Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum

Kategori Sosial dan Humaniora

Jurusan Ilmu Hukum_[473 x 314]

Jurusan Ilmu Hukum

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu hukum merupakan cabang ilmu yang berpusat pada praktek hukum mencakup bidang yang sangat luas seperti hak asasi manusia (HAM), hukum kepemilikan hingga hukum perdagangan. Ilmu Hukum juga mempelajari asas-asas hukum pidana, asas-asas hukum perdata (aturan dalam hubungan pribadi dan pribadi lainnya sehingga dapat disebut juga sebagai ilmu yang mengatur kepentingan perseorangan dan bersifat privat atau tertutup), Mempelajari asas-asas pidana (Analisis diutamakan di pelajaran inni karena kamu dituntut dapat memberikan suatu putusan mengenai suatu kasus yang masih berada dalam ruang lingkup hukum pidana), Pengantar Ilmu Hukum, juga Asas-Asas Hukum Islam sebab Indonesia adalah negara mayoritas Muslim, dan berdasarkan faktor sejarah dahulu hukum Islam dijadikan sebagai hukum positif di suatu daerah, di asa hukum islam kamu akan mempelajari sejarah serta perkembangan hukum Islam, serta hubungan hukum Islam dengan hal-hal lainnya Grameds.

Kenapa Jurusan Ilmu Hukum

Jika memiliki minat pada hukum, dan merasa perlu memahami berbagai regulasi maka jurusan ini cocok untukmu Terdiri dari banyak bidang peminatan mulai dari Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Acara, Hukum Tentang Kegiatan Ekonomi, Hukum Tata Negara dan Administrasi Negara, Hukum Internasional, hingga Hukum Kemasyarakatan. Selain itu jurusan hukum juga memiliki prospek karier yang luas di masa depan. Sebab hampir semua aspek dalam hidup kita membutuhkan ahli hukum. Mulai dari instansi resmi hingga ke lapisan masyarakat biasa semuanya membutuhkan ahli hukum. Selain itu kamu juga bisa menjadi notaris, konsultan, diplomat, dosen, pengacara atau bekerja di perusahaan-perusahaan baik perusahaan negeri maupun swasta.

Kuliah di jurusan hukum, juga akan membuatmu memiliki pribadi yang kritis sebab kamu akan dituntun untuk lebih peka terhadap persoalan-persoalan hukum yang terjadi. Kamu juga harus paham suatu peraturan yang sudah diterapkan atau baru ditetapkan. Biasanya, anak-anak hukum akan berdiskusi dan membahas tentang isu-isu terkini. Dalam diskusi tersebut, mereka juga membahas solusi dan bagaimana cara menghadapi isu tersebut. Tak heran jika kemudian kamu menjadi pribadi yang kritis dan mampu menganalisa masalah dengan lebih mendalam, komunikatif, lebih peka, lugas dan masih banyak lagi.

Jurusan Ilmu Hukum_[473 x 314]

Keahlian Jurusan Ilmu Hukum

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan mengutarakan pendapat secara lugas

✓ Kemampuan menyelesaikan masalah

✓ Kemampuan menganalisis

✓ Kemampuan berpikir logis

✓ Kemampuan berpikir kritis

✓ Kemampuan menghafal

Jurusan Ilmu Hukum_[473 x 314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Ilmu Hukum di Dunia Kerja

  • Sebagai lulusan jurusan hukum kamu dapat berkarir sebagai analis konflik, yang biasanya bekerja di sebuah firma hukum. Analis konflik bertugas meneliti potensi konflik kepentingan antara satu pihak dengan pihak lain yang sedang terlibat, termasuk di dalamnya staf pengadilan.
  • Lulus jurusan hukum juga bisa menjadi seorang hakim. Tugasnya adalah mengawasi persidangan dan memutuskan di peradilan. Secara keseluruhan seorang hakim akan menafsirkan dan menerapkan hukum yang berlaku Grameds.
  • Kamu juga dapat berkarir sebagai mediator atau disebut juga dengan Arbiter atau Konsiliator yang bertugas menangani penyelesaian sengketa sebelum gugatan perdata dilanjutkan ke pengadilan.
  • Menjadi seorang reporter pengadilan, tugasnya mentranskripsikan proses hukum dan mendengar pendapat di persidangan dengan seksama.
  • Kamu juga bisa menjadi rekonstruksi kecelakaan. Bertugas memeriksa rincian kecelakaan untuk menciptakan kembali kondisi bagaimana kecelakaaan tersebut bisa terjadi, tujuannya untuk mencari tahu apa dan siapa penyebabnya.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Ilmu Hukum

Jadwal kuliah di jurusan ilmu hukum termasuk padat. Selain mempelajari banyak teori dan studi kasus di dalam kelas kuliah, kamu juga harus sering menghadiri diskusi tentang cara menerapkan studi kasus ke dalam praktek hukum sehari-hari. Terpenting di jurusan ini adalah cara berpikir dengan logika yang benar dan tepat. Keduanya sangat diperlukan untuk mengimplementasikan hukum dan perundang–undangan.

Kegiatan belajar di jurusan Hukum berupa tatap muka, kuliah umum, praktek, ada juga simulasi sidang. Pada semester awal akan diajarkan dasar-dasar hukum secara umum dan kemudian di semester lanjut kalian dapat menentukan konsentrasi (penjurusan) pada salah satu minat studi yang disediakan. Pada akhir masa kuliah biasanya para mahasiswa jurusan Ilmu Hukum mendapatkan kesempatan untuk praktek di berbagai firma hukum, kejaksaan, atau pengadilan, sehingga teori yang telah dipelajari selama ini bisa dipahami relevansinya.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Hukum

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Ilmu Hukum, Grameds:

  1. Pancasila
  2. Ilmu Negara
  3. Pengantar Ilmu Hukum
  4. Pengantar Hukum Indonesia
  5. Pengantar Ilmu Ekonomi
  6. Hukum Perdata
  7. Hukum Tata Negara
  8. Hukum Pidana
  9. Hukum Adat
  10. Hukum Internasional
  11. Hukum Dagang
  12. Hukum Acara Perdata
  13. Hukum Acara Pidana
  14. Hukum Harta Kekayaan
  15. Hukum Sarana Pemerintahan
  16. Hukum Pidana di Luar Kodifikasi
  17. Hukum Pajak
  18. Praktik Peradilan Perdata
  19. Hukum Agraria
  20. Hukum Islam
  21. Hukum Perdagangan Internasional
  22. Hukum Perjanjian Internasional
  23. Hukum Acara PTUN
  24. Hukum Pertanahan
  25. Hukum Lingkungan
  26. Filsafat Hukum
  27. Hukum Perburuhan
  28. Praktik Perancangan kontrak
  29. Praktik Peradilan Pidana
  30. Praktik Perancangan Peraturan Perundang undangan
  31. Praktik Penyelesaian sengketa alternatif (ADR)
  32. Metodologi Penelitian Hukum
  33. Etika dan Tanggung Jawab Profesi

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Ilmu Hukum

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Hukum

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Ilmu Hukum (terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  2. Universitas Indonesia (UI), Depok
  3. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
  4. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  5. Universitas Diponergoro (UNDIP), Semarang
  6. Universitas Brawijaya (UB), Jakarta
  7. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  8. Universitas Lampung (UNILA), Lampung
  9. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
  10. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Hukum

Setelah lulus dari prodi Ilmu Hukum, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S.H), tak hanya sebagai notaris, jaksa dan pengacara. Jurusan hukum menawarkan banyak sekali pilihan karir yang bisa kamu tekuni di masa depan. Berikut ini beberapa gambaran pekerjaan untuk lulusan ilmu hukum Grameds:

PENGACARA

Pekerjaan jurusan ilmu hukum pertama pastinya adalah pengacara. Profesi pengacara menjadi salah satu pekerjaan jurusan ilmu hukum paling menjanjikan. Tugasnya mewakili klien di pengadilan, untuk pertanyaan publik, dan arbitrase, mempertanyakan saksi, negosiasi, dan lain-lain.

KONSULTAN HUKUM

Seorang konsultan hukum bekerja di sebuah lembaga yang bertugas dalam memberikan pandangan serta arahan yang berhubungan dengan kelengkapan dokumen-dokumen sebelum menghadapi sidang.

DIPLOMAT

Memiliki cita-cita untuk dapat bekerja di ranah internasional maka diplomat merupakan pilihan pekerjaan jurusan ilmu hukum yang cocok untukmu. Tentu selain ilmu hukum, kamu juga harus memiliki ilmu komunikasi yang mumpuni.

HAKIM

Hakim merupakan pekerjaan jurusan ilmu hukum yang tergolong tidak mudah karena membutuhkan kredibilitas yang cukup tinggi. Di tangan hakim, keputusan pengadilan menjadi kunci yang sangat penting di dalam hukum.

ADMINISTRATOR FIRMA HUKUM

Seorang Administrator yang berada di tingkat atas dan bertugas untuk mengawasi operasional dan keuangan di dalam sebuah firma hukum.

PANITERA PENGADILAN

Panitera Pengadilan memiliki tugas di luar ruang sidang dan berperan membantu proses peradilan di belakang layar. Dalam setiap kasus hukum biasanya melibatkan berbagai dokumen dan teknologi. Panitera Pengadilan bertugas untuk menerima semua hal tersebut dari orang-orang yang berperkara dan melacaknya secara teratur.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah benar jika kemampuan utama yang dibutuhkan di Ilmu Hukum adalah kemampuan menghapal?

Tidak, sebab bukan hanya menghapal kamu juga harus mengerti dengan benar setiap konsep yang disampaikan. Jika dibandingkan, soal ujian yang akan dihadapi oleh para mahasiswa jurusan ilmu hukum berkisar 20% hafalan dan 80% analisis Grameds.

Benarkah Lulusan Jurusan Hukum pasti atau harus menjadi pengacara?

Tidak juga, kemampuan berpikir, menganalisis, menulis, dan problem solving akan sangat diasah di jurusan ini yang kemudian dapat kamu aplikasikan ke profesi lain. Misalnya saja Najwa Shihab, jurnalis ini dulunya mahasiswa hukum. Lulusan ilmu hukum juga bisa berkarier di dunia kreatif, human resource, dan lain-lain.

Apakah benar mahasiswa Hukum harus menghafal semua aturan undang-undang?

Tidak wajib dan jangan dihapal Grameds, tapi harus dimengerti. Sebab dengan mengerti kamu tidak akan lupa. Selain itu kamu masih perlu menganalisis, membandingkan dengan undang-undang lainnya, dan menarik kesimpulan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *