Jurusan Matematika

Jurusan Matematika

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Jurusan Matematika [Recovered]-02

Jurusan Matematika

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Matematika

Jurusan matematika merupakan ilmu tentang angka dan perhitungan yang mempelajari  kombinasi matematika murni dan terapan (pure vs applied mathematics) seperti aljabar, geometri, analisis matematika, statistika, komputasi, aktuaria, juga riset operasi. Prinsip dan hasil perhitungan matematika sering dijadikan patokan dalam memprediksi peristiwa alam seperti gerhana matahari, gunung meletus dan banjir.

Matematika juga digunakan untuk membuat dan mengembangkan sebuah teknologi. Salah satu contoh teknologi yang erat hubunganya dengan matematika adalah teknologi komputer. Bidang peminatan jurusan ini diantaranya Matematika Murni Statistika, Komputasi atau Ilmu Komputer, Aktuaria, dan Riset Operasi edufriends.

Kenapa Jurusan Matematika

Jurusan Matematika memiliki prospek kerja dengan pendapatan yang menggiurkan, kamu bisa menjadi Aktuaris, data scientist, dan data analyst sebagai beberapa contoh pekerjaan dengan gaji yang fantastis. Selain itu banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini yang terkenal akan kemampuan berpikir analitis, logika, serta kemampuan pemecahan masalah. Bidang pekerjaan yang banyak membutuhkan lulusan jurusan Matematika di antaranya bidang teknik, teknologi informasi, ekonomi, perbankan, manajerial, dan masih banyak lagi Meskipun lulusan jurusan teknik atau manajemen banyak memiliki keahlian praktikal, lulusan jurusan matematika banyak diandalkan untuk memecahkan masalah yang lebih rumit dan membutuhkan kemampuan berpikir lebih tinggi.

Berkuliah di jurusan matematika cocok untukmu yang tertarik dengan dunia hitung menghitung, memiliki kemampuan analisis yang kuat, dan tidak menyukai pelajaran dengan terlalu banyak teori, sebab di Jurusan Matematika kamu tidak harus menghapalkan berbagai rumus sulit, cukup kemampuan berpikir logis dan sistematis seperti metode sebab-akibat, kamu akan mengutak-atik dan membongkar serta membuktikan teorema-teorema matematika. Ilmu algoritma dalam Matematika juga mengajarkanmu membuat susunan langkah yang tepat dan tentu saja dapat diaplikasikan dalam kehidupanmu sehari-hari, edufriends.

Jurusan Matematika [Recovered]-02

Keahlian Jurusan Matematika

✓ Senang berhitung

✓ Senang melakukan riset

✓ Kemampuan terstruktur

✓ Kemampuan Berpikir Rasional

✓ Kemampuan Analisis

✓ Kemampuan Berlogika

✓ Pemahaman Matematika dasar

Jurusan Matematika [Recovered]-02

Kebutuhan Lulusan Jurusan Matematika di Dunia Kerja

  • Kamu bisa menjadi seorang aktuaris, yang tugasya menganalisa data-data statistik seperti tingkat atau angka kematian, kecelakaan, sakit, kecacatan, dan pensiunan dan membuat tabel perkiraan untuk memprediksi resiko dan asuransi yang dapat diaplikasikan untuk keuntungan atau pun simpanan di masa depan
  • Bagimu yang ingin bekerja di Instansi Pemerintahan, Lulusan matematika juga dapat bekerja di berbagai lembaga pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah, mulai dari di BPS (Badan Pusat Statistik), Departemen Keuangan, Dinas Pendidikan, dan masih banyak lagi.
  • Para lulusan matematika juga bisa menjadi Statistik Keuangan, dengan kemampuannya dalam memprediksi kondisi dunia keuangan dan berperan dalam pemodelan, simulasi, serta analisis keuangan
  • Ilmu matematika juga digunakan dalam proses komputasi, kamu dapat berkarir sebagai pengelola jaringan dengan ilmu matematika dan berbagai bidang pengembangan perangkat lunak dengan berbagai perhitungan.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Matematika

Perkuliahan di jurusan ini, pada tahun pertama kamu akan banyak mempelajari Dasar-Dasar Kalkulus, Survey Kalkulus, Kalkulus, Matematika untuk Ekonomi atau Ilmu Hayati Pengenalan, dan Teknik

Sementara di Tahun kedua hingga akhir kamu akan mempelajari Kalkulus, Multivariabel, Aljabar Linear, Kalkulus, Vektor Persamaan dan lain-lain. Ilmu Matematika sendiri sangat luas cakupannya oleh karena itu biasanya dipecah lagi menjadi bidang peminatan atau konsentrasi. Bidang peminatan biasanya ditentukan di semester 5 dengan spesialisasi sebagai berikut Matematika Murni Statistika, Komputasi atau Ilmu Komputer, Aktuaria, dan Riset Operasi

Mata Kuliah Jurusan Matematika

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Matematika, edufriends:

  1. Dasar-Dasar Matematika
  2. Kalkulus
  3. Metode Numerik
  4. Algoritma dan Pemrograman
  5. Aljabar Linear Elementer
  6. Matematika Diskrit
  7. Struktur Aljabar
  8. Aljabar Linear
  9. Praktikum Aljabar
  10. Kalkulus Peubah Banyak
  11. Geometri Analitik
  12. Analisis Real
  13. Fungsi Kompleks
  14. Persamaan Diferensial Biasa
  15. Persamaan Diferensial Parsial
  16. Pemodelan Matematika
  17. Program Linear
  18. Riset Operasi
  19. Aljabar Matriks
  20. Teori Bilangan
  21. Metode Statistika
  22. Program Linier
  23. Statistika Matematika
  24. Teori Himpunan
  25. Statistika Non Parametrik
  26. Kolokium
  27. Analisis Data Uji Hidup
  28. Analisis Regresi
  29. Matematika Keuangan
  30. Teori Ruang Metrik
  31. Teori Ruang Hilbert
  32. Teori Kontrol Diskrit
  33. Teori Kontrol Linear
  34. Teori Graph

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Matematika

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Rasional
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Matematika

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Matematika (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  3. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor
  4. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  5. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  6. Universitas Halu Oleo (UNHOL), Kendari
  7. Universitas Negeri Malang (UM), Malang
  8. Universitas Brawijaya (UNBRAW), Malang
  9. Universitas Negeri Makassar (UNM), Makassar
  10. Universitas Andalas (UNAND), Padang

 

Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Matematika

Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh Careercast menemukan rata-rata lulusan matematika dapat mengumpulkan $101.360 dalam satu tahun. Selain itu Jumlah lapangan pekerjaan untuk para ahli matematika juga akan tumbuh sebesar 23 %  di tahun 2022. Peluang kerjanya mulai dari dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar, di korporat sebagai analis, ahli statistika, ahli keuangan, analis anggaran, hingga astronom dan aktuaris. Berikut ini beberapa gambaran pekerjaan untuk lulusan jurusan ini edufriends.

AKTUARIS

Seorang Aktuaris akan menggunakan statistik untuk mengetahui kemungkinan terjadinya peristiwa tertentu. Selanjutnya, mereka akan berusaha untuk meminimalkan risiko terkait peristiwa tersebut. Seorang Aktuaris biasanya bekerja di industri asuransi, di mana mereka akan membantu perusahaan untuk merancang kebijakan dan menetapkan premi yang harus dibayar. Matematika merupakan salah satu jurusan yang memungkinkanmu untuk bekerja sebagai seorang Aktuaris.

ANALIS RISET PASAR

Seorang Analis Riset Pasar akan membantu perusahaan untuk memutuskan produk apa yang akan dibeli konsumen dan bagaimana cara mempromosikannya. Mereka akan menggunakan data yang sudah dikumpulkan di lapangan dan menggunakan metode statistik untuk menganalisisnya. Analis Riset Pasar akan membagikan temuan yang mereka dapatkan kepada para pemimpin perusahaan dengan mempersiapkan laporan tertulis dan gambaran secara grafis hasil survei.

ANALIS BIAYA

Penaksir biaya merupakan seseorang yang bertugas menghitung biaya penyelesaian proyek konstruksi atau manufaktur. Panaksir biaya akan memperhitungkan pengeluaran atau biaya yang berhubungan dengan tenaga kerja, bahan mentah, dan peralatan yang digunakan. Seorang penaksir biaya membutuhkan kemampuan matematika yang kuat agar proyek konstruksi berjalan secara efisien.

AHLI STATISTIKA

Jika diartikan secara sederhana, ahli statistik bekerja dengan cara mengumpulkan data yang memungkinkan pemerintah, perusahaan, dan perguruan tinggi menjawab pertanyaan tertentu. Ahli statistik akan menggunakan teknik matematika, memutuskan metode apa yang akan digunakan, dan bagaimana mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Mereka juga bertugas merancang survei, eksperimen, dan jajak pendapat untuk selanjutnya menganalisa data yang telah dikumpulkan. Pendidikan di bidang statistik atau matematika sangat diperlukan agar bisa menjalani aktivitas pekerjaan ini dengan optimal. Jika memungkinkan lanjutkan hingga magister edufriends.

FINANCIAL PLANNER

Menjadi seorang penasehat keuangan memungkinkanmu untuk membantu merencanakan tujuan keuangan jangka pendek dan jjangka panjang seseorang atau perusahaan. Penasehat keuangan akan merencanakan tabungan, biaya kuliah di masa depan, pensiun, investasi yang perlu dilakukan, asuransi, dan pajak. Penasehat Keuangan membutuhkan keterampilan matematika yang baik. Hal inilah yang membuat jurusan matematika bisa menjadi pilihan yang tepat agar kamu bisa bekerja dan berkarir sebagai seorang penasihat keuangan, edufriends.

OPERATIONAL RESEARCH ANALYST

Operations research analysts bertugas memformulasikan dan mengaplikasikan model matematika dan metode-metode optimisasi lainnya untuk mengembangkan dan menginterpretasikan informasi yang dapat membantu level manajemen untuk membuat keputusan, memformulasikan kebijakan ataupun fungsi-fungsi manajemen lainnya.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa bedanya Matematika Murni dan Matematika Terapan?

Pada Matematika Murni biasanya digunakan untuk penelitian, perhitungan abstrak, sementara untuk matematika terapan digunakan untuk komputasi dan ekonomi

Apa saja yang dipelajari di Jurusan ini?

Mempelajari dasar-dasar matematika, yang terbagi dalam tiga rumpun mata kuliah yaitu analisis dan aljabar, matematika terapan (pemodelan sistem dan simulasi, masalah optimasi, pengolahan data) dan ilmu komputer (ilmu komputasi dan sistem informasi).

Apa saja prospek kerja untuk para lulusannya?

Kamu bisa bekerja di industri, teknologi informasi dan komunikasi, penelitian, asuransi, perbankan, dan pendidikan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *