Profesi Quality Assurance

Gaji Quality Assurance

Rp. 4.5Jt - Rp. 6Jt / Bulan

Pendidikan Quality Assurance

D3/S1 Sederajat

Sertifikasi Quality Assurance

Sertifikasi Kualitas Auditor, Sertifikasi Quality Engineer, Sertifikasi Peningkatan Kualitas Asosiasi sesuai dengan bidangnya.

Daftar Isi

Deskripsi Quality Assurance

Profesi Quality Assurance bertanggung jawab dalam memastikan semua standar kualitas suatu produk, membuat audit laporan dan analisa tindakan preventif yang akan diteruskan kepada Qualty Control sebagai eksekutor agar standard mutunya tercapai. Seorang Quality Assurance juga akan secara aktif melakukan monitoring pada serangkaian uji tentang keseragaman semua aspek yang digunakan oleh semua unit dalam upaya memberikan jaminan kualitas pada konsumen, Quality Assurance memiliki hak untuk menerima atau menolak suatu produk yang akan dipasarkan jika tidak sesuai dengan standard perusahaan.

Seorang Quality Assurance juga harus mampu memahami setiap proses yang terdapat pada suatu sistem serta memberikan arahan perbaikan untuk beberapa proses yang dirasa kurang efisien, karenanya ia akan melakukan serangkaian uji coba terhadap sistem performa dan menilai, apakah sistem yang ada sudah merespon dengan cukup baik. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan bahwa sistem yang ada telah memiliki performa yang sesuai.

Peran dan Tanggung Jawab Quality Assurance

  • Memastikan kepatuhan berkelanjutan dengan persyaratan peraturan kualitas dan industri yang ditetapkan perusahaan.
  • Mengembangkan, merekomendasikan dan memantau tindakan perbaikan dan pencegahan.
  • Bertanggung jawab untuk sistem manajemen dokumen.
  • Mengevaluasi kecukupan standar jaminan kualitas.
  • Mendokumentasikan serta meninjau pelaksanaan pada efisiensi kualitas serta inspeksi pada sistem agar sistem dapat berjalan sesuai dengan rencana perusahaan.
  • Memantau dan melaksanakan pengujian, inspeksi bahan dan produk guna memastikan kualitas dari produk jadi.
  • Audit internal dan kegiatan jaminan kualitas lainnya.
  • Menganalisis data untuk mengidentifikasi area untuk perbaikan dalam sistem mutu.
  • Mengkoordinasikan dukungan pada audit yang dilakukan oleh penyedia audit eksternal.
  • Mengevaluasi temuan audit dan menerapkan tindakan perbaikan yang tepat.

Keterampilan dan Pengetahuan Quality Assurance

  • Akan lebih baik jika memiliki sertifikasi Kualitas Auditor, Quality Engineer, Peningkatan Kualitas Asosiasi, Six Sigma
  • Berpengalaman dalam pemeriksaan mutu, audit dan pengalaman pengujian
  • Berpengalaman dengan pelaksanaan program tindakan korektif
  • Berpengalaman khusus dalam produk industri
  • Memiliki pengetahuan tentang persyaratan peraturan yang relevan.
  • Memiliki keterampilan & pengetahuan tentang alat, konsep dan metodologi QA
  • Memiliki keterampilan komputer yang baik termasuk Microsoft Office dan database
  • Mengelola dan memeriksa kegiatan manajemen risiko
  • Memiliki keterampilan untuk Mengumpulkan dan menyusun data kualitas statistik
  • Memiliki keterampilan untuk Menyiapkan laporan hasil dari kegiatan kualitas
  • Memahami proses bug tracking, ticketing, dan testing, sebab umumnya perusahaan akan mencari seorang QA yang sudah terbiasa dengan ketiga proses ini. Oleh karena itu, cobalah untuk meningkatkan kemampuanmu dalam hal tersebut Grameds

Kepribadian Quality Assurance

  • Penyelesaian Masalah yang Kompleks, mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.
  • Komunikasi, menyampaikan informasi secara efektif baik secara lisan dan tertulis.
  • Menganalisis masalah dan pemecahan masalah perencanaan dan pengorganisasian keputusan
  • Kemampuan berpikir kritis, kemampuan analisis, kemampuan riset, kemampuan manajerial, keterampilan komunikasi dan penguasaan bahasa asing
  • Teliti, Mampu bekerja sama, dan berorientasi kepada konsumen
  • Mampu bekerja dalam tim, artinya kamu dapat menjalin kerja sama dengan baik untuk bersama-sama mencari kesalahan atau kekurangan dari produk

Cara Menjadi Quality Assurance

1. Pendidikan Strata 1

Pendidikan Strata 1 untuk profesi ini berbeda-beda sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan kamu ambil. Jika kamu ingin bekerja sebagai Quality Assurance di Industri Makanan, maka kamu dapat mengambil jurusan Teknologi Pangan. Di  jurusan ini kamu akan mempelajari Proses produksi makanan dari pertama kali makanan diolah, kamu juga akan memastikan apakah makanan aman untuk dikonsumsi dan sudah memenuhi kebutuhan gizi konsumen. Lalu mempelajari proses pengawetan, pengemasan, distribusi, dan penyimpanan makanan.

Info lengkap mengenai jurusan teknologi pangan dapat dilihat di Jurusan Teknologi Pangan

 

2. Sertifikasi Quality Assurance

Selain itu mengikuti program pelatihan dan mengambil sertifikasi yang ditawarkan oleh organisasi-organisasi internasional juga akan memudahkanmu dalam mendapatkan pekerjaan sebagai Quality Assurance, berikut beberapa diantaranya:

  • Sertifikasi Kualitas Auditor
  • Sertifikasi Quality Engineer

Prospek Kerja Quality Assurance

Peluang kerja sebagai Quality Assurance akan selalu terbuka, karena:

Hampir Semua Bidang Industri Membutuhkan Sistem Manajemen Mutu

Semua perusahaan baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar apapun bidangnya memerlukan suatu sistem manajemen yang baik, terutama sistem manajemen mutu. Quality Assurance atau QA sendiri memiliki peran penting dalam proses development. Quality Assurance akan memastikan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik serta terbebas dari error ataupun bug. Mereka akan menguji, mengidentifikasi, serta memberikan solusi akan kekurangan yang ditemukan sebelum produk dirilis untuk publik. Hal ini akan membantu perusahaan pengembang terhindar dari image yang buruk karena aplikasi yang dibuat tidak dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Dimana Quality Assurance Bekerja

1. Perusahaan IT

Quality Assurance biasanya ditemukan di beberapa Perusahaan IT dan memiliki peranan penting dalam pembangunan sebuah sistem. QA Engineer akan melakukan testing mulai dari alur sistem, desain, sampai hasil akhir aplikasi. Hasil pengujian QA Engineer berupa alur sistem, bug, serta masukan aplikasi yang diuji akan didokumentasikan dalam sebuah laporan. Seorang QA Engineer juga harus mampu berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan sistem seperti designer, back end, serta project manager.

2. Industri Farmasi

Quality Assurance (QA) pada Industri Farmasi bertugas mencari tahu secara detil mengenai penyebab penyimpangan kadar dan kualitas obat tersebut, serta menganalisa dan mengambil solusi untuk mengatasinya. Pekerjaan ini dapat kita temui di perusahaan produsen obat, jamu, dan suplemen, Grameds.

 

3. Teknologi Pangan

Quality Assurance (QA) dalam teknologi pangan memastikan mutu dari pangan yang ada, mulai dari sejak panen, dalam proses, sampai diterima oleh konsumen. Karena, penanganan yang tidak tepat akan menurunkan mutu dari sebuah bahan pangan. Misalnya pada saat diambil pertama kali, kondisi lingkungan sekitar yang kurang higienis dapat menyebabkan bahan pangan tersebut tercemar. Jika tertarik berkarier di bidang ini, kamu harus menguasai standar mutu pangan yang berlaku dalam skala nasional maupun internasional, mampu menganalisis mutu pangan sesuai paramater yang ditetapkan, serta mampu menggali potensi pengembangan produk.

4. Industri Tembakau

Tugas Quality Assurance di Perusahaan (pabrik) yang proses produksinya berlangung selama 24 jam adalah melakukan kalibrasi dan melakukan quick check terhadap alat yang akan digunakan untuk pengukuran produk, pengambilan sampling produk secara acak untuk pemeriksaan kualitas, melakukan pengecekan fungsi sensor pada mesin serta membuat laporan pemeriksaan kualitas produk per shift, daily dan weekly.

5. Akuntan Publik

Jika dikaitkan dengan akuntan publik yang memberikan jasa audit pada suatu entitas maka quality assurance berperan dalam fungsi monitoring hingga memastikan bahwa hasil audit telah sesuai dengan prosedur dan sesuai standar kualitas berlaku. Dengan kata lain, quality assurance merupakan pemberi jaminan bahwa hasil audit yang diberikan berkualitas. Bagaimana Quality Assurance dilakukan? Qulity assurance dilakukan dengan supervisi. Supervisi yang dimaksud adalah proses continue dan difokuskan pada evaluasi atas setiap penugasan atau bagian dari pekerjaan penugasan audit. Supervisi memberikan kepastian bahwa pekerjaan audit telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Di samping itu, supervisi juga dimaksudkan untuk menilai keputusan (judgment), simpulan, maupun metodologi atau pendekatan audit yang digunakan.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Apa perbedaan profesi antara Quality Assuarance dan Quality Control?

Quality Assurance berperan dalam menjamin kualitas, sementara Quality Control sebagai pengendali kualitas atas suatu produk yang dihasilkan perusahaan.

Apa saja mindset yang harus dimiliki oleh profesi ini?

Mindset Pengujian, Analisa dan Pengujian Fungsional, Perbaikan Proses, Pengujian Keamanan, Pengujian Performa hingga User Acceptance Testing.

Apa saja keahlian basic yang harus dimiliki oleh profesi ini?

Pandai berkomunikasi secara lisan dan tertulis, kemamapuan Manajemen, analisis dan pemecahan masalah, perencanaan dan pengorganisasian, Pengambilan keputusan, Teliti, Mampu bekerja sama dan Orientasi layanan pelanggan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *