Jurusan Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi

Kategori Komputer dan Teknologi

Jurusan Sistem Informasi

Kategori Komputer dan Teknologi

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Sistem Informasi

Jurusan Sistem informasi merupakan gabungan Ilmu Komputer, Ekonomi Manajemen, dan Bisnis. Fokus pembelajarannya adalah software (programming). Tidak hanya belajar membangun program, kuliah di jurusan ini juga mempelajari fokus mengenai analisis program itu sendiri. Sehingga selain belajar teknik pemrograman, mahasiswa juga akan belajar menganalisis program sehingga dapat membantu dalam memudahkan proses bisnis yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan.

Secara garis besar jurusan ini mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi. Programming tetap menjadi inti materi kuliah, tapi tidak sebanyak jurusan Teknik Informatika. Di jurusan ini juga tetap ada mata kuliah matematika, tapi tidak sebanyak jurusan komputer lain seperti di Ilmu Komputer atau Teknik Informatika, Grameds.

Sebab Jurusan SI akan lebih menitikberatkan pada bagaimana menjamin teknologi dan sistem informasi yang digunakan oleh industri selaras dengan strategi bisnis serta mampu meningkatkan daya saing dan kompetisi dari bisnis tersebut, sehingga Ilmu yang dipelajari adalah tentang teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan perusahaan atau organisasi akan informasi dapat terpenuhi.

Kenapa Jurusan Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi merupakan gabungan dari Ilmu Komputer dan Bisnis Manajemen. Jika menyukai keduanya maka jurusan ini cocok untukmu. Selain itu tidak hanya IPA, jurusan IPS juga boleh masuk ke jurusan ini. Hal ini jelas berbeda dengan jurusan Teknik Informatika yang hanya mewajibkan pendaftarnya dari lulusan SMA IPA saja. Jurusan Manajemen Informatika atau sistem informasi memiliki cakupan pekerjaan yang sangat luas.

Dengan menekankan segi analisis bisnis dan manajemen, lulusan Sistem Informasi sangat cocok untuk masuk sebagai ahli IT di perusahaan, dengan kemampuan menggabungkan bisnis dengan programming yang seringkali menjadi kendala bagi seorang programmer, sebab mereka lebih fokus ke sisi teknis seperti lulusan Teknik Informatika maupun Ilmu Komputer.

Lulusan Sistem Informasi juga dapat bekerja sebagai manajer, wirausahawan, konsultan, akademisi dan profesional IT seperti IT manajer, manajer proyek IT, konsultan ERP, systems analyst, systems programmer, systems administrator, security administrator, quality assurance dan auditor IT di berbagai industri perbankan, keuangan, asuransi, manufaktur, retail, pendidikan, public service, pemerintahan, riset, dan lain-lain.

Jurusan Teknik Informatika_[626x626]

Keahlian Jurusan Sistem Informasi

✓ Kemampuan teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan interpersonal

✓ Kemampuan bekerja secara tim

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan berfikir kritis

✓ Kemampuan manajerial

Jurusan Teknik Informatika_[626x626]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Sistem Informasi di Dunia Kerja

  • Business Analyst, Seiring dengan meningkatnya aplikasi IT dalam bisnis, maka Business Analyst juga semakin dibutuhkan. Keberadaan seorang Business Analyst sangat penting sebagai penghubung antara manajemen dengan pemegang saham serta antara tim IT dengan user
  • Web Developer, Seorang Web Developer membuat program aplikasi untuk suatu website. Web Developer-lah yang membuat website dari nol hingga tampilannya menarik dan setiap fungsinya dapat digunakan
  • Project Manager, Kembali pada sisi bisnis, Project Manager adalah penggerak seluruh anggota tim pada suatu proyek. Pada posisi yang lebih strategis, peran seorang Project Manager sangat menentukan keberlangsungan hidup suatu perusahaan.
  • E-Commerce System Developer, Tugasnya cukup kompleks, meliputi alur sistem, tingkat keamanan, hingga UI dan UX sistem e-commerce perusahaan
  • Database Administrator, bertugas mengelola dan merapikan data perusahaan
  • System Analyst, Meskipun sering tumpang tindih, System Analyst berbeda dari Business Analyst. Seorang System Analyst lebih terfokus pada sistem IT, misalnya mengelola aplikasi, membuat spesifikasi yang digunakan oleh programmer, maupun mengidentifikasi apa saja kebutuhan user agar sistem yang dikembangkan nantinya sesuai
  • IT Consultant, Seorang IT Consultant membantu klien yang ingin menggunakan teknologi IT. IT Consultant juga membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT-nya

Perkuliahan & Mata Kuliah Sistem Informasi

Selama perkuliahan, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai kompetensi di bidang komputer, manajemen dan bisnis agar mereka mampu memberikan solusi terkait Sistem Informasi atau Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Kamu akan dibekali dengan kemampuan pemrograman, jaringan komputer, basis data, pengembangan software, dan lainnya. Kemampuan manajemen diasah melalui prinsip-prinsip manajemen, manajemen sistem informasi, manajemen proyek, dan lain sebagainya.

Sedangkan pengetahuan tentang bisnis dikembangkan melalui mata kuliah mengenai berbagai proses bisnis yang umum dalam organisasi seperti administrasi bisnis, sistem informasi akuntansi, pengembangan dan pemasaran produk, perilaku organisasi, dan lainnya.

Sistem Informasi berkaitan dengan prosedur manual dan prosedur berbasis komputer serta standar untuk mengolah data menjadi informasi yang berguna. Sistem Informasi sendiri dapat dikategorikan dalam empat bagian Sistem Informasi Manajemen, Sistem pendukung keputusan, Sistem Informasi Eksekutif dan Sistem Pemrosesan Transaksi.

Mata Kuliah Jurusan Manajemen Informatika

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Manajemen Informatika:

  1. Manajemen dan Organisasi
  2. Sistem dan Teknologi Informasi
  3. Bahasa Pemrograman
  4. Algoritma dan Struktur Data
  5. Arsitektur Sistem Informasi Perusahaan
  6. Desain dan Manajemen Proses Bisnis
  7. Desain dan Manajemen Jaringan Komputer
  8. Dasar-dasar Pengembangan Software
  9. Pemrograman Berorientasi Objek
  10. Analisis dan Desain Perangkat Lunak
  11. Keamanan Aset Informasi
  12. Desain Basis Data
  13. Tata Kelola TI
  14. Manajemen Resiko TI
  15. Manajemen Pengadaan dan Investasi TI
  16. Etika Profesi SI
  17. Manajemen dan Administrasi Basis Data
  18. Manajemen Proyek TI
  19. Perencanaan Sumberdaya Perusahaan

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Manajemen Informatika

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang berhitung
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Sistem Informasi

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Sistem Informasi (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor
  2. Universitas Indonesia (UI), Depok
  3. Universitas Riau (UNRI), Riau
  4. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta
  5. Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Surabaya
  6. Universitas Sriwijaya (UNSRI), Palembang
  7. Universitas Gunadarma (GUNDAR), Depok
  8. Universitas Bina Nusantara (BINUS), Jakarta
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

Dengan menekankan segi analisis bisnis dan manajemen, lulusan Sistem Informasi sangat cocok untuk masuk sebagai ahli IT di perusahaan. Kemampuan menggabungkan bisnis dengan programming sering menjadi kendala bagi seorang programmer yang lebih fokus ke sisi teknis seperti lulusan Teknik Informatika maupun Ilmu Komputer. Berikut dibawah ini beberapa prospek kerjanya:

COMPUTER ENGINEERING

Computer Engineering sering disebut juga teknik komputer. Tugas dari profesi ini akan sangat berkaitan dengan sistem komputer. Entah itu membangun jaringan yang nantinya digunakan untuk transfer data, mengembangkan teknik-teknik membuat komputer agar lebih cepat, mobile, dan lain sebagainya. Profesi ini juga bertugas menganalisa, menemukan, bahkan memecahkan masalah pada sistem komputer. Computer engineering fokusnya yaitu pada perangkat keras dan lunak.

DATA ANALYST

Istilah lain dari Data Analyst adalah Business Data Analyst. Tugas utama profesi ini adalah mengumpulkan data. Setelah informasi dikumpulkan maka akan dilakukan pengklasifikasian atau pengorganisasian. Terakhir seorang data analis akan menjadikan data yang sudah diolah menjadi informasi yang bermanfaat bagi perusahaan ataupun hal lainnya.

DATABASE ADMINISTRATOR

Database Administrator merupakan profesi yang tugas utamanya adalah merancang, mengimplementasikan, memaintenance, dan melakukan perbaikan pada database. Ini akan berkaitan dengan programmer. Database Administrator juga biasanya melakukan pengembangan, desain, pemantauan, dan peningkatan kinerja dari kapasitas database untuk kebutuhan di masa depan.

SYSTEM ENGINEER

Bila kamu memiliki minat pada sesuatu yang kompleks, profesi System Engineer mungkin menarik untukmu. Tugas seorang System Engineer memang mendesain dan mengatur sistem yang kompleks. System Engineering sendiri merupakan bidang interdisipliner yang menggabungkan rekayasan dan manajemen rekayasan

INFORMATION SYSTEM MANAGER

Sebagai seorang Information System Manager, kamu kelak akan mengendalikan sistem agar dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Lebih dikenal sebagai IS Manager, tugas profesi ini mencakup perencanaan, instalasi, dan maintenance, termasuk menangani upgrade pada hardware dan software.

SOFTWARE ENGINEER

Software Engineer sering juga disebut Rekayasa Perangkat Lunak, tugasnya Mengembangkan software Maintenance, software Manajemen organisasi dan juga menjaga kualitas software.

ENTERPRISE RESOURCE PLANNIG (ERP)

Aplikasi ERP merupakan software yang bisa memenuhi kebutuhan sebuah perusahaan untuk mengintegrasikan semua aktifitasnya baik itu proses bisnis ataupun organisasi. Dengan harapan kemudahan proses bisnis dan organisasi yang membaik, tidak jarang suatu perusahaan atau instansi berani menggelontorkan dana yang cukup besar untuk mengaplikasikan ERP ini.

UI/UX DEVELOPER

User Interface (UI) Developer merupakan pekerjaan yang sangat mirip dengan web designer. Perbedaan utamanya yaitu jika web designer hanya mendesain web saja UI Developer harus bisa mendesain tampilan aplikasi baik desktop, web, ataupun mobile. Sedangkan User Experience (UX) adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap pengalaman pengguna pada saat mengakses suatu sistem (aplikasi web, desktop, atau mobile). Mereka akan sangat mendetail terhadap layout sebuah aplikasi dan juga sistem kerja suatu aplikasi apakah merumitkan atau memudahkan.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Sistem Informasi ?

Mempelajari sistem informasi dengan kompetensi di bidang manajerial, desain, dan pembuatan basis data, menjalankan proses dan prosedur bisnis dalam bentuk perangkat lunak.

Apa propek kerja untuk para lulusannya?

Perencana bisnis berkelanjutan, konsultan, akademisi dan profesional IT seperti IT manajer, manajer proyek IT, konsultan ERP, systems analyst, systems programmer, dan lain-lain.

Apa gelar untuk para lulusan Sistem Informasi?

Titel yang didapat dari sarjana jurusan S-1 Sistem Informasi adalah S.Kom Grameds.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *