Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan DKV Creative Advertising

Jurusan DKV Creative Advertising

Kategori Seni

Jurusan DKV Creative Advertising_[626 x 626]

Jurusan Biologi

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan DKV Creative Advertising

Jurusan DKV Creative Advertising memberikan pendidikan kreatif bagimu yang memiliki passion di bidang periklanan. Jurusan ini akan memungkinkan lulusannya untuk bekerja dalam sebuah tim kreatif dan menghasilkan iklan kontemporer terbaik. Advertising sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari dunia Desain Komunikasi Visual (DKV). Dimana dimana komunikasi secara visual sangat dibutuhkan untuk menyampaikan maksud dan tujuan seorang pemilik produk kepada publik. Jurusan ini berfokus pada pengembangan kreatifitas untuk mengeksplorasi berbagai macam ide dan bentuk komunikasi visual dalam advertising.

Kamu akan mempelajari aspek kreatif dari periklanan melalui kerja studio secara langsung yang dikombinasikan dengan perspektif teoritis, strategis, dan historis. Kamu juga akan Mempelajari aspek Copywriting, New Media Advertising, Perencanaan iklan, Design juga penelitian, sosiologi, psikologi, etika dan sastra untuk memperkaya dan memperluas pemahaman tentang konsep dan aplikasi periklanan, edufriends.

Kenapa Jurusan DKV Creative Advertising

Berkuliah di Jurusan ini akan menyalurkan kreativitasmu, jurusan ini cocok untukmu yang Berfikir out of the box, Bosan dengan hal biasa, Team player, Cepat beradaptasi dengan perubahan, Open minded, Menyukai tantangan, Mampu berkomunikasi dengan baik dan memiliki kemampuan untuk meyakinkan orang lain. Selain itu prospek kerjanya cukup luas, apalagi dengan Industri kreatif yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Jika dulu media iklan yang paling efektif adalah radio, kemudian TV dan kini ke dunia online. Bahkan Alat transportasipun dapat digunakan sebagai media iklan. Coba saja kita ke jalan raya di kota-kota besar, mobil-mobil pribadi kini digunakan untuk beriklan pada area kaca belakangnya. Industri periklanan tidak pernah lesu, semakin kompetitif dan menyediakan peluang karir yang menjanjikan bagimu yang mencintai dunia kreativitas. Posisi yang dapat kamu tempati sebagai lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual Creative Advertising adalah Account Executive, Copywriter, Creative Director, Account Planner, Art Director, Advertising Designer dan masih banyak lagi.

Jurusan DKV Creative Advertising_[626 x 626]

Keahlian Jurusan DKV Creative Advertising

✓ Kemampuan teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan interpersonal

✓ Kemampuan bekerja secara tim

✓ Kemampuan imajinasi

✓ Kemampuan berfikir out of the box

✓ Kemampuan visual

✓ Kemampuan berbahasa

Jurusan DKV Creative Advertising_[626 x 626]

Kebutuhan Lulusan Jurusan DKV Creative Advertising di Dunia Kerja

  • Copywriter – Profesi di lingkungan periklanan yang tugasnya menulis naskah iklan, baik untuk iklan cetak (print ad), iklan televisi (TV Commercial), iklan radio (Radio Commercial) dan segala macam bentuk komunikasi pada suatu brand (merek).
  • Marketing Analysis – Tugas seorang marketing analysis adalah mengolah, menganalisis, dan menyajikan data mengenai target pemasaran untuk keperluan klien atau perusahaan dan biasanya bekerja di perusahaan konsultan
  • Social Media Marketing – Perkembangan teknologi digital juga membuat banyaknya peluang kerja baru untuk lulusan DKV Creative Advertising, salah satunya social media marketing. Seorang social media marketing bertugas memasarkan produk atau jasa menggunakan pendekatan social media
  • Digital Marketing – Pekerjaan ini mirip dengan social media marketing, yaitu memasarkan produk atau jasa secara digital. Hanya saja digital marketing staff menggunakan platform digital lebih banyak lagi sebagai media pemasarannya
  • Staff Advertising – Peluang atau prospek kerja DKV Creative Advertising selanjutnya adalah staff advertising. Perusahaan advertising bertugas untuk merancang dan mengelola kampanye iklan suatu produk atau perusahaan agar produk perusahaan tersebut bisa dikenal banyak orang.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan DKV Creative Advertising

Perkuliahan di Jurusan DKV Creative Advertising, kamu akan mempelajari desain untuk periklanan. Selain ilmu desain, kamu juga akan belajar tentang marketing basic, branding, ethic, advertising media, consumer behavior, Design and Material, Color Theory, Western Art Review, Eastern Art Review, Typography, English in Focus, Drawing Computer, Graphic Photography, Visual Communication, Design Entrepreneurship, Illustration, Design Audio Visual, Copy writing, Marketing and Consumer Behaviour, Design Method dan lain sebagainya.

Selain mendalami dunia periklanan, kamu juga akan mempelajari berbagai hal tentang media dan seni. Mahasiswa DKV masih akan bertemu dengan hitung-hitungan saat harus menggambar perspektif. Selain itu, karakter atau style gambarmu bisa saja berbeda dari standar yang diharapkan dosen. Alih-alih menghilangkan ciri khas sepenuhnya, kamu harus dapat menyesuaikan antara idealisme pribadi dan tuntutan karya yang diinginkan.

Mata Kuliah Jurusan Jurusan DKV Creative Advertising

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Jurusan DKV Creative Advertising:

  1. Design and Material
  2. Color Theory
  3. Western Art Review
  4. Eastern Art Review
  5. Typography
  6. English in Focus
  7. Drawing
  8. Computer Graphic
  9. Photography
  10. Visual Communication Design
  11. Entrepreneurship
  12. Illustration Design
  13. Audio Visual
  14. Copy writing
  15. Marketing and Consumer Behaviour
  16. Design Method
Something went wrong: cURL error 28: Operation timed out after 5001 milliseconds with 0 bytes received

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan DKV Creative Advertising

Universitas Terbaik Jurusan DKV Creative Advertising

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan DKV Creative Advertising di Indonesia:

  1. Universitas Bina Nusantara (UBINUS), Jakarta
  2. STIKOM Interstudi, Jakarta
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan DKV Creative Advertising

Prospek yang ditawarkan prodi ini terbilang cukup menjanjikan mengingat pertumbuhan belanja iklan di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya. Perkembangan teknologi dan semakin beragamnya produk-produk yang dijual membuat kebutuhan akan profesional di bidang Creative Advertising semakin dibutuhkan. Berikut ini beberapa prospek kerja untuk lulusan DKV Creative Advertising:

BRANDING CONSULTANT

Branding menjadi salah satu materi yang didapatkan seorang DKV Creative Advertising saat menempuh pendidikan. Bekerja di branding consultant tentunya menjadi hal yang lumrah untuk seorang DKV Creative Advertising. Ia akan bertanggung jawab untuk membranding sebuah perusahaan baru atau brand baru dengan lingkup pembuatan desain logo, packaging, maskot, company profile dan kebutuhan branding lainnya. Untuk bekerja pada bidang ini harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan konseptual dan kreatif, serta hasrat untuk meneliti industri, organisasi, tren dan para pesaing.

ADVERTISING AGENCY

Advertising agency di dominasi oleh orang-orang berjiwa muda dengan segudang ide kreatif yang siap disalurkan untuk menjawab kebutuhan periklanan klien-nya. Kemampuan DKV Creative Advertising sangat dibutuhkan pada industri ini karena ide dan tampilan visual merupakan salah satu kunci utama dari periklanan. Pemikiran segar dan kreatifmu juga dibutuhkan pada industri ini untuk menciptakan iklan dan kampanye yang bermakna. Di Ibukota, bertebaran sejumlah advertising agency yang mampu menampung bakat dan kemampuanmu seperti Ogilvy Indonesia, Y&R Indonesia dan Leo Burnett Indonesia.

BRANDING AGENCY

Kemampuan DKV Creative Advertising juga dibutuhkan di branding agency karena dibutuhkan branding dan tampilan visual yang sesuai sebagai identitas dan representatif perusahaan. Pada industri ini DKV Creative Advertisingnya banyak membuat marketing kit, brand identity manual guide dan bekerja sama dengan desain grafis dalam mengurus tampilan visual lainnya. Selain memiliki kemampuan mendesain, bekerja di perusahaan branding juga akan dibekali dengan pemahaman konsep dan strategi branding serta pemasaran terpadu yang sangat berguna di branding agency.

COPYWRITER

Copywriter adalah profesi di lingkungan periklanan yang tugasnya menulis naskah iklan, baik untuk iklan cetak (print ad), iklan televisi (TV Commercial), iklan radio (Radio Commercial) dan segala macam bentuk komunikasi pada suatu brand (merek). Sebagai bagian dari tim kreatif untuk keperluan periklanan, copywriter bersama desainer grafis atau art director harus bisa menyampaikan informasi tentang produk yang akan diiklankan. Tentu bahasa iklan yang dibuat harus sesuai dengan audiens atau calon konsumen yang dituju. Itulah kenapa copywriter harus punya kemampuan komunikasi yang baik, imajinasi tinggi, kreativitas, dan jiwa seni karena tugasnya menulis deskripsi yang mampu menarik calon pelanggan. Kebanyakan perusahaan menempatkan seorang copywriter di bagian tim kreatif yang terhubung langsung dengan tim marketing.

PUBLIC RELATION

Memiliki kemampuan berpikir kreatif, pandai mencari solusi, dan caramu menyampaikan sesuatu cukup persuasif? Menjadi staf public relation dapat menjadi pilihan. Sebab Semua keahlian kamu tadi akan sangat dibutuhkan untuk menjalankan tugas seorang public relation, yaitu membangun reputasi baik perusahaan di tengah masyarakat.

ART DIRECTOR

Dalam dunia periklanan, pekerjaan Art Director ini dipasangkan dengan seorang copywriter, di mana copywriter bertanggung jawab dalam hal kontekstual ataupun content dari sebuah iklan yang akan ditampilkan sementara tentunya Art Director bertanggung jawab atas desain dan segi art-nya. Namun tentunya dalam prakteknya Art Director dan copywriter ini tidak secara kaku mengkotakkan posisi dan job desc nya masing-masing. Tanggung jawab lain seorang art director, diantaranya Menentukan bagaimana cara terbaik untuk mempresentasikan sebuah konsep secara visual menentukan foto, seni, dan elemen desain lainnya,  membuat tampilan atau gaya keseluruhan dari sebuah publikasi, advertising campaign, televisi, bahkan set dalam pembuatan film, bekerja sama dengan tim desainer meninjau dan menyetujui desain, artwork, fotografi, dan juga grafis lainnya yang dibuat oleh tim, dan lain-lain.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan DKV Creative Advertising?

Advertising sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari dunia DKV dimana komunikasi secara visual sangat dibutuhkan untuk menyampaikan maksud dan tujuan seorang pemilik produk kepada publik. Jurusan ini lebih fokus dalam pengembangan kreatifitas untuk mengeksplorasi berbagai macam ide dan bentuk komunikasi visual dalam advertising, edufriends.

Apakah prospek kerja untuk para lulusannya?

Creative Consultant, Art Director, Creative & Design Conceptor, dan masih banyak lagi.

Apa perbedaan antara Jurusan DKV dan Desain Grafis?

Desain komunikasi visual mempelajari topik yang berorientasi pada komunikasi dan bertanggung jawab untuk menyampaikan pesan kepada klien secara visual. Sebaliknya, desain grafis berfokus pada representasi visual dari konsep-konsep penting dalam metode komunikasi visual.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *