Ekonomi

10 Jenis Usaha Jasa. Siapa Tahu Cocok dengan Kamu!

jenis usaha jasa
Written by Nandy

Jenis-Jenis Usaha Jasa – Segala cara akan kita lakukan demi mendapatkan penghasilan, tentunya dengan cara yang baik. Banyak ide usaha yang memudahkan urusanmu soal keuangan. Sebelum memikirkan ide tersebut cari tahu lah dari dalam dirimu sendiri, apa keahlian kamu, apa yang bisa kamu kerjakan.

Untuk membangun sebuah usaha perlu dipersiapkan secara matang terkait usaha yang ingin dijalani agar hasilnya maksimal. Persiapan tersebut mulai dari modal. Modal usaha tersebut tergantung dari usaha apa yang ingin dibangun.

Seperti usaha jasa, modal utama dari usaha jasa adalah keahlian diri sendiri. Jika kamu memiliki passion atau keahlian pada bidang tertentu, tentunya kamu pasti tahu usaha apa yang ingin kamu bangun.

Pengertian Usaha Jasa

Usaha jasa adalah perusahaan komersial yang  terdiri dari individu ataupun kelompok, memiliki ahli pada suatu bidang tertentu yang tugasnya menyelesaikan tugas untuk kepentingan pelanggan. Produk yang diberikan dari usaha jasa bukanlah benda yang berwujud, tetapi suatu tenaga kerja keahlian untuk diberikan kepada pelanggan.

Dalam usaha jasa juga mengutamakan kepuasan pelanggan. Namun, hal ini berbeda dengan usaha lainnya. Kepuasan pelanggan didapatkan dari hasil kinerja yang kita berikan kepada pelanggan. Untuk mendapatkan kepuasan pelanggan tersebut kita harus dapat menyelesaikan tugas sesuai permintaan mereka.

Selain itu, kunci agar usaha ini lebih banyak dikenal orang adalah melalui testimoni pelanggan. Testimoni ini berupa kepercayaan pelanggan atas pengalaman pelayanan yang diberikan. Karena usaha ini tidak memberikan produk yang berwujud maka usahakan untuk memaksimalkan kinerja agar pelanggan puas dan kembali lagi, atau bahkan mengusulkan usaha jasa kamu kepada teman-temannya.

Pengertian Usaha Jasa Menurut Ahli

1. Djaslim Saladin

Menurut Djaslim Saladin, usaha jasa merupakan usaha yang melakukan kegiatan tidak berwujud, dan tidak menghasilkan kepemilikan kepada pihak konsumen.

2. Norman

Menurut Norman, usaha jasa adalah usaha yang melakukan tindakan berupa kontak antara produsen dan konsumen yang nilainya lebih dari sekadar hasil.

3. Adrian Payne

Menurut Adrian Payne, usaha jasa adalah usaha yang melakukan aktivitas kegiatan ekonomi yang memiliki manfaat nilai atau manfaat tidak berwujud, di mana terdapat interaksi dengan konsumen atau barang yang tidak menghasilkan transfer kepemilikan.

4. Christian Gronross

Menurut Christian Gronross, usaha jasa merupakan usaha yang dalam kegiatannya terdiri dari serangkaian aktivitas tidak berwujud antara pegawai jasa dan pelanggan untuk mengatasi suatu masalah.

5. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, usaha jasa merupakan usaha yang menawarkan suatu tindakan tidak berwujud, dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan dari produk yang dihasilkan.

Mengelola Perusahaan Jasa Profesional

Mengelola Perusahaan Jasa Profesional

tombol beli buku

Karakteristik Usaha Jasa

Produk tidak berwujud

Perusahaan jasa tidak menawarkan produk yang berwujud, tetapi hanya berupa nilai. Nilai ini memiliki manfaat yang diberikan untuk pelanggan.

Kegiatan utamanya menjual jasa

Sesuai dengan pengertian yang telah dipaparkan, usaha jasa hanya menjual dan menawarkan jasa dari pegawai jasa. Jasa tersebut dapat berupa tenaga, pikiran, dan teknik-teknik khusus lainnya.

Harga jasa tidak pasti

Harga yang ditawarkan dari satu produk jasa tidak bisa disamakan dengan jasa yang lain. Hal ini berkaitan dengan keahlian pegawai jasa dan kebutuhan konsumen.

Tidak ada harga pokok

Karena usaha ini tidak menjual barang fisik maka usaha ini tidak memerlukan harga untuk bahan baku. Dalam laporan keuangannya tidak bisa dilihat dan dihitung dari harga pokok penjualan. Tetapi harga jasa biasanya tercipta dari hasil jasa yang telah diberikan, dan jam terbang yang tinggi.

Untuk lebih memahami sistem akuntansi yang ada pada perusahaan jasa dan dagang, Grameds juga bisa membaca buku AKuntansi Sektor Jasa & Dagang Untuk Usaha Kecil & Menengah yang juga berisikan berbaga contoh dan pembahasan yang dapat membantu kamu untuk lebih memahaminya dengan lebih mudah.

beli sekarang

Jenis-Jenis Usaha Jasa

Ada beberapa jenis usaha yang mungkin cocok dengan kamu. Tetapi hal ini harus disesuaikan dengan keahlian masing-masing. Penasaran ada jenis usaha apa saja? Yuk Grameds, mari simak ulasan berikut!

1. Jasa Transportasi

Transportasi merupakan suatu cara untuk mengangkut dan memindahkan barang atau manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Semua aspek kehidupan memerlukan transportasi, mulai dari bidang ekonomi, politik, pertahanan, keamanan, dan lain-lain.

Jasa transportasi ini dibagi menjadi tiga yaitu, transportasi darat, transportasi laut, dan transportasi udara. Ketiga bagian tersebut tentunya memiliki kendaraan yang berbeda juga. Jasa transportasi darat berupa mobil, motor, bus, truk, dan kereta. Jasa transportasi laut berupa kapal dan perahu. Jasa transportasi udara berupa pesawat, jet, dan helikopter.

Kemudian, contoh jasa yang ditawarkan pada setiap transportasi pun berbeda. Pada transportasi darat berupa taksi, ojek, angkutan umum bus dan angkot, kereta api (KRL, MRT, LRT), serta bus untuk perjalanan dalam atau luar kota. Lalu, transportasi laut memiliki jasa usaha berupa kapal laut. Selanjutnya untuk transportasi darat memiliki jasa usaha pesawat terbang dengan beberapa maskapai penerbangan, serta sewa helikopter dan jet.

Untuk mempelajari bagaimana sistem akuntansi yang ada pada jenis usaha jasa ini, Grameds dapat membaca buku Sistem Akuntansi Usaha Jasa Otomotif.

beli sekarang

2. Jasa Pelayanan Kesehatan

Jasa layanan kesehatan merupakan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan, pengobatan, tindakan medis, konsultasi medis, perawatan, serta pemakaian fasilitas medis yang diberikan oleh pihak rumah sakit dan unit dinas kesehatan terkait.

Tidak hanya rumah sakit, puskesmas dan klinik juga salah satu usaha jasa pelayanan kesehatan. Perbedaannya hanya pada kelengkapan fasilitas yang ada. Biasanya fasilitas lengkap terdapat di rumah sakit.

Contoh dari jasa pelayanan masyarakat ini, seperti dokter, suster, klinik kesehatan, rumah bersalin, laboratorium kesehatan, dan lain-lain.

Komunikasi Efektif dalam Keperawatan dan Layanan Kesehatan

Komunikasi Efektif dalam Keperawatan dan Layanan Kesehatan

tombol beli buku

3. Jasa Pendidikan

Jasa pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Keberhasilan jasa pendidikan ini ditentukan dari kualitas layanan yang diberikan kepada murid, mahasiswa, atau peserta didik. Kualitas pendidikan yang baik akan menghasilkan sumber daya manusia yang baik juga.

Jasa pendidikan tidak lepas dari sumbernya yaitu lembaga pendidikan yang menyediakan jasa pendidikan ini. Maksudnya, jika peserta didik membeli jasa ini maka langsung berhadapan dengan penyedia jasanya

Selain memberikan ilmu, jasa pendidikan juga hendaknya memberikan kenyaman selama proses belajar mengajar. Kenyaman dalam belajar adalah kunci agar peserta didik dapat menyerap ilmu dengan baik.

Tentunya kalian sudah tahu apa saja contoh dari jasa pendidikan. Mereka adalah guru dan dosen. Guru dapat meliputi guru sekolah dan juga guru les.

Manajemen Pendidikan

Manajemen Pendidikan

tombol beli buku

4. Jasa Penulis

Penulis adalah pelaku kreatif yang menciptakan karya tulisnya seperti karya fiksi dan nonfiksi. Karya-karya tersebut tercipta dan terkembang dari ide, perasaan, dan pikiran penulis.

Dalam era digital seperti ini penulis sangat dibutuhkan. Banyak penulis yang menulis untuk website perusahaan, sosial media perusahaan, menulis sebuah produk iklan, dan lain-lain.

Penulis dapat menjadi salah satu pilihan usaha jasa. Penulis sekarang tidak perlu mencetak tulisannya jika ingin dibaca oleh khalayak ramai. Dengan adanya internet dan beberapa platform yang tersedia, penulis bisa saja mengunggah tulisannya sendiri di blog pribadinya atau juga website perusahaan  tempat ia bekerja.

Ada beberapa contoh dari jasa penulis meliputi, content writer yaitu orang membuat tulisan berupa artikel di blog atau website pribadi maupun perusahaan. Lalu, SEO writer yaitu penulis yang dapat memadukan konten tulisannya dengan teknik-teknik dari SEO (Search Engine Optimization). Selanjutnya, ada copywriter yaitu orang yang mengerjakan penulisan untuk produk yang akan diiklankan.

Beberapa contoh penulis tadi termasuk dalam penulis non fiksi. Lalu penulis selanjutnya adalah penulis novel dan cerpen, seperti yang kalian tahu penulis novel dan cerpen ini biasanya memiliki cetakan bukunya sendiri, atau juga dapat mengunggah di platform tertentu. Setelah itu ada penulis naskah skenario, penulis ini menawarkan jasanya untuk dunia perfilman. Naskah yang ia tulis nantinya akan diangkat ke sebuah film.

Ingin Jadi Penulis Belajar dari Penulis Best Seller

Ingin Jadi Penulis Belajar dari Penulis Best Seller

tombol beli buku

5. Jasa Editor

Dalam setiap proyek di dunia kreatif tentunya kita memerlukan jasa dari seorang editor. Editor atau penyunting adalah seorang bertanggung jawab memastikan dan memperbaiki suatu proyek agar tidak terjadi kesalahan ketika ingin mempublikasikannya.

Editor di sini tidak hanya untuk pekerjaan penulis saja, namun editor di sini juga untuk pekerjaan dalam dunia perfilman, maupun fotografi. Karena memiliki peran penting editor adalah seorang yang terlibat dalam semua aspek yang dikerjakan di suatu proyek tersebut.

Ada beberapa contoh jasa editor yaitu, copy editor (penyunting naskah, ejaan, data, dan lain-lain), lalu editor film, editor foto, dan ada juga editor suara.

6. Jasa Fotografi dan Videografi

Kedua usaha jasa ini bergerak pada bidang yang sama yaitu industri kreatif, sama seperti usaha penulis dan juga editor. Meskipun jasa fotografi dan videografi terdengar mirip, namun teknik yang digunakan tetap berbeda.

Jasa fotografi menawarkan jasa dengan keahliannya memotret suatu benda mati maupun hidup yang hasilnya dapat digunakan untuk kepentingan pribadi dari konsumen atau juga digunakan sebagai kepentingan perusahaan.

Untuk jasa videografi hampir sama dengan fotografi, tetapi seperti yang kita tahu videografi lebih pada teknik pengambilan video, pergerakan kamera hingga menghasilkan video yang layak sesuai dengan permintaan pelanggan.

Kedua jasa ini dibantu dengan editor foto dan videonya masing-masing. Biasanya fotografer atau videografer dapat mengedit videonya sendiri, tetapi tidak menutup kemungkinan di perusahaan besar membagi dua usaha jasa tersebut.

7. Jasa Servis Elektronik

Membuka jasa servis elektronik atau bekerja pada bidang servis elektronik di era sekarang adalah pilihan yang tepat. Hampir seluruh masyarakat menggunakan gawai dan perangkat elektronik di rumahnya. Bagaimana jika alat-alat tersebut rusak? Ada beberapa orang berpikir jika barang di rumahnya rusak ia akan membelinya lagi. Namun tidak menutup kemungkinan ada yang ingin memperbaikinya lagi.

Jika Grameds ingin membuka jasa servis elektronik mandiri tentunya modal yang dibutuhkan selain keahlian adalah modal sparepart dari barang-barang elektronik sesuai dengan jasa servis kalian. Namun jika Grameds bekerja pada suatu perusahaan elektronik tentunya hanya mengandalkan modal keahlian saja.

Jasa servis elektronik ini luas, karena barang elektronik yang digunakan masyarakat bermacam-macam. Mulai dari barang pribadi hingga barang rumah tangga. Ini adalah beberapa contoh dari jasa servis elektronik yang meliputi, jasa servis gawai (smartphone, laptop, tablet, komputer), printer, TV, DVD, radio, mesin cuci, kulkas, AC, alat musik, dan lain-lain yang berhubungan dengan barang elektronik.

8. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis ini sering diminati oleh pelaku bisnis. Pelaku bisnis memakai jasa ini untuk desain logo, kartu nama, serta hal-hal yang menyangkut bisnis perusahaan.

Jasa desain grafis ini merupakan jasa perorangan atau suatu badan yang menawarkan keahlian mereka dalam hal seni seperti gambar, ilustrasi, serta yang berhubungan dengan desain sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Seorang desainer grafis yang menawarkan jasanya harus juga memiliki wawasan yang luas di luar keahliannya dalam membuat desain. Wawasan tersebut meliputi teknologi, budaya, falsafah, sains, dan sosial. Karena hal tersebut menyangkut apa yang akan menjadi ide yang akan dituangkan menjadi sebuah gambar.

9. Jasa Keuangan

Jasa keuangan adalah jenis jasa yang disediakan oleh lembaga keuangan. Industri lembaga keuangan yang dimaksud seperti bank, perusahaan asuransi, pembiayaan konsumen, pembiayaan ekspor-impor, sekuritas, dan perusahaan kartu kredit.

Dalam hal ini jasa keuangan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). OJK mengatur seluruh jasa keuangan di Indonesia yang terdiri dari perbankan, asuransi, pasar modal, dana pensiun, pembiayaan, dan industri jasa keuangan lainnya.

Bagi Grameds yang memiliki keahlian dalam bidang keuangan, hal ini bisa dijadikan pilihan untuk pekerjaan kalian.

Akuntansi Keuangan Menengah

Akuntansi Keuangan Menengah

tombol beli buku

10. Jasa Pariwisata

Jasa pariwisata ini sangat potensial di Indonesia. Hal ini karena Indonesia memiliki banyak destinasi wisata dan keindahan alam Indonesia. Keindahan Indonesia ini menjadi daya tarik untuk wisatawan domestik hingga mancanegara.

Sektor pariwisata Indonesia ini tumbuh dan berkembang menjadi industri yang penting untuk menambah devisa negara. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya penikmat wisata Indonesia dari mancanegara. Selain menambah devisa negara, budaya Indonesia juga dapat dengan mudah diperkenalkan.

Contoh dari jenis usaha pariwisata meliputi bisnis penginapan, sewa kendaraan, sewa perlengkapan wisata, dan penyedia kawasan wisata.

Pengantar Industri pariwisata

Pengantar Industri pariwisata

tombol beli buku

Tujuan Usaha Jasa

Perusahaan atau perseorangan jasa memiliki tujuan mendapatkan laba atau keuntungan dari jasa yang telah ditawarkan. Untuk dapat mendapatkan keuntungan, penting untuk memiliki catatan keuangan yang baik dalam bentuk laporan. Pelajari caranya melalui buku Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa.

beli sekarang

Selain keuntungan untuk penyedia jasa, keuntungan ini juga diberikan kepada pelanggan dengan adanya layanan yang memuaskan dari penyedia jasa atas kebutuhan yang dicari dari pelanggan.

Usaha jasa ini juga memiliki tujuan sebagai penyedia pengadaan barang. Di mana dalam dunia bisnis juga diperlukan akses untuk pembelian barang. Umumnya suatu perusahaan akan berkonsultasi untuk melakukan jual-beli barang tertentu.

Lapangan kerja juga menjadi tujuan dari usaha jasa ini. Semakin banyak usaha jasa yang berkembang maka semakin banyak juga lapangan pekerjaan yang diciptakan. Usaha jasa ini menyerap tenaga kerja dari masyarakat.

Kesimpulan

Usaha jasa adalah perusahaan komersial yang terdiri dari individu atau kelompok yang memiliki keahlian pada bidang tertentu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Usaha jasa ini tidak menawarkan produk yang berwujud kepada pelanggan, tetapi hanya menawarkan tenaga kerja atau keahlian pada bidang tertentu yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Usaha jasa ini tidak memiliki harga pokok produksi karena sebagian besar tidak membutuhkan modal berupa barang untuk dipindahkan kepemilikannya. Modal untuk usaha jasa biasanya hanya dari keahlian dan passion. Namun beberapa usaha jasa juga menawarkan penyewaan barang yang modalnya adalah perawatan untuk barang itu sendiri.

Usaha jasa ini tentunya bertujuan untuk mencari laba atau keuntungan bagi individunya atau perusahaannya. Keuntungan ini ditukar kepada pelanggan dengan keahlian penyedia jasa ini.

Dengan adanya usaha jasa ini lapangan pekerjaan menjadi terbuka lebar. Semakin banyak usaha jasa berkembang maka semakin luas juga lapangan pekerjaan tercipta

Nah, Grameds, itulah penjelasan mengenai jenis usaha jasa. Grameds juga dapat mempelajari usaha jasa dengan membaca buku terkait usaha jasa.

Untuk menemukan buku-buku terkait usaha jasa, Grameds bisa membelinya di https://www.gramedia.com/. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan berbagai buku yang berkualitas. Mari terus belajar dengan membaca buku. Yuk, beli bukunya sekarang juga!

 

Penulis: Ricky Atthariq



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien