Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional

Kategori Sosial dan Humaniora

Jurusan Hubungan Internasional

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional atau sering juga disingkat sebagai HI merupakan cabang keilmuan yang secara spesifik mempelajari dinamika hubungan antar negara, organisasi, perusahaan, atau individu yang memiliki pengaruh lintas negara, serta implikasinya. Bidang keilmuan ini mencakup ekonomi, politik, sejarah, hukum internasional, analisa konflik dan perdamaian, pertahanan keamanan, sosiologi, antropologi, kesejahteraan, globalisasi, lingkungan dan banyak bidang lainnya. Luasnya pokok bahasan ini berujung pada penetapan standar akademik yang tinggi bagi universitas baik dalam proses saringan masuk penerimaan maupun saat meluluskan mahasiswa S1 jurusan Hubungan Internasional edufriennds. Di jurusan ini kamu akan diajak memahami berbagai isu-isu global, mengenal tokoh-tokoh dan organisasi internasional yang berpengaruh, dan kerjasama internasional. Kamu juga akan mempelaari dinamika kawasan berbagai negara di dunia.

Kenapa Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan ini cocok untukmu yang selalu penasaran dengan isu-isu politik, baik di dalam maupun luar negeri, suka membaca buku berbasis teori (sejarah, biografi, hingga teori pemikiran), senang berinteraksi dan pandai dalam mempengaruhi orang lain, senang berbicara di depan umum juga menganalisa, sebab berkuliah di jurusan hubungan internasionaL (HI) akan banyak diisi oleh banyak studi kasus edufriends. Dengan skill dan bekal pengetahuan dalam berbagai bidang, lulusan dari kuliah hubungan internasional kemudian dikenal sebagai pribadi yang kritis, memiliki kemampuan problem solving serta mampu membangun interpersonal relationship dengan baik. Kemampuan bahasa juga menjadi nilai tambah edufriends.

Peluang kerja untuk lulusan HI sangat menjanjikan, menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi. Sebab berhubungan langsung dengan pihak luar negeri dan digaji dengan skala mata uang internasional atau dollar. Prospek kerja lulusan hubungan internasioal diantaranya menjadi diplomat, pegawai Departemen Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat, Atase dan lain-lain, selain itu kamu juga bisa masuk ke organisasi internasional non-pemerintahan (Non-Governmental Organization atau NGO) edufriends.

Lulusan program kuliah gelar sarjana (S1)  atau pasca sarjana (S2) dari jurusan hubungan internasional memiliki kesempatan untuk bisa bekerja secara global dengan pemerintahan setempat. Bagimu yang tertarik mengambil kuliah di Jurusan hubungan internasional di luar negeri (tepatnya Amerika Serikat sebagai negara terbaik untuk menimba ilmu ini) berikut beberapa universitas yang direkomendasikan edufriends: Harvard University (S2), Princeton University (S1, S2), Stanford University (S1), Georgetown University (S1), Columbia University (S1).

Jurusan Hubungan Internasional-02

Keahlian Jurusan Hubungan Internasional

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan berpikir kritis

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan negosiasi dan persuasi

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan berbahasa asing

Jurusan Hubungan Internasional-02

Kebutuhan Lulusan Jurusan Hubungan Internasional di Dunia Kerja

  • Diplomat adalah pekerjaan Jurusan Hubungan Internasional yang paling umum. Seorang Diplomat bisa bertugas di kantor kedutaan Indonesia di berbagai negara dalam jangka waktu tertentu. Sehingga bisa dipindahtugaskan kemana dan kapan saja.
  • Sebagai diplomat, Lulusan HI juga dapat dituntuk sebagai perwakilan yang dipercaya menjalankan misi diplomatik dengan negara lain maupun organisasi internasional.
  • Selain itu sarjana HI juga bisa menjadi Konsultan politik yang bertugas memberi nasihat politik, merumuskan strategi kampanye dan menyusun komunikasi politik. Konsultan politik membantu pejabat atau calon pejabat daerah, terutama saat musim pemilihan wakil rakyat.
  • Kamu juga bisa menjadi international officer, yang bertugas menagani kasus maupun permasalahan internasional. Bekerja di beberapa instansi semisal Departemen Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri, dan juga Kedutaan Besar ataupun Konsulat.
  • Menjadi staf ahli  di lingkungan anggota legislatif, ataupun di kalangan eksekutif baik tingkat daerah maupun pusat. Prospek kerja Hubungan Internasional di bidang staf ahli meliputi mengumpulkan informasi, memberikan saran, menganalisis, dan merekomendasikan solusi atas suatu permasalahan yang dihadapi.
  • Peluang karier jurusan HI sebagai international officers juga terbuka lebar di berbagai organisasi NGO terkemuka dunia seperti LSM non profit, dan lembaga-lembaga penelitian.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Geografi

Hubungan Internasional mempelajari interaksi lembaga antar pemerintah dan non-pemerintah dalam konteks global, politik, keamanan, ekonomi dan pembangunan internasional. Cakupan materi di Hubungan Internasional sangat luas. Mulai dari globalisasi, organisasi internasional, sistem politik internasional, keuangan global, gerakan sosial global, hukum internasional, hak asasi manusia, konflik etnik, dan sebagainya.

Bidang kajian jurusan ini yang dapat kamu pilih diantaranya studi Perdamaian Internasional (jika tertarik menganalisis isu keamanan internasional, dan bagaimana konteks serta norma baru seperti gender, human security, dan hukum humaniter internasional), bidang ini juga membantu membentuk dan memperkaya proses damai (peace-building) di level internasional. Minat kajian lain yang dapat kamu pilih antara lain Kerjasama Pembangunan Internasional, dan Politik Internasional edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Hubungan Internasional (HI), Edufriends:

  1. Organisasi Internasional
  2. Hukum Internasional
  3. Politik Luar Negeri dan Diplomasi Republik Indonesia
  4. Teori Hubungan Internasional
  5. Teori Politik Internasional
  6. Diplomasi
  7. Negosiasi dan Resolusi Konflik
  8. Minoritas dan Integrasi Nasional
  9. Ekonomi Internasional
  10. Pengantar Studi Demokrasi
  11. Globalisasi
  12. Budaya dan Bahasa Perancis
  13. Budaya dan Bahasa Mandarin
  14. Sistem Politik Amerika Serikat
  15. Sejarah Diplomasi
  16. Negosiasi dan Diplomasi
  17. Strategi dan Tatakelola Strategis
  18. Dinamika Hubungan Internasional Kawasan
  19. Studi Perang dan Damai
  20. Manajemen Strategik untuk Hubungan Internasional
  21. Pemikiran Politik Barat
  22. Teori Perbandingan Politik
  23. Masyarakat Budaya Politik Asia Tenggara
  24. Rezim Internasional
  25. Studi Hubungan Kultural Dunia
  26. Globalisasi dan Strategi
  27. Geopolitik dan Geostrategi
  28. Kosmopolitan
  29. Nasionalisme dan Fundamentalisme
  30. Masyarakat, Budaya, dan Politik Asia Timur
  31. Masyarakat, Budaya, dan Politik Amerika Latin
  32. Masyarakat, Budaya, dan Politik Rusia
  33. Masyarakat, Budaya, dan Politik Eropa dan Asia Timur
  34. Strategi Kelautan dan Geopolitik Kemaritiman
  35. Etnografi Bangsa-Bangsa
  36. Agensi, Kuasa dan Politik di Indonesia
[algolia_carousel]

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Hubungan Internasional

  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Tekun
  • Kritis
  • Rasional
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
[algolia_carousel]

Universitas Terbaik Jurusan Hubungan Internasional

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Hubungan Internasional (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta
  2. Universitas Indonesia (UI), Depok
  3. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
  4. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  5. Universitas Jember (UNEJ), Jember
  6. Universitas Riau (UNRI), Pekanbaru
  7. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
  8. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Bandung
  9. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang

Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Lulusan Hubungan Indonesia dapat bekerja di berbagai instnasi mulai dari Kementrian Luar Negeri sebagai seorang diplomat atau bahkan duta besar, hingga organisasi-organisasi internasional, perusahaan multinasional, dan konsultan. Berikut ini beberapa gambaran pekerjaan untuk lulusan hubungan internasional (HI) edufriends:

DUTA BESAR

Menjadi salah satu dari banyak prospek karier Hl yang diminati dan merupakan prospek kerja terbaik dari jurusan ini. Untuk menjadi duta besar, hal yang perlu dimiliki adalah pemahaman isu internasional. Khususnya, isu negara tempat ia ditugaskan. Duta besar sendiri bertugas mewakili negara sendiri di negara lain atau pada organisasi internasional.

INTERNATIONAL OFFICER

Seorang international officer dapat bekerja di beberapa instansi di pemerintahan. Beberapa di antaranya adalah Departemen Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar, hingga Konsulat. Selain itu, international officer juga bisa bekerja di lembaga sosial masyarakat (LSM) yang bergerak di dunia internasional. Lembaga ini biasa disebut INGO (International Non Governmental Organization).

KONSULTAN INTERNASIONAL

Konsultan internasional dapat bertugas sebagai penasihat, pendamping, atau pemerhati dalam segala hal yang berkaitan dengan hubungan internasional. Konsultan ini juga bertugas membantu perusahaan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait prospek aktivitas perusahaan di pasar internasional. Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing serta pengetahuan tentang dunia perdagangan dan bisnis, jadi pertimbangan bagi perusahaan konsultan untuk menerima lulusan ini.

NEGOSIATOR

Seorang negosiator memiliki peran untuk menjalankan kepentingan lembaga yang diwakilinya. Dalam membawa dan mewujudkan kepentingan tersebut, ia tidak sebatas berhubungan dengan pemerintahan saja. Ia pun punya hubungan dengan pihak swasta untuk mewujudkan kepentingan yang dimilikinya.

GOVERMENT RELATIOS OFFICER (GRO)

Menjadi salah satu posisi yang banyak diminati oleh lulusan HI. GRO bertugas menjalin hubungan antara lembaga yang diwakili dengan pemerintah daerah. Biasanya, yang membutuhkan seorang GRO adalah perusahaan asing yang beroperasi di suatu negara.Tempat atau lembaga yang membutuhkan GRO antara lain pemerintahan daerah, perguruan tinggi, perusahaan nasional, hingga multinasional edufriends.

POLITICAL ANALYST

Political Analyst, bertugas untuk menjelaskan iklim politik dan bekerja untuk pemerintah. Menginformasikan serta menafsirkan perkembangan politik suatu Negara, edufriends.

COMMUNICTION SPECILIST

Communication Specialist ,bertugas pada organisasi nirlaba yang beroperasi di tingkat internasional. Menciptakan strategi komunikasi yang efektif dan komunikasi internal.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja prospek kerja untuk lulusan Hubungan Internasional?

Tersebar, mulai dari di Kementerian Luar Negeri, dan berbagai Organisasi Internasional seperti PBB, UNICEF dan WTO edufriends.

Adakah Jurusan kuliah yang mirip dengan jurusan ini?

Ada, jurusan Hukum Internasional dan Ekonomi Pembangunan edufriends.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional

Secara umum, hubungan internasional mempelajari hubungan lintas negara maupun non-negara. Isu yang dibahas pun beragam, mulai dari politik, ekonomi, sosial, hingga isu-isu lingkungan edufriends.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *