Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Kategori Sosial dan Humaniora

Jurusan Ilmu Kesejahteraan-03

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial merupakan ilmu terapan yang mengkaji cara dan langkah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kebijakan demi pengentasan kemiskinan, peningkatan kesehatan, pengelolaan fasilitas kesejahteraan, lembaga medis hingga membenahi sistem hukum dan sistem sosial yang bermasalah. Tak sampai disitu, pemberdayaan lembaga-lembaga kesejahteraan sosial, komunitas-komunitas UKM, serta pengembangan keterampilan masyarakat diupayakan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial bukan hanya kepada penyandang cacat ataupun manula yang membutuhkan, tetapi memastikan setiap individu dan seluruh lapisan masyarakat dapat mengandalkan diri mereka sendiri dalam berkarya dan berkehidupan. Mempelajari Ilmu Kesejahteraan Sosial erat hubungannya dengan berbagai ilmu lain seperti ilmu psikologi, ilmu ekonomi, ilmu sosial, ilmu politik, ilmu sosiologi, ilmu antropologi, ilmu komunikasi, dan lain-lain edufriends.

Kenapa Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Jurusan Kesehatan Masyarakat akan membuatmu memiliki kepedulian dan jiwa sosial yang tinggi, sebab Ilmu pengetahuan ini memikirkan berbagai upaya pelayanan komprehensif untuk membantu mensejahterakan seluruh umat manusia baik secara material maupun spiritual. Jurusan ini cocok untukmu yang menyukai kegiatan di luar ruangan serta berinteraksi dengan banyak orang.

Prospek karir lulusannya juga cukup beragam, baik di Instansi pemerintah pusat maupun daerah membutuhkan lulusan Kesejahteraan Sosial terutama untuk membidangi urusan sosial. Kamu juga bisa bekerja di organisasi nirlaba ataupun lembaga swadaya masyarakat yang berfokus pada bidang pengembangan masyarakat maupun pembangunan sosial. Tak hanya itu ada banyak perusahaan-perusahaan swasta yang memiliki unit khusus untuk kegiatan sosial yang membutuhkan para lulusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, terutama untuk ditempatkan pada divisi Corporate Social Responsibility edufriends.

Jurusan Ilmu Kesejahteraan-03

Keahlian Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan advokasi

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan meneliti

✓ Kemampuan melakukan observasi

✓ Kemampuan berpikir logis

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan peka dan empati

Jurusan Ilmu Kesejahteraan-03

Kebutuhan Lulusan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial di Dunia Kerja

  • Kamu bisa berkarir menjadi seorang Ahli Sosial dan Pengembangan Masyarakat yang bekerja di lembaga pemerintah atau non pemerintah
  • Lulusan Jurusan Kesejahteraan Sosial juga dibutuhkan di berbagai lembaga pemerintah, misalnya Kementerian Sosial (Kemensos), Bappeda, Bappenas dan lain-lain
  • Kamu juga bisa bergabung menjadi pekerja di LSM atau NGO yang membutuhkan kemahiranmu di bidang advokasi publik, misalnya di berbagai organisasi internasional seperti United Nations Children’s Fund (UNICEF) dan Save The Children
  • Lulusan Jurusan ini juga dibutuhkan di berbagai perusahaan dalam menangani corporate social responsibility, edufriends
  • Jika ingin berdedikasi dan memiliki jiwa sosial yang tinggi kamu dapat bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan memberi pendidikan pada seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan. Mulai dari anak, keluarga, komunitas dan lain-lain.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Kesejahteraan sosial merupakan ilmu terapan yang mengkaji dan mengembangkan metode serta pemikiran dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Berkuliah di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai konsep dasar hukum dan pembangunan yang dipergunakan oleh disiplin ilmu sosial, pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial yang membahas kesejahteraan sosial dalam berbagai lingkup, Dasar-Dasar Pembangunan Sosial, Manajemen Organisasi Pelayanan, Manajemen Penanggulangan Bencana, serta Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial dan lain-lain.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, edufriends:

  1. Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial
  2. Metode-metode Pekerjaan Sosial
  3. Sistem Sosial Indonesia
  4. Lembaga-lembaga Pembangunan
  5. Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial
  6. Analisa Masalah Kesejahteraan Sosial
  7. Statistik Sosial
  8. Kebeijakan dan Perencanaan Sosial
  9. Dinamika Masyarakat Pedesaan
  10. Struktur Kemiskinan
  11. Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat
  12. Teori Sosiologi bagi Kesejahteraan Sosial
  13. Masalah Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial
  14. Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat
  15. Kesejahteraan Anak dan Perlindungan Anak
  16. Kesejahteraan Sosial bagi Manusia Lanjut Usia
  17. Manajemen Organisasi Pelayanan
  18. Dampak Sosial Pembangunan dan Globalisasi
  19. Teori dan Teknik Supervisi dan Konsultasi
  20. Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan
  21. Praktek Perencanaan Kesejahteraan Sosial

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

  • Tekun
  • Kritis
  • Observan
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok
  2. Universitas Sumatera Utara (USU), Padang
  3. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
  4. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Sebagai mahasiswa jurusan kuliah Ilmu Kesejahteraan Sosial, kamu akan menganalisa permasalahan di masyarakat, melakukan eksperimen sosial dan menerapkan teori yang telah dipelajari untuk mencari solusinya. Dengan ilmu yang telah kamu dapat, berikut ini beberapa pilihan karier bagi para lulusan Ilmu Kesejahteraan Sosial edufriends:

LEMBAGA PEMERINTAHAN

Kamu juga bisa bekerja sebagai pegawai negeri sipil di Kementerian Sosial, atau institusi pemerintahan lain seperti Dinas Sosial, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Transmigrasi RI, dan lainnya. Sebagai pegawai pemerintahan, kamu memiliki peluang besar untuk terlibat langsung dalam membuat kebijakan untuk mengatasi isu kemiskinan, kekurangan air bersih, ketertinggalan daerah, dan lainnya.

SOCIAL ENTERPRENEUR

Sebagai lulusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, kamu juga berpeluang untuk mendirikan usahamu sendiri sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dengan menjadi seorang pengusaha sosial alias social entrepeneur. Seorang pengusaha sosial tak hanya berbisnis demi keuntungan, tapi juga memberdayakan orang-orang di sekelilingnya.

CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY

Kamu juga dapat bekerja di berbagai perusahaan ternama sebagai spesialis CSR. Pekerjaan yang fokus untuk pemberdayaan masyarakat ini membutuhkan lulusan Kesejahteraan Sosial yang memang ahli di bidangnya. Seorang spesialis CSR akan membuat program-program sosial di sejumlah daerah sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk masyarakat luas.

MANAJER LAYANAN SOSIAL & KOMUNITAS

Pekerjaan lainnya adalah sebagai Manajer Layanan Sosial dan Komunitas. Tugasnya merencanakan, mengarahkan dan memberi koordinasi kegiatan pelayanan sosial atau organisasi yang membantu masyarakat umum. Mereka juga mengawasi program dan anggaran. Tanggung jawab dari pekerjaan ini terbilang berat karena mengurus banyak hal. Namun Secara struktural, Manajer Layanan Sosial dan Komunitas memberi pengarahan pada Pekerja Sosial, edufriends

TENAGA PENDIDIK/DOSEN

Pekerjaan ini cocok untukmu yang berminat pada bidang belajar mengajar, serta mendalami ilmu ini secara mendalam. Penerapan ilmu yang tepat perlu kamu pahami untuk menjadi seorang Dosen. Untuk menjadi seorang Dosen di bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial, setidaknya kamu harus lulus Strata Dua (S2) terlebih dulu, edufriends.

PENGGALANG DANA

Tugas dari pekerjaan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial ini adalah mengumpulkan dana dari para donator untuk berbagai instansi. Seperti LSM, lembaga yang bergerak di bidang amal atau bahkan sebuah partai politik. Tantangannya tentu berkaitan dengan penarikan massa untuk menjadi donatur yang tidak mudah. Pada level pekerjaan yang lebih tinggi, seorang Penggalang Dana bisa memiliki tugas untuk memperluas kesepakatan kerjasama (partnership) bersama pihak luar untuk menjadi donatur dengan perusahaan tempatnya bekerja.

JURNALIS

Bagimu yang menyukai bidang sosial dan memiliki kemampuan menulis serta melaporkan sebuah kejadian, pekerjaan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial seperti Wartawan bisa kamu coba. Pekerjaan ini menantang karena memiliki jam kerja yang padat. Serta pikiran kritis dan ide kreatif dalam mengemas sebuah informasi menjadi penting untuk diketahui publik. Di sisi lain, kamu akan selalu bertemu dengan orang dan pengalaman baru yang menarik, edufriends.

CONTENT WRITER

Kemampuanmu dalam menulis juga dapat kamu salurkan dengan menjadi seorang Content Writer di Lembaga sosial seperti Kitabisa, Aksi Cepat Tanggap (ACT), ActionAid International dan lainnya. Sebab Kemampuan menulis yang melihat dari sudut pandang sosial dan sisi kemanusiaan diperlukan untuk membuat berbagai konten kreatif terkait update proses donasi yang disebarkan ke publik.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial?

Ilmu pengetahuan sistematis yang membahas isu kesejahteraan dan upaya-upaya pengelolaan masalah sosial melalui pengembangan program mencapai kesejahteraan

Apa saja gambaran profesi untuk lulusan jurusan ini?

Kementrian Sosial, Dinas Sosial, Lembaga Masyarakat, Peneliti sosia, Social Entrepreneur, Tenaga Pengajar

Berada dibawah fakultas apakah jurusan ini?

Ilmu Kesejahteraan Sosial merupakan jurusan program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *