6. Mewujudkan profesionalitas kelembagaan universitas berdasarkan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan.

Akreditasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) : A

Universitas Muhammadiyah Malang mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2017 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 3289/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 12 September 2022.

Fakultas dan Jurusan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Biaya Kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Rincian biaya kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang dapat dilihat di sini.

Jurusan Favorit Saintek di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Jurusan Favorit Soshum di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Fasilitas Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki UMM, yaitu:

  1. Ruang Kuliah
    Ruang kuliah menjadi fasilitas utama dalam kegiatan perkuliahan. UMM memiliki ruang kelas biasa dan ruang kelas multimedia. Ruang kelas multimedia dilengkapi dengan perangkat komputer, LCD proyektor, peralatan audio, serta koneksi internet yang baik. Pelaksanaan pembelajaran di seluruh ruang kelas UMM dapat dipantau melalui CCTV oleh Badan Kendali Mutu Akademik (BKMA).
  2. Laboratorium
    UMM memiliki berbagai laboratorium untuk mendukung kegiatan praktik dan eksperimen mahasiswa. UMM beberapa laboratorium yang dikelola oleh universitas, yaitu Laboratorium Biologi, Laboratorium Kimia, Laboratorium Fisika, Laboratorium Bahasa, dan Laboratorium Komputer. Selain itu, setiap fakultas UMM juga memiliki laboratorium masing-masing, seperti Laboratorium Pertanian dan Peternakan, Laboratorium Teknik, Laboratorium Psikologi, Laboratorium Kesehatan, Laboratorium FKIP, Laboratorium FAI, Laboratorium Ekonomi, Laboratorium Hukum, Laboratorium FISIP, dan Laboratorium Kedokteran.
  3. Fasilitas Olahraga
    UMM menyediakan berbagai fasilitas olahraga untuk mendukung aktivitas fisik mahasiswanya. Melalui fasilitas olahraga ini, mahasiswa dapat menyalurkan serta mengembangkan hobi dan bakat yang dimilikinya. Beberapa fasilitas olahraga yang terdapat di UMM, yaitu stadion, lapangan basket, lapangan voli, lapangan futsal, lapangan bulu tangkis, tenis meja, panjat tebing, dan kolam kano.
  4. Perpustakaan
    UMM memiliki perpustakaan pusat yang berlokasi di kampus III serta tiga perpustakaan besar lainnya yang berlokasi di Kampus I, Kampus II, dan Masjid AR. Fachruddin. Perpustakaan Pusat UMM dikelola dengan sistem digital library (digilib) yang terkoneksi dengan beberapa perpustakaan, baik perpustakaan di dalam maupun luar negeri. Perpustakaan ini dilengkapi dengan berbagai koleksi buku, majalah, jurnal, koran, CD installer, CD e-book, dan kaset. Keberadaan perpustakaan akan sangat berguna untuk mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa. Mahasiswa dapat membaca, mengerjakan tugas, serta mencari berbagai referensi dari buku, skripsi, jurnal, dan sumber lain yang tersedia di perpustakaan.
  5. Fasilitas Ibadah
    UMM memiliki sebuah masjid bernama Masjid AR. Fachruddin yang berlokasi di tepi jalan raya tlogomas, akses jalan ke arah kota batu. Masjid yang dibangun pada tahun 1995 ini memiliki asitektur modern yang sangat eksotis. Kegiatan ibadah di masjid ini dapat dilakukan di lantai 3 sampai lantai 5. Lantai 2 masjid ini digunakan sebagai ruang kantor takmir masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium Psikologi, tempat wudhu, dan aula. Kemudian di lantai 1 terdapat perkantoran, bank, kantin, Kopkar, ATM, laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, radio UMM FM, serta beberapa kantor pusat studi. Masjid AR. Fachruddin juga dimanfaatkan sebagai pusat dakwah Muhammadiyah dan pusat kegiatan keislaman bagi masyarakat UMM maupun masyarakat umum.
  6. Rusnawa
    UMM memiliki dua buah rusunawa yang dapat dimanfaatkan mahasiswa sebagai tempat tinggal selama masa perkuliahan. Rusunawa I berlokasi di sebelah utara kampus III UMM, Jl. Jetis – Bawang Tegalgondo, Malang. Rusunawa ini terdiri dari dua blok bangunan, dengan Blok A berkapasitas 240 orang dan Blok B berkapasitas 190 orang. Masing-masing blok memiliki empat lantai yang terdiri dari beberapa kamar berukuran 5,2 x 4,2 m. Rusunawa II berlokasi di sebelah stadion Kampus III UMM. Rusunawa ini terdiri dari satu blok bangunan berlantai empat dengan kapasitas sebanyak 285 orang. Kedua rusunawa tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti, kamar mandi dalam, tempat tidur, lemari pakaian, meja dan kursi belajar, dapur, tempat ibadah, aula, serta tempat parkir.
  7. Balai dan Aula
    UMM memiliki beberapa balai atau aula yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan atau acara. Beberapa balai atau aula yang dimiliki UMM, yaitu Gedung Pertemuan, Theatre Dome, Aula Biro Administrasi Umum (BAU), Aula Teknik, Aula Masjid Lt.1 dan Lt.2, Ruang Sidang BAU, serta Ruang Sidang Rektor.
  8. Jaringan Internet
    UMM menyediakan jaringan internet yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Jaringan internet ini dapat diakses oleh seluruh mahasiswa, dosen, dan karyawan UMM di hampir seluruh area kampus.
  9. Tempat Parkir
    Mahasiswa yang menggunakan kendaraan pribadi menuju kampus tidak perlu mengkhawatirkan tempat parkir kendaraannya karena UMM menyediakan lahan parkir yang cukup luas untuk mahasiswa.

Beasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang menyediakan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Beasiswa yang tersedia di UMM juga berasal dari lembaga pemerintah, lembaga swasta, yayasan, dan alumni. Masing-masing beasiswa memiliki bentuk bantuan, jangka waktu, dan persyaratan yang berbeda.

Beberapa beasiswa yang terdapat di UMM, yaitu Beasiswa Alumni Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah, Beasiswa Program Pendidikan Ulama Tarjih (PPUT), Beasiswa Saudara Kandung, Beasiswa Sarjana Muamalat, Beasiswa Yatim Piatu, Beasiswa Persyarikatan Muhammadiyah, Beasiswa Bidikmisi, KIP-Kuliah, Beasiswa Djarum Foundation, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Toyota, Beasiswa Astra, Beasiswa Cendekia BAZNAS, dan Beasiswa BRI. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa yang tersedia di UMM dapat dilihat di sini.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Di mana lokasi kampus UMM?

UMM memiliki tiga kampus. Kampus I berlokasi di Jl. Bandung No. 1, Malang, Jawa Timur. Kampus II berlokasi di Jl. Bendungan Sutami 188a, Malang, Jawa Timur. Kampus III berlokasi di Jl. Raya Tlogomas No. 246, Malang, Jawa Timur.

Apakah UMM memiliki program internasional?

UMM menyelenggarakan program internasional untuk mahasiswa regular, ACICIS, BIPA, dan Erasmus Mundus.

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video