Universitas Pelita Harapan (UPH) - Jurusan, Akreditasi, Fakultas

Profile
  

Universitas Pelita Harapan (UPH)

Profil

Universitas Pelita Harapan (UPH) merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) pada tahun 1994. Pada tahun awal dirikan, UPH melaksanakan perkuliahannya di Gedung Lippo Bank, Jakarta, kemudian pindah ke gedung Menara Asia, Tangerang. Satu tahun kemudian, pada tahun 1995, Menara UPH (Gedung A) telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan sehingga seluruh kegiatan perkuliahan UPH dipindahkan ke gedung tersebut.

Universitas Pelita Harapan terus berusaha meningkatkan mutu pendidikannya sejak resmi didirikan. UPH berusaha mengembangkan dan menambah program pendidikan, seperti menambah beberapa fakultas dan program studi, membuka Kelas Internasional, serta membuka Program S2 Master. UPH juga melakukan penambahan berbagai fasilitas fisik dengan membangun gedung baru, yaitu Gedung B pada tahun 2000, Gedung C pada tahun 2004, Gedung E pada tahun 2005, Gedung D pada tahun 2006, dan Gedung F atau UPH Business School pada tahun 2008. Selain itu, UPH juga melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga dan perguruan tinggi tingkat nasional maupun internasional, seperti Hanyang University, Shinshu University, Beyond Education, Murdch University, dan University of Leeds.

Setelah mengalami berbagai perkembangan, Universitas Pelita Harapan kini berhasil menjadi lembaga pendidikan berstandar internasional dengan mendapatkan sertifikasi ISO 9001-2000 pada tahun 2008. Dalam menjalankan pendidikannya, UPH telah menetapkan cita-cita berdasarkan prinsip-prinsip Kristen. Cita-cita UPH adalah memberikan pendidikan melalui praktik global terbaik, manajemen profesional, kemitraan strategis global, dan pendekatan yang berorientasi kepada manusia.

Visi, Misi, dan Tujuan

Universitas Pelita Harapan memiliki visi, misi, dan tujuan yang dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan. Visi UPH adalah “Menjadi Universitas yang berpusat pada Kristus, yang dibangun dan dikembangkan di atas dasar pengetahuan sejati, iman dalam Kristus, dan karakter ilahi, dengan tujuan menghasilkan pemimpin masa depan yang takut akan Tuhan, kompeten, dan profesional melalui pendidikan yang unggul, holistis, dan transformasional.”

Misi yang dimiliki UPH, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan transformasional yang holistis yang berakar dari Alkitab dan kerangka teologis Reformed;
  2. Berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang dipimpin oleh wawasan dunia Kristen yang alkitabiah;
  3. Berpartisipasi secara redemtif dalam pengembangan individu dan masyarakat bagi kemuliaan Tuhan.

Tujuan UPH adalah menghasilkan lulusan sebagai:

  1. Seorang sarjana yang telah mendapatkan pendidikan humaniora (liberal arts) yang diajarkan berdasarkan wawasan dunia Kristen yang alkitabiah;
  2. Seorang pemimpin yang diperlengkapi visi transformasi;
  3. Seorang warga negara yang didorong untuk melayani Tuhan, negara dan sesamanya.

Akreditasi Universitas Pelita Harapan (UPH ) : B

Universitas Pelita Harapan mendapatkan akreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2017 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 5242/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 27 Desember 2022.

Fakultas dan Jurusan di Universitas Pelita Harapan (UPH)

Biaya Kuliah di Universitas Pelita Harapan (UPH)

Rincian biaya kuliah di Universitas Pelita Harapan dapat dilihat di sini.

Jurusan Favorit Saintek di Universitas Pelita Harapan (UPH)

Jurusan Favorit Soshum di Universitas Pelita Harapan (UPH)

Fasilitas Universitas Pelita Harapan (UPH)

Universitas Pelita Harapan menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki UPH, yaitu:

  1. Library
    UPH memiliki sebuah perpustakaan yang dikenal dengan nama Johannes Oentoro Library. Perpustakaan ini memiliki ruangan yang nyaman, bersih, tenang, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. UPH juga menyediakan perpustakaan online yang bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI. Perpustakaan online UPH dapat diakses oleh seluruh mahasiswanya untuk membantu mendapatkan informasi dan referensi dari berbagai sumber.
  2. Student Lounge
    Fasilitas ini merupakan tempat nyaman yang dapat digunakan mahasiswa untuk bersantai, bersosialisasi, belajar, serta bermain untuk melepas kepenatan. Fasilitas ini dilengkapi dengan televisi, DVD player, dan meja biliar yang dapat dimanfaatkan seluruh mahasiswa.
  3. Sport Facilities
    UPH menyediakan fasilitas olahraga berstandar internasional untuk para warga kampusnya. Fasilitas olahraga yang terdapat di UPH adalah lapangan basket indoor, voli indoor, futsal indoor, lapangan sepak bola dengan kualitas rumput terbaik, pusat kebugaran, dan kolam renang berstandar internasional.
  4. Dormitory
    UPH memiliki asrama yang dibuka sejak tahun 2006. Asrama ini tidak hanya dapat memberikan tempat tinggal kepada mahasiswa, tetapi juga memberikan pengalaman menarik dan bermanfaat dalam hal budaya, rohani, dan lingkungan sosial.
  5. Food Court
    Food Court UPH menyediakan berbagai pilihan makanan yang disajikan dengan cita rasa yang berkualitas.
  6. UPH Clinic (Siloam)
    UPH menyediakan klinik yang dapat memberikan berbagai pelayanan kesehatan, seperti pengobatan gawat darurat kepada warga kampusnya.
  7. UPH Hotel
    UPH memiliki sebuah hotel yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan (STPPH) sebagai salah satu fasilitas praktikum. Selain itu, hotel yang dilengkapi dengan fasilitas kamar mewah dan nyaman ini juga dapat dibuka untuk umum.
  8. Grand Chapel
    Grand Chapel merupakan gedung serbaguna UPH yang dimiliki luas 4000m2. Gedung ini memiliki bangunan yang megah dengan desain elegan bergaya teater. Gedung ini mampu menampung 2000 orang dan dilengkapi dengan fasilitas tata suara dan sistem tata lampu yang profesional.
  9. Books and Beyond
    Books and Beyond merupakan toko buku yang menyediakan buku-buku berbahasa Inggris. Di dalam toko buku ini juga terdapat restoran dan toko roti. Toko buku ini memiliki beberapa cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.
  10. Museum UPH
    UPH memiliki sebuah museum yang menjadi pusat studi seni rupa. Museum ini memfasilitasi mahasiswa untuk mempelajari mengenai perkembangan pengetahuan dan apresiasi seni rupa Indonesia.

Beasiswa Universitas Pelita Harapan (UPH)

Universitas Pelita Harapan menyediakan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Kategori program beasiswa di UPH, yaitu:

  1. Prestasi Akademik: terbuka untuk semua program studi.
  2. Keterbatasan Ekonomi: terbuka untuk semua program studi kecuali Kedokteran.
  3. Prestasi Olahraga: terbuka untuk semua program studi kecuali Kedokteran dan Musik Konservatori.

Berikut syarat dan ketentuan untuk mendapatkan beasiswa UPH:

  1. Lulus proses Pendaftaran Langsung (untuk semua program studi kecuali Kedokteran).
  2. Lulus Tes Pendaftaran (untuk Kedokteran).
  3. Ketika mendaftar beasiswa, calon mahasiswa masih duduk di Kelas 12.
  4. Jasmani sehat.
  5. Tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas lain.
  6. Tidak diperbolehkan untuk menikah dan hamil selama masa kuliah.
  7. Beasiswa meliputi Biaya SPP, Biaya BPP Pokok, dan Biaya SKS.
  8. Beasiswa diberikan untuk 3 term pertama.
  9. Untuk mempertahankan beasiswa di term selanjutnya, pemegang beasiswa harus mencapai IPK dan IPS yang telah ditetapkan (Syarat dan Ketentuan berlaku).

Program beasiswa yang terdapat di UPH, yaitu Beasiswa 100 Miliyar dan Beasiswa Kuliah Pasti UPH. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Beasiswa 100 Miliyar dapat dilihat di sini dan untuk pendaftaran Beasiswa Kuliah Pasti UPH dapat dilihat di sini.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Di mana lokasi Universitas Pelita Harapan?

Universitas Pelita Harapan memiliki tiga kampus, yaitu Kampus Utama di MH Thamrin Boulevard 1100, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kota Tangerang, Banten; Kaampus Surabaya di Jl. Ahmad Yani, Dukuh Menanggal, Surabaya. Kampus Medan di Jl. Imam Bonjol No. 6 Medan.

Apakah ada biaya tambahan selain biaya semester?

Iya, ada

Apa fakultas Favorit di Universitas Pelita Harapan?

12 fakultas favorit UPH, yaitu: 1. Teknologi Informasi/Ilmu Komputer 2. Akuntansi 3. Hukum 4. Kedokteran Umum 5. Komunikasi 6. Desain Komunikasi Visual 7. Psikologi 8. Manajemen 9. Hubungan Internasional 10. Teknik Sipil 11. Teknik Industri 12. Teknik Mesin

[algolia_carousel]
Spesialisasi
  • Teaching skills
Video

Event
UPH Math Game (Numbers Hunt)
Jumat, 15 Mei 2020 Pukul 16:00 - 17:30 melalui aplikasi ZOOM (link akan dikirimkan ke nomor HP masing2). Para siswa akan dibuat kelompok yang terdiri dari 2 orang, kemudian akan diminta untuk menyelesaikan soal/case yang akan diberikan dalam setiap ruangan dan mereka akan mendapatkan jawaban yang akan digunakan sebagai clue untuk menyelesaikan final games yaitu sudoku. Permainan ini akan dilakukan via online dengan platform ZOOM. Kelompok tercepat yang berhasil menyelesaikan permainan tersebut akan mendapatkan hadiah dengan saldo OVO: Juara 1= 750.000/ 2 orang Juara 2= 500.000/ 2 orang Juara 3= 250.000/ 2 orang