Jurusan Geografi

Jurusan Geografi

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Jurusan Geografi_[473 x 314]

Jurusan Geografi

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Geografi

Jurusan Geografi adalah ilmu yang mempelajari proses fisik muka bumi serta relasinya dengan proses sosial ekonomi dan budaya manusia. Berkuliah di jurusan ini akan mengajakmu mengkaji bentuk permukaan bumi dan proses perubahannya, mulai dari atmosfer, iklim, proses pembentukan awan, hidrologi, kualitas air, mineral penyusun batuan, ekologi, ilmu lingkungan, ilmu wilayah, dan masih banyak lagi. Kamu juga akan belajar tentang caranya menyajikan data spasial geografi, pemetaan dan pemodelan spasial untuk pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.. Ilmu geografi mengaitkan elemen ilmu yang satu dengan yang lain dengan perspektif ruang atau spasial. Aspek jurusan geografi biasanya dibagi lagi menjadi tiga bagian konsentrasi, yaitu Geografi Fisik, Geografi Manusia, dan Sistem Informasi Geografis yang dapat kamu pilih sesuai dengan minatmu.

Kenapa Jurusan Geografi

Jurusan ini sangat cocok untukmu yang suka berpetualang. Pasalnya, kamu akan melakukan fieldwork, praktikum ataupun sekadar observasi di berbagai tempat sesuai dengan mata kuliah yang sedang ditempuh. Teori di kelas hanya memakan waktu beberapa jam saja, bahkan dosenmu akan lebih sering menyampaikan penjelasan langsung ketika di lapangan. Misalnya saja pada mata kuliah Geologi, Geomorfologi, Oseanografi, bahkan Penginderaan Jauh. Kamu akan mengkaji karakteristik batuan, bentang alam secara langsung untuk memvalidasi datamu.

Setelah lulus dari jurusan ini ada banyak pengetahuan dan skill yang akan kamu miliki, tentu hal ini akan memudahkanmu di dunia kerja. Meski mahasiswa Jurusan Geografi identik dengan pemetaan, tapi prospek kariernya cukup menjanjikan. Mulai dari bidang perencanaan wilayah, perkebunan, kebencanaan, pariwisata, kependudukan dan masih banyak lagi. Peluang kerja lulusan Geografi melebar seiring dengan meningkatnya kebutuhan informasi geospasial. Bahkan, seluruh Bappeda provinsi maupun kabupaten atau kota diwajibkan memiliki ahli di bidang geografi. Jika ingin bekerja di instansi pemerintah Bakosurtanal, Badan Pertanahan Negara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Badan Informasi Geospasial, dan lainnya dapat menjadi pilihanmu.

Jurusan Geografi_[473 x 314]

Keahlian Jurusan Geografi

✓ Kemampuan membaca data spasial

✓ Kemampuan melakukan perencanaans

✓ Kemampuan menganalisis dan mensintesis

✓ Kemampuan manajerial

✓ Kemampuan dalam berkomunikasi

✓ Kemampuan membaca data spasial

✓ Pemahaman kartografi dasar

Jurusan Geografi_[473 x 314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Geografi di Dunia Kerja

  • Lulusan Geografi dapat bekerja di berbagai instansi pemerintah, lembaga survei, perusahaan, juga organisasi nirlaba di bidang sumber daya alam (SDA) dan lingkungan yang membutuhkan ahli geografi.
  • Kamu juga dapat menjadi seorang ahli tata kota yang bekerja sama dengan pengembang properti, pengusaha dan lain-lain. Gaji seorang ahli tata kota sangat menggiurkan lho, sebab bisa mencapai hingga belasan juta rupiah.
  • Kini banyak sekali lowongan surveyor di perusahaan-perusahaan besar. Disini sarjana geografi dibutuhkan untuk mencari tahu lokasi mineral atau penentuan lokasi tambang.
  • Seperti ahli tata kota, manajeman jaringan transportasi juga dibutuhkan dalam menunjang pelayanan masyarakat. Perkembangan kota yang cepat membuat seorang ahli manajemen transportasi dibutuhkan untuk mengatur skema tata ruang lalu lintas yang handal, dan lulusan geografi merupakan kandidat utama dalam pekerjaan ini.
  • Mengingat Indonesia memiliki banyak gunung api maka tentu membutuhkan pengawasan oleh ahli terkait. Dalam hal ini seorang vulkanolog handal lulusan ilmu geografi.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Geografi

Belajar Geografi kamu akan mempelajari berbagai unsur yang ada di Bumi, seperti air, tanah, iklim, batuan, flora, fauna dan manusia. Bahkan kamu juga akan mempelajari berbagai teori tentang terbentuknya Bumi dan tata surya, Hidrologi dan Tanah, Mempelajari Kimia saat menentukan kualitas air dan jenis tanah, iklim dan batuan.

Tak hanya itu kamu juga akan belajar Fisika, hingga Biologi ketika mempelajari persebaran flora dan fauna. Sebab, kondisi geografis akan mempengaruhi jenis flora dan fauna. Bukan hanya pelajaran IPA, kamu pun akan mempelajari statistik dan ekonomi ketika mempelajari tentang manusia. Artinya kamu mempelajari segala perhitungan terkait penduduk dan bahkan perekonomiannya.

Jika berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana, ada banyak kampus bergengsi yang dapat dijadikan referensi. Kamu tinggal pilih kampus dengan bidang peminatan yang sesuai dengan minatmu.

Mata Kuliah Jurusan Geografi

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Geografi, edufriends:

  1. Fisika Dasar
  2. Geologi
  3. Praktikum Kartografi Dasar
  4. Kartografi
  5. Hidrologi
  6. Oseanografi
  7. Erosi dan Konservasi Tanah
  8. Interpretasi Foto Udara
  9. Interpretasi Citra Visual
  10. Demografi
  11. Ekologi dan Lingkungan
  12. Biogeografi
  13. Geografi Tanah
  14. Geomorfologi Regional Indonesia
  15. Sistem Informasi Geografis
  16. Geografi Perkotaan
  17. Geografi Transportasi
  18. Geografi Industri
  19. Evaluasi Sumber Daya Lahan
  20. Geografi Pertanian
  21. Geohidrologi
  22. Pembangunan Wilayah
  23. Geografi Pariwisata
  24. Geografi Pemasaran
  25. Geografi Politik
  26. Geografi Kesehatan
  27. Pengelolaan Daerah Aliran Sungai
  28. Geografi Pesisir
  29. Analisis Perencanaan Wilayah
  30. Aplikasi SIG
  31. Kimia Dasar
  32. Matematika Dasar

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Geografi

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Geofisika

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Geografi (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia, diantaranya:

  1. Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta
  2. Universitas Indonesia (UI), Depok
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya
  5. Universitas Lampung (UNILA), Lampung
  6. Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang
  7. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakata
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Geografi

Lulusan Ilmu Geografi biasanya akan bekerja dalam riset, penelitian lapangan dan  laporan. Selain itu banyak juga yang bekerja sebagai konsultan lingkungan untuk industri teknik dan manufaktur. Kemampuan analisa dan mengolah datanya memungkinkan seorang lulusan jurusan geografi diterima di bidang lainnya. Berikut ini beberapa gambaran pekerjaannya, edufriends:

AHLI TATA KOTA

Salah satu pekerjaan yang sangat berhubungan dengan geografi adalah perencana tata kota. Sebab di jurusan ini kamu akan mempelajari studi kewilayahan. Ahli tata kota memiliki keahlian dalam membuat zonasi, penggunaan lahan, pengembangan dari objek- objek atau tempat yang sudah ada hingga merencanakan objek baru yang akan dibuat. Dalam hal ini ahli tata kota akan bekerja sama dengan pemilik properti atau pejabat yang berwenang di wilayah tersebut.

SPESIALIS SIG

Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan pengembangan ilmu geografi dengan memanfaatkan teknologi yang modern dengan menggunakan perangkan komputer, satelit, citra, maupun internet dan dapat memberikan output yang lebih akurat. Tugas seorang Ahli Sistem Informasi Geografis (SIG)  adalah membantu para ilmuwan, ahli teknologi, dan profesional terkait pembangunan, pemeliharaan, modifikasi, atau menggunakan database sistem informasi geografis (GIS). Dapat juga melakukan beberapa pengembangan aplikasi sesuai kebutuhan atau memberikan dukungan bagi penggunanya, edufriends.

KARTOGRAFER

Kartografi merupakan salah satu cabang ilmu geografi yang menangani bidang pembuatan peta, sementara orang yang memiliki keahlian dalam membuat peta disebut kartografer. Kartografer sangat dibutuhkan oleh instansi- instansi baik instansi negeri maupun swasta, hal ini dikarenakan pentingnya peranan peta. Peta yang dibuat oleh seorang kartografer dapat menunjukkan berbagai hal, seperti batas wilayah, elevasi, sumber air dan penampakan geologi seluruh tempat. Menjaga agar peta selalu up to date merupakan kewajiban seorang kartografer. Oleh karena itu, kartografer dapat bekerja di kantor pemerintahan ataupun perusahaan konstruksi yang menangani pembangunan wilayah.

MANAJEMEN LINGKUNGAN

Manajemen lingkungan merupakan salah satu profesi yang berkaitan dengan geografi. Tugasnya menangai berbagai masalah lingkungan yang terjadi di peradaban manusia. Berperan sebagai Analis lingkungan, yang akan menata lingkungan dengan lebih baik tanpa menghambat kegiatan manusia, atau ramah lingkungan supaya lingkungan kita tetap terjaga dengan baik.

PENELITI

Salah satu lulusan yang bisa menyumbangkan peneliti adalah lulusan geografi. Penelitian di bidang geografi kemudian akan menyumbangkan hasil penelitian yang berperan dalam bidang kelingkungan.

SURVEYOR

Surveyor merupakan orang- orang yang bertugas untuk mencari lokasi mineral di bawah kerak bumi. Seorang surveyor banyak dibutuhkan oleh perusahaan –perusahaan swasta untuk memperoleh sumber tambang- tambang baru edufriends. Seorang surveyor biasanya tergabung dalam Ikatan Surveyor Indonesia (ISI). ISI berperan aktif dalam pengembangan profesi surveyor dan mendukung peran surveyor dalam pembangunan nasional.

VULKANOLOG

Vulkanolog merupakan orang yang meneliti atau mengamati kondisi Gunung api. Untuk memastikan bahwa keadaan tetap aman dan memberi peringatan jika gunung api tiba-tiba bergejolak.

MANAJEMEN BENCANA

Banyak sekali jenis bencana alam di bumi ini, terlebih di wilayah yang kompleks yang mana bisa terjadi beberapa jenis bencana alam sekaligus. Oleh karenanya dibutuhkan manajemen bencana alam yang bertugas menetapkan langkah- langkah penyelamatan juga melakukan langkah- langkah pencegahan.

INSTANSI PEMERINTAH

Bagimu yang ingin bekerja di instansi pemerintahan kamu dapat bergabung di kementerian dan badan pemerintahan Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana, (BNPB) atau Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), hingga Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa Saja Pelajaran SMA yang akan membantumu untuk memahami pelajaran di Jurusan Ilmu Geografi ini?

Matematika, Fisika, Geografi, dan Bahasa Inggris akan sangat membantu edufriends.

Kemampuan apa yang akan memudahkanmu berkuliah di jurusan Ilmu Geografi?

Kemampuan dalam memahami simbol, huruf, diagram, dan gambar, menggunakan logika matematika, serta menerapkan operasi hitung untuk menyelesaikan masalah, membayangkan ruang dalam bentuk tiga dimensi, hingga kreatifitas dan kemampuan menggambar.

Adakah jurusan kuliah yang “mirip” dengan jurusan Ilmu Geografi?

Ada, jurusan Geologi, Geodesi Geomatika, Kartografi Penginderaan Jauh, Perencanaan Wilayah dan Kota edufriends.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *