Sosial Budaya

Apa Pengertian Malam Satu Suro? Simak Sejarah dan Tradisinya

Malam 1 Suro
Written by Umam

Malam satu suro – Dalam tradisi masyarakat jawa dikenal memiliki banyak tradisi yang masih tetap dilestarikan dan dilakukan hingga saat ini walaupun zaman sudah semakin modern. Masyarakat jawa khususnya jawa tengah mengenal sebuah tradisi tahunan yang biasanya mereka rayakan dengan melakukan arak-arakan di pusat kota yang biasa disebut dengan tradisi malam satu suro.

Malam satu suro adalah malam yang menandai awal bulan pertama penanggalan Jawa. Malam satu suro juga bertepatan dengan tanggal 1 Muharram dalam penanggalan Hijriyah atau penanggalan Islam.

Malam satu suro tahun ini jatuh pada tanggal 29 Juli 2022. Kalender Jawa pertama kali diterbitkan oleh Raja Mataram Sultan Agung Hanyokrokusumo tahun 1940 yang lalu dalam referensi penanggalan Hijriyah (Islam). Di beberapa tempat di Pulau Jawa, masyarakat Jawa masih hidup dengan amalan atau cahaya batin dan kehati-hatian. Malam tahun baru dianggap sakral di Jawa. Mereka memiliki beberapa tradisi yang mereka ingat setiap malam Suro pertama.

Ada banyak kepercayaan yang bersifat mistis dan menakjubkan, seperti ritual mengunjungi tempat-tempat suci dan keramat, misalnya pergi ke kuburan untuk mendapatkan kekayaan, makanan, warisan, dan bahkan pendamping. Lalu ada melempar hadiah, makanan dan persembahan ke laut, yang dianggap sedekah. Juga dihimbau untuk tidak mandi di tempat peristirahatan, lebih tepatnya di daerah Nganjuk, tujuannya agar awet muda dan panjang umur.

Namun apakah sobat grameds sudah mengetahui apa yang disebut dengan malam satu suro tersebut? Jika belum mengetahui tenang saja karena pada pembahasan kali ini kami telah menyajikan informasi terkait malam satu suro lengkap beserta sejarah dan tradisi di dalamnya.

Selanjutnya pembahasan terkait malam satu suro di atas dapat disimak di bawah ini!

Apa Itu Malam Satu Suro?

Tahun Baru Jawa (bahasa Jawa:ꦱꦶꦗꦶꦱꦤꦫꦫ, terjemahkan. Siji Tentu saja, har. “Satu Suro”) adalah festival terpenting orang Jawa. Peringatan Tahun Baru Jawa dimulai pada hari pertama bulan Sura (ಱददद; Sura) kalender Jawa, bertepatan dengan bulan pertama Hijriah, Muharram. Dirayakan terutama di pulau Jawa dan daerah atau negara lain dengan populasi etnis Jawa yang besar, Tahun Baru Jawa atau Siji-Sura (sura) diperingati setiap tahun dan telah menjadi bagian dari budaya tradisional setiap orang terutama di salah satu daerah di pulau jawa..

Orang Jawa menganggap bulan Sura suci. Ada beberapa alasan untuk asumsi ini. Selain fakta bahwa Surah atau Muharram adalah bulan yang dimuliakan Allah, banyak peristiwa penting terjadi di bulan ini.

Tahun Baru Jawa biasanya dirayakan pada malam hari setelah matahari terbenam. Di Jawa, hari itu dianggap keramat, apalagi jatuh pada jumat legi (Hari Jumat). Bagi sebagian orang dilarang pergi ke mana pun pada malam Siji Sura kecuali untuk sembahyang atau melakukan ibadah lainnya.

Mengutip dari situs Kemdikbud, Suro adalah hari pertama Sura atau Suro dalam penanggalan Jawa. Dalam penanggalan Jawa dihitung berdasarkan gabungan penanggalan bulan (Islam), penanggalan matahari (Agustus), dan penanggalan Hindu. Berdasarkan pertimbangan pragmatis, politis, dan sosial, penanggalan Jawa memiliki dua sistem perhitungan, mingguan (7 hari) dan pasar (5 hari). Kalender Jawa memiliki siklus Windu (sewindu:8 tahun), akibat dari siklus tersebut adalah pada urutan tahun ke-8 Jawa (Jimawal) 1 masa berkabung adalah satu hari lebih lambat dari 1 Muharram dalam penanggalan Islam.

Malam satu suro sangat erat kaitannya dengan budaya Jawa, biasanya ada ritual adat berkumpulnya sekelompok orang atau kebaktian lainnya dan disertai Karnaval. Beberapa daerah di Jawa menjadi tempat perayaan malam Suro.

Misalnya di Solo, pada perayaan malam pertama berkabung ada hewan khas bule yang disebut kebo (kerbau). Kebo Bule menjadi salah satu daya tarik warga untuk menyaksikan perayaan malam pertama Suro dan dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Kebo Bule Kyai Slamet. Bukan sembarang kerbau, karena hewan ini merupakan peninggalan penting keraton. Saat merayakan malam satu suro, fokusnya adalah kedamaian dan keamanan batin. Pada malam satu suro juga merupakan kebiasaan untuk membacakan doa semua yang hadir untuk merayakannya. Tujuannya adalah untuk menerima berkah dan menangkal kemalangan.

Merayakan malam satu suro, biasanya Anda selalu berusaha mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan beramal selama sebulan penuh pada bulan tersebut.

Malam Satu Suro

Sejarah Malam Satu Suro

Dilatar belakangi bahwa tanggal 1 Muharram pertama kali ditetapkan dalam penanggalan Islam oleh Khalifah Umar bin Khattab, Khalifah Islam pada zaman setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW. Awal aksesi ini menjadi cikal bakal pengenalan penanggalan Islam di kalangan masyarakat Jawa.

Maka pada tahun 931 H atau 1443 tahun baru Jawa yaitu pada masa kerajaan Demak, Sunan Giri II melakukan perubahan antara sistem penanggalan Hijriyah dengan sistem penanggalan Jawa pada masa itu. Saat itu, Sultan Agung menginginkan persatuan rakyatnya untuk menyerang Belanda di Batavia, termasuk keinginan untuk mempersatukan Jawa. Itu sebabnya dia ingin umatnya tidak terpecah belah, terutama karena keyakinan agama.

Sultan Agung Hanyokrokusumo ingin mempersatukan golongan Santri dan Abangan. Laporan pemerintah daerah disiapkan selama hari Jumat, sementara bupati membuat pernyataan, serta pemakaman dan transportasi ziarah ke makam Ampel dan Giri. Oleh karena itu, tanggal 1 Muharram (1 Suro Jawa) yang dimulai pada hari Jumat Agung juga sakral, bahkan dianggap sial jika menggunakan hari ini untuk hal lain selain mengaji, haji, dan transportasi.

Tradisi Khas Malam Satu Suro

Terkait erat dengan budaya Jawa, Malam Satu Suro biasanya merupakan ritual adat, arak-arakan kelompok masyarakat, atau karnaval. Beberapa daerah di Jawa menjadi tempat perayaan malam Suro. Misalnya di Solo, pada perayaan malam pertama suro ada hewan khas bule yang disebut kebo (kerbau). Bule Cebu menjadi salah satu daya tarik warga untuk menyaksikan perayaan malam pertama Suro dan dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Kebo Bule Kyai Slamet. Bukan sembarang kerbau, karena hewan ini merupakan warisan penting keraton.

Berbeda dengan perayaan di Solo, perayaan malam Suro pertama di Yogyakarta biasanya selalu identik dengan membawa keris dan pusaka sebagai bagian dari prosesi kirab. Pelataran istana, beberapa kekayaan alam berupa gunung berbentuk kerucut, dan pusaka menjadi sajian istimewa dalam pawai kirab, yang biasa dibuat sesuai tradisi Suro One Night (Malam satu suro).

Merayakan tradisi satu suro sebagai peringatan Satu Malam berfokus pada kedamaian dan keamanan batin. Maka dari itu, malam pertama suro biasanya selalu diselingi dengan ritual doa yang dibacakan oleh semua yang hadir untuk merayakannya. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan berkah dan menangkal kemalangan. Selain itu, masyarakat Jawa biasanya berusaha mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbuat kebaikan selama bulan suro tersebut.

Tradisi pada malam satu suro berbeda-beda tergantung pada wilayah di mana ini terlihat, mis. tapa bisu, atau menutup mulut, yaitu. tidak mengucapkan kata-kata selama ritual itu. Ini dapat diartikan sebagai upacara introspeksi, merenungkan apa yang telah dilakukan sepanjang tahun, dan memasuki tahun baru keesokan paginya.

Berikut ini adalah beberapa tradisi pada malam satu suro dari berbagai daerah di Indonesia:

1. Jamasan Pusaka atau Ngumbah Keris

Pada Malam Satu Suro terungkap bahwa Keraton Yogyakarta juga melakukan tradisi rutin tahunan yang dikenal dengan Jamasan Pusaka atau Siraman Pusaka. Dalam upacara ini, pusaka Keraton Yogyakarta dibersihkan atau disemai. Pusaka meliputi senjata, kereta perang, perlengkapan berkuda, bendera, tumbuh-tumbuhan, gamelan, ijuk (aksara) dan lain-lain.

Hal yang ditekankan dalam penamaan benda-benda pusaka ini adalah berdasarkan peranannya dalam sejarah keraton (fungsi benda-benda tersebut pada masa lampau). Jamasan-pusaka yang terkait dengan tujuan ini dilakukan untuk menghormati dan menjaga semua warisan keraton.

Namun menurut website Kraton Jogja, ada dua aspek pelaksanaan Heritage Jamasan, yaitu teknis dan spiritual. Secara teknis, tradisi ini untuk menangani benda-benda yang bisa dikatakan warisan dari masa lampau. Sementara itu, masyarakat Jawa menyambut sisi spiritual dengan datangnya Malam Satu Suro.

2. Kirab Kebo Bule

Kirab Kebo Bule merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Surakarta. Menurut tradisi Tahun Baru Islam, beberapa kebo bule (kerbau putih) diarak keliling kota. Masyarakat Surakarta percaya bahwa kerbau ini merupakan keturunan Kebo Bule Kyai Slamet dan dianggap keramat.

3. Upacara Tabot

Dirayakan oleh masyarakat Bengkulu untuk memperingati kepahlawanan dan wafatnya Husein bin Ali Abu Thalib, cucu Nabi Muhammad SAW. Upacara ini dipengaruhi oleh upacara Karbala Iran. Syekh Burhanuddin yang juga dikenal sebagai Imam Senggolo telah menyelenggarakan perayaan tahun baru Islam ini sejak tahun 1685. Masyarakat percaya bahwa bencana dan kemalangan akan menimpa mereka jika tidak merayakan Tahun Baru Islam ini.

4. Ledug Suro

Ini adalah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Magetan, Jawa Timur. Masyarakat melestarikan tradisi Ledug Suro dengan “Ngalub berkah Bolu Rahayu”. Upacara diawali dengan karnaval Nayoko Projo dan Bolu Rahayu yang kemudian menjadi sasaran tawuran warga sekitar. Warga percaya kue Tahu bisa membawa keberuntungan dan berkah.

5. Nganggung

Umat ​​Islam merayakan tradisi ini di Bangka Belitung. Nganggung berarti makan bersama dalam bahasa setempat. Warga mengadakan acara makan bersama. Seperti perayaan Idul Fitri dan Idul Adha, pertemuan tersebut dinaikkan menjadi tradisi Tahun Baru Islam. Warga dari seluruh Bangka berdatangan untuk bersilaturahmi dan berkunjung ke rumah warga. Bagi tuan rumah, semakin banyak tamu yang datang, semakin banyak pula harta benda yang didapatnya. Makanan mirip Idul Fitri disajikan untuk menjamu tamu.

6. Barikan

Ini adalah tradisi yang dilakukan oleh warga Pati, Jawa Tengah. Pada dasarnya tradisi Barikan merupakan hajatan masyarakat. Rombongan membawa suplemen dari rumah kemudian kami berdoa bersama. Makanan yang didoakan dimakan bersama. Berbagi lauk pauk adalah suatu keharusan selama festival ini.

7. Ngadulag

Sebuah tradisi yang dilakukan oleh warga Sukabumi, Jawa Barat. Tradisi tersebut dimeriahkan dengan lomba seni gendang yang diikuti sebagian besar warga. Dalam lomba Ngadulag, tim minimal terdiri dari tiga orang pemain, pertama pemukul kendang, kemudian pemukul kohkol (terompet) dan pemukul aksesoris lainnya. Para kontestan berlomba untuk berkreasi.

Malam Satu Suro

8. Suroan

Suroan merupakan tradisi warisan yang terus dipraktekkan masyarakat Jawa hingga saat ini. Sebuah Suroan dilakukan pada setiap malam pertama suro atau tanggal Muharram pertama. Tradisi satu malam Suroan berfokus pada kedamaian dan keamanan batin. Oleh karena itu, pada malam pertama Suroan biasanya diadakan ritual pembacaan doa oleh seluruh umat yang merayakannya. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan berkah dan menangkal kemalangan

9. Tapa Bisu

Tapa Bisu adalah tradisi tahunan berkeliling Keraton Yogyakarta tanpa sepatah kata pun. Tradisi Mubeng Beteng Tapa Bisu Lampah sendiri sudah dilakukan sejak zaman Sri Sultan Hamengkubuwono II untuk menyambut turunnya malam pertama suro. Rangkaian ritual Topo Bisu diawali dengan lagu Macapat yang dinyanyikan oleh para abdi dalem Keraton Srimanganti Yogyakarta. Ada doa dan harapan dalam kata-kata balada lagu Macapat yang dinyanyikan.

Meditasi hening atau tapa bisu dimulai dari tengah malam hingga dini hari dan dimulai saat lonceng Kyai Brajanala dibunyikan sebanyak 12 kali di ring Keben. Kemudian para abdi dalem peserta tirakat mulai berjalan mengitari benteng Keraton Yogyakarta.

Rute Tapa Bisu dimulai dari Kelurahan Pancaniti, Jalan Rotowijayan, lalu Jalan Kauman, Jalan Agus Salim, lalu Jalan Wahid Hasyim, Suryowijayan, melewati Pojok Beteng Kulon, Jalan MT Haryono, Pojok Beteng Wetan, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Ibu Ruswo dan berakhir di Yogyakarta . Alun-alun Utara. Dalam tradisi tapa bisu ini, peserta berjalan dalam diam dan menempuh jarak sekitar 4 km.

Rombongan mubeng beteng Tapa Bisu dipimpin para abdi dalem berpakaian Jawa tanpa keris dan sepatu, membawa bendera Indonesia dan bendera Keraton Yogyakarta.

Setiap panji merupakan simbol para abdi dalem serta lima penguasa daerah istimewa Provinsi Yogyakarta, antara lain Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul dan kota Yogyakarta. Di belakang para abdi dalem biasanya juga ada warga sekitar dan wisatawan yang ingin langsung tertarik dan mengikuti tradisi tersebut.

Selama berjalan-jalan di sekitar benteng pada saat Tapa Bisu Lampah, peserta tirakat tidak diperbolehkan untuk berbicara, makan, minum atau merokok. Situasi sakral dalam keheningan total selama perjalanan melambangkan evaluasi diri dan kepedulian terhadap semua tindakan yang dilakukan di tahun lalu. Tradisi ini juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan dan memohon keselamatan dan kemakmuran untuk menyambut tahun baru.

Malam Satu Suro

Kesimpulan

Sekian pembahasan singkat mengenai apa itu malam satu suro Tidak hanya mengetahui apa itu malam satu suro saja namun juga membahas sejarah peringatan malam satu suro, dan membahas berbagai tradisi khas yang dilakukan pada malam satu suro.

Mengetahui apa itu malam satu suro memberikan pengetahuan kepada kita sebagai warga Indonesia bahwa banyak sekali tradisi yang ada dalam budaya masyarakat kita. Khususnya di daerah Jawa masyarakatnya masih tetap melestarikan budaya turun temurun sebagai bentuk rasa syukur dan cara untuk meneruskan budaya agar tidak tergerus di tengah perkembangan zaman.

Demikian ulasan mengenai apa itu malam satu suro. Buat Grameds yang mau memahami tentang malam satu suro serta ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan sosial budaya lainnya, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Pandu Akram

Artikel terkait:

Pakaian Adat Jawa Tengah: Jenis, Makna, Filosofi, dan Penjelasan

Ragam Rumah Adat Jawa Tengah yang Unik dan Penuh Makna

Tari Remo dari Jawa Timur: Asal-Usul, Makna, dan Komposisinya

Apa Itu Akulturasi Budaya? Faktor Pendorong dan Proses Terjadinya

Cara Melestarikan Budaya Bangsa, Lakukanlah Ini!

 

About the author

Umam

Perkenalkan saya Umam dan memiliki hobi menulis. Saya juga senang menulis tema sosial budaya. Sebelum membuat tulisan, saya akan melakukan riset terlebih dahulu agar tulisan yang dihasilkan bisa lebih menarik dan mudah dipahami.