Jurusan Arsitektur

Jurusan Arsitektur

Kategori Teknik

Jurusan Arsitektur_[473 x 314]

Jurusan Biologi

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Arsitektur

Jurusan Arsitektur mempelajari bagaimana mewujudkan sebuah bangunan yang berfungsi dan kokoh, tanpa menghilangkan nilai estetikanya. Mahasiswa arsitektur akan mempelajari tahapan membuat bangunan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga hal-hal lain yang mendukung perancangan bangunan seperti yang diharapkan oleh pemiliknya. Secara umum, arsitektur termasuk ke dalam disiplin teknik. Akan tetapi, arsitektur tidak sepenuhnya mempelajari aspek keteknikan namun juga aspek seni dan estetika dari bangunan tersebut.

Sama seperti bidang ilmu lainnya, jurusan arsitektur memiliki spesialisasi atau fokus keahlian yang dapat dipilih sesuai minat dan karir yang diinginkan saat lulus nantinya, berikut beberapa diantaranya:

  • Landscape Architecture
  • Visual Arts
  • Urban Planning
  • Architectural Engineering
  • Interior Architecture
  • Architectural History
  • Industrial Design
  • Urban Design
  • Landscape Architecture

Kenapa Jurusan Arsitektur

Jurusan ini cocok untukmu yang kreatif dan imajinatif, sebab jurusan arsitektur akan menuntunmu mengembangkan imajinasi dalam menghasilkan karya yang orisinil dan mampu menjawab permasalahan desain yang ada. Bekerja di bidang arsitektur, kamu juga perlu membiasakan untuk berpikir out of the box sebab banyak inovasi di bidang arsitektur yang terinspirasi dari hal-hal yang belum pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya. Seorang Arsitek yang kreatif dan inovatif biasanya akan membuat karya unik yang mampu berdampak bagi lingkungannya. Hal ini dapat kamu implementasikan melalui karya yang memiliki fungsi bagi masyarakat sekitar.

Menyenangkan dari Jurusan Arsitektur adalah Ilmu yang Kamu dapat akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Selain itu kamu dapat turut berperan dalam memperbaiki lingkungan sekitar menjadi lebih baik lagi. Seorang lulusan jurusan arsitektur akan dibekali dengan kemampuan matematika, sains, seni, teknologi, humaniora, hospitality serta kemampuan presentasi yang baik secara lisan maupun grafis, dengan jasa yang akan selalu dibutuhkan di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Apalagi dengan berkembanganya dunia pariwisata banyak hotel dan apartemen baru yang akan dibangun dan jasa seorang Arsitek akan sangat diperlukan.

Jurusan Arsitektur_[473 x 314]

Keahlian Jurusan Arsitektur

✓ Kreativitas

✓ Kemampuan interpersonal

✓ Kemampuan perencanaan anggaran

✓ Kemampuan membuat analisis

✓ Pemahaman gambar 2D dan 3D

✓ Detail oriented

Jurusan Arsitektur_[473 x 314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Arsitektur di Dunia Kerja

  • Architect in house, Pada beberapa perusahaan terutama perusahaan besar biasanya memiliki beberapa arsitek khusus yang dipekerjaan untuk membangun kantor, rumah dinas, dan prasarana lain yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Contohnya Pertamina, Bank Indonesia
  • Konsultan Arsitek Mandiri, menjadi seorang arsitek Mandiri yang langsung berhubungan dengan pemilik proyek dan memberikan jasa profesional sebagai desainer dan konsultan. Arsitek Mandiri dapat mendirikan konsultan sendiri atau bekerja secara freelance
  • Pegawai di Perusahaan Developer, Tugasnya merancang bangunan yang dikembangkan oleh perusahaan tersebut. Ada banyak perusahaan developer yang terkenal di Indonesia seperti Agung Podomoro, Alam Sutera, Ciputra Group, Lippo Group dan lainnya yang terus berkembang dari waktu ke waktu
  • Bekerja di Perusahaan Kontraktor, tugasnya membuat atau melaksanakan pekerjaan proyek. Di perusahaan ini arsitek bisa menjadi perancang maupun pelaksana dan pengawas pekerjaan di lapangan
  • Pegawai Negeri Sipil, di beberapa lembaga pemerintah seperti Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Lembaga ini bertugas mengembangkan dan mengawasi kawasan perumahan rakyat sesuai peraturan yang berlaku.
  • Sebagai Desainer Produk, Arsitek juga pandai dalam hal proporsi dan skala sehingga sangat memungkinkan berkeja sebagai desainer produk

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Arsitektur

Perkuliahan di Jurusan Arsitektur kamu akan mempelajari berbagai hal terkait dengan perancangan bangunan, lingkungan binaan, teknologi bangunan, hingga sejarah arsitektur. Mata kuliahnya didominasi oleh studio perancangan arsitektur, menggambar arsitektur, ekologi arsitektur, estetika bentuk dan lainnya.

Pada tahun pertama perkuliahannya kamu akan mempelajari Perancangan Arsitektur, Prinsip Struktur Sejarah dan Teori Arsitektur Barat, sementara Tahun kedua hingga akhir kamu akan mempelajari Perancangan Arsitektur (Lanjutan), Tektonik Arsitektural Sejarah dan Teori Arsitektur Asia Tenggara, Komputasi Keruangan, Strategi untuk Arsitektur Berkelanjutan, Urbanisme dan Sistem Lingkungan dan Konstruksi

Selain itu terdapat juga kemampuan bidang lain yang berhubungan seperti arsitektur lansekap struktur tanah Real Estate dan lainnya, edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Arsitektur

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Arsitektur:

  1. Matematika Arsitektur
  2. Estetika Bentuk
  3. Teknik Komunikasi Arsitektur
  4. Gambar Teknik
  5. Arsitektur & Lingkungan
  6. Ilmu Bahan Bangunan
  7. Tata Ruang
  8. Mekanika Teknik
  9. Arsitektur Etnik
  10. Pencahayaan
  11. Seni Rupa
  12. Kalkulus
  13. Hukum Lingkungan
  14. Psikologi Arsitektur
  15. Azas & Metoda Perancangan
  16. Perkembangan Arsitektur
  17. Struktur & Konstruksi
  18. Fisika Bangunan
  19. Teknologi Bahan
  20. Perancangan Arsitektur
  21. Fotografi Arsitektur
  22. Utilitas

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Arsitektur

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Terstruktur
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Arsitektur

Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Arsitektur

IN HOUSE ARCHITECT

In-house arsitek adalah sebutan untuk lulusan arsitek yang dikontrak untuk bekerja di perusahaan tertentu dengan tujuan mengembangkan atau memelihara properti perusahaan tersebut. Tugas arsitek disini tidak hanya merancang tapi juga mengawasi bangunan milik perusahaan itu. Sebagai contoh adalah In-house arsitek di sebuah resort hotel yang bertugas untuk menjaga bangunan hotel agar tetap dalam kondisi baik, serta memberikan usulan dalam pengembangan bangunan tersebut.

AUDITOR BANGUNAN

Demikian mencintai mata kuliah Desain dan Konstruksi Bangunan, Maka profesi ini dapat menjadi pilihanmu. Auditor bangunan atau Surveyor bangunan bertugas melestarikan, memperbaiki, memodifikasi, merenovasi, hingga memulihkan bangunan yang ada.

INSPEKTUR BANGUNAN BERSEJARAH

Dengan latar belakang ilmu arsitektur, kamu akan memiliki kualifikasi menjadi seorang inspektur bangunan bersejarah. Profesi ini bertugas mempromosikan pelestarian lingkungan bersejarah serta melindungi dan meningkatkan nilai budaya, sejarah, dan arsitektur bangunan.

BIRO KONSULTAN ARSITEKTUR

Biro konsultan arsitektur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi desain yang merancang bangunan. Produk-produknya berupa gambar rancangan dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi, spesifikasi material bangunan, furniture dan artwork, serta soft furnishing untuk mempercantik ruang maupun bangunan. Arsitek yang bekerja di sebuah biro konsultan arsitektur memiliki tugas untuk membuat rancangan sesuai yang diinginkan oleh pihak lain, prinsipal arsitek, maupun pemilik proyek. Di Indonesia ada banyak konsultan arsitek yang saat ini mempekerjakan lulusan arsitek dari berbagai universitas di Indonesia.

ARSITEK

Menjadi Arsitek dimulai dari menjadi pegawai lepas, pegawai  kontrak, atau pegawai tetap di suatu biro arsitek sebagai drafter, development designer, computer specialist, building controller, construction documenter, cost estimator, designer architect, developer arsitektur, hingga akhirnya kamu menjadi project architect atau arsitek lapangan.

KONSULTAN ARSITEKTUR

Membuka biro konsultan atau arsitek mandiri, atau merambah bidang bangun-membangun secara langsung melalui perusahaan kontraktor dan developer. Selain merencanakan, membangun, dan mengawasi pembangunan rumah tinggal, kamu juga bisa terlibat dalam proyek pembangunan bersama BUMN seperti Bank Indonesia atau Pertamina.

3D ARTIST

Mahasiswa arsitek pasti tidak asing lagi dengan gambar tangan. Namun dengan berkembangnya teknologi, mahasiswa arsitektur masa kini semakin pandai menampilkan gambar presentasinya dalam gambar 3 dimensi yang terlihat realistis. Karena itu lulusan arsitek juga ada yang berpindah profesi menjadi seorang 3D artist yang melayani pembuatan gambar 3D untuk tujuan marketing bagi pemilik proyek maupun untuk sebuah biro konsultan arsitektur.

PEGAWAI BUMN

Hingga kini ada banyak Badan Usaha Milik Negara yang membutuhkan jasa dari lulusan arsitektur. Tugasnya menganalisis perancangan maupun sebagai pengawas dalam pengembangan sebuah BUMN. Contoh BUMN yang memerlukan tenaga arsitek seperti Angkasa Pura, Pertamina, Brantas dan lain sebagainya.

QUANTITY SURVEYOR

Seorang lulusan Arsitektur dapat berperan sebagai Quantity Surveyor (QS). Seorang Quantity Surveyor (QS) mengenal bahan-bahan bangunan dengan baik. Tugasnya memberikan masukan mengenai bahan terbaru pada saat arsitek tengah merancang bangunan. Menjadi tugas Quantity Surveyor (QS) untuk menghitung berapa biaya yang diperlukan untuk membangunnya.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Arsitektur?

Jurusan ini akan mempelajari penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang Arsitektur, terutama Perumahan dan Permukiman, Arsitektur Tropis, Arsitektur Nusantara dan Perancangan berbasis IT.

Apakah saja prospek kerja bagi para lulusannya?

Instansi pemerintahan seperti badan perencanaan daerah, konsultan arsitektur, properti, kontraktor dan manajemen proyek dan bidang lainnya.

Apakah perbedaan antara jurusan arsitektur dan teknik sipil?

Jurusan arsitektur terfokus pada metode dan teknik perancangan bangunan, sementara jurusan teknik sipil lebih terfokus pada struktur bangunan, edufriends.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *